Kampanye Gaya Hidup Sehat Dan Ramah Lingkungan Lewat Blog

Saya ini blogger yang bisa dibilang lambat berproses. Kalau dilihat dari sejarah ngeblog saya (bahasanya, bok! ) yang sudah sejak tahun 2008 dan sampai sekarang masih saja menjadi blogger hore-hore. Sebenarnya mau bilang saya blogger "remah-remah rempeyek". Wkwkwk, tapi ngeri kalau disuruh bikin KBRR sama si emak gaoel.

Salahnya sih karena memang awalnya ngeblog hanya iseng-iseng, jadinyapun ya seadanya. Sejak 2008 ngeblog, hanya nulis saja. Temanya juga belum jelas. Pokoknya nulis! Itu saja. Meskipun sebenarnya sejak awal motif nya sudah cukup kuat yakni “berbagi kebaikan”, tapi toh niat baik saja tidak cukup, kan?

Dari yang awalnya "pokoknya nulis" ini, menjadi berubah sejak saya kenal dua komunitas besar perempuan penghobi nulis. Akhirnya dari situ merasa, banyak yang bisa di-create dari sebuah blog. Yang saat ini udah saya dapat adalah branding. Jujur, banyak pekerjaan tercipta dari blog.

Lalu? Ada yang ingin saya kejar dari blog? Jelas! Aneh kalau melakukan sesuatu secara intens tanpa tujuan. Kurang kerjaan kalik? Enggak muluk. Saya tidak sedang mentargetkan DA atau PA tertentu dari blog saya saat ini. Yang penting enggak jeblok-jeblok amat, masih okelah. Saya juga tidak sedang menargetkan nilai review tertentu. Saya tahu, waktu saya buat blogging tidaklah terlalu banyak. Jadi saya membuat target-target yang realistis bagi saya.

Jangka pendeknya, membuat blog sebagai sarana kampanye gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Itu saja! Saya memiliki sejarah hidup yang membuat saya sangat peduli dengan kesehatan. Itu membuat saya ingin, sebanyak mungkin orang juga aware dengan kesehatan mereka. Sedangkan untuk soal lingkungan juga menjadi concern saya. Ini juga dipengaruhi kedekatan saya dengan alam sejak kecil. Apalagi kemudian saya melanjutkan pendidikan di jurusan yang sangat lekat dengan lingkungan, yakni Environmental Engineering. Bekerjapun kemudian adalah di bidang lingkungan.

Demi target tersebut saya rela menjadi blogger pesanan. Wkwkwk.  Jangan bully saya yaa.. Begini lo yang namanya blogger pesanan, misal hari saya posting menu makan saya di instagram, lalu ada yang tanya, “resep dong!?” nah, ini biasanya saya tulis di blog, maksudnya, selain pertanyaan kawan saya bisa terlayani, siapa tahu juga materi tersebut berguna bagi teman yang lain. Lain waktu kalau ada yang tanya, saya tinggal kasih link blognya. Ya, semudah itu berbagi.

Atau juga ada yang tanya, “Mbak aku mau food combining, tapi badanku kurus, bagaimana?” ini juga akan saya jawab dalam bentuk blogpost. Ngomongin pesanan alias rikues blogpost dari teman-teman, jadi ingat masih punya tanggungan beberapa tema untuk dikerjakan.

Untuk aplikasi yang sering saya pakai dalam membuat sebuah blogpost salah satunya Aplikasi PicsArt. Saya suka, karena ngerjainnya bisa disambi di sela waktu. Jadi bisa sambil memasak, atau ngerumpi sama teman. Santai tapi tetap ada hasilnya. Ntar kalau sudah lega baru saya masukkan di draft. Selain itu, aplikasi ini juga kalau buat saya pribadi termasuk paling mudah. He..he…maklum saya kan rada gaptek.

Dengan menggunakan PicsArt, saya biasanya mengedit sebuah foto. Tidak terlalu macam-macam sih editingnya. Paling sekitar crop, agar fotonya pas saja. Lalu juga meng-adjust brightness, contrass, dll. Terakhir biasanya tinggal tambahkan watermark saja, biar jelas identitas gambarnya. Sesekali juga bikin kolase dari beberapa foto, jika diperlukan. Udah, begitu saja.

Beberapa foto yang saya edit menggunakan PicsArt

Beberapa foto yang saya edit menggunakan PicsArt

Belajar dari pengalaman, niat baik saja tidak cukup. Oke sekarang arah blog saya sudah jelas kampanye gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, PR-ya adalah bagaimana membuat blog ini sebanyak mungkin di baca orang. Iya! Harus bisa dibaca banyak orag, namanya juga kampanye! Selain itu, bagaimana membuat tulisan-tulisan memiliki “kekuatan” untuk mempersuasi pembaca sehingga pesan-pesan yang ada di dalamnya bisa dilakukan juga oleh pembaca.

Untuk itu, sekarang-sekarang ini saya sedang giat memantaskan blog ini dibaca banyak orang. Salah satunya dengan menghadirkan foto-foto yang lebih baik. meski, ya baru sebatas pakai kamera smartphone, tapi sejauh ini saya cukup puas dengan hasilnya. Next, kalau ada rezeki yang enggak boleh pelit buat beli kamera yang lebih mantap rek! Niat baik kudu didukung modal. Ya enggak.

Oh ya, saya juga mau belajar dong pada ahlinya. Bagaimana blog saya bisa menjadi blog yang ciamik, kontennya asyik dan bermanfaat, tampilannya pun oke. Makanya dalam waktu dekat saya akan mengikuti FunBlogging nih! Enggak masalah menginvestasikan waktu agak banyak, menempuh perjalan setidaknya 14 jam Bondowoso-Surabaya demi belajar pada para cikgu, blogger kondang yang sudah mumpuni. Semua saya lakukan untuk memberi tambahan energi pada blog ini. Yeah! Go For It !

 

9 comments

  1. Pakde Cholik says:

    Bog memang bisa dimanfaatkan untuk apa saja ya Jeng.
    Oleh karena itu blogger harus bisa menggunakan blognya untuk menebar kebajikan dan menghindari menerbitkan artikel untuk memprovokasi orang lain melakukan kejahatan.
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Jombang

Leave a Reply