Menu Food Combining

Share

Menu Food Combining

Dalam melakukan pola makan food combining, kalau bicara soal menu, sebenarnya sangat fleksibel. Yang jauh lebih penting dipahami dalam pola makan enak mudah dan sehat ini, sebenarnya adalah prinsip-prinsipnya, juklak atawa pakemnya. Soal menu sebenarnya kembali ke budaya kuliner setempat, ketersediaan bahan serta selera masing-masing.

Baca Juga: Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining

Namun, karena banyak juga ternyata teman-teman yang bertanya soal ini, jadi sebaiknya saya berikan saja contohnya. Hitung-hitung untuk mempermudah teman-teman yang mungkin baru akan mulai ber food combining, atau pemula food combining alias newbie.

Yang Penting Prinsip

Untuk menyusun menu food combining, yang utama adalah ketahui prinsipnya. Hal-hal penting yang harus diingat adalah sbb:

  1. Jeruk nipis peras

Jeniper atau jeruk nipis peras atau bisa juga lemper atau lemon peras, adalah minuman pembuka hari. Konsumsi sesaat setelah bangun tidur saat mulut masih kering, belum tersentuh minuman atau makanan juga belum berkumur atau gosok gigi.

  1. Sarapan buah

Sarapannya food combinier adalah buah-buahan saja. jadi jangan lupa menyediakan berbagai jenis buah manis, berair dan matang sempurna. Nangka dan durian tidak termasuk buah yang disarankan. Alpukat dan timun suri juga tidak masuk dalam golongan buah ya teman. keduanya bisa dikonsumsi di waktu kudapan. Atau kalau alpukat bisa untuk salad saat maksi maupun makmal.

Siasati bagian ini agar tak menghabiskan anggaran Anda, dengan cara: pilih tempat belanja yang murah, beli buah lokal yang sedang musim.

Baca juga : Menyiasati Anggaran Untuk Food Combining

  1. NO Karbo + protein hewani

Dalam food combining HARAM hukumnya mencampur karbohidrat dan protein hewani. Jadi sebagian kuliner nusantara umumnya (yang belum dimodifikasi), tidak cocok dengan FC. Misalnya Nasi padang dengan lauk rendang daging, nasi rawon dengan daging sandung lamur yang empuk dan telor asin yang kuning masir, nasi uduk plus ayam goreng, dll. Itu semua adalah contoh masakan khas nusantara yang tidak cocok kita konsumsi jika bertujuan ber-food combinig. Lain cerita kalau misalnya sudah dilakukan modifikasi, misal: nasi plus rendang jengkol atau rendang jantung pisang, atau nasi plus rawon berisi sayur-sayuran, nah… itu baru boleh.

Baca juga: Cara Hemat Untuk Makan Sehat

  1. Karbo + Sayur + Protein nabati

Jadi, apa makan siangnya? Jika sedang ingin mengkonsumsi karbohidrat, Anda bisa memilih nasi (nasi merah atau hitam lebih baik) dipadukan dengan sayuran dan lauk dari bahan nabati, ini yang disebut menu karbo. Lauk nabati di sini juga jangan tiap hari tahu-tempe, lho. Lihat sekitar, banyak bahan nabati yang sedap dan bergizi, misalnya : aneka jenis jamur, berbagai kacang-kacangan dan polong-polongan, dll.

  1. Protein hewani saat makan siang.

Jika teman-teman sedang ingin makan menu protein (protein hewani), sebaiknya konsumsilah siang bukan saat makan malam. Ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan makanan hewani tersebut tercerna. Protein hewani butuh waktu cerna lebih panjang kan daripada protein nabati. Jadi jika dikonsumsi malam waktunya sempit untuk mencerna, terlalu dekat dengan waktu tidur.

  1. Satu jenis protein hewani dalam sehari

Hal yang penting juga, jangan double prothew. Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi daging sapi, ya daging saja. Jangan masih ditambah lagi dengan telur, atau seafood. Ingat, protein hewani minimalkan saja. Jangan setiap hari makan protein hewani.

  1. Banyak sayuran

Jangan lupa bahwa sayur adalah sumber pembentuk basa. Jadi konsumsi banyak sayur utamanya sayur segar mentah (raw veggiew) itu sangat penting. Lebih-lebih jika teman sedang mengkonsumsi protein hewani, mudahkan pencernaan dan seimbangkan asam-basa nya dengan mendampinginya dengan limpahan raw veggies. Sayuran segar mentah selain dalam bentuk salad atau lalap menyah, bisa juga disajikan dam bentuk jus sayur.

Baca Juga:

Cara Enak Makan Raw Veggies

Tips Membuat Jus Sayur Yang Enak

Tips Agar Anak SUka Makan Sayur

  1. Variatif

Kita seyogianya makan berbagai jenis sayur, buah, kacang-kacangan, bebijian, dll. Jadi pastikan teman-teman tidak makan yang itu lagi … itu lagi! Ini untukmembuat tubuh mendapatkan semua unsur yang dibutuhkan. Juga untuk mencegah timbunan unsur tertentu, jika kita makan bahan yang sama setiap hari.

Contoh Menu

Nah, sebagai gambaran, coba saya berikan contoh menunya ya. Menu sederhana saja, seperti yang sehari-hari saya dan keluarga makan. He..he.. maklum, kami ini wong ndeso dan lidah ndeso, jadi pilihan menunya juga simpel saja.

Menu Food Combining

Bangun Pagi:

Langsung Jeniper

(jeruk nipis peras hangat)

 

Sarapan Buah:

Tahap  1 : Nanas, Buah naga merah, Jeruk

Tahap 2 : Anggur Bali, Mangga, Salak

Tahap 3 : Banana-Guava Smoothie

Baca: Memilih Blender Yang Tepat Untuk Dapur Sehat

 

Makan Siang:

Nasi Merah

Terung Balado

Tempe tahu goreng

Satai jamur

Lalapan dan sambal

 

Menu Food Combining

Makan Malam:

Nasi merah

Semi Raw Vegan Soto

Perkedel tahu kacang merah

Sambal kemiri

 

Nah, sederhana saja, kan? Jadi food combining itu memang simpel, jadi enggak usah dibikin ruwet. Jangan buru-buru buang koleksi resep lama. Sesuaikan saja dengan prinsip-prinsipnya.

Salam Hangat.

 

 

64 comments

  1. Hairi Yanti says:

    Iya nih, Mbak. Dari dulu pengin FC belum mulai juga 🙁 bingung nyusun menu. 

    Oya, Mbak. Di daerah saya ada yang namanya Mandai, kulit cempedak yang dijadikan lauk. Ada yang langsung diolah, ada yang diawetkan dengan cara diasinkan. Kalau itu bisa dimakan sama karbohidrat juga ga mbak? Kalau bisa dimakan pakai nasi, itu menu FC yang enak banget buat saya. Hehehe…  

  2. Hidayah Sulistyowati says:

    Aku dulu pernah FC (2005), abis itu berhenti pas pindah rumah tahun 2010. Nggak terkontrol gegara dibilang tubuhnya kurus untuk perempuan seuaisaku (40 lebih). Akhirnya ninggalin FC, dan sekarang malah kegemukan, hahaha… Tapi sekarang udah mulai FC lagi, semoga makin sehat, katanya kalo langsing itu bonus 😀

  3. Wigiati says:

    Klo kyak sy yg PCO ada kiat2 khusus buat fc ga mb? Sy sdh 5 tahun menikah blm hamil. Susah mau minum jus sayur. Klo lalapan bisanya timun,tomat,kubis

     

  4. Aprie says:

    Mbak Widya keren banget bisa jadi praktisi yang konsisten gini. Aku cuma bisa ikut sarapan buahnya aja, sama jenipernya masih bolong-bolong. 🙁

    Semangat sharing menu sehatnya, Mbak! 🙂

  5. iefa says:

    mbak, perkenalkan nama saya iefa dari toko FENTY, saya psg campaign di influlancer saya ijin connecting newsfeed blog ini ke fan page FENTY ya (fb.com/FentyStile) untuk selanjutnya saya inbox yaaa see you wassalam

  6. Eny Mulya says:

    Salam kenal mbak…,

    Saya sudah FC tp blm bisa ninggalin coklat hangat dan kudapan sore masih makanan manis dan teh. Waktu yang tepat minum coklat/teh manis kapan ya mbak? (hehehe.. tetep maksa..)

     

    • wyuliandari says:

      Salam kenal kembali Mbak. Wah… enggak bisa menyarankan waktu yang tepat ya. Rasanya, ya sore itu waktu yg aman. Tetapi kalau boleh saran, kencengin FC nya, banyakin raw nya, kalau perlu lakukan detoks dan enema kopi (ttg enema bisa di search di blog ini juga), upaya-upaya tersebut kalau buat saya pribadi sangat membantu menghalau rasa ingin yang manis-manis. Kalau masih merasa berat juga, setidaknya ganti gulanya dg madu, gula aren, stevia, atau pemanis alami yg aman lainnya. Itu salah satu hal yg disarankan Hiromy SHinya dalam buku-bukunya.

  7. elly says:

    mbak , mau tanya ya saya newbie nih di FC , memang boleh ya mbak bikin perkerdel tahu atau bakwan jagung kan pake tepung?? mohon penjelasannya ya mbak…

  8. Gayahidupku.com says:

    Wah terima kasih sharing info tentang prinsip menu food combining ini, bisa jadi ide untuk bisnis sampingan catering dengan menu sehat yang menggunakan prinsip food combining hehe 😀

  9. intanrawits says:

    pengen konsisten FC mba tp ya itu msh on off ajah, pdhal kl dh rutin badan bisa enteng dan.enak yah..soalnya sekarang lagi hamil sih hahaha *nyari pembenaran. TFS mb, bsk pagi hunting buah ke pasar ahh

  10. Martina says:

    Maaf mau tanya mbak. Saya doyan ngemil, kue atau snack. Bila ingin mulai FC, harus berhenti total ya? Atau bagaimana menyiasati nya supaya bisa berhenti ngemil pelan2. Terimakasih 

    • toko grosir sepatu says:

      Kalau sudah membahas makanan, jadi lapar. Makanan sehat memang diperlukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Jadi harus pintar-pintar dalam mensiasati makanan apa saja yang ingin kita makan agar tidak menyesal di kemudian hari

  11. nita says:

    Mba, saya pingin mulai nyoba food combining tapi masih bingung buat menunya, punya contoh menu buat 10 hari ga mba, biar nanti seterusnya tinggal di ganti2 saja..😊 makasi ya mba. 

  12. Izzah Annisa says:

    Wah, lengkap banget sama contoh menunya juga. Oh, iya, Mbak. Dulu saya pernah nerapin jeniper pagi2. Tapi berenti karena lambung jadi perih banget kena asam. Itu memang karena jenipernya, atau karena yang lain, Mbak? Saya punya magh dan tyvus. Kalo makan sop buah, seringnya magh atau tyvus saya kumat. Itu penyebabnya buahnya atau cara pengolahan buahnya? Kata temen yang FC karena susu dalam sop buahnya, bener begitu, Mbak? Mudah2an bisa FC, nih. Saya bookmark blognya ya, Mbak.

  13. Jasa SEO Murah says:

    Mbak Wid, Jeniper nya seger bgt mba kalo di minum pagi. selama ini di kampung saya Jeruk nipis ga ada yg konsumi, paling hanya untuk ilangin bau amis, sama ilangin ketombe. lihat tulisan jenipernya mbak saya langsung ambil jeruk nipis di halaman rumah.

  14. didy says:

    mbak, untuk pelaku FC, gimana ya status kaldu daging atau ayam,petis udang, jadi gini, sy sedang belajar menjalankan fc, cuma kadang sy bingung, misal saat kondangan, dusuguhin nasi rawon atau soto, nah saat itu sy sudah menolak untuk makan, tapi tetap dipaksa, akhirnya saya makan nasi sama kuah rawon aja, dagingnya ga dimakan, soto juga gitu, yg dimakan nasi sama pelengkap soto kecuali ayam suirnya, gmn juga dengan petis udang di dlm lontong balap atau rujak cingur, atau krupuk udang dan krupuk ikan, apa termasuk menu ptotein, sebelumnya terimakasih atas jawabannya ya mbak

  15. Dwi Mimin Susanti says:

    Hehe….ternyata selama ini sya diet asal…asal makan, makanya gak ada hasil2nya juga…..
    Makasih mbak infonya yg insyaAllah sangat bermanfaat….paling nggak qta dah punya pola makan menuju sehat….
    Thank’s

  16. Rizky says:

    FC bisa menurunkan kolesterol kah mbak? Saya tertarik badan udah kurus pengen ideal bisa ikut ini cuma sering sakit mungkin karena makan kurang terkontrol. Suami kena kolesterol dan asam urat tinggi pengen nyoba

Leave a Reply