Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
manfaat infused water lemon
Share

Serius nih, cuma minum infused water alias air yang diberi irisan buah/sayur bisa bikin sehat? Ah, memangnya apa saja sih manfaat infused water buat kesehatan? Ada masa di mana teman-teman pada bawa-bawa tumbler berisi infused water plus keyakinan bahwa isi botol tersebut bisa bikin mereka lebih fit, lebih awet muda, muka cling, bahkan mengenyahkan racun dalam tubuh alias detoksifikasi. Wow! Bagi saya sih, terdengar sedikit over claimed ya, manfaat infused water yang endebrai endebrai itu.

Tapi mari berpikiran terbuka. Jangan asal nuduh, rugi! Maka saya mencari di banyak tempat tentang manfaat infused water untuk kesehatan. Memang banyak sekali informasinya. Infused water disebut-sebut memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat infused water yang diyakini nyata. Secara lebih spesifik, ini dia beberapa manfaat infused water untuk kesehatan berdasarkan masing-masing jenis bahan yang di-infused.

Manfaat Infused Water Lemon

manfaat infused water lemon

Lemon dipercaya memiliki kemampuan mendetoks dan menciptakan suasana cenderung basa dalam tubuh. Ini sudah banyak diketahui oleh banyak pelaku pola makan sehat terutama food combining ya, di mana mereka biasa menjadikan minuman juniper alias jeruk nipis peras ataupun lemper alias lemon peras sebagai minuman pembuka hari. Tapi bagaimana jika dijadikan infused water? Saya pribadi beberapa kali mencoba meng-infused baik jeruk nipis maupun lemon. Rasanya sih, memang meminumnya menjadi lebih berenergi. Tapi mendetoks? Hmmmm… saya tidak berani menyimpulkan kebenarannya. Mengapa? Setahu saya detoks adalah proses yang cukup rumit, tidak semudah itu ferguso. Apalagi habis nenggak infused water, you makan bala-bala sepiring. Ohh detoks? Detoks dari Hongkong?

Baca Juga: Panduan Detoksifikasi Secara Holistik

Manfaat Infused Water Cucumber Lemon Mint


Saya belum pernah bikin yang ini, tapi ngebayanginnya aja, kalau dari sisi rasa dan kandungan bahan-bahannya kayaknya kok seger banget ya. Aroma kuat segernya lemon dan mint, berpadu dengan lembut wangi ketimun. Duh… jadi haus. Gleks

Karena bahannya ada tiga, maka manfaatnya juga jadi lebih banyak. Ketimun dipercaya mengandung anti-peradangan, dan antioksidan, sedangkan mint-nya memiliki manfaat mengatasi gangguan di area mulut dan saluran napas bagian atas seperti pilek misalnya.

Manfaat Infused Water Kurma

Wah, ini sempat beken banget ya kalau saya perhatikan. Disebut juga dengan air nabeez, kurma yang di-infuse ke dalam segelas air ini konon dipercaya sebagai minuman kesukaan Rasulullah. Manfaat infused water kurma menurut banyak sumber yang saya baca adalah sebagai sumber serat, zat besi, dan potassium.

Selain manfaat kesehatan yang spesifik berdasar jenis bahan yang ditambahkan, saya rasa ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dengan mengkonsumsi infused water, seperti:

Infused Water, Cara Minum Air yang Asyik

Ini berguna banget buat teman-teman yang masih ogah minum cukup air. Menurut beberapa sumber yang saya pernah baca, orang Indonesia terhitung rentang kurang minum, salah satunya karena kurang suka rasa plain dari air minum. Nah, jika teman-teman termasuk golongan yang ini nih, infused water bisa dicoba sebagai salah satu upaya agar minum air jadi terasa asyik dan fun!

Infused Water, Cara Asyik Dapat Vitamin

Kalau biasanya vitamin, multivitamin, dan suplementasi lainnya harus kita telan dalam bentuk kapsul lah, tablet lah, nah, dengan infused water, kita mendapatkannya dengan cara yang berbeda. Selain sumbernya alami cara penyajiannya pun menjadi lebih asyik

Infused Water, Biar Pola Hidup Sehat Enggak Boring

Pernah enggak sih merasa, bahwa me-maintain semangat hidup sehat itu enggak gampang lho. Yang ada kan seringkali sekadar trend sesaat aja. Nah, saya yang menjalani belajar makan sehat selama 9 tahun terakhir ngerasa banget pasang surutnya semangat sehat. Ya, infused water ini saya pandang sebagai variasi yang asyik aja, agar acara sehat saya yang bakal dijalani selama sisa hidup ini menjadi fun, enggak ngebosenin dan enggak flat. Ada asyik-asyiknya gituuuuu. Haha….

Cara Mendapatkan Manfaat Optimal Infused Water?

Ada beberapa hal yang menurut saya perlu banget diperhatikan agar infused water yang kita buat dan konsumsi dapat memberikan manfaat optimal. Ini dia beberapa di antaranya:

Pastikan Bahan dalam Kondisi Baik

Jadi buah atau sayur atau pun rempah-rempah yang dalam kondisi masih baik. Kalau buah dan sayur ya wajib segar, jangan layu. Bahan yang kurang segar, selain nutrisinya juga sudah pasti berkurang, dari sisi rasa juga sudah yakin tidak fresh.

Cuci dengan Saksama

Pastikan selalu mencuci dengan saksama, kita mau mendapatkan substansi baik dari buah dan sayurnya kan? Bukan kotoran atau bahkan pestisida yang menempel di kulitnya. Untuk yang masih parno-an dengan bakteri lah, pestisida lah, bisa cuci lalu rendam dalam larutan baking soda.

Proses dan Sajikan dalam Wadah yang Baik.

Maksudnya sih enggak yang harus gimanaaaaa gitu ya. Asal pilih-pilih bahan botolnya saja. Kalau buat saya syaratnya enggak harus botol kaca, karena bakalan ribet kalau bawa-bawa ke kantor. Berat booo. Tapi pastikan pula plastik yang baik kualitasnya, food grade dan BPA free.

Ga usah ribet carinya di mana si botol bakal wadah infused water teman-teman. Ke Shopee aja, banyak pilihannya. Tinggal sesuaikan volume botol dengan kebutuhan. Kalau saya sih enggak gede-gede amat ya. Di atas 500 ml tapi masih di bawah 1000 ml. Karena saya tetap beranggapan, ya namanya menghidrasi tubuh itu terutama dengan air putih, eh air bening saja.

beli botol infused water di shopee

Konsumsi dengan Bijak

Apapun itu, sesehat apapun, tentu ada cara-cara terbaik mengonsumsinya. Kalau saya berpegangan pada aturan utama tentang minum air yang banyak diyakini oleh pelaku food combining. Karena substansi utama infused water ini air, toh? Apa itu? Ya setidaknya begini, minum air dalam kondisi perut kosong. Boleh sih minum sesudah makan, tapi jumlahnya sedikit aja asal membasuh mulut dan tenggorokan dan memberi rasa segar.

Kenapa demikian? Kalau dalam food combining, minum banyak sesudah makan dipandang bikin banjir di lambung. Akibatnya, proses pencernaan makanan yang baru saja kita konsumsi pun dapat terganggu. Alih-alih sehat, yang ada begah.

Infused Water Tidak Cukup!

Eh, kata siapa? Ya kata saya lah. Haha… kenapa? Maaf, ini subjektif lo ya, berdasar pengalaman saya. Gini lho, menjadi sehat itu faktornya banyakkkk keleus. Iya apa iya? Ya gimana mau sehat kalau hanya mengandalkan sebotol air infused water, sementara sekian piring yang kita konsumsi selebihnya adalah makanan yang tidak sehat? Ini contoh aja lho.

Baca Juga: Cara Sehat dan Langsing dengan Food Combining

Jadi, kalau menurut pengalaman saya 9 tahun menjalani pola makan sehat, iya betul infused water itu ngaruh, memberi dampak positif pada kesehatan. Kapan? Saat pola makan dan pola hidup kita keseluruhan sudah bener. Minum lemon infused water berharap bodi terdetoks, tapi sehari-hari kerjanya begadang, sama juga boong!

Jadi, tertarik bikin infused water? Eh, atau sudah sering konsumsi? Cerita dong apa favorit teman-teman dan kenapa suka?

Post Author: widyanti yuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, pola makan sehat, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

24 Replies to “Ini Dia Berbagai Manfaat Infused Water untuk Kesehatan”

  1. Sayaa dulu jaman masih kuliah di ITS sering bikin infused water mbaak dr lemon, penasaran pengen bikin infused water kurma hehehe

    Waah bikin infused water jd makin gampang yaa, mudah dibawa kemana-mana pulaa. Menarikk, pengen beli wkwkw makasih sharingnyaa mbak 🤗

    1. Langsung berasa dikeplak pas baca bagian “gimana mau sehat kalau hanya ngandelin infused water sementara sekian piring bla bla bla…” hihihihi.. duuuh akutu masih belom bisa mup on dari gorengan je mba. Piye iki? Meski begitu, udah berusaha makan lebih banyak lalapan sih.. #tetepngeles 😀😀

    1. Kalau aku keseringn ikutan trend deh, Mbak. Hahahaha. Kalau pas rajin ya bikiiiiiin. Kalau pas males ya blabas. Hahaha. Kalau aku lebih suka minum air putih biasa malah.

  2. Lemon – mint pernah nyoba, seger, aromanya enak. Tapi daun mint di tempatku agak susah nyarinya. Seringnya lemon, gampang nyari, di bakul sayur juga ada. Cuma aku orangnya nggak rajin, rutin. Eh gimana mau sehat….

  3. Infuse water pakai kurma kesukaan mamaku kalau bulan puasa. Aku suka infuse water pakai lemon dan mint. Tapi aku suka lupa untuk minum dalam suhu ruangan, soalnya kalau minum dingin malah sinus aku akhrinya kambuh.

  4. Dulu aku rajin mengonsumsi lemon infused water. Di kantor, air minumnya diganti itu. Waktu itu sih niatnya karena ingin mengobati sakit lambung. Bener, lho, perih-perihnya berkurang jauh. Tapi waktu itu sempat bandel, sih. Makan sembarangan, stress ditumpuk, akhirnya nyeri lambung datang lagi. Terus kepikiran nggampangin, gitu, “Ah, kan bisa diobatin pake infused water.”

    Soalnya bandelnya ini, jangan ditiru lho, ya, hihihi …

  5. Aku dulu rajin bikin, apalagi punya pohon lemon sendiri. Buahnya lebat sampai aku tembangi. Sekarang udah lama nggak berbuah, sepertinya periode antar berbuahnya memang lama banget. Udah gitu aku capek nyuci tempat infusednya wakakakkk. Orang rumah cuma ngabisin doang, nggak ada yg bantuin nyuci. Jadi lama juga nggak bikin infused water lagi.

  6. Wah kesentil nih… Saya minum infused water tapi masih suka begadang, apalagi infused waternya bolong-bolog… Duh duh, godaan makanan masih susah diabaikan, makasi sharingnya mba Wyuliandari. Salam kenal ya mbak😀

  7. Aku tiap hari sedia infused water di rumah, Mbak. Daripada anak-anak minta ir dingin biasa, akhirnya jadiin infuse water aja jadi mereka juga dapat manfaatnya. Tapi biasanya baru lemon atau strawberry aja. Kalau timun pastinya seger banget sih, tapi blm coba

    1. Saya sudah lama pengen nyoba tapi rada deg degan soal pestisida di kulit buahnya lah, trus bisa bertahan berapa lama nya lah. Padahal kalau disajiin, saya sih happy banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!