oppo Reno6

Tampilkan Ekspresimu Dengan Sempurna Melalui Kamera OPPO Reno6

Share

Ekspresi wajah adalah bahasa yang tidak terkatakan, bahasa yang tidak tertuliskan. Meskipun Tidak terkatakan dan tidak tertuliskan, ekspresi wajah mewakili ungkapan sebenar-benarnya apa yang ingin kita sampaikan. 

Kita pernah mendengar ungkapan bahwa mata adalah jendela hati. Dan ungkapan lain, hati orang siapa yang tahu. Artinya, untuk mengetahui isi hati orang, kita bisa menangkap ekspresinya dari matanya. Secara sederhana, ekspresi yang merupakan ungkapan emosi diwakilkan oleh ekspresi wajah yang ditampilkan. 

Namun, bagaimana kita bisa menangkap ekspresi orang sepenuh-penuhnya atau mengungkapkan ekpresi kita, bila tidak ada media yang mewadahi ungkapan itu secara sempurna? 

Jangan khawatir, perkembangan teknologi penginderaan dan perekaman telah mampu menangkap momen yang ingin diungkapkan dan emosi yang disampaikan melalui ekspresi wajah kita secara utuh dan sempurna.

ekspresi wajah manusia
Ekspresi wajah mewakili kondisi emosional kita. Sumber gambar Pixabay_RyanMcGuire

Memahami Emosi, Mengapa Sangat Penting?

Tidak semua orang bisa mengungkapkan emosinya. Jikalau dia bisa mengungkapkan emosinya, maka tidak semua orang bisa secara benar menyampaikan itu. Jadi tidak jarang, ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, ada saja peluang untuk salah interpretasi. Dan berujung pada salah paham.

Emoticon yang diberikan pada kanal media sosialpun tidak seutuhnya menggambarkan emosi yang ingin kita sampaikan. Misalkan ada berita kematian, melahirkan anak, anak yang lulus kuliah, saudara yang sakit, bahkan teman yang mendapatkan hadiah. Emoticon ini  bisa menjadi pintu salah tafsir atas ungkapan emosi yang ingin kita berikan. Apalagi banyak jenis emoticon yang tidak semuanya dipahami oleh pengguna sosial media.

Memahami emosi termasuk softskill yang perlu diasah. Kemampuan ini akan menjadikan kita bisa memahami orang lain dengan cara yang tepat. Efeknya adalah hubungan sosial yang ingin dibangun akan menjadi lebih mudah.

Salah satu cara terbaik untuk bisa memahami emosi orang lain adalah dengan memperhatikan dengan cermat ekspresi wajahnya. Ekspresi wajah orang, termasuk pancaran matanya, mewakili kondisi emosi orang.

Ekspresi Wajah yang Terungkapkan Dalam Bidikan Kamera

Alan S Cowen dan Dacher Keltner PhD dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences (2017) menemukan bahwa manusia memiliki 27 jenis emosi yang berbeda, mulai dari bosan, jijik, gelisah, kagum hingga empati.

Untuk memudahkan mengenali jenis emosi tersebut, Paul Ekman mengembangkan teknologi pengenal emosi yang diberi nama facial action coding system (FACS) pada tahun 1972. FACS bekerja berdasarkan kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengenali pergerakan otot wajah. Tiap pergerakan otot wajah dinamakan action unit (AU).

Tiga tahun lalu, FACS dikembangkan dalam teknologi kamera oleh Neurodata Lab. Melalui teknologi kamera yang dikawinkan AI pengenal emosi inilah, kita akan mudah mengenali emosi yang diperlihatkan oleh wajah manusia. Jadi, kesalahan interpretasi atas emosi orang bisa dihindari melalui hasil perekaman kamera. Kamera menjadi cerdas. Jepret….. dan kita bisa tahu, wajah yang terangkap kamera tersebut masuk ke dalam wajah dengan ekspresi emosi apa dari 27 jenis emosi yang ada.

garis-garis wajah
Garis-garis pada wajah yang bisa mengubah model ekspresinya. Sumber gambar reallusion.com

Kenali OPPO Reno6, Smartphone Portrait Expert

Ternyata teknologi kamera yang bisa secara cermat mengenali ekpresi wajah manusia dipergunakan oleh OPPO, brand smartphone internasional, pada produk terbarunya OPPO Reno6.  Smartphone ini memiliki empat Quad AI Camera.

Hasil bidikan kamera OPPO Reno6 yang beresolusi 64 GB akan menghasilkan portrait indah ekpresi wajah manusia berikut penjelasan emosi terkait ekspresi tersebut. Fitur Bokeh Flare Portrait Video menjadikan latar belakang obyek menjadi blur dengan tampilan yang artistik dan kita bisa terfokus pada emosi yang diperlihatkan subjek foto. Fitur ini juga bisa digunakan ketika kamera digunakan dalam mode video sebanyak 300 frame perdetik sehingga efek bokeh yang dihasilkannya realtime.

AI Highlight Video merupakan kombinasi dari Night Mode + HDR Live. Fitur unggulan ini membuat kita bisa merekam video pada kondisi gelap namun bisa menghasilkan video dengan komposisi warna yang optimal dan hasil yang cerah.

Keunggulan kamera OPPO Reno6 bisa dilihat fitur Portrait Beautification Video. Teknologi pada fitur ini menggunakan 2 algoritma baru yang bisa mengenal wajah pada 373 titik dan algoritma untuk mendeteksi mata. Dua jenis algoritma ini memungkinkan hasil kamera untuk wajah menjadi akurat, alami, halus, cantik sekaligus memberikan karakter dan kesan yang tajam untuk  mata.

AI Palettes disematkan pada OPPO Reno6 yang membantu meningkatkan warna foto dengan mengambil “palet warna” dari gambar lain. Al Palettes dilengkapi dengan Face Protection.  Efeknya, objek wajah manusia tidak terpengaruh perubahan.

Desain OPPO Reno6

OPPO Reno6 termasuk smartphone yang tipis. Ketebalannya hanya 7.8 mm dengan berat 173 gram.  Dengan dimensi seperti itu, smartphone ini nyaman digunakan dalam genggaman. 

OPPO Reno6 memiliki lima lapisan Diamond Spectrum yang bisa memancarkan jutaan warna. Smartphone ini terlihat stylish dan elegan karena mengaplikasikan Reno Glow. Efeknya, tidak ada bekas jemari yang tertinggal (fingerprint-proof) di bodinya.

Layar OPPO Reno6 memiliki tipe Single Punch-Hole Display yang bisa memberikan pandangan layar yang luas. Kita akan leluasa dalam menikmati game online ataupun konten multimedia seperti video. 

spesifikasi kamera oppo reno6

Fitur dan Aplikasi Penting

Keleluasaan ini dikarenakan OPPO Reno6 dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB (yang bisa diekspansi hingga 13 GB)  dan ROM 128 GB, layar 90Hz Refresh Rate, speaker Dolby Atmos dan baterai sebesar 4.310mAh.

Fitur Hyperboost 4.0 dengan teknologi AI Frame Adjustment menjadikan smartphone lebih stabil ketika berada dalam kondisi mesin panas atau sinyal terganggu. Kita tidak akan mengalami penurunan drastis frame gambar.

Fitur Gaming Shortcut Mode menjadikan kita bisa bermain game secara instan tanpa harus menunggu selesainya loading screen. Fitur ini penting banget bagi kita maniak gaming.


Fitur Game Focus Mode menjadikan proses gaming kita aman karena aplikasi lain yang berjalan akan dihadang. Kita tetap bisa fokus nge-game.

Fitur Bullet Screen Message  memungkinkan kita membaca pesan masuk tanpa harus berhenti main game.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, OPPO Reno6 ini mewakili jiwa muda yang atraktif, eksploratif, kreatif dan ekspresif. Smartphone ini mewadahi energi kreatifitas kita dalam multitasking ataupun menikmati hiburan gaming teroptimasi. Oh ya, OPPO Reno6  dijual dengan  2 varian warna yang bisa dipilih yakni Aurora dan stellar black.

tipe aurora oppo reno6
tipe stellar black oppo reno6
Share

41 thoughts on “Tampilkan Ekspresimu Dengan Sempurna Melalui Kamera OPPO Reno6

  1. By the way aku dulu pernah dapat makul AI mbak, sumpah bikin sakit kepala belajarnya wkkwkwkkw. Yuk, ah mupeng juga sama OPPO Reno6 ini mbak 🙁

  2. aku mau yang warna AURORA……….. kece banget sih, sumpah!!! makin diliat, makin dibaca fiturnya aku makin mupeng………………….. duh ini saldo rekening kapan gendut buat nebus OPPO Reno6 ya

  3. Oppo Reno 6 ini mewakili bagi mereka yang butuh kamera tapu nggak sanggup bel dslr ya, Mba. Dari oppo reno 6 sudah terwakili. Jadi kita bisa lihat ekspresi apa yang ada pada wajah kita.. xixixi

  4. Saya langsung naksir Oppo Reno6 Stellar Black mba. Keren banget deh. Tampilan oke, apalagi fiturnya. Saya sudah 5,6 tahun pakai Oppo, semoga nanti bisa melanjutkan menggunakan Oppo dengan berjodoh dengan Oppo Reno6 ini.

  5. mendem emosi kalo keseringan bahaya juga ya, hahahha harus disalurkan dengan cara yang positif, salah satunya bikin konten di medsos menggunakan smartphone oppo reno 6

  6. Dari semenjak pakai OPPO F1S, gak pernah raguin kemampuan kameranya OPPO sih. Semakin baru serinya, semakin canggih pastinya ya. Apalagi OPPO Reno6 ini, duuuh bikin mupeng ya ampuuun

  7. Ini nih klo hp dipegang anak2 trus suka ada cap2 haha, tapi kayaknya klo ini mulus yaa mba Oppo. Aku liat speknya udah cakep banget cameranya dan untuk gaming juga oke ya. Klo kmana2 yaudah nggak mati gaya sama Oppo. Multitasking benerrrr.. Penasaran fitur bokehnya deh buat jepret makin cihuy sempurnaaa^^

    1. Sebagai pengguna setia Oppo di 8 tahun terakhir, emang sebagus itu yang tipe Reno terutama kualitas kameranya. Dari versi yang paling lama juga udah bagus.

  8. Keren banget kameranya OPPO Reno 6 ini, bisa bikin video berefek bokeh dengan frame rate 300, pergerakannya jadi mulus banget ini.

    Dan saya baru tahu bahwa ada 27 jenis emosi yang bisa di deteksi dari ekspresi wajah.

  9. Dari dulu OPPO memang terkenal dengan hasil foto-fotonya yang tajam ya. Apalagi OPPO Reno yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk menangkap ekspresi dari objek fotonya. Pasti semakin hidup hasil gambarnya..kereen…

  10. Fitur Face Protection ini penting banget. Kadang-kadang suka geli aja lihat warna wajah berubah karena menyesuaikan peningkatan warna obyek di sekitarnya. Berasa aneh dan gak natural gitu. OPPO yang sekarang kupakai sudah oke, namun pastinya kalah sama Reno series ini. Makin canggih euy. Kalau urusan handal, dijamin dah kalau OPPO. HPku yang seri A37 aja masih oke. Dibeli sekitar tahun 2015.

  11. Kamera hp OPPO Reno ini memang menggoda ya. Bikin foto-foto dan selfie jadi semakin cantik. Duh, mau lah punya juga yang begini. Buat gantiin hape jadulku. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!