mengecat dinding dengan cat putih catylac

Mengecat Ulang Dinding Rumah di Solo Menggunakan Cat Putih Terang Tanpa Khawatir Belang

Share

Baru beberapa bulan ini berada di kota yang baru, karena mutasi tugas. Rempongnya  masih belum habis-habis. Awal-awal tentu berbenah rumah kontrakan, hunian sementara kami. Beli ini dan itu, menata ini juga itu.

Urusan hunian sementara selesai, cusss…  nyari rumah supaya bisa segera memiliki hunian tetap. Menempati rumah sendiri, bagaimanapun membuat kami merasa lebih nyaman. Apalagi kawasan Kartasura, Surakarta coret tapi tetap sering dipanggil Solo, ini termasuk area yang berkembangnya cepat. Harga property naiknya ngebut. Kartasura merupakan kawasan segitiga emas jalur Solo-Semarang dan Solo-Jogjakarta.

Maka sejak lebaran lalu, udah ngegas survei rumah. Mungkin udah belasan perumahan yang didatangi Pak Suami. Saya sih, bagian menyambangi, saat sejumlah kriteria sudah memenuhi.

Ya, namanya juga lagi nyari hunian. Pasti milihnya selektif. Segala aspek diperhitungkan. Mulai harga, lokasi, luas bangunan, kualitas bangunan hingga modelnya. Walau saya perempuan, gak culun-culun amat lah ya masalah bangunan. Karena S1 dan S2 saya basicnya engineering, nyerempet-nyerempet bangunan juga. Maka urusan baca dan mempertimbangkan spesifikasi, saya juga turut serta.

Ngecat Ulang Tanpa Belang

Rumah kontrakan yang kami tempati sementara ini catnya didominasi warna kuning muda. Saya rada kurang cocok kalau buat keperluan latar belakang motret. Kebutuhan untuk bisa bikin konten di rumah, terus terasa hingga saat ini, apalagi selama pandemi.

Di kamar Raniah, ada salah satu sisi dinding yang dicat putih. Saya baru terpikir, ini bagian yang ideal untuk background saat bikin konten. Dinding putih juga bikin suasananya terasa lebih terang. Apalagi tempatnya juga cukup leluasa. Saya bisa numpang di sini.

Dinding Putih Impian

Tapi dipikir-pikir, ya masa numpang terus. Apa sekalian aja ya dicat full putih? tapi biaya tukang nambah pengeluaran bulanan lagi. Apa aku perlu turun tangan sendiri ngecat rumah biar irit dan puas sama karya sendiri?

Saya optimis sih, pertama yang perlu aku pelajari lagi mana merk cat yang mudah diaplikasikan, tak perlu memulas berulang-ulang, pekerjaan mengecat jadi lebih simple, dan yang paling penting gimana caranya biar gak belang?

Juaranya Cat Putih

Di beberapa toko cat dekat sini ada banyak pilihan merk cat. Untuk menyingkat waktu, saya minta rekomendasi keluarga via Whatsapp grup dan penjual di toko. Singkat cerita, suara terbanyak untuk cat Catylac Interior. Karena mau ngecat bagian dalam rumah, jadi belinya yang interior. Catylac juga ada khusus eksterior juga. Menyesuaikan kebutuhan aja..

Di toko saya juga ditunjukin varian warna Catylac yang jumlahnya banyak banget. Kata penjualnya kita bisa cek warna-warna Catylac di link ini bit.ly/Catylac

cat catylac
Selain cat putih catylac, kita bisa pilih warna dengan Palet Warna

Selain putih terang dan affordable (baca: irit tenan), saya juga harus cek beberapa spesifikasi biar keluarga juga bisa tau kenapa saya memilih produk cat tadi. Dari hasil voting di grup WA keluarga, mereka setuju kalau Catylac tidak menyengat baunya. Benar aja, di kemasan Catylac ada penjelasan Low Odor & Low VOC, malah diklaim tanpa tambahan mercury dll. (monggo bisa dicek langsung di internet detailnya).

Catylac Interior & Harapan Cat Tidak Belang Hasil Akhirnya

Kembali harapan saya di awal, gimana misi mengecat ulang dengan tangan sendiri ini tidak berakhir belang. Cat putihnya saya udah dapet, lalu apa sih trik selanjutnya?

Pertama, sebelum mengecat menggunakan cat utama, pastikan sudah menggunakan plamir sebagai cat dasar ya. Cat dasar ini biasanya warna putih, jadi saat ditutup menggunakan cat utama putih bisa meminimalisir belang-belang. Cat dasar juga penting buat menutup retak di tembok yang tidak terlihat.

Kedua, aplikasikan cat Catylac dengan campuran air 20% dari total cat, atau maksimal 15% untuk pemula. Jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit. Campuran air ini selain membantu irit pemakaian cara, juga memudahkan kita saat mengoleskan ke dinding karena cat jadi tidak terlalu kental.

Ngecat sendiri hasilnya juga bagus



Ketiga, dari yang saya pelajari dan tanya-tanya di toko cat, sapuan Catylac cukup 2 lapis saja, atau 2x proses cat. Tidak perlu sampai 3x, dengan catatan kita mengecat dengan roller untuk area lebar ya. Kalau pakai kuas selain capek, bisa menyebabkan belang.

Tiga cara itu jadi inti menghindari hasil cat belang. Tipsnya, berikan jeda 1-2 jam setelah menggunakan cat dasar, beri jeda dengan durasi yang sama setelah lapisan pertama Catylac. Setelah lapisan pertama kering, perhatikan apakah warna sudah cukup rata? Pastikan lampu ruangan menyinari keseluruhan supaya kita bisa melihat detailnya. Kalau sudah dicek, baru aplikasikan lapisan kedua sesuai kebutuhan.

Ayo kita mengecat rumah!

Sebelum mulai mencoba, saya nemuin referensi bagus nih buat kita yang mau rumah putih dengan dekorasi simple. Cek di link Tiktok ini @amandeaseptiaa

Dan ternyata, kebetulan banget Catylac mengadakan kontes berhadiah jutaan rupiah. Bisa buat kita beli cat lagi nih! Cek konten-konten di Youtube dan Tiktok dengan hashtag #CatylacJuaranyaCatPutih, baca caption di konten tersebut, jawab pertanyaannya. Karena hanya dengan menulis komentar kita bisa dapat 200ribu rupiah + 1 Catylac 5 kg! Wah, oke banget buat ngecat ulang ruangan teman-teman!

Cat Catylac masih punya hadiah lagi buat dibagi ke para pengguna social media khususnya warga Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur. Cek info lengkapnya di Instagram Catylac dan bisa juga dicek di Facebook Fanpage Cat Catylac.

Ada total hadiah 15juta rupiah untuk 15 pemenang! Ayo ikutan! Jadi, catat deh biar enggak kelupaan ikutan activitynya. Jika teman-teman sedang butuh mengecat ulang ruangan, atau malah sedang memilih cat untuk rumah baru, Cat Catylac perlu banget dipertimbangkan

Share

28 thoughts on “Mengecat Ulang Dinding Rumah di Solo Menggunakan Cat Putih Terang Tanpa Khawatir Belang

  1. Saya pribadi lebih suka warna cat rumah putih terang mba. karena netral, bikin rumah kelihatan lebih luas dan bisa dipadu padankan dengan aksesori/furnitur apapun. ngecat rumah sendiri butuh waktu berapa lama nih mba?

  2. Mba Wid udah betah belum di tempat barunya? Kalau rumah kontrakanku ini warna rumahnya ada banyak. Ada krem, kuning, dan pink. Ngga ada putihnya. Kalau warnah putih bisa masuk kemana aja ya. Ga susah cari furniture dan pernak pernik rumah yang pas ya. Aku baru tau ternyata juara warna putih itu Catylac ya. Soalnya warna cat rumahku di Bandung warna putih juga. Siapa tahu nanti bisa dicoba

  3. Mengapa warna putih sangat banyak yang gemari ya, termasuk aku juga. Apalagi putih itu kelihatan bersih dan akan mudah dikenali apabila sedikit kotoran yang menodai. wkwk

  4. Akuuu lagi pengin ngecat rumah karena udah belang-blonteng parah banget. Sekarang kalau mau foto gitu aku bingung saking gak ada tembok yang bersih. Maklum, Najibku paling hobi bikin kreasi di tembok. Udah dikasi space khusus pun sering melenceng dari area yg seharusnya. Apa aku ngecat sendiri juga ya, biar irit dan puas. Pokok tahu tips dan pilih merk cat yg bagus pasti okelah.

  5. mbak Wid, aku baca tulisanmu sambil lihat dinding rumah. Idem ini, warnanya kuning pucat jadi kayak kusam kalau buat foto produk di rumah. Maunya putih tapi putih apa yah. Nah ini deh ketemu cat catylac yang putihnya merata bahkan bisa ngecat sendiri di rumah.

  6. kalau dinding di rumah kami masih berupa cat dasar mbak belum dicat ulang sejak ditempati. mana banyak coretan hasil karya anak-anak juga. saat ini disiasati pakai wallpaper 3d sih tapi pengen deh nanti dindingnya bisa dicat ulang biar cantik rumahnya

  7. Alhamdulillah, akhirnya pindah ke Solo ya mbak Widyanti, semoga berkah di rumah baru semakin semangat berkarya aamiin. Catylac mah andalanku kalau mengecat rumah pilihan warnanya banyak dan awet..

  8. Mba Widya, aku sebetulnya kurang paham soal dunia cat mengecat. Dapat wawasan dengan membaca ulasan ini. Rumhaku ada bagian yang dicat tapi malah kayak belang gitu. COba deh aku lakukan apa yang mba Widya sarankan

  9. Mau taun baru makanya perlu suasana baru ya mba biar lebih semangat lagi, cat catylac emang bagus sih udah dari dulu ada. nah biasanya kalo putih atau warna2 soft emang suka keliatan ga rapih,,, belang kan apalagi kalo temboknya bekas cat warna lain, kalo pake catylac rapi yah mba..

  10. Sejak menempati rumah kami tahun 2010 akhir, udah dua kali cat ulang, pakai Catylac sebenarnya awet. Tapi kebetulan kami memang ingin ganti warna cat. Dan kemarin udah rencana ganti warna cat putih di ruang tamu biar lebih cerah

  11. Warna putih ini, legend dan abadi sepanjang masa ya. Gak akan rugi rumah di cat putih, tapi bagusnya putih ya menarik dan sering dibilas lagi. Dicat berulang

  12. Senangnya..
    Menempati rumah baru itu ibarat bisa declutering barang-barang yaa.. Jadi rumahnya menjadi rumah ideal. Gak ketinggalan di cat dahulu sebelumnya sama cat Catylac yang warna putihnya bikin hati adem..

  13. Waàh rumahku juga catnya putih mbak. Full serumah. Kesannya modern minimalis. Kecuali bagian depan dikit abu-abu di pagarnya dan dinding samping teras.

    Pakai catylac juga looh….

  14. Ah, kita sama banget mbak. Aku juga suka cat putih karena bisa sekalian buat background foto. Hahahaha. Tapi selain itu sih, kalau cat putih itu bikin rumah terkesan lapang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!