ponsel gahar untuk sehari-hari

Asus ROG Phone II, Ponsel Gahar Untuk Aktivitas Sehari-Hari

Share

Kesan pertama melihat Asus ROG Phone II setelah tiba di rumah adalah “ Ini ponsel yang mewah. Materialnya kokoh dan…licin 😀 ”. Material yang licin tersebut dikarenakan balutan lapisan gorilla glass 6. Ada logo ROG – Republic of Gamer di bagian belakangnya. Ada desain dengan strip-strip tegas, termasuk model kameranya. Desain yang futuristik khas dunia gaming.

ROG Phone II ini adalah ponsel gaming. Layar depannya, layar AMOLED 10 bit HDR dengan 16 juta warna, juga dilapisi gorilla glass 6 dan yang istimewa adalah baterai dan prosesornya memiliki putaran mesin 2.96 GHz. Rangka ponsel ini dibuat dari logam.

Ponsel Asus ROG Phone generasi II ini diliris pada 5 Desember 2019 lalu. Generasi ketiga yakni Asus ROG Phone III yang dilauching di Indonesia pada kamis, 24 September lalu.

Dibandingkan seri Zenfone 3 maxPro, Asus ROG Phone II ini terhitung lebih besar. Layarnya berukuran 6,59 inci dengan angka refresh rate 120 Hz/1ms. Dengan kemampuan layar seperti ini, tampilan foto dan video terlihat sangat smooth.

Perbandingan ukuran ROG Phone II dengan Asus MaxPro
Perbandingan ukuran Asus ROG Phone II dengan Asus MaxPro

Kelebihan Asus ROG Phone II

Faktor lain yang penting adalah dapur pacunya yang terbilang gahar. Dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan GPU Adreno 640, menjadikan ponsel ini sangat sangat digunakan ketika memainkan game. Asus ROG Phone II disebut sebagai hp pertama yang menggunakan prosesor jenis ini.

Ya, jelas-lah namanya juga ponsel gaming. Sound-nyapun mantap banget, pas banget ketika saya menggunakannya untuk bermain game balapan mobil Asphalt 9.  Dengan layar yang luas, bermain game ataupun menonton video membuat saya bisa berlama-lama memegang gagdet ini.

Hasil jepretan menggunakan kamera ROG Phone II
Kamera ROG Phone II membantu saya menghasilkan foto dengan kualitas yang memenuhi harapan.

Mengapa bisa lama? Dari sisi kejernihan layar, sound yang jernih dan kelancaran memutar video menjadi poin penting selain kekuatan baterai dibaliknya. Baterai yang ditanam di Asus ROG Phone II ini sebesar 6.000 mAh. Jelas cukup awet digunakan bermain game dalam waktu cukup lama, apalagi hanya sekadar mendengarkan musik. Kelebihan dari sistem baterai Asus ROG Phone II ini adalah membutuhkan waktu terhitung singkat sekira sejam dengan teknologi Air Trigger II untuk memenuhi lagi kapasitas baterai.

Enam bulan ini, saya menggunakan Asus ROG Phone II untuk mengambil foto dan video konten blog. Pada bagian punggung ponsel terdapat kamera beresolusi 48 MP (f/1,8) dan lensa wide-angle 13 MP (f/2,4).

Video tentang Asus VivoBook S14 S433 yang menggunakan ROG Phone II

Dengan kamera berkemampuan menghasilkan gambar yang tajam tersebut, tentu ukuran file gambar terhitung besar 4 MB – 14 MB, tergantung settingan resolusi kameranya antara 7 MP – 48 MP. Namun kita tidak perlu kuatir dikarenakan ruang penyimpanan Asus ROG Phone II sangat lega. Ada dua pilihan Asus ROG Phone II ini, versi pertama dengan RAM 8 GB dengan ruang penyimpanan 128 GB dan versi kedua dengan RAM 12 GB dengan ruang penyimpanan 512 GB. RAM 12 GB adalah RAM tercepat di dunia untuk ponsel.

Di tulisan ini, saya tidak mengulas kelebihan Asus ROG Phone II dalam pemakaiannya sebagai ponsel gaming. Dengan spesifikasi sebagai ponsel gaming, penggunaan Asus ROG Phone II untuk aktifitas sehari-hari tentunya sangat memuaskan, melebihi ekspektasi. Ponsel gaming membutuhkan resource yang besar sehingga untuk penggunaan non-gaming menjadi sangat mudah dilakukan oleh ponsel ini dengan hasil yang memuaskan.

Contoh cover blog yang saya buat menggunakan canva dengan bantuan Asus ROG Phone II. Ponsel ini sangat membantu aktifitas nge-blog saya dikarenakan kinerjanya bagus. Lebih lengkap mengenai cover blog ini bisa dibaca di Makin aman menjaga informasi diri dan data bisnis bersama Asus ExpertBook B9450FA.

Responsif

Saat saya menyentuh touchscreennya, dan menggeser jari saya, respon hp ini sangat cepat, termasuk pada penggunaan game. Pada penggunaan sehari-hari seperti mengetik, menyimpan gambar dan video, ataupun screen capture yang memencet bersamaan tombol Volume bawah + power, dapat dilakukan dengan seketika. Meng-connect-kan aplikasi WA dengan web whatsapp melalui kode QR-pun cepat. Begitu layar Asus ROG Phone II memindai kode QR, langsung terhubungkan HP gaming ini dengan laptop. Kondisi berbeda terjadi ketika saya menggunakan HP dengan spesifikasi di bawah Asus ROG Phone II.

Responsifitas dari Asus ROG Phone II tentunya sangat membantu saya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, menulis, memberi pelatihan dan membuat konten blog. Pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat, tanpa kendala dan hasil memuaskan.

Webinar dan Transfer Data

Dalam masa pandemi sekarang ini, hampir setiap minggu saya melakukan kegiatan webinar, baik melalui zoom atau Whatsapp. Di rumah ada wifi.

Webinar menggunakan Asus ROG Phone II
ROG Phone II sangat baik digunakan untuk saat live IG maupun webinar.

Asus ROG Phone II ini sangat membantu kegiatan IG Live atau pun webinar yang dilakukan. Konektivitas Wi-Fi 802.11 mulus tanpa hambatan. Tampilan video yang dimunculkan, termasuk slide dari pemateri, terlihat jernih. Kamera depan beresolusi 24 MP sangat membantu menampilkan video conference secara jernih.

Lain waktu, dan sering saya lakukan, adalah mengirimkan data berupa foto dan video dari Asus ROG Phone 2 ini ke laptop. Bluetooth generasi 5.0 sangat membantu alih data secara cepat.

Transfer data, foto dan video menggunakan bluetooth dari ROG Phone II ke laptop Asus.

Konten Blog dan Ilustrasi Blog

Sebagai bloger dan content creator saya terbantu sekali dengan adanya Asus ROG Phone II ini. Siapa sih yang tidak ingin memiliki foto yang bagus di blognya? Pasti semuanya pengen. Dan ini saya dapatkan melalui fitur kamer di hp ini. Juga, kemampuannya dan mengambil video. Setelahnya, saya perlu mengolah foto dan video tersebut.

Software editing Kinemaster berjalan amat mulus ketika digunakan di ROG Phone II.

Spesifikasi hp ini dari prosesor, RAM dan kapasitas hardisknya, termasuk tidak lupa kapasitas baterainya menjadikan saya bisa mengolah foto dan video termasuk ilustrasi tanpa hambatan sekaligus menyimpannya dengan tenang. Baterainya yang berkapasitas 6.000 mAh menjadikan Asus ROG Phone II bisa bertahan lama ketika digunakan.

Dalam mengolah ilustrasi yang menggunakan canva. Mengolah video menggunakan Kinemaster dan untuk ilustrasi karena yang menguasai Raniah (anak bungsu) menggunakan ibis Paint.

Contoh ilustrasi yang dikerjakan oleh Raniah menggunakan ibisPaint.

Mendengarkan Musik

Terakhir saya perlu memberikan impressi atas kualitas soundnya yang menggelegar menggunal dual surrounding teknologi getaran dengan dual speaker yang menghadap ke depan.

Untuk mendengarkan musik yang slow sih saya kira bukan tantangan yang berarti bagai Asus ROG Phone II. Suara yang menggelegar dan saya hanyut di dalamnya adalah ketika menggunakannya saat bermain game balapan mobil Asphalt 9 dan Street Racing 3D, meskipun hanya sebagai gamer pemula. Jika bukan karena ada pekerjaan lain yang mendesak, menulis dan memberi pelatihan menulis, tentu saya akan hanyut bermain game berjam-jam.

Game mobil Asphalt 9
Car Racing Asphalt 9 Gaming

Harga dan Spesifikasi

Asus ROG Phone II dapat dibanderol dengan harga Rp 8,5 juta untuk versi 8GB/128GB dan Rp 12,5 juta  untuk versi 12GB/512GB.

Spesifikasi

  • Ukuran Layar 6,59 inci (2340 x 1080 piksel), Gorilla Glass 6
  • Dimensi 170,99 x 77,6 x 9,48 mm
  • Rasio bodi ke layar 80,3 persen
  • Dimensi 171 x 77,6 x 9,5 mm
  • Bobot 240 gram
  • Chipset 2.96 GHz Qualcomm Snapdragon 855 Plus GPU Adreno 640
  • RAM 8 GB dan 12 GB
  • Storage 128 GB dan 512 GB
  • SIM Dual SIM (Nano SIM)
  • Kamera Depan 24 MP (f/2.2)
  • Kamera Belakang 48 MP (f/1,8) 13 MP (f/2,4
  • Baterai 6.000 mAh, Quick charge 4.0
  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie, ROG UI
  • Konektor USB Type-C, 3,5mm jack
  • Konektivitas 4G, Wi-Fi 802.11,
  • Bluetooth 5.0
  • Biometrik Fingerprint
  • Warna Matte Black, Glossy Black

Share

One thought on “Asus ROG Phone II, Ponsel Gahar Untuk Aktivitas Sehari-Hari

  1. spesifikasinya luar biasa banget, mendukung segala kegiatan, bisa dipake kerja juga, editing dari hape, desain dari hape.
    kapasitas baterainya juga gede banget, bakalan tahan seharian penuh kalau gini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *