Profil emak bloger terkeren di Indonesia Widyanti Yuliandari
Share

Widyanti Yuliandari – Saya lahir dan besar di Situbondo. Lulus dari  program sarjana Teknik Lingkungan ITS di tahun 2002, dan mulai serius nge-blog awal tahun 2014. Saat ini saya bekerja di instansi pemerintah dalam lingkup tugas berkaitan dengan lingkungan hidup. Baru saja padabulan September 2018 memperoleh cumlaude dari Program Magister Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya dan kini kembali mengabdi di Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Bondowoso.

Berbekal latar belakang pendidikan lingkungan, banyak tulisan saya berhubungan dengan lingkungan. Selain berminat pada persoalan lingkungan hidup, juga menekuni bidang yang berhubungan dengan kesehatan, dan pendidikan. Saat ini, saya mengampu kelas-kelas Blogger di Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis, maupun kelas yang selenggarakan mandiri.

Selain blogging, juga cinta menulis buku. Buku-buku solo sejak 2015, diterbitkan oleh beberapa penerbit mayor Indonesia:

Buku Kuliah Jurusan Teknik Lingkungan
Buku solo kedua terbitan Gramedia.
  • Buku Anak: Kaka Mogok Makan, 2017 ( Tiara Aksana-Bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi / KPK )
  • Buku Anak: Rahasia Nada, 2017 (Tiara Aksana-Bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi / KPK )
  • 99 Tanya Jawab Food Combining

Tulisan singkat mengenai buku ini, bisa dibaca di : 99 Tanya Jawab Food Combining untuk Anda yang Ingin Sehat dan Langsing.

Buku Tanya Jawab Food Combining. Jika berminat untuk memiliki buku dengan
harga Rp. 75 ribu ini bisa menghubungi (WA) 085230918868.

Selain buku solo di atas, saya juga membuat beberapa buku antologi dan merancang buku antologi baik di lingkungan komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) ataupun di instansi pemerintah.

Saat ini mendapat tugas sebagai ketua umum Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN). Ibu-ibu Doyan Nulis adalah komunitas yang mewadahi perempuan penghobi nulis, mulai dari penulis buku, bloger, penulis script, ghost writer, copywriter dll. Komunitas beranggotakan 22 ribu perempuan yang tersebar di dalam negeri dan di luar negeri ini memusatkan aktivitasnya secara online melalui Facebook Group, dan sesekali mengadakan event offline.

Blog lain yang dikelola adalah ber-niche lingkungan yakni: Enviropedia dan Catatan seorang bunda, berisi tentang lingkungan hidup, kesehatan, kecantikan, teknologi dan catatan ringan lainnya.

Widyanti Yuliandari dapat dihubungi melalui email :  wyuliandari(at)gmail.com

Portofolio

Blog Contest

  1. Juara 1 Lomba Blog Hutan Indonesia #SaveOurParadise, Greenpeace Indonesia, 2014. Artikel lengkap silahkan baca : Save Our Paradise : Menyelamatkan Hutan Dimulai Dari Rumah
Menyelamatkan hutan dimulai dari rumah

2. Pemenang Lomba Blog #IngatLingkungan, Blogdetik dan World Wild Fund WWF Indonesia, 2014

3. Pemenang Mingguan Lomba Blog Hari TB, 2014

4. Pemenang Harapan Lomba Blog Kosmetik Halal, Kompasiana-Wardah, 2014

5. Pemenang Lomba Blog Dalam Rangka Dies Natalis Pusat Studi Biofarmaka IPB, 2015. Baca tulisan di Agar Jamu Indonesia Tetap Lestari.

6. Pemenang Lomba Blog PERGIZI, 2015

7. Pemenang Lomba Blog Flipit, 2016

8. Pemenang Artikel Terbaik #ShopBackersStory Pesta Cashback Nasional Periode III, 2016. Tulisan bisa dibaca di Kejutan Manis dari Pak Suami

9. Pemenang Lomba Blog Contest I Am Hope The Movie. 2016

10 Pemenang Lomba Blog Live To The Max, Theragran, 2017. Baca tulisan di Karena Widya Adalah Ilmu Pengetahuan, Ini Resolusi Saya Tahun 2018.

11. Pemenang Lomba Blog Qlapa, 2018. Tulisan bisa dibaca di Berburu Produk Handmade Unik Hanya dengan Klak Klik.

12. Juara 2 Lomba Blog C2Live. 2018.

13. Pemenang Ke-2 Lomba Blog #1000HariTerbaik. Lomba ini diadakan oleh Good News From Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2018

14. Pemenang ke-2 Lomba Blog Niagahoster, 2019

Link tulisan, silahkah baca : Melongok limpahan peluang bisnis bidang internet marketing di era revolusi industri 4-0

15. Pemenang ke 4 Kompetisi Blog #BahagiaBersama Airasia tahun 2019. Tulisan bisa dibaca di Bahagia Bersama AirAsia, Menempuh Perjalanan International Conference Pertama di Malaysia.

16. Pemenang hiburan lomba blog  Forest Cuisine Blog Competition yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network bersama WALHI 18 Januari – 18 Februari 2020. Lomba ini diikuti  234 blogger dari seluruh Indonesia. Silahkan baca : Menyesap manfaat sehat manisnya madu hutan kawasan Ijen Bondowoso.

17. Pemenang favorit blog competition VitalisxKEB Sensasi Mandi Parfum Bersama Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash tahun 2020. Tulisan bisa dibaca di : Tegang akibat beban pekerjaan dan kondisi kurang menguntungkan ? Jangan Galau, Yuk Coba Mindful Bathing, Cara Menghilangkan Stress Sambil Mandi Parfum.

18. Pemenang hadiah hiburan lomba blog  bertajuk #MenebarKebaikan Dompet Dhuafa tahun 2020. Ada 531 peserta di lomba ini. Tulisan bisa dibaca di : Menebar Kebaikan : Menjadi Lilin untuk Menyalakan Jutaan Lilin Kebaikan Lainnya di Sekitar Kita.

19. Pemenang pertama Blog Writing Competition dalam online launching “ASUS VivoBook S14 S433” tanggal 8 Mei 2020. Tulisan bisa dibaca di Asus Vivobook Ss14-S433FL Laptop Tipis Berkinerja Mumpuni dengan Warna Atraktif yang Mengekspresikan Kepribadianmu

20. Pemenang hadiah hiburan #LombaBlogQwords Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi ” yang diselenggarakan oleh Qwords.com dari tanggal 24 April – 15 Juni 2020. Tulisan bisa dibaca di Memaksimalkan Teknologi Informasi untuk Terus Berkarya dan Menciptakan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19.

21. Pemenang ketiga ASUS TUF Gaming A15 Writing Competition Juni – 19 Juli 2020. Tulisan bisa dibaca di : nge-Game dan Kerja Ngebut dengan Asus TUF Gaming A15 FX505 Berprosesor AMD Ryzen 4000 Series

22. Pemenang harapan Dare to be You With Asus Vivobook S14 S433 pada Juli 2020. Tulisan bisa dibaca di : Dare to be You Tetap Muda di Usia 40 tahun plus Bersama Laptop Millenial Asus Vivobook S14 S433.

23. Pemenang kedua  Writing Competition dalam online launching “ASUS ExpertBook B9” tanggal 2 Juni 2020. Tulisan bisa dibaca di : Makin aman menjaga Informasi Diri dan Data Bisnis bersama Asus Expertbook di Era Internet of Thing (IoT) September 2020.

24. Sepuluh pemenang terbaik Blogger Writing CompetitionASUS ROG Phone 3: The Ultimate Winner” pada Oktober 2020. Tulisan bisa dibaca di: Mengalahkan ketakutan, Meraih Impiah dengan Menjadi Gamer Perempuan Ultimate Winner Bersama ASUS ROG Phone 3.

rog phone 3

Penulisan Buku

Menjadi kontributor dan membimbing penulisan pada buku Bawana Winasis Dieng Budaya Tak Terkatakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020).

Buku bawana winasis dieng

Mendesain sekaligus menjadi kontibutor buku Mengabadikan Mosaik Indonesia Melalui Rangkaian Museum di Nusantara oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020).

Kontributor buku Aku dan Cagar Budaya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2019).

Juri Kompetisi

  1. Lomba Blog Wonderful Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (2018)
  2. Lomba Blog Cagar Budaya Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia RI (2019).
  3. Lomba Blog Live Healthy Be Happy yang diselenggarakan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bekerja sama dengan MODENA Indonesia (2020)
  4. Lomba Blog Ngemil Bijak yang diselenggarakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bekerja sama dengan perusahaan nasional dibidang makanan (2020)
  5. Lomba Blog tentang Mengoptimalkan Potensi Dunia Blogging yang diselenggarakan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bekerja sama dengan IM3 Ooredoo Jabodetabek (2020)
  6. Writing Challenge tentang Meneropong Negeri Khayangan Dieng yang diselenggarakan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia RI (2020)

Speaker Pada Event

  • Kuliah Tamu, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Universitas Jember, 2008
  • Student Session (Talkshow), SMP/SMA se- Bondowoso, Global Warming, 2008
  • On Air, Mahardhika Bondowoso, Pencemaran Lingkungan, 2008
  • Seminar, Green Industry In Environmental Assesment, Universitas Jember, 2012
  • On Air Pro One RRI Jember, Topik-topik Lingkungan, 2009-2015
  • Bedah Buku, Food Combining, Ikatan Istri Karyawan Bank Jatim, 2015
  • On Air Pro One RRI Jember, Food Combining, 2015
  • Bedah Buku Food Combining, Bondowoso Writing Community, 2015
  • Bedah Buku Kiat Jitu Menulis Dan menerbitkan Buku, Perpustakaan Kab. Bondowoso, 2015
  • Bedah Buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan Pro 1 RRI Jakarta, 2016
  • Bedah Buku : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan, di Jurusan TL Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2016
  • International Postgraduate Conference on Biotechnology, August 2018, Kuala Terengganu Malaysia
  • Pelatihan Jurnalistik Pangan Sehat, Komunitas Tanoker Ledokombo Jember Maret 2019
  • Pemateri Webinar Suara Kita tentang Perubahan Iklim yang diselenggarakan oleh KBR dengan Internews.
  • Pemateri Seri Webinar mengenai Dunia Blogging dan Peluang Bisnisnya yang diadakan oleh IM3 OOREDOO bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) September 2020.
  • Pemateri tentang Merancang Konten Marketing pada Bisnis Online pada Kewirus Masterclass Oktober 2020.
  • Pemateri pada webinar Hari Hutan Sedunia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Prodi Teknik Lingkungan Universitas Jember.
  • Pemateri pada pelatihan Manajemen Usaha Jual Beli Online (E-commerce) yang diselenggarakan oleh PC Fatayat NU Bondowoso bekerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan RI. Desember 2020.
pelatihan-digital-marketing-fatayat-NU-Bondowos-1

Pemateri “2 hari Bisa nge-Blog” pada Gramedia Academy pada Januari 202

Gramedia Academy

Pelatihan

Selain aktif menulis dalam berbagai media, baik buku, artikel, blog ataupun media sosial, saya juga mengadakan beberapa jenis pelatihan yang sudah, sedang dan akan berjalan.

Pelatihan menulis dengan topik teknik menulis blog, menulis untuk media massa, menulis produk review dan menulis status media sosial yang menggugah.

Pelatihan menulis buku mulai dari merancang, memperkaya ide, alur dan teknik penulisan, desain cover dan penerbitan.

Pelatihan melangsing. Pelatihan ini dimaksudkan untuk membantu peserta menurunkan berat badan melalui perbaikan pola makan dengan cara yang menyenangkan tidak membebankan. Dari peserta gelombang pertama, rata – rata dalam 2 pekan sudah bisa menurunkan berat badan.

Kedua jenis pelatihan di atas akan dikolaborasikan dengan buku panduan yang segera diterbitkan.

Share

23 thoughts on “About Me

  1. Salam "Go ngeBlog", menginspirasi sekali mbak Yuliandari, banyak sekali penghargaan yg diperoleh dari ngeblog semoga dapat mengikuti.

  2. Hai mba widya. Salam kenal yaa. Kita satu gruo di IIDN,IIDB, Emakpintar.asia. Saya mau belajar banyak ttg blog sama mba widya. Saya udah add mba di fb, tp belum di confirm.

  3. salam kenal mbak, saya baru pertama blogwalking, banyak tulisannya menginspirasi, saya masih belajar ngeblog dan terbantu sekali dengan tulisan tulisan di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *