kenali penyebab kucing sakit

Untuk Anda Pemilik Kucing, Pahami Penyebab Kucing Muntah

Share

Sebagai pemilik kucing tentu saya juga pernah mengalami dan menanganani masalah pada kucing. Dari beberapa masalah terutama bila kucing sedang sakit atau dalam kondisi tidak baik kucing sering mengalami muntah. Seperi saat saya tinggal ke luar kota beberapa saat lalu, si Kuro tiba-tiba muntah-muntah dan badannya lemas.

Muntah pada dasarnya bisa terjadi pada kucing akibat beberapa penyebab dan menjadi masalah umum yang biasa dihadapi para pemilik kucing saat ini. Banyak penyebab kucing mengalami muntah yang sering tidak disadari oleh pemilik, baik itu karena faktor eksternal atau internal. Muntah juga bisa terlihat jelas mulai dari gejala dan jenis muntahnya. Sebagai pemilik hewan haruslah memahami bagaimana itu bisa terjadi dan apa saja penyebabnya sehingga bisa dilakukan tindakan yang tepat.

Apa Saja Gejala dan Sebab Si Kucing Muntah?


Bila dilihat gejala kucing muntah memang bervariasi namun bisa dilihat jelas oleh manusia. Ada beberapa gejala yang bisa dilihat untuk segera dilakukan tindakan, antara lain :

  1. Perut naik turun tiba – tiba
  2. Kucing mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak
  3. Gerak – gerik kucing tidak seperti biasanya saat sehat


Dari gejala di atas bisa dipahami bahwa kucing muntah merupakan sesuatu yang harus disikapi serius. Namun anda juga bisa melakukan tindakan awal dengan memahami penyebab si kucing muntah. Ada beberapa penyebab umum yang bisa membuat kucing muntah yaitu:

  1. Benda Asing, penyebab muntah satu ini bisa terjadi kapan saja untuk membuat kucing muntah dalam kategori biasa atau kronis. Benda asing yang masuk bisa berupa gumpalan bulu, makanan, atau benda asing lainnya yang masuk di organ pencernaannya.
  2. Racun atau Obat, selain benda asing keberadaan racun atau obat – obatan tertentu bisa membuat kucing muntah baik muntah biasa atau akut. Racun yang biasa masuk misalnya saja racun dari tanaman atau obat seperti antibiotik atau obat kemoterapi. Kucing keracunan tentu akan menjadi hal yang mengkhawatirkan untuk pemilik kucing. Pastikan untuk menanganinya secepat mungkin.
  3. Penyakit, ini adalah penyebab muntah paling umum dan harus mendapatkan penanganan. Penyakit seperti maag, radang usus, sembelit, atau penyakit menular seperti peritonitis, cacing, bahkan kanker dapat terjadi dan menyebabkan muntah. Selain itu ada pula penyakit lainnya seperti hipertiroid atau penyakit neurologis seperti radang selaput otak dan telinga.
  4. Intoleransi, kucing dapat muntah disebabkan oleh tindakan tertentu seperti diet yang tidak tepat yang membuatnya mengalami perubahan pola makan
  5. Disfungsi organ, selain penyakit organ yang tidak normal karena beberapa sebab juga bisa menjadikannya muntah. Biasanya masalah pada organ hati, ginjal, dan pankreas bisa memicu ini.

Pahami Jenis Muntahan Kucing Untuk Melakukan Tindakan


Setelah memahami jenis penyebab kucing muntah, ada baiknya anda memahami jenis muntahan kucing untuk melakukan tindakan tepat. Jenis muntahan bisa anda kenali dalam beberapa kelompok berikut.

  1. Warna muntahan berwarna kuning dan berbusa terjadi apabila kucing menelan gumpalan bulu
  2. Muntahan dengan warna kuning namun diikuti kondisi lesu, perilaku tidak normal, dan kehilangan nafsu makan perlu diberi tindakan medis karena bisa jadi itu berupa penyakit atau racun.
  3. Muntahan berupa makanan yang tidak tercerna. Hal ini merupakan muntah wajar (Tidak serius) karena kucing makan terlalu cepat jadi lakukan tindakan sederhana dengan mengurangi porsi makan.
  4. Muntah karena parasit bisa terjadi pada kucing, namun untuk kasus satu ini harus diperiksa ke dokter hewan
    Selain jenis di atas, perlu dipahami bila kucing muntah namun kondisi tetap baik tidak perlu khawatir. Lakukan tindakan berupa pemberian makanan kucing atau obat khusus dari dokter hewan serta jangan biarkan kucing memakan muntahannya. Namun jika sudah terjadi secara terus menerus dan tidak tahu sebabnya apa harus segera bawa ke pihak medis terdekat.
  5. Untuk selalu menjaga kesehatan kucing, selalu pastikan untuk memberikan makanan kucing bernutrisi lengkap.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!