Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
Share

Sah – sah saja saat awal – awal mengelola bisnis di internet dengan membuat website menggunakan layanan hosting berbagi atau shared hosting. Pertimbangan utamanya adalah harganya murah.

Namun, seiring waktu setelah bisnis berjalan lancar dan pengunjung website membludak, permasalahan klasik muncul dari website shared hosting ini yaitu loading lambat bahkan tidak bisa diakses.

Pada kondisi itulah, kita membutuhkan solusi yang lebih profesional dengan pertimbangan loading tetap cepat meskipun banjir pengunjung, mudah diakses dan tingkat keamanan lebih tinggi. Kita dihadapkan pilihan untuk upgrading paket shared hosting. Namun tetap saja kendala klasik dihadapi karena konsekuensi dari teknologi shared hosting adalah berbagi resource server dengan pengguna lain.  Pilihan jitu harus diambil yaitu mengambil paket VPS atau virtual private server.

Sayangnya harga paket VPS lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Ini sangat wajar dikarenakan banyaknya keistimewaan dari VPS ini.

Artikel ini memberikan informasi kriteria memilih VPS murah tahun 2019 ini.

Mengenal VPS secara singkat

VPS atau Virtual Private Server merupakan pilihan yang harus diambil ketika kita dihadapkan pada kondisi untuk mendapatkan keleluasaan di dalam pengelolaan  server secara penuh. VPS adalah server pribadi yang tidak dipengaruhi oleh pengguna lain.

Disebut virtual karena teknologi yang digunakan dalam VPS adalah virtualisasi hardware fisik yang dibagi menjadi banyak resources berbeda. Dalam satu hardware fisik bisa dijalankan beberapa VPS.

Analoginya adalah jika hardware fisik adalah sebuah perumahan maka VPS adalah unit rumah yang menempati perumahan tersebut. Dalam satu unit rumah, pengelola rumah bisa membaginya menjadi ruang tamu, kamar, kamar mandi, dapur, taman, dan sebagainya , sesuai dengan yang diinginkan. Aktifitas dalam rumah tidak terpengaruh oleh aktifitas rumah tetangga.

Multifungsi VPS

Dengan keleluasaan atau privilege di atas, kita bisa menggunakan VPS untuk menjalankan banyak fungsi.

VPS difungsikan sebagai webhosting dengan pertimbangan traffic website tinggi dan kebutuhan atas resource yang tinggi.

VPS difungsikan untuk menyimpan file – file pribadi yang bisa diakses melalui internet.

VPS bisa difungsikan sebagai hosting aplikasi untuk mengujicoba aplikasi yang sedang dikembangkan. Juga sebagai mesin untuk mencoa website yang sedang dibuat.

VPS difungsikan memback up server utama sehingga resiko kehilangan data dapat diminimalisir.

VPS digunakan sebagai server Virtual Private Network (VPN) yang digunakan pelanggan yang memiliki akun pribadi terdaftar sehingga bisa melakukan sambungan pribadi

Fungsi terakhir dari VPS adalah digunakan sebagai server remote desktop sehingga bisa menjadi mesin yang bekerja secara otomatis untuk menjalankan bisnis.

Kelebihan dari VPS yang kudu diketahui dibandingkan shared hosting adalah uptime lebih tinggi sehingga website tetap stabil bekerja, server lebih stabil dan sumber daya lebih besar, kita bisa membuat beberapa akun hosting dalam satu VPS, kita memiliki akses ‘root’, bisa mengelola VPS tidak hanya sekedar menempatkan web hosting saja, memiliki keleluasaan untuk memasang dan mencopot software, dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan tanpa harus melakukan migrasi, memiliki IP Dedicated, lebih aman dan pengaturannya lebih fleksibel, dan fitur panel dapat disesuaikan menurut kebutuhan. Zv

Kriteria Memilih VPS

Lantas kriteria apa yang kita terapkan sebelum memutuskan berlangganan VPS di tahun 2019 ini ? Berikut beberapa kriterianya :

Kapasitas dan jenis media penyimpanan atau HDD. Perhatikan kapasitas hard disk dan pilihkan jenis media penyimpanan yang bisa membaca data dengan cepat . Perhatikan pula kemudahan dalam memback up data dan jenis sistem operasi yang digunakan, baik windows ataupun linux. Anda bisa memilih jenis sistem operasi sesuai yang dibutuhkan.

Pertimbangan lain, pilihlah lokasi server yang sesuai dengan kebutuhkan bisnis yang kita jalankan. Jika kita berbisnis di Indonesia, pilihlah server di Indonesia. Pertimbangan lokasi server ini untuk mengantisipasi delay waktu dalam proses pengiriman data dari dan ke server.

Pertimbangan terakhir adalah tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia VPS dan harga. Harga yang terjangkau dan pelayanan yang memuaskan tentu menjadi pilihan kita.

Setelah mengetahui kriteria di atas, kita bisa memutuskan memilih VPS murah 2019 ini.

VPS Murah 2019 Domainesia
Paket langganan VPS yang disediakan oleh Domainesia

Pertimbangan Lain Memilih VPS Murah 2019

Pertimbangan kesediaan pilihan operating system baik debian, Ubuntu, CentOS dan custom OS untuk mengakomodasi kebutuhan, kemudahan dan kecepatan dalam mengupgrade paket VPS yang dipilih, ketersediaan teknologi virtualisasi berbasis KVM sehingga bisa memberikan tingkat keamanan tinggi dan konsistensi performa kerja server.

Penggunaan hard disk 100 % enterprise SSD sehingga bisa memberikan performa server secepat kilat dengan IOPS tinggi. Kecepatan akses root dalam hitungan detik.

Tidak lupa untuk mendapatkan harga lebih murah dalam memilih VPS di tahun 2019 ini, pilihlah promo hosting yang disediakan perusahaan penyedia hosting ini.

Tiap perusahaan berbeda – beda dalam memberikan promo melalui besarnya diskon harga. Domainesia, salah satu penyedia VPS, memberikan diskon sebesar 20 % untuk semua paketnya.

Post Author: widyanti yuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, pola makan sehat, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

19 Replies to “Memilih VPS Murah 2019 : Kriteria Apa Saja Yang Dipertimbangkan ?”

  1. Pertimbangannya harus matang ya menggunakan vps, karena setiap layanan memberikan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

    1. Solusi untuk pebisnis yang pingin pakai VPS, daripada pake share hosting yang kendala ya pasti bikin kesel pengunjung, lemot. Murah juga ya, mulai harga 100ribuan

      1. Aku kebetulan belum pake hosting mba, domain saja. Soale kalau dipikir-pikir, masih ngerasa cukup pakai domain aja 😂

        Buat yang punya usaha dll bisa dipakai ini ya buat jaga-jaga

  2. Tahun lalu adikku berencana buka warnet di depan rumahnya, bingung soal VPS ini. Kendalanya minim informasi dan biaya gitu deh. Untung kayaknya udah dapat solusinya sih dia.

    1. Terima kasih infonya mak, tapi jujur aku belum berani pindah ke hosting, masih yang domain saja, karena merasa belum bisa maintance-nya dan belum ada waktu blajar uprek2nya lebih jauh

  3. Sejujurnya aku gak paham soal VPS. Sering baca penawarannya karena aku selalu dapat update dari Domainesia, tapi ya nggak mudeng. Cuma, yang kutahu sih kalau di Domainesia memang harganya miring dan servisnya terjamin.

  4. Sebagai blogger yang selama ini blognya diurusin temen, saya tuh buta banget lho soal hal-hal teknis gini. Makanya senang baca blog yang ngasih informasi macam ini. Jadi tahu ini itu hehe.

  5. banyak pilihan paket harga VPSnya, mulai dari 100K. tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. diskon 20 % itu berlaku untuk berapa lama Mbak? Maksudnya, misalnya selama berlangganan setahun dapat diskon 20%.

  6. Nah aku juga baru coba nie nantik… Pas butuh kalau kerja lagi sama VPS ini jadi bisa remote komputer kita dikantor dari rumah

  7. Eh dulu aku kira layanan VPS nih mihil2 lha kok ternyata ada yang 100-200an yaaa 😀
    Noted nih kalau butuh bisa langsung cus hubungi CS Domainesia ya mbak 😀
    Diskon 20 persennya selamanya atau ada periode tertentu mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!