Teh Herbal-Minuman Sehat Dari Bahan-bahan Alam (Bagian 2)

Teh Herbal

 

Teh Herbal-Minuman Sehat Dari Bahan-bahan Alam (Bagian 2)   – Pada blogpost yang lalu  yaitu: Teh Herbal-Minuman Sehat Dari Bahan-bahan Alam (Bagian 1) saya sudah membagi dua   resep teh herbal yang sangat mudah pembuatannya namun khasiatnya cukup dahsyat buat saya dan mungkin juga Anda.

 

Nah, sekarang saya akan berbagi dua resep lagi minuman berkhasiat namun murah dan sangat mudah dibuat.

Wedang Serai Jeruk Nipis

Aroma segar dari serai ternyata cukup berkhasiat. Selain menyegarkan serta menenangkan, konon teh ini dapat meredakan insomnia. Oh ya, saat cuaca panas di siang hari,minuman ini segar disajikan dingin. Yuk dicoba.

Bahan :

1-2 batang serai, bersihkan lalu memarkan

300 ml air, didihkan

1 SDM madu (optional)

Cara Membuat:

  1. Seduh serai dengan air mendidih
  2. Tutup wadahnya biarkan sejenak
  3. Buka, tambahkan madu
  4. Aduk-aduk lalu sajikan.

Wedang Jahe Kayumanis

Bahan:

1 batang kayumanis atau ½ sdt kayumanis bubuk

3 ruas jari jahe, bersihkan lalu memarkan

300 ml air

1 SDM madu

Cara Membuat:

  1. Didihkan air masukkan kayumanis batangan
  2. Biarkan beberapa saat hingga aroma keluar
  3. Angkat, siramkan pada jahe
  4. Tutup wadah, biarkan beberapa saat
  5. Buka penutupnya dan tambahkan madu
  6. Aduk, lalu siap dihidangkan

Catatan : jika menggunakan kayumanis berbentuk bubuk, kayumanis tidakperlu dimasak. Masukkan kayumanis bubuk saat menambahkan madu

Oh ya,untuk kedua resep di atas,penggunaan madu adalah optional. Anda bisa mencoba tanpa pemanis apapun, teh herbal Anda akan makin sehat. Atau anda juga bisa mencoba dengan sedikit gula aren. Rasanya akan sedikit berbeda,khas dan tetap nikmat.

Namun saya tidak menyarankan penggunaan gula sintetis ya. No… no… lebih baik gunakan gulapasir sedikit saja. Namun terkontrol, daripada anda gunakan gula diet namun kemudian merasa aman sehingga porsinya tak terkontrol.

Nah, cukup mudah membuatnya bukan? Jika Anda bosan selalu minum the atau kopi di sore hari, Anda bisa menggantinya dengan dua resep di atas. Selain lebih sehat (karena tidak menggunakan gulapasir) juga memiliki khasiat yang oke buat kesehatan. (baca juga : Cara membuat teh herbal – bagian 1)

 

3 comments

Leave a Reply