Kuliah Jurusan Teknik Lingkungan Harus Pintar Pelajaran Apa?

Share

teknik lingkungan

Halo

Postingan ini didedikasikan buat sejumlah follower belia saya yang menanyakan tentang kuliah jurusan teknik lingkungan. Pasca menerbitkan buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan, saya memang sering menerima beberapa pertanyaan terkait kuliah di jurusan ini. Pertanyaan yang termasuk paling sering saya temui adalah, kalau mau kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan, harus pintar pelajaran apa aja, sih?

Baca juga: Bedah Buku Kuliah Jurusan Apa Jurusan Teknik Lingkungan

Apakah harus pintar mata pelajaran matematika, fisika, kimia dll? Saya tidak akan menjawab dengan ya atau tidak. Kenapa? Karena standar “pintar” pada pelajaran tertentu itu bisa relatif, ya. Bukan hanya dilihat dari nilai yang didapat, kan? Jadi, biarlah saya berikan ulasan beberapa mata pelajaran di SMA dan hubungannya dengan hal yang banyak dipelajari di teknik lingkungan.

 

Fisika

Keterkaitan beberapa mata kuliah di teknik lingkungan dengan pelajaran ini lumayan banyak. Mata kuliah fisika dasar, jelas isinya ya fisika. Lalu hal yang berhubungan dengan operasi dan proses teknik lingkungan, pengolahan air dan pengolahan limbah setidaknya berhubungan dengan fisika dalam hal memahami sifat fluida, memahami bagaimana sebuah partikel mengendap, bagaimana suatu zat pencemar dapat tersebar di lingkungan, dsb.

 

Matematika

Namanya kuliah ilmu pasti, ya pasti ketemu matematika. Diferensial integral endebrai…endebrai… ada juga walau sedikit. Jika Anda membenci keduanya, banget…nget…nget... namun pingin betul masuk TL, ya mungkin nasibnya akan mirip saya saat S1. Nilai bakal babak belur di mata kuliah dasar.

 

Kimia

Kimia di TL itu tidak mbulet banget kok. Tapi, kalau terlalu parah bencinya pada kimia, ya jangan masuk TL. Karena semua proses nanti akan berhubungan dengan kimia. Atau, ya jangan benci-benci amat lah pada kimia. Nanti bisa cinta lo… cie….(ini apa?).

 

Biologi

Mirip dengan kimia. Sebenarnya biologinya anak TL itu ya enggak se-mbulet biologinya anak bioteknologi misalnya. Tapi ya tetap penting, karena banyak proses pengolahan yang nantinya melibatkan makhluk hidup khususnya jasad renik. Jadi kalau udah alergi duluan belajar soal bakteri, jamur, dan konco-konco-nya, ya udah, jangan masuk TL deh.

 

Jadi begitulah kaitan beberapa  pelajaran di SMA dengan kuliah Teknik Lingkungan. Syarat lain sih bukan soal sekadar pintar pelajaran ini itu ya. Menurut pengalaman saya sih, kuliah TL harus mau terjun panas-panasan di lapangan, kudu tahan juga berdiri seharian praktikum di lab, kudu gak jijik-an juga lo, karena kita bakalan banyak ngurusin yang kotor-kotor seperti limbah dan sampah.

One comment

Leave a Reply