Menu Food Combining Selama Ramadan

Share

Pada dasarnya menu food combining saat bulan puasa sama dengan hari-hari biasanya. Bedanya hanya, jam makan mengikuti jadwal puasa. Perbedaan lainnya adalah, pemilihan dan pengaturan makan dipertimbangkan untuk lebih memperingan kerja organ cerna juga memberi peluang untuk proses detoksifikasi yang lebih lancar.

Baca juga: Dasar-dasar Food Combining

 

menu puasa 2

Beberapa catatan lainnya adalah:

  1. Selama bulan puasa seyogianya hindari dulu protein hewani, agar tak memberatkan pencernaan. Setidaknya jika tidak bisa menghindari,batasi jumlah dan frekuensi Anda menyantapnya.
  2. Benar-benar hindari kopi, teh dan softdrink. Kopi, teh hanya akan meningkatkan risiko tubuh Anda dehidrasi. Lagi pula teh dan kopi hanya akan mengganggu jalannya detoksifikasi selama puasa.
  3. Tingkatkan konsumsi sayuran mentah/raw-veggie.Ini penjelasan tentang rawfood : Trend Mengkonsumsi Rawfood
  4. Jika sesekali ingin mengkonsumsi takjil khas Ramadan misalnya kolak, es teler, es campur, dll, konsumsilah selepas sholat tarawih, jangan sebagai menu pembuka saat buka puasa.
  5. Untuk sahur ada dua pilihan: sahur eksklusif buah (hanya buah dan air putih), atau sahur dengan buah dilanjut menu karbo.

 

Contoh Menu Food Combining Selama Ramadan

Contoh 1 – Sahur Eksklusif Buah

03.00

Sahur

jeniper  hangat (segelas air hangat ditambah perasan jeruk nipis/lemon)  

air putih       

buah segar 3 – 4 buah aneka warna

(catatan: dari jeniper ke air putih, dan air putih ke buah di jeda 15 menit)

 

04.00

air putih (1-2 gelas)

04.15 

Sholat Subuh

 

 

Contoh 2- Sahur Buah Lanjut Menu Karbo

02.30

Sahur

jeniper  hangat (segelas air hangat ditambah perasan jeruk nipis/lemon)  

air putih       

buah segar 3 – 4 buah aneka warna

(catatan: dari jeniper ke air putih, dan air putih ke buah di jeda 15 menit)

 

03.30

Nasi

Pepes tahu

Oreg tempe

Lalapan

Sambal

 

04.00

air putih (1-2 gelas)

04.15  

Sholat Subuh

 

 

Contoh 3 – Menu Berbuka Puasa

Buah, dalam bentuk jus maupun smoothie, sangat ideal untuk berbuka puasa

Buah, dalam bentuk jus maupun smoothie, sangat ideal untuk berbuka puasa

 

Berbuka puasa hendaknya diawali dengan air putih. Lalu lanjut dengan buah-buahan segar untuk mendapatkan energi seketika yang sangat mudah cerna. buah dalam bentuk jus dan smoothie sangat ideal. Nah, berikut ini contoh menu berbuka hingga makan malamnya.

menu puasa 1

 

17.30    

Buka Puasa

jus/smoothie buah segar (buat sendiri, bukan pabrikan, tanpa gula atau susu)

air putih (1-2 gelas)

 

18.30    

Makan Malam

nasi merah               

tahu tempe goreng

satai jamur

lalapan

sambal

 

19.00    

Shalat Isya dan Tarawih

20.00

air putih (1-2 gelas)

21.30    

Tidur

 

 

Contoh Menu Seminggu

Nah, untuk inspirasi menu sahur dan berbuka, berikut ini saya buatkan menu sederhana untuk seminggu. 

 

senin

selasa

rabu

kamis

jumat

sabtu

minggu

Sahur

semangka

nanas

pepaya

anggur

kesemek

pisang

melon

stroberi

buah naga putih

salak

jeruk

buah naga merah

lengkeng

blimbing

sawo

mangga

nanas

anggur bali

apel

pisang

stroberi

Buka Puasa

Sunset Smoothie

Sup Buah Pelangi

Guava Smoothie

Stroberi-pepaya-kiwi

Jus nanas-jeruk

Buah naga merah-mangga-anggur hijau

Jus semangka-melon

Makan Malam

Nasi merah polos

Balado terung petai

Perkedel tahu kacang merah

Lalapan

Sambal bawang

Nasi merah campur

Satai jamur

Cah tahu pok choy

Simple salad

 

Nasi

Tahu-Tempe panggang bumbu kari

Thai Salad

Nasi merah polos

Cah Jamur Brokoli

Perkedel tahu

Lalapan timun, tomat, selada

Nasi putih organik

Garang asam tempe

Pepes jamur

Lalapan

Sambal kemiri

 

Nasi merah

Karedok

Tahu goreng

Tempe goreng

Nasi putih

Sambel goreng kentang-kacang tolo

Oseng sayuran

Lalapan mentah

 

 

Di atas, hanya sekadar contoh saja ya teman. Anda dapat menyesuaikan dengan bahan yang tersedia di sekitar Anda dan tentu dengan selera Anda sekeluarga. Selamat beribadah Ramadan. Semoga membawa kita menjadi hamba-Nya yang lebih bertaqwa. Aamiin.

51 comments

  1. nufazee says:

    pas banget lagi nyari referensi ttg FC mak, FC utk ibu hamil berlaku juga gak mak kayak yg mak bahas?

    mak, rekomendasiin dong buku FC yg bagus, hehe, trims Mak ^_^

    • wyuliandari says:

      FC buat bumil sama aja Mak. Kalau dirasa berat sahur eksklusif buah, lanjutkan saja dengan menu karbo.Pokoknya jangan memaksakan mak, lebih-lebih buat bumil dan busui ada keringanan boleh tidak berpuasa.Smg sehat ya Mak πŸ™‚

  2. Nefertite Fatriyanti says:

    Benar, tahun ini, selama puasa lebih banyak konsumsi buah, meskipun masih juga konsumsi karbo.
    Puasa tahun lalu, setiap pagi seperti masuk angin, dan digunakan untuk aktifitas yang non fisik, membaca, menulis,  terasa berat.
    Alhamdulillah tahun, ini setelah memperbanyak buah, terasa sehat dan fresh.
    Semua aktifitas bisa dijalankan dengan enak
     

  3. Mechta says:

    Sy msh buah + karbo utk sahurnya mbak… Dan utk buka sdh bs tanpa kolak dll… Alhmdlh…bljr sdkt demi sdkt… Trims contekan menunya mba Wied..

  4. evrinasp says:

    wah lengkapnya info dari Mbak wid, btw ternyata boleh ya sahur dengan karbo juga, eh iya sih belum waktunya untuk proses pengeluaran soalnya ya mbak

    • wyuliandari says:

      Loh… siapa bilang harus istri yang siapin? Kalau saya sih kerjasama dengan suami. Biasanya urusan buah-buahan, mulai belanja sampai urusan cuci kupas potong bahkan bikin jus atau smoothie, suami saya bisa lakukan. Ha..ha…

  5. novie@vierose22 says:

    tahun ini kami berbuka dengan air putih, kurma dan buah, serta satu dua buah kue kalo suka. es buah, kolak dan yang manis-manis lainnya cukup sesekali saja. makasih sharingnya mba, jadi nambah nih ilmu makanan sehatnya.

  6. Teguh Pandityanto says:

    Mbak sy udah terbiasa puasa senin-kamis. Skarng lagi coba mulai FC

    untuk sahur petunjuk jeda 15 menit utk jeniper – air putih – buah ini dalam jeda kita gak konsumsi apa2 ?

    klo tanpa jeda gimna ya ?

    mengingat waktu sahur kan pendek keburu adzan shubuh

    terima kasih

    • wyuliandari says:

      Kalau mau mengikuti pola food combining (pola makan serasi) jus atau smoothie buah di pagi hari, dalam perut kosong. Jadi sesudah lemon/nipis. Dan buah bisa dicampur aneka jenis.Β 

  7. trifena_2008@yahoo.com says:

    Hai mbak Widya,
    Saya tahun lalu mulai pelan2 menerapkan FC.
    Walaupun kepercayaan saya tidak mewajibkan puasa, tapi tahun lalu saya ikutan puasa (waktu sahur dan bukanya yg saya pakai sebagai petunjuk jam nya).
    Pakai pola FC, memang bener yah… buah disaat sahur itu cukup memberikan energi sepanjang hari, tidak ngantuk, mulut gak bau, merasa segar dan gak lemes, bahkan hari ke 3 dan seterusnya hampir2 tidak merasa lapar, walaupun kerjaan kantor lagi banyak.
    Cuman kalo lagi dapat Haid, saya suka bingung, kalo muslimah pasti berhenti puasanya, nah kalo saya gimana mbak yah?? Lanjutin aja sesuai waktunya bisa gak? Kalo saya melakukan puasa pada saat haid, efek sampingnya apa yah? (Pertanyaan terakhir bisa mbak jawab sesuai kepercayaan mbak aja, saya gak keberatan) πŸ™‚
    Thankyou soooo much…. ^_^
     

    • wyuliandari says:

      Hai Mbak. Kalo jawabannya secara logic aja ya, karena kalau merujuk ke kepercayaan saya kuatir saya salah. Hi..hi… Pada saat haid kan tubuh pasti ada yang berbeda, sedangkan puasa itu butuh energi besar setahu saya, untuk detoksifikasi. Jadi, sebaiknya dihentikan saja. Begitu kalau sepengetahuan saya πŸ™‚

      • TRIFENA says:

        Thankyou so much yah mbak Widya πŸ™‚
        Saya kira kalo lagi haid trus puasa akan berpengaruh sama kesehatan reproduksi πŸ˜€
         

  8. tita achmad says:

    Cocok banget praktis dan sehat tentunya, bnyak waktu bisa dipakai utk ibadah  tilawah misalnya …. ga melulu di dapur, makasih mbak

    • wyuliandari says:

      Kurangi atau substitusi, kalau memang menghindarinya sulit. Kurangi, bisa dengan mengganti gelas/cangkir yang biasa digunakan. Pakai yang lebih kecil dan takaran juga dikurangi. Kurangi frekuensi juga bisa. Atau kalau mau substitusi atau gantikan dg teh rempah. Itu yang dulu aku lakukan Bang. Tapi ya enggak 100 persen aku samasekali gak minum teh atau kopi lo. Sesekali dalam jumlah kecil, masih.

    • Hana says:

      Pengalaman saya berhenti minum kopi memang kepala pusing, tapi hanya sehari, keesokan harinya biasa saja. Dua minggu tidak minum kopi, sekalinya minum kopi, whuah, efeknya, jadi tidak ingin minum kopi lagi.

  9. Yulia Nugroho says:

    Saya sedang di UK dan akan menjalankan puasa 19 jam. Bgmn cara pengaturan makan sahur dan buka dg menu FC?

    • wyuliandari says:

      Laper sih tetep Mbak, namanya juga puasa. He..he…Β Tapi kadar lapernya samalah dg pas maem nasi dan teman-temannya. Dan di perut rasanya lebih nyaman πŸ™‚

      • Eti widayati says:

        Maaf urun rembug ya dik Wid…..
        Supaya gk gampang laper siram buah dg lemak (tak jenuh ).. Bisa siram dg minyak zaitun extravirgin/vco atau air kelapa/ santan segar secukupnya saja. Disamping kenyang lebih lama, lemak tsb membantu penyerapan Vit A,D,E, K.
        Atau
        Jngn pernah lupakan niat puasa . Niat adalah kegiatan untuk memprogram otak agar saat gula darah menurun otak tdk memerintahkan tubuh memroduksi hormon ghrellin (hormon yg bikin lapar) tp akan memberi perintah agar glikogen di hati diubah mjd glukosa sbh sumber energi.
        Krn glukosa dlm darah sbg sumber energi tercukupi mk tubuh tdk akan lemas.

  10. Elly says:

    Mbak salam kenal ya  dari saya , nama saya elly ,  pemula nih di fc baru 2 hari sahur pake buah… Emang perutnya bunyi gitu ya mba?? Hehehehe tapi memang saya merasa feel better ya mbak secara saya punya maag. 

    oh iya mbak, saya mau tanya kl makan nasi merah, sambel kentang teri, sambel kucai apa boleh. Atau sambal harus segar? 

    Yang kedua kl bikin bakwan jagung atau perkedel itu tetep pake tepung atau gmn ya mbak? 

    Terima kasih

  11. Hana says:

    Food combining benar-benar menyenangkan, ceting jadi juga menyenangkan hi hi. Ada dua kendala, yaitu sulitnya mengadakan sayur yang bagus (apa lagi sekarang) dan kadang-kadang (bahkan sering) mendapat kiriman makanan/ bahan makanan yang bagi saya pantang untuk membuang (tapi niat saya baik, insyaallah baik juga bagi tubuh). 

  12. arde says:

    enaknya hidup pinggiran, buah semua ada dan segar segar, ga seperti di jakarta.

    jember tiap akhir tahun ada panen rambutan, situbondo ada mangga dan nangka, lewat bondowoso ada durian.

    Tahun 2015 saya coba sahur dengan tape dan kurma, rasanya seger dan awet kenyang.

  13. Eko Nurhuda says:

    Noted banget yang catatan paling awal nomor 2. Aku sempat lepas dari teh dan kopi, tapi habis lebaran tahun itu terus kecanduan lagi sampe sekarang. Semoga Ramadhan ini jadi momen buat kembali lepas dari teh dan kopi πŸ™‚

    Suwun ya, Mbak.

  14. Eti widayati says:

    Neng, klo ada pilihan sahurnya pake menu karbo judul artikel jangan “Menu Food Combining selama Ramadhan”.. Krn klo menu food combining gak ada menu karbo di jam2 pagi hari. Iya kan? ( Kecuali diberi catatan: ” bagi yg blm menerapkan Food Combining”.)

Leave a Reply