tabungan online

Cara Mudah Atur Keuangan dengan Tabungan Online SimobiPlus dari Bank Sinarmas

Share

“Kalau butuh uang, bilang lho ya”

Begitu pesan teman saya lewat aplikasi WhatsApp. Bukan tanpa alasan dia berpesan begitu, kondisi saya yang baru mengalami mutasi kerja, membutuhkan waktu untuk membereskan administrasi ini itu dan lumrah di sini jika beberapa bulan gaji belum bisa terbayar.

Tidak Gajian Tapi Tetap Bertahan dan Hidup Nyaman

Saya jawab, “tenang saja, tabungan masih aman hingga 4 bulan ke depan”. Itu dengan asumsi tidak ada penghasilan lain. Padahal kan saya juga blogger dan menghandle banyak pekerjaan juga sebagai freelancer. Suami pun melakoni bisnis bersama-sama saya, dan Alhamdulillah selalu ada rezeki. Jadi saya katakan padanya jangan risaukan kondisi kami sekeluarga. Insyaallah aman.

Ini salah satu bukti, betapa tabungan cukup menjadi andalan bagi kami di saat-saat tertentu dan mendesak seperti saat ini. Tentu semua tak lepas dari izin Tuhan ya. Kejadian serupa kami alami berkali-kali. Studi master saya dua tahun lalu yang tanpa sepeserpun beasiswa juga disiapkan melalui upaya menabung.

Berapa Jumlah Ideal Nominal Tabungan yang Perlu Kita Miliki?

Supaya Manfaatnya Optimal, Jumlah Tabungan juga Mesti Direncanakan

Salah satu problem adalah, saya merasa kadang tabungan saya terkuras habis. Seperti saat saya memulai S2, di 2 semester pertama ternyata tabungan kami terkuras. Akhirnya, secara finansial, effort menyelesaikan studi pada semester ke 3, bagi saya terasa cukup lumayan. Apalagi di bagian akhir juga harus membiayai thesis. Setelah dihitung dan dianalisis, ini terjadi karena saya belum menghitung secara cermat sebenarnya berapa jumlah yang harus disediakan di tabungan.

Kalau soal besaran tabungan, ada banyak teori yang membahasnya. Ada yang menetapkan besarnya dari persentase penghasilan. Misalnya 10-20 persen dari penghasilan, atau jika tanggungannya amat banyak, bisa 5 persen saja dari penghasilan. So, kalau penghasilannya sebulan 5 juta, berarti menabungnya 500 ribu sampai 1 juta. Atau jika kondisinya amat sempit, banyak tanggungan, maka setidaknya kita bisa nabung 250 ribu per bulan.

Kalau menurut pengalaman, selain menggunakan perkiraan angka di atas, penting banget mengetahui apa tujuan kita menabung. Kalau tabungannya untuk pendidikan seperti yang pernah saya lakukan, ya tentu harus tahu berapa sih biaya pendidikannya? Kalau untuk dana darurat, tentu bisa mengikuti rumus perhitungan dana darurat. Nah, setelah ketahuan besarannya, kita hitung berapa waktu yang kita miliki untuk mencapai nilai tabungan sebesar itu. 

Menyiasati agar Bisa Menabung

Kalau menunggu penghasilan besar, baru menabung. Maka nggak bakalan kunjung menabung. Ya nggak sih? Karena semakin besar penghasilan, ada aja yang menjadi sebab besarnya pula pengeluaran. Makanya urusan bisa nabung atau enggak memang tergantung dari kekuatan tekad. Soal strategi bisa tergantung masing-masing.

Kalau saya, biasanya penghasilan dari gaji itu semua saya pakai buat hidup. Hehe, maklum gaji PNS, berapa sih ya? Untuk tabungan diambilkan dari penghasilan saya sebagai freelancer, yang Alhamdulillah juga selalu ada dan bisa diperkirakan angka minimalnya per bulan. Kalau ada penghasilan tak terduga, misalnya dapat project besar atau menang lomba, biasanya sebagian besar langsung masuk tabungan.

Menjajal Tabungan Online

Makin kesini, makin banyak urusan yang harus saya handle, sumber-sumber penghasilan pun makin bertambah. Ini juga diikuti oleh kebutuhan untuk mengelola tabungan lebih baik lagi. Maka, sejak beberapa bulan lalu saya merasa penting punya tambahan rekening tabungan lain. Karena makin banyak sumber penghasilan, juga harus diikuti oleh makin baiknya manajemen keuangan. Begitu menurut saya.

Masalahnya adalah, masa pandemik bikin saya rada enggan datang langsung ke bank untuk membuka rekening tabungan baru. Tapi untunglah kita hidup di zaman serba mudah ya. Ada yang namanya Tabungan Online. Tabungan digital adalah, tabungan yang dalam layanannya menggunakan teknologi digital. Bahkan untuk membuka rekening tabungan pun, kita tak perlu datang secara langsung ke bank. 

Tabungan Online SimobiPlus dari Bank Sinarmas

Bank Sinarmas punya SimobiPlus, sebuah layanan mobile banking untuk penuhi berbagai kebutuhan transaksi financial. Jadi bukan hanya sekadar Aplikasi Tabungan Elektronik. SimobiPlus juga terhubung dengan Simas E-Money (uang elektronik Bank Sinarmas), Rekening Tabungan, Deposito, Kartu Kredit, Giro serta seluruh produk finansial di bank Sinarmas.

Untuk membuka tabungan online SimobiPlus prosesnya 100% online menggunakan aplikasi SimobiPlus. Hanya modal smartphone, selfie dan ujung jari, kini dengan SimobiPlus  kita sudah bisa punya rekening tabungan baru. Tanpa video call, tanpa pula harus keluar rumah buat datang ke cabang Bank Sinarmas

Review Tabungan Online SimobiPlus

Setelah mencoba membuka rekening tabungan online SimobiPlus, menurut saya prosesnya memang bisa dibilang praktis. Sebelum membuka rekening tabungan, terlebih dahulu unduh aplikasi SimobiPlus. Karena smartphone saya berbasis android, saya mengunduhnya di Playstore

Cara Buka Rekening Online Langsung Aktif melalui SimobiPlus

Berdasar pengalaman kemarin saat buka rekening, saya ingin mengingatkan teman-teman tentang Tips Agar Makin Cepat Proses Buka Rekening.

Sebelum membuka rekening online SimobiPlus, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan NPWP, supaya saat pengisian bisa cepat dan lancar, nggak perlu obrak-abrik dompet untuk mencari-cari. Siapkan pula smartphone dalam kondisi prima dan ada pulsanya ya. Juga pastikan koneksi internet lancar dan pencahayaan ruang yang cukup. Karena nanti kita perlu melakukan foto selfie dan foto lainnya.

unduh aplikasi simobiplus untuk smartphone android
Cara unduh aplikasi SimobiPlus

Kini mulai buka aplikasi SimobiPlus di smartphone teman-teman. Pilih, Membuat Akun Baru. Lalu pilih Tabungan. Selanjutnya teman-teman tinggal ikuti panduan yang ada. Cukup mudah, kok.

aplikasi simobiplus
Beberapa Data yang Harus Diisi Saat Pembukaan Rekening Tabungan

Pada bagian menjelang selesai, akan ada tahap  kita perlu memotret KTP ataupun NPWP. Andai Anda mengalami kendala di sini, Forced Closed misalnya, coba saja bersihkan memory smartphonenya, atau reset or restart. 

Selanjutnya, jika rekening baru telah berhasil dibuat, teman-teman akan menerima email pemberitahuan. Dan praktisnya lagi, kalau pakai SImobiPlus, Buka Rekening Online Langsung Aktif. Nggak pakai lama, nggak harus nunggu berjam-jam banget untuk bisa menggunakannya.

Nah, Beres deh!

Keunggulan Menggunakan SimobilPlus di Mata Saya

  • Yang jelas, ini mudah dan praktis banget. Nggak harus ke mana-mana atau menunggu lama
  • Fitur-fiturnya cukup lengkap dan memudahkan
  • Bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan transaksi dengan berbagai keuntungan di setiap transaksinya. Seperti pada ilustrasi di bawah.

Keuntungan Bertransaksi dengan SimobilPlus

Ada kabar gembira juga nih buat kamu yang sering transfer ke semua Bank, pada tabungan online Simas Digi di SimobiPlus ada fitur transfer SKN  ( Sistem Kliring Nasional ) yang GRATIS TRANSFER ke semua Bank. Batas waktu transaksi pukul 16:00 WIB  ( Jika melewati batas waktu, diproses pada hari kerja berikutnya).

Berbagai Keuntungan dan Kemudahan Pakai SimobiPlus

Nah, teman-teman ada yang lagi butuh buka rekening? Atau sudah punya rekening tabungan namun masih perlu tambahan demi pengaturan duit yang lebih baik? Produk tabungan digital dari Bank Sinarmas ini bisa dipertimbangkan.

Share

56 thoughts on “Cara Mudah Atur Keuangan dengan Tabungan Online SimobiPlus dari Bank Sinarmas

  1. Kadang orang baru sadar pentingnya dana darurat di saat sedang butuh :D. Dulu aku juga susaaaah bangt utk nabung. Bawaan kok maunya have fun Mulu. Tp setelah nikah akhirnya sadar sendiri, dan mulai paksa diri utk nyisihin gaji lgs buat dana darurat. Baru sisanya utk keperluan lain.

    Apalagi aku kerja di bank asing dulu. JD malu aja kalo karyawan bank kok ga ngerti saving dan investasi :D. Banyak belajar dr temen2 staff trutama yg jago ttg financial planner. Dr mereka sih aku belajar brp persen yg ditabung, yg diinvestasikan dan bagusnya ke produk apa.

    Simobilplus ini aku pengen bukain buat asistenku mba. Krn ga hrs ke bank, dan cara buka juga gampang bgt yaaaa. Jadikan ntr uang gajinya bisa aku trf kesana.

  2. AKu juga sudah buka mbak, sekrang rekening tabungan yang ini aku pake buat simpen sisa-sisa uang belanja hehehe. Jadi enak punya simpenan tersendiri. Apalagi cara nabungnya pun gampang banget, gak perlu dateng ke bank sudah bisa nabung.

      1. Sekarang semakin canggih ya, sepertinya aku bakalan buka deh tabungan online di SimobiPlus, aku suka programnya yg gratis biaya transfer ke semua bank

        1. Bank Sinarmas ini sangat rekomen banget ya aku belum pernah Cobain pakai banksinarmas iini dan termasuk agak jarang gitu atm-nya

  3. Makin praktis aja nabung zaman now ya mbak. DIlakukan secara online ga perlu datang ke bank jadi hemat waktu juga. SimobiPlus ini menarik yach, kita tinggal unduh aplikasinya aja dan terusin lamgkah2nya dengan mudah. Kalau bisa sih langsung sisihkan 40% ya hehehe..kalau 10-20% ntar uangnya malah dipake buat keinginan bukan kebutuhan hahaha 😀

  4. Wah ini praktis banget ya cara buka tabungannya
    Gak kayak dulu yang kudu antri lama trus ngisi formulir yang banyak itu secara manual. Tapi bagian terkerennya menurutku adalah ada fitur transfer SKN yang klo transfer gak kena biaya admin itu. Secara ya, hari ini biaya admin rata-rata lumayan nilainya sementara transaksi online makin sering. Khan nyesek juga tuh klo transfer berkali-kali ke rekening berbeda lalu kena biaya admin terus.

    1. Haha… benulll Kak. Sekali duakali transaksi kena charge gak kerasa ya. kalau puluhan sehari? Mayan banget. Bisa ditabung buat beli lipen baru. hahaha

      1. Emang masih pake lipen kak? Khan ketutup masker hehe
        Eh tapi emang butuh lipen juga sih, biar kata di rumah aja khan wajib tetep cantik. Apalagi kayak mbak Wid yang padat merayap acara tayang ngisi webinar ya

        Udahlah urusan buka rekening dan transaksi perbankan lainnya online aja. Waktunya bisa dimanfaatkan untuk berbagi ilmu via layar zoom

  5. Bener banget. Harus siapin tabungan dan langsung sisihin kalau dpt uang. Jangan sampai tiap bulan dapet gaji tp habisnya ga sampe sebulan 😅

    Tabungan online gini emng bantu banget sih hhe

  6. Sudah mulai buka rekening kedua untuk mulai menabung dan berinvestasi sejak kini. Terhitung telat sih, tapi apa salahnya memulai meski sudah terlambat daripada tidak pernah memulai sama sekali

    Thanks for sharing mbak

    1. Kl kita punya tabungan menghadapi situasi seperti sekarang tidaklah akan terlalu bingung. Karena itu bunda selalu berpesan kepada anak2 bunda utk menyisihkan dulu dana utk menabung.Bukan sebaliknya bila ada sisa baru menabung. Memang betul kl kita bertekad menabung maka besar kecilnya gaji tidak menjadi kendala untuk TIDAK MENABUNG.
      Keren ya Sinarmas membuka fasilitas yang memudahkan gerak kita untuk menabung melalui online SimobiPLUS.

      1. Betul banget bunda. Udah kerasa banget di aku. Apa2 keinginan ku senjatanya ya nabung. Juga mempersiapkan kondisi2 darurat tentu penting bgt. Kalo nurutin kesenangan, gak bakal bisa.

  7. Sekarang udah jamannya serba online ya, bahkan bikin tabungan aja udah online. Jd udah praktis ya, gak perlu repot² datang ke bank.

    Btw, nabung disini masih ada biaya administrasinya juga kan ya?

  8. Aku udah jadi nasabah Sinar Mas sejak 4 tahunan mbak. Baru tahu ada SimobiPlus hahahha (ketahuan tu email ga pernah dibuka ya)

    Tapi ini solutip banget sih, kalo kata Bu Tedjo. All in one transaction di mobil berjalan gitu ya? Sungguh solusi buat milenial!

  9. Sejak pandemi saya semakin meyakini perlunya memahami literasi keuangan. Termasuk juga penting untuk tidak menyimpan uang dalam ‘satu keranjang.’ Memang udah lama juga kepikiran punya lebih dari 1 rekening. Tetapi, ak juga dilakukan karena saya malas antre ke bank. Bagus juga kalau bisa digital begini. Pastinya saya semakin tertarik untuk bikin rekening baru.

  10. Iya sih, bisa tak kunjung menabung kalo menunggu penghasilan besar baru mau nabung. Padahal sekarang banyak cara menabung mudah dan aman seperti dalam tulisan ini ya, tinggal klik-klik 🙂

  11. Duluu kalo buka rekening bank itu mesti datang ke kantor bank (potensi antre). Udah gitu buat saya yg pindah2 kota, bbrp kali bermasalah dg KTP yg tidak sesuai domisili. Mesti bawa surat pengantar atau keterangan gitu deh. Dengan tabungan online kayak gini, masalah2 yg saya sebutkan itu jd nggak masalah lagi.

  12. Sekarang ini seberapa pun pendapatannya aku berusaha nabung dan biasanya emang aku pisahkan rekeningnya biar gak jadi satu dengan rekening yang sering dipakai setiap harinya. Sekarang ternyata buka rekening tabungan jadi lebih mudah lagi ya mbak, tinggal download apps saja dan mengikuti semua instruksi yang diminta.

  13. Verifikasi setelah membuat aplikasi ini membutuhkan berapa lama mba? Sudah bisa di ios dan android yah? Seneng deh sekarang semua bisa tambah simple deh.

  14. Salah satu keuntungan bertransaksi dengan SimobilPlus yang bikin saya tertarik juga menabung, adalah menggunakan SKN (Sistem Kliring Nasional) Soalnya sering sekali merasa kurang ikhlas, hanya transfer ratusan ribu, eh dikenai biaya pula.
    Segera deh gunakan SimobilPlus.

    1. Nah masih mending kalo ratusan ribu Kak. Paling gemes kalo cuma 50 ribuan trus kena charge. Rasanya gregetan. hahaha

  15. Rekening online yang sangat membantu dengan caranya yang mudah saat ingin menjadi nasabah bank. Plus keuntungannya banyak sekali. Salah satunya yang aku suka adalah transfer gratis ke bank yang berbeda.
    Wah…ini terobosan super canggih.

  16. Asik banget buka rekening simobi nggak perlu video call untuk verifikasi data. Aku naksir fitur bebas biaya transfernya, Mbak. Di tabunganku yang sekarang tuh tadinya bebas biaya transfer sampai 20x sebulan tapi sekarang ada syarat minimal saldo rata-rata baru bisa free transfer admin. Apakah ini pertanda harus pindah ke simobi?

  17. aku berusaha tiap bulan menyisihkan 10-20 persen dari penghasilan buat ditabung dibagi ke tabungan anak juga. Hampir sama dengan hitungan buat infaknya juga.Tapi sejak tahun 2019, aku mentargetkan buat saving dari side job kek ngeblog, endorse dll minimal 2 jt sebulannya. Alhamdulillah sejauh ini bisa berjalan.

  18. waa enak juga ada tabungan digital, soale tabungan biasa kadang suka gatel mau ambil atm, kalau digital gini lebih enak mau nyimpen uange. kayaknya aku juga kudu misahin mulai nabunga uang :”) biar keliatan hasile secara freelance begini

  19. Dulu pernah ngebayangin pas awal-awal apps bermunculan mungkin nggak yah daftar ke bank secara online dan nabung bisa online juga. Eh ternyata sekarang sudah bisa. Luar biasanya ya perkembangan zaman.

    1. Iya Teh, banyak hal yg dulu hanya kita bayangkan kini jadi kenyataan. Banyak kemudahan bisa kita nikmati

  20. Sepertinya ni yaaa…saya juga harus maksain diri buat nabung meski cuma 5%. Emang kalau urusan keuangan kalau nggak diatur bener bener, jadinya kacau ya mbak.. jadi pengen punya simobi nih buat mulai nabung. apalagi bikinnya semudah itu, ga pake ribet 😀

    1. Betul Mbak, aku pernah kejadian. sebanyak apapun kalau gak disiplin, ya bakalan lewat gitu ajah. Wkwkwkw

  21. Iya mbak aku nunggu dua tiga jam ngantre di bank jadi kebayang malasnya kalau harus ke sana eh ada Simobiplus yang bisa daftar online via aplikasi, happy banget deh..

    1. Aduhhh kebayang ya Mbak. Apalagi musim pandemi gini. Gak tenang kalo ada di ruang publik apalagi rame mana harus berjam-jam ya

      1. Dana darurat sangat dibutuhkan di masa pandemi begini ya Bu. Jadi sepertinya sekarang harus mengubah mindset nggaj harus banyak penghasilan dulu untuk bisa menabung. Penghasilan kecil kalau pengelolaan keuangan bagus pun sangat bisa untuk menabung. Dan mungkin saya bakal kepoin lebih lanjut soal SimobiPLUS ini. Siapa tahu saya cocok

  22. Kapan hari aku buka tabungan offline di salah satu bank bumn.
    hadeuhh mba, prosesnya lamaaaa
    aku dtg jam 8 pg, ternyata CS baru buka jam 9.
    trus, cs-nya nyuwun sewu, udah rada sepuh, jadi unak unuk… jam 10-an baru kelar dah isi2 data.
    dan… ANTRE LAGIIII ke teller di lt 2 buat setor uang perdana hadeh maakk.

    Aselik, paling bener buka rekening tabungan online, dah.
    sungguh bikin hidup makin gampiiilll

  23. Bener banget nih mbak, tabungan ini perlu ternyata. Saya merasa berarti banget tabungan manakal pandemi tahun lalu. Masih terasa gitu ketika pandemi tahun lalu tabungan menipis. Dan kalau punya simobi, kita jadi bisa memaksakan diri menabung karena tinggal nabung online aja ga perlu repot datang ke teller

  24. TAbungan online dapat memudahkan untuk menyimpan dana, ngga perlu repot bolak balik ke bank buat setor ke teller. Online juga membuat kita lebih mudah bertransaksi perbankan, apalagi di zaman seperti sekarang

  25. Alhamdulillah, semoga selalu dimudahkan dan dicukupkan ya Mbak Wied.
    Senang jika sudah ada tabungan onlne seperti Simobiplus ini. Cara bukanya full online ya berarti?Wah…mudah sekali, mana fiturnya lengkap pula

  26. Salut banget Mbak sama kemampuan manajemen keuangannya. Bisa kuliah tanpa beasiswa sepeser pun dan emang beneran dari hasil tabungan, itu keren banget kalau menurut saya.

  27. Wah keren ya mbak jadi ga repot lagi nih datang manual ke Bank kalau membutuhkan buka buku tabungan baru..lebih aman dan efisien ya keren banget simobil sinarmas

  28. Iya menabung jaman sekarang mudah banget ya. Tapi kita juga pengguna harus pinter – pinter juga jaga keamanannya kadang suka lupa password atau pake password mudah di tebak juga bahaya ya..

    Bagi diriku nabung ini bener- bener penyelamat. dan bener – bener harus kita budayain banget ..

  29. model tabungan praktis era modernisasi, gk perlu ribet cukup buka apliaksi simobiplus, langsung bisa nabung. BTW, untuk tabunganya ini dibatasi atau tidak ya mb, terus apakah ikut mendapatkan bunga juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!