Belajar Bahasa Inggris Online Bersama The British Institute

Share

Di akhir 2016, waktu mempersiapkan back to campuss untuk menempuh pendidikan master, salah satu yang saya khawatirkan adalah bahasa inggris. Ya, 15 tahunan lulus dari S1 lalu bekerja sebagai PNS, hampir enggak pernah lagi menggunakan bahasa ini. Tidak pernah sama sekali berbicara dalam bahasa Inggris, mendengar bahasa inggris pun hanya lewat lagu atau film. Itu pun jarang sekali. Membaca tulisan dalam bahasa Inggris juga amat jarang. 

Baca Juga:

Kuliah Teknik Lingkungan ITS

Catatan Emak Kuliah

Rahasia Kuliah Lebih Mudah

Singkat cerita, melewati berbagai upaya belajar ngebut, akhurnya syarat TOEFL terpenuhi. Okelah kita sekulahhhh master. Wkwkwk. Masalah datang lagi ketika semester ke 3 dan sedang mempersiapkan syarat-syarat kelulusan. Apakah itu?Jreng…jreng. Ternyata saya harus berpresentasi di Kuala Terengganu, Malaysia sono dalam sebuah International conference.

Alhamdulillah gak malu-maluin sih. Tapi enggak terlalu membanggakan juga. Karena saya ngomongnya dengan kosakata yang amat miskin. Cian yah? 

Sukses Study dan Karier Juga Butuh Bahasa Inggris

Selepas Lulus S2 saya sempat lupa soal bahasa Inggris ini. Tetapi kembali diingatkan karena saya berencana lanjut S3. Gilak apa, S3 gak bawa bekal english. Lha wong kerjaan anak-anak doktoral itu kalau enggak riset, conference, ya nulis jurnal International. Hadeh… padahal bahasa Inggris saya masih payah.

Saya ingat banget saat ditawari untuk riset di salah satu perguruan institusi di luar negeri saat S2 kemarin. Memang sih, waktu itu saya tolak karena memang tidak ada planning ke sana dan akan sangat repot mengkondisikan keluarga kalau saya tinggalkan tanpa persiapan matang. Tapi kebayang juga kalau saya pergi pun, dengan kemampuan bahasa Inggris yang sangat ngepas, ya rasanya bakal kelimpungan juga di sana. Duh, makanya penting banget deh belajar bahasa Inggris ini.

Dalam hal blogging pun akhirnya makin ke sini, ada saja tawaran dari klien luar Indonesia. Wadow, sayang banget kalau lepas hanya gara-gara saya enggak siap di faktor bahasa.

Akhirnya Belajar Bareng The British Institute Kelapa Gading

Rezeki banget kemudian saya berkesempatan belajar bersama TBI secara online. selain memang karena faktor lokasi, ya juga karena pandemi. Alhamdulillah sekarang apa-apa bisa kita pelajari secara online.

Belajar bahasa Inggris secara online ini menggunakan Google Classroom serta Zoom Meeting. Materi diberikan dalam bentuk slide, kemudian kami juga diberikan tugas untuk dikerjakan. Yang saya sayangkan, jadwal Zoom berbenturan dengan jadwal di mana saya sebagai ASN masih harus ngantor. Jadi saya hanya bisa mengintip sedikit-sedikit. Tidak leluasa berpartisipasi di dalamnya. Semoga lain waktu saya bisa mengikuti kelas serupa dengan skedul yang lebih leluasa.  

Miss Andrea tutor kami, memberikan beberapa materi selama Kelas Online berlangsung. Materinya cukup padat dan berisi. Mudah dipahami, juga tidak bertele-tele. Tema dipilih yang lekat dengan keseharian blogger, seperti bagaimana menulis artikel, membuat judul yang baik, menulis online review dan semacamnya.  

Tentang The British Institute

Ternyata, The British Institute, ini adalah lembaga yang sudah ada cukup lama di Indonesia. Institusi ini didirikan pada 18 Februari 1984 dan merupakan salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa Inggris.

Kualitas tentulah menjadi salah satu hal yang dijaga sehingga lembaga ini mampu survive selama 36 tahun sampai saat ini. Untuk itu, TBI memastikan bahwa para pengajarnya harus memenuhi syarat kualifikasi sesuai dengan standard internasional. Menariknya lagi, TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Berbagai Program yang Tersedia di TBI

Ada banyak program lo, yang tersedia di TBI. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. untuk anak-anak sampai orang dewasa dan dengan berbagai kebutuhan, juga tersedia. Ini dia:

  • Children
  • Pre Teen
  • Teen
  • Global English
  • Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
  • Recruitment and Job promotion test
  • Workshop
  • In House Training
  • Private Class
  • Blended Learning
  • Online Learning
  • CELTA
  • Teacher Training

Banyak juga ya, pilihan programnya. Saya sendiri sebenernya merasa masih pengin banget terus belajar bahasa Inggris. Kelamaan vakum membuat bahasa Inggris saya udah entah kemana. Wkwkwk. Nah, teman-teman juga ada yang ingin belajar bahasa Inggris? ATau mungkin anak-anak juga ingin diberikan kesempatan belajar bahasa Inggris secara online untuk mengisi liburan? Nah, TBI ini bisa banget dipertimbangkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!