Cara Mencuci Alat Makan Dan Masak Dengan Bersih Dan Cepat

Share

tips mencuci alat makan
Cara Mencuci Alat Makan Dan Masak Dengan Bersih Dan Cepat – Mungkin teman-teman masih ingat buku pertama saya? Ya Food Combining! Di bagian akhirnya penuh foto-foto makanan. Tidak sempurna memang, tapi itulah upaya pertama saya berkutat dengan food photography. Baiklah, saya memang pilih menantang diri sendiri, semua foto makanan untuk buku pertama saya itu dihasilkan dari tangan saya sendiri. Meski pada saat itu saya punya pilihan untuk menyerahkan urusan tersebut ke tangan orang lain.

Tapi, tahukah teman-teman, bahwa ini sebenarnya keputusan berat? Well, saya memang suka memasak. Tapi, jujur…. saya bukan perempuan penghobi cuci piring atau peralatan masak. Dan teman-teman tahu, apa konsekuensi memutuskan untuk membuat sendiri foto makanan untuk buku itu? Kerempongan luar biasa mulai urusan belanja ke pasar, belanja printilan properti foto terutama pecah-belah, memasak berberapa jenis makanan, meng-garnish sampai memotretnya. Selesai? Belum! Jangan lupa tumpukan peralatan alat masak berikut peralatan makan kotor yang harus segera dibereskan pasca photo session. Amboiii….. sedap niaaaan jadi penulis…

Memang, di rumah ada Mbak Rum, ART kami yang sangat membantu. Tapi ada hal-hal yang saya tidak ingin serahkan padanya yaitu: mencuci gelas, piring dan aneka pecah belah properti motret dan mencuci peralatan memasak antilengket. Mengapa? Saya ingin memastikan tidak ada properti yang pecah dan semua tercuci dengan super bersih, bening, cling! Tidak lucu kalau di foto nanti ada noda di gelas smoothie, misalnya. Dan untuk peralatan antilengket, sekian banyak ART saya terdahulu sudah membuat beberapa alat masak antilengket saya terkelupas. Entah diapain ya? 

Nah, karena saya ini mamak-mamak blogger super rempong yang tidak banyak waktu ngurus ini itunya, saya selalu merasa harus punya cara membereskan sesuatu dengan cepat dan hasil terbaik, termasuk urusan cuci peralatan makan ini. Apalagi, sampai sekarang saya jadi ketagihan motret makanan dan share di instagram. Artinya, saya juga harus nyuci peralatan pasca memotretnya. Ini dia beberapa cara mencuci alat makan dan masak dengan bersih dan cepat ala saya.

Segera
Lebih cepat lebih baik! Begitu kalau buat saya. Apalagi gelas bekas menyajikan jus atau smoothie atau wedang rempah. Terkadang akan ada noda tertinggal kalau tidak dibersihkan dengan segera. Lagipula, meninggalkan sesuatu yang kotor di dapur terlalu lama, juga enggak nyaman dan enggak sehat ya. Karena dari dapurlah makanan untuk keluarga dihasilkan. Biasanya, kalaupun saya tidak bisa mencucinya segera, peralatan tersebut sudah saya bersihkan dengan sekadar bilasan air.

Alat Yang Tepat
Jangan remehkan bantuan peralatan, dengan memilih alat yang tepat, proses mencuci bisa lebih cepat dan bersih. Sabut cuci misalnya, salah pakai sabut yang tidak tepat, bisa bikin peralatan mudah baret dan kusam. Salah pilih sabut, juga bakal bikin kantung menjerit. Wadohhh…. 

Dulu sih suka ngeremehin banget, beli aja yang murce marice. Dan saya beli serenteng langsung … ha..ha… horang kayah…. enggak yaa… lha emang murah abis! Ternyata ya, murah tak selalu hemat, karena sabut murce ternyata enggak awet juga. Akhirnya ya butuh beli lagi.

cara mencuci alat masak
Nah sekarang saya udah punya sabut cuci Scotch-Brite. Pakai sabut cuci Scotch-Brite ini makin enaklah aktifitas bersih-bersih alat makan dan masak. Bagi saya, ada beberapa nilai plusnya sabut Scotch-Brite ini. Pertama, dia enak dipegang, pas di tangan pas pula dengan ukuran alat yang mau dicuci. Scotch-Brite  juga punya lo, sabut yang bentuk dan ukurannya pas buat cuci gelas atau tumbler yang mulutnya rada sempit dan agak tinggi itu.

Lalu kedua, tekstur bagian dibalik sponsnya juga pas untuk mencuci sehingga mudah mendapatkan hasil yang bersih. Sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran, dan sabut mengandung serat dan mineral berkualitas Jadi proses mencuci bisa lebih cepat, lebih bersih.

cara mencuci alat masak

Nyaman Dipegang

Ketiga, sabut ini tahan lama, jadi enggak perlu berkali-kali juga beli sabut baru. Enggak perlu juga repot-repot ngejahit sabut cuci supaya bagian pembersihnya enggak copot dari spons-nya. Ish… dijahit segala? Iyaaa… pernah lihat di sosmed ada yang ngasih tips supaya sabutnya awet, caranya dengan dijahit. Aduh… kalau buat saya rempong amat lah ya.

cara mencuci alat masak

Yang Ini Untuk Cuci Alat Makan dan Alat Masak Anti-Lengket

cara mencuci alat masak

Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak

Oya, sangat penting memastikan sabut yang digunakan sudah tepat sesuai dengan permukaan peralatan yang akan dicuci. Scotch-Brite punya berbagai sabut untuk penggunaan yang berbeda. Dua diantaranya adalah Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak dan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan teflon/anti-lengket. Pakai Sabut Spons Scotch-Brite ini, 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama. 

Hampir lupaaa….
Ada satu hal lagi yang remeh tapi penting. Kecil, tapi ada saja orang yang belum tahu. Jadi saat kita pakai spons cuci, bagian yang berupa spons itu berfungsi untuk membusakan saja. Dulu, saya salah. Saya gunakan bagian spons ini untuk menggosok permukaan. Hasilnya? Bersihnya enggak maksimal, dan sabut bisa jadi lebih cepat rusak. Jadi cara pakai sabut yang benar sesuai yang tertera di kemasannya.


Bantuan Bahan Alami
Pecah belah untuk foto harus terlihat perfect. No kusam, no noda. Cling, is a must! Kalau propertinya masih baru sih enggak masalah ya. Tapi kadang seiring waktu, ada lah kusam-kusamnya dikit meski kita udah rawat dengan apik. Nah… saya punya dua bahan alami sakti untuk membantu menyempurnakan hasil korah-korah saya. *gayaluhmak

Jeng….jeng….. thanks to baking soda dan jeni (jeruk nipis) yang udah bantu bikin peralatan makan menjadi lebih cling. Sukanya…. keduanya alami ya… saya kan juga peduli pada sustainability. Masih sih, pakai sabun cuci konvensional, tetapi tetap berupaya mengurangi, dan mensubstitusi dengan bahan lain sepanjang itu memungkinkan. 

Tips menggunakan Baking Soda

  • Ambil baking soda secukupnya (saya pakai yang pure, tanpa tambahan anti-kempal dll)
  • Beri beberapa tetes air, ratakan hingga berbentuk pasta
  • Ambil sabut cuci, basahi lalu peras kuat-kuat
  • Colekkan pasta baking soda di sabut cuci, gunakan untuk menggosok bagian bernoda
  • Pastikan menggosoknya perlahan saja ya
  • Lalu sesudahnya, cuci dengan sabun dan bilas seperti biasa
     

Kalau menggunakan jeruk nipis sih lebih mudah lagi. Tinggal iris-iris peras airnya dan gunakan membasuh peralatan makan terutama yang kaca bening. Bilas bersih. Nahhh… cling deh. Penggunaan BS ataupun jeni ini tidak selalu setiap kali mencuci kok. Ini hanya perlu dilakukan sesekali saja. Karena, kalau kita mencucinya sudah bersih dan mengikuti step-step di atas, insyaallah peralatan makan tetap bersih cling dalam jangka waktu lama.

Keringkan sempurna 
Menyimpan dalam keadaan lembab akan membuatnya berbau kurang enak saat akan dipakai kemudian. Lagipula, menyimpan sesuatu yang lembab didalam lemari dapur kita, kok rasanya … duhh…. ngundang kuman banget ya. Jadi pastikan semua peralatn tersimpan di lemari, saat sudah kering sempurna.
 

Simpel aja ya ternyata cara mencuci alat makan dan masak dengan cepat dan bersih ala saya. Untuk info-info seputar bagaimana membersihkan rumah, teman-teman bisa dapat di: www.britequeen.com. Atau, teman-teman ada pengalaman yang lain? Feel free to share yaaa…. yukkk yukkk …

41 comments

  1. Nia Haryanto says:

    Kalo mbak Widya gak suka cuci piring, saya malah sebaliknya. Suka banget. Kalo waktu kecil sih karena bisa main gelembung. Nah kalo sekarang, berasa tertantang aja bersihin yang kotor-kotor jadi kinclong. Dan dengan Spons yang warna-warni ini, saya makin suka. Wkwkwk… Aneh, ya? ๐Ÿ˜€

  2. Rani Yulianty says:

    Hasil jepretannya Mba wid makin kece aja, bener banget, mesti punya tips and trik agar cuci piring kinclong dan wangi,saya pun pake scotch brumite sebagai andalan asisten cuci mencuci

  3. rani says:

    Waaah, kecee banget nih tipsnya. Apalagi yg pake baking soda itu baru tauu aku. Makasiii tips tipsnya mba. Ohiya, aku juga di rumah pake scotch brite itu, awet abisnya, tapi aku baru tau juga kalo beda warna beda kegunaannya :#

Leave a Reply