review aplikasi keuangan senyumku

Tips Mengatur Keuangan Keluarga dan Buka Rekening Online dalam Satu Aplikasi Andal Senyumku

Share

Sebesar apapun penghasilan, kalau tak pandai mengatur keuangan, amblas juga. Setuju? Ya, setidaknya ini sudah banyak sekali terjadi dan terbukti. Penghasilan tak seberapa, jika diatur dengan baik, bisa bikin kita tenang, semua kebutuhan penting terbiayai. Sebaliknya, sebesar apapun penghasilan kalau mengatur keuangannya sesuka hati, ya bisa-bisa tetap saja tidak terasa cukup.

Sering kan dengar cerita pedagang kecil di pasar bisa naik haji. itu salah satunya karena disiplin diri mereka dalam mengelola keuangannya fokus pada cita-cita. Gak sedikit juga kan dengar cerita, banyak PNS yang notabene penghasilannya tetap dan aman (walau enggak banyak sih), sampai masa pensiun belum punya rumah dan kendaraan sendiri. Ya, salah satu sebabnya karena kegagalan mengelola keuangan. Selain mungkin juga memang kedua hal itu masih berada di luar prioritas mereka kali ya.

Cara Mengatur Keuangan, Banyak Atau Sedikit Jika Jago Ngatur Akan Aman


Setiap orang pasti punya gaya beda-beda dalam mengatur hidupnya termasuk soal uang. Saya punya teman yang benar-benar strict dalam mengatur keuangan keluarganya, bahkan sampai ke soal bumbu apa saja yang dibeli dan seberapa, itu benar-benar diperhitungkan. Tanggal muda bumbuin tempe sekali goreng misalnya pakai bawang segenggam, tanggal tua sih bisa-bisa garem aja gak pakai bawang. Haha. Saya sendiri termasuk tipe yang agak santai. Patokan saya dalam mengelola keuangan yang utama hanya: (1) jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang, (2) pastikan kebutuhan utama terlayani, (3) boleh bersenang-senang apalagi kalau terkait ngasih reward ke diri sendiri yang sudah bekerja keras, (4) selalu ingat bahwa ada rezeki orang lain di dalam sejumlah uang yang kita dapatkan.

Beberapa hal penting yang pasti dialokasikan anggarannya saat ini adalah:


Tabungan untuk uang muka rumah, ini karena kami baru saja pindah kota dan masih mengontrak. Maka kami berencana mengontrak paling lama setahun saja. Di bulan ke 6 kami harus sudah bersiap membeli rumah.

Alokasi penting lain adalah dana-dana sosial, donasi ini itu, uang bulanan ibunda, uang untuk membantu saudara-saudara dan semacamnya. Besarnya? Lagi-lagi saya tak mengalokasikan dengan sangat khusus. Hanya ada jumlah minimal untuk ibu dan saudara yang memang penting dibantu. Di luar itu, ya tergantung kondisi.

Tabungan dan dana darurat. Walau PNS yang hidupnya aman secara financial, saya punya alokasi ini. Lagi-lagi, besarnya tergantung kondisi. Bagi saya, walau dijamin aman keuangannya hingga pensiun nanti, tetap perlu upaya mengatur keuangan dengan baik untuk bisa hidup lebih nyaman kini dan nanti.

Biaya pendidikan anak-anak dan kebutuhan sehari-hari. Saya nggak buka nominalnya ya, nanti dibully. Yang jelas, untuk kebutuhan makan, pakaian dan yang sehari-hari lainnya kami termasuk hemat. Saya sering memasak sendiri, dan kalaupun beli, di sini harga makanan cukup terjangkau. bagi saya skill memasak penting banget selain untuk memastikan apa yang dimakan keluarga adalah hanya yang sehat, juga bisa sekaligus berhemat, mengajarkan anak-anak life skill dan memasak walau simpel-adalah ekspresi cinta saya kepada mereka.

Jika Tak Mampu Menekan Pengeluaran, Maka Perbesar Penghasilan

Ini wejangan kakak saya di masa lalu, udah lama banget. Ketika saya masih kuliah dan beliau prihatin melihat saya segitunya mengatur keuangan supaya bisa bertahan hingga transferan kembali datang, makan sehari sekali terkadang demi menekan pengeluaran. Well, saya memang termasuk sederhana dalam hal pilihan makan, pakaian atau hal terkait gaya hidup lain. Tapi kebutuhan tetap banyak, karena saya termasuk orang yang cita-citanya puanjaaaaaang. Hingga setua apapun, jika napas masih melekat di badan, saya tetap berani selalu punya cita-cita. Saat ini, cita-cita jangka pendek adalah punya rumah, lalu dalam 5 tahun ke depan adalah kembali ke kampus untuk mengambil program doktoral.

Banyak kebutuhan saya, maka upaya memperbesar penghasilan terus saya lakukan. Caranya adalah dengan terus kreatif dan mengkondisikan energi selalu baik melingkupi. Saya percaya, lingkungan toksik menghasilkan energi negatif dan itu bikin duit macet. Maka jangan heran ya teman-teman, meski saya ASN, saya tetap ngeblog, nulis buku, menjadi konsultan penulisan buku bagi klien, ngisi training, endebre… endebre… selain itu semua bikin saya hepi, semua kasih saya duit lebih dari gaji bulanan. Bagaimanapun, mengatur keuangan bakal terasa lebih mudah kalau duitnya cukup. Haha. Jangan heran juga, saya amat membatasi diri saya dari orang-orang dan lingkungan toksik.

Aplikasi Keuangan Kekinian Senyumku, Buka Rekening Online dan Bantu Atur Keuangan Keluarga

review aplikasi keuangan senyumku
Inilah halaman awal yang kita jumpai saat membuka aplikasi Senyumku

Senyumku adalah sebuah aplikasi keuangan, bisa dikata ini adalah bank digital yang memungkinkan kita membuka tabungan, mencatat keuangan, dan mengatur keuangan bulanan secara praktis dalam satu aplikasi saya. Nah, bagi saya, kita dimudahkan banget nih sekarang sudah bisa menggunakan apklikasi keauangan ini.

Buka rekening online super cepat dan mudah tanpa setoran awal

Buka rekening secara online dengan Senyumku itu mudah banget. Tadinya saya cuma bermaksud mencoba-coba dulu aplikasi ini, belum buka rekening beneran. Akhirnya iseng saya klik-klik saja, eh ternyata kok aplikasinya lancar banget ya. Cepat. Bahkan saya agak bingung pas sistem meminta foto selfie, refleks cepat-cepat ambil jilbab. Hah!

Dari yang tadinya mau nyoba aja, beberapa menit kemudian saya udah punya tabungan online di Senyumku. Wah!!

Persyaratan Membuka Rekening Online Senyumku

mendaftar aplikasi senyumku

Buka rekening online pakai aplikasi Senyumku benar-benar cepat dan mudah. Kita enggak perlu datang langsung ke bank. Yang diperlukan hanyalah smartphone, jaringan internet yang lancar dan siapkan juga KTP supaya saat dibutuhkan enggak perlu lama-lama nyari.
Syarat pembukaan rekeningnya pun sangat simple, hanya:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah berusia 17 tahun.
  3. Dokumen KTP.

Begini Tahapan buka rekening online Senyumku

buka rekening tabungan online dengan aplikasi senyumku
  • Tentu perlu download dahulu aplikasi Senyumku. Saya mengunduhnya di Playstore
  • Setelah terdownload, buka saja aplikasinya dan klik “daftar”
  • Lanjutkan dengan mengisi beberapa data yang diminta, juga foto KTP
  • Tak lama kemudian, kita sudah bisa mendapatkan verifikasi dan artinya proses buka rekening online sudah selesai ya.
tabungan online senyumku
cara membuka rekening dengan aplikasi Senyumku

Fitur-fitur Senyumku yang Mendukung Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah

Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk menabung, deposito, transfer, ada pula berbagai fitur yang mempermudah kita mengelola keuangan. Transfer via aplikasi ini, kita bisa bebas biaya jika menggunakan SKN. Dana akan diterima dalam 1-2 hari. Namun jika membutuhkan real time dana langsung masuk ke rekening yang ditransfer saat itu juga, maka kita bisa transfer online seperti biasanya dengan beaya transfer yang cukup terjangkau seperti rata-rata, yakni 6500K

Di dalam aplikasi ini juga ada fitur Wallet. Semacam Kas-kas begitu untuk mencatat keuangan kita. Pada bagian ini, kita juga bisa menghubungkan ke rekening kita di bank lainnya lo, sehinga pengelolaan keunagan kita bisa menjadi terkoneksi.

Nah, masih banyak fitur menarik lain. Teman-teman bisa kepoin dulu ya. Toh downloadnya juga FREE, bisa coba download dulu lalu utak-atik apa aja isi di dalamnya. Mungkin sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Nah, kabari saya jika sudah mencoba ya. Siapa tahu kalian punya tips lebih mantap lagi tentang gimana kita bisa mengelola keuangan dengan memanfaatkan aplikasi Senyumku dari bank Amar ini.

Share

One thought on “Tips Mengatur Keuangan Keluarga dan Buka Rekening Online dalam Satu Aplikasi Andal Senyumku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!