Memaksimalkan teknologi informasi di tengah pandemi

Memaksimalkan Teknologi Informasi untuk Terus Berkarya dan Menciptakan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Share

Di tengah pandemi Corona ada hal yang semula membingungkan saya yaitu banyaknya tawaran review produk untuk dituliskan di blog saya, www.widyantiyuliandari.com ataupun di-post-kan di kanal media sosial baik instagram , facebook maupun di twitter .

Mengapa saya bingung ? Alasannya adalah di situasi pandemi covid-19 ini banyak kegiatan instansi dan perusahaan yang berhenti. Tidak ada kopdar atau launching produk lagi. Dan di banyak berita, ekonomi nasional dan dunia sedang turun. Melalui email, ada beberapa perusahaan yang menghubungi saya pertama kalinya untuk menawarkan job, selain beberapa perusahaan yang sudah biasa menjadikan saya sebagai influencer. Sebagian besar perusahaan ini berasal dari Jakarta.

Setelah saya telisik, mengapa ada tawaran beruntun review produk tersebut, meskipun di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB, adalah reputasi influencer dan juga blogger.

review produk food combining
Teknologi informasi memudahkan untuk terus berkarya dan menciptakan peluang bisnis, seperti jasa review produk

Keberuntungan Adanya Internet dan Perkembangan Teknologi Informasi yang Makin Memudahkan

Sebagai blogger dan influencer yang tinggal di kota kecil yakni Bondowoso dengan akses transportasi yang panjang untuk bisa berada secara cepat di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, bertahun – tahun kemaren kegiatan menghadiri  peluncuran produk atau kegiatan perusahaan terbilang sulit. Lokasi menjadi penghalang bagi saya untuk bisa hadir beraktifitas secara fisik ke Jakarta dan Surabaya. Dari Bondowoso, saya perlu ke Jember (naik kendaraan pribadi) – ganti naik kereta api ke surabaya – naik ojol ke bandara Juanda – baru sampai Jakarta.

Tulisan ini memaparkan bahwa sebagai blogger dan influencer yang tinggal di kota kecil, saya sungguh beruntung dengan adanya akses internet dan perkembangan teknologi informasi dengan berbagai platformnya yang memungkinkan untuk meng-create banyak karya dan peluang bisnis di tengah pandemi covid-19, meskipun sekarang ini sebagian tempat sudah diberlakukan new normal. Menurut Asian Development Bank Diperkirakan ekonomi mulai pulih di tahun 2021 (https://mediaindonesia.com/read/detail/300937-adb-melambat-akibat-covid-19-ekonomi-indonesia-mulai-pulih-2021). Artinya di tahun ini, kita kudu pinter – pinter mengasah kreatifitas dan mencari serta menciptakan peluang.

Postingan ini akan menjelaskan hubungan dari 3 hal yaitu blogger dan influencer , teknologi informasi dan kualitas hosting yang andal dan terpercaya. Konvergensi ketiganya menjadi kekuatan meskipun ditengah pandemi covid-19, banyak karya dan peluang bisnis terus dimunculkan. So, tetap optimis gaesss…

Segitiga konvergensi antara blogger dan influencer, teknologi informasi dan hosting yang andal

Blogger dan Influencer sebagai Aktor Pembawa Pesan Positif

Ketika saya mengawali membuat blog pada www.widyantiyuliandari.com dan membuat akun di media sosial, baik twitter, instagram, maupun facebook, ada prinsip yang harus dipegang yaitu bahwa blog saya hanya berisikan konten yang sesuai dengan minat dan kemampuan saya. Blog ini dibuat dan dirawat untuk membangun ‘reputasi’ dalam jangka panjang.

Saya berpandangan sungguh sayang bila blog dan akun media sosial hanya berisi aneka tulisan bahkan pendapat nyinyir saja. Blog sebagai media yang bersifat personal dan mudah diakses kapan dan dimanapun haruslah mencerminkan kapasitas kita. Karenanya saya tidak bisa menulis aneka ragam tema, baik sebagai blogger maupun sebagai influencer.

Begitupun saat peran influencer dilakukan. Bagi saya sendiri, tidak semua tawaran job review saya terima. Tawaran job review untuk produk yang tidak sesuai dengan branding yang saya bangun, tentu akan saya tolak.

Isi blog www.widyantiyuliandari.com sebagian besar mengenai pola makan sehat, lingkungan hidup, pendidikan, travelling dan teknologi. Tulisan mengenai pola makan sehat dan gaya hidup sehat lebih 5 tahun saya tulis. Di media sosial secara organik , follower akun di instagram bertambah dari postingan tentang pola makan sehat ini. Tulisan – tulisan di blog memiliki pembaca loyal mengenai healthy life ini.

Blogger dan influencer idealnya membawa pesan positif pada konten yang dipublishnya

Etika yang Saya Pegang Sebagai Blogger dan Influencer

Etika Pertama

Brand sebagai blogger yang menerapkan gaya hidup sehat ini saya jaga, bukan hanya dari tulisan saja tetapi sebagai prinsip hidup sehari – hari. Nah, konsekuensinya, ketika ada tawaran – tawaran produk makanan dan minuman yang berseberangan dengan prinsip ini, maka saya menolaknya. Ini etika dasar dari influencer yang saya pegang, yakni produk yang kita tawarkan adalah produk yang sesuai dengan prinsip – prinsip kita.

Etika Kedua

Menghindari untuk mempromosikan produk yang memiliki nilai – nilai yang berlawanan. Sebagai contoh, misi blog saya adalah menawarkan gaya hidup ramah lingkungan dan gaya hidup sehat. Jika pada satu waktu saya mempromosikan produk yang sesuai misi tersebut dan juga produk yang berlawanan, jelas akan membingungkan pembaca ataupun follower.

Etika Ketiga

Meskipun tidak dilarang, saya lebih memilih hanya mempromosikan sebuah produk dan menghindari produk sejenis yang menjadi kompetitornya, sebagai contoh produk handphone ataupun laptop.

Etika Keempat

Tidak mengekspos besaran honor yang di dapat dari sponsor termasuk riwat email kontrak kerja di media sosial. Boleh jadi, jika ada yang melakukan ini sebagai promosi bahwa dirinya sebagai influencer memiliki banyak job dan menjadi nilai tambah. Namun bagi saya, kedua hal ini bersifat rahasia dan tabu untuk dipublish ke publik.

Etika Kelima

Menjadi tabu pula untuk memberikan penilaian negatif kepada sponsor dikarenakan pembayaran terlambat ataupun membandingkannya dengan sponsor produk lain yang memberikan rate lebih memuaskan.

Etika Keenam

Berapapun besar honor dari jasa review produk yang diberikan, dikarenakan sebagai influencer sudah menyepakati, maka kerjakan pekerjaan itu dengan profesional, sepenuh hati dan disiplin waktu.

Etika sebagai blogger dan influencer profesional ala saya.

Membangun Pembaca dan Follower yang Loyal

Seperti yang sudah ditulis di awal bahwa membuat dan merawat blog yang digabungkan dengan media sosial memiliki tujuan untuk membuat reputasi atau branding dan kepercayaan. Karenanya, isi blog sekaligus media sosial haruslah selaras dengan tujuan yang kita bangun.

Isi blog saya tulis se-elegan mungkin, terlepas bahwa konten yang dibuat berhubungan dengan job ataupun konten pribadi untuk blog. Demikian halnya dengan isi di media sosial. Membangun semangat positif dan memberikan informasi yang bermanfaat. Menghindari penggunaan kalimat yang bisa memberikan pengaruh negatif, apalagi men-share informasi yang tidak terpercaya atau hoax.

Jika ditelisik isi media sosial saya, tidak ada satupun postingan yang berhubungan dengan isu politik. Blog dan media sosial saya fokuskan sejalan dengan branding yang ingin dibangun yaitu healthy life, green, dan edukasi. Seiring waktu pembaca dan follower loyal bertambah.

Dan dampaknya,pada masa pandemi seperti sekarang ini, ketika roda ekonomi bergerak lambat, job sebagai influencer datang dan saya bisa memonetize apa yang sudah dilakukan selama bertahun – tahun.

Memaksimalkan Teknologi Informasi

Satu hal yang perlu disyukuri, Work From Home (WFH) hingga berbulan-bulan, tak membuat saya harus kehilangan peluang. Faktor lokasi berada di kota kecil tidak menghalangi peluang untuk WFH sebagai blogger dan influencer. Hal yang mungkin dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan teknologi informasi.

Dalam wikipedia dijelaskan pengertian teknologi informasi sebagai teknologi apapun untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi baik berupa teks, gambar, video, ataupun suara. Teknologi informasi ini perpaduan dari komputasi dan kecepatan komunikasi data.

Di tengah pandemi covid-19, teknologi informasi kudu dimanfaatkan secara maksimal untuk terus berkarya dan berbisnis, baik kanal sosial media, blog, webinar, podcast, dan sebagainya

Sebagai emak – emak, saya cukup menggunakan produk teknologi informasi ini, memaksimalkan pemakaiannya untuk membuat konten, menulis gagasan, memasarkan produk dan membuat pelatihan.

Di tengah pandemi covid-19, saya tetap produktif , terhubung dengan klien dan konsumen, dan berbagi pengetahuan dengan peserta pelatihan.

Terus Berkarya dan Menciptakan Peluang Bisnis

Ada 4 jenis pekerjaan yang sekarang ini dilakukan .

Pertama, menulis buku dan mempromosikannya

Di tengah pandemi dan WFH memungkinkan banyak ide muncul, dituliskan dan dicetak dalam bentuk buku dan dipasarkan ke masyarakat melalui kanal teknologi informasi

Buku 99 Tanya Jawab Food Combining ini sudah ketiga kalinya dicetak ulang. Melalui teknologi informasi saya bisa memasarkan secara gratis.

Kedua, jasa review produk

Seperti pada kode etik yang sudah saya tulis, jasa review produk selalu dalam koridor branding yang saya bangun. Sebagai contoh dalam 2 bulan terakhir 3 tulisan review produk seperti di bawah ini.

Review produk Skincare Aman yang Bikin Cantik dan Glowing Untuk Ibu Hamil

review mamachoise skincare bumil
Skincare yang aman untuk ibu hami dan menyusui

Review ini menjelaskan skincare yang berbahan aman bagi ibu hamil dan juga ibu menyusui dengan efek samping menjadikan kulit menjadi glowing dan bisa meningkatkan mood.

Cara Berburu Informasi Sehat Terpercaya via E-Book di Google Play

Review ini mengenai panduan memilih ebook yang benar dan mudah berdasarkan penulis, tema, genre, referensi dan preview. Disini saya menjelaskan cara memilih jenis ebook untuk pola makan sehat.

Ngabuburit dan Sharing Asyik Mulai Tips Makan Sehat, Olah Raga Selama Ramadan Hingga Program Donasi

Review ini mengenai liputan event online . Temanya tetap sesuai dengan branding blog saya yaitu pola makan sehat dan healthy life.

Ketiga, pelatihan menulis

Dalam 3 bulan masa pandemi covid-19 ini sudah ada 3 jenis pelatihan menulis secara online yang saya lakukan yaitu menulis review keren di blog, menulis konten kece di blog dan menulis artikel untuk konsumsi media massa.

Pelatihan online menulis dilakukan dengan memaksimalkan teknologi informasi

Keempat, pelatihan melangsing

Branding yang saya bangun adalah healthy life dan green. Dan ini bukan sebatas teori, namun sudah menjadi way of life . Artinya, apa yang saya tulis adalah apa yang sudah saya lakukan. Masalah kegemukan adalah masalah yang banyak dihadapi kaum wanita, terutama setelah melahirkan. Nah,apa yang sudah saya lakukan melalui pola makan sehat dan yang saya tulis baik di blog dan media sosial adalah solusi dari persoalan kegemukan tersebut.

Pelatihan melangsing batch pertama adalah produk turunan dari healthy life yang sudah dibangun bertahun – tahun

Kebutuhan Hosting yang Andal dan Terpercaya

Sebagai blogger dan influencer yang mempromosikan produk, baik produk fisik ataupun jasa, melalui banyak kanal produk teknologi informasi baik media sosial dan website, tentunya saya membutuhkan hosting yang cepat diakses, aman dan andal.

Persyaratan lainnya adalah dukungan teknis 24 jam selama 7 hari (24/7), gratis domain, uptime 99,99 %, clustered DNS yang membuat website selalu dapat diakses karena saling mem-back up, tier 1 network merupakan jaringan dunia tanpa transit sehingga lebih cepat, peering network menjadikan waktu tinggi lebih cepat,SSL dan panduan manual lengkap. Silahkan baca : Kriteria memilih penyedia hosting terbaik untuk wordpress di Indonesia.

Kriteria hosting andal dan terpercaya. Sumber gambar : Qwords.com

Persyaratan lain yang tidak kalah penting adalah hosting murah. Peluang bisnis bisa kita kita wujudkan dalam bentuk pembuatan website dengan penamaan yang sesuai dengan jenis bisnis kita. Di setiap perusahaan penyedia hosting, pasti ada fitur cek domain yang memungkinkan kita memilih nama domain yang tepat dan masih tersedia.

Akhirnya, melalui dukungan hosting yang andal dan terpercaya serta pemakaian teknologi informasi yang maksimal tidak ada lagi halangan bagi blogger, influencer ataupun profesi lainnya untuk terus berkarya dan menciptakan peluang bisnis. Satu – satunya penghalang adalah kemalasan.

” The number one benefit of information technology is that empowers people to do what they want to do.
It lets people be creatice.
It lets people be productive.
It lets people learn things they didn’t think they could learn before,
and so in a sense it is all about potential “

By Steve Ballmer (CEO Microsoft tahun 2000 – 2014)

Tulisan ini disertakan dalam Qwords blog competition dengan tema : Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi.

Share

20 thoughts on “Memaksimalkan Teknologi Informasi untuk Terus Berkarya dan Menciptakan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

  1. meski pandemi harus tetap produktif ya mb. Saya bersyukur sekali tahun ini, meski harus di rumah aja. Namun, memulai kegiatan banyak pelatihan menulis. Trims mb wid, sudah menginspirasi

    1. Betul, Mbak. Sebenernya selama pandemi itu targetnya WARAS. Wkwkw. Tapi untuk WARAS yo tetep butuh produktif, dapur butuh terus dikepulkan asepnya. Wkwkwk. Alhamdulillah sih ya skrg banyak onlen-onlen

      1. Inner beauty Mbak Wid memancar ke mana-mana lewat internet. Semangat Mbak Wid mendorong murid-muridnya untuk terus semangat juga. Semoga jadi amal jariyah yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Aamiin.

  2. Waaah mba nya keren sekali. Aku juga pengen ngisi blog dengan satu tema. Tapi, kadang aku ingin menuliskan sisi lain di hidupku. Dalam kasus ini, pendidikan/ profesiku agak jauh beda sama hobiku. Jadii harusnya bikin blog yang beda kali ya 😂 (nanya tapi jawab sendiri) hehehe

    1. Haha… Iya Mbak. Sebenernya bebas aja mah ya. kalau memang bisa menghandle beberapa blog, ya tentunya bagus juga. kalau dengan beberapa blog justru gak kepegang dan berantakan semuanya, ya justru kontraproduktif. Intinya, apa yang bagus buat bloger lain, belum tentu bekerja bagus juga di kita ya.

    1. Mantap mba Widya, pembahasannya detail. Mudah untuk dipahami. Sukses terus. Selalu menebar energi positif bagi para perempuan lainnya.

  3. Mbak Wid, keren deh, tetap produktif walaupun di rumah aja. Suka taglinenya ‘waras’, menjaga kewarasan penting banget mbak supaya nggak stress. Apalagi berita di luar yang membuat tambah stress. Terima kasih tipsnya mbak. Suka semangat dan konsistensinya. Panutanku mbakyu cantik ini. Terus menginspirasi ya mbak…..

  4. Mba Widya, salut dengan etika yang dibangun sebagai blogger dan influencer…..jadi ada konsistensi konten yang dijaga….gak maruk dengan menerima setiap product review yg ditawarkan….Keep influencing people secara positif dan elegan seperti yang sudah berjalan ya mba. Hehe..Saya salah satu yg sudah kena influence mba Widya nih….berusaha utk hidup sehat lewat food combining. Bravo mba Widya….

  5. Masya Allah keren banget mba Wid tulisannya, banyak insight yang saya dapatkan setelah baca ini. Dan senang akhirnya bisa mampir juga kesini. Sukses terus ya mb Mba .. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!