skincare alami anti jerawat

Cara Mengatasi Jerawat dengan Skincare Alami Spirusea dan Spiruvita Suplemen Berbahan Spirulina

Share

Teman-teman yang pernah bertemu secara langsung pasti sudah tahu, bahwa setidaknya saya pernah punya cerita pengalaman mengatasi jerawat yang cukup panjang. Scars yang ada di pipi adalah tanda yang sengaja tidak/belum saya hilangkan. Biar menjadi kenangan bahwa saya pernah melewati perjuangan panjang mengatasi jerawat. Saya bersyukur bahwa pada akhirnya menemukan kesadaran pola hidup sehat secara holistik yang membawa pada keyakinan bahwa jerawat tak hanya soal kurangnya menjaga kebersihan wajah.

Nah, tulisan kali ini akan mengulas tentang bagaimana mengatasi jerawat dengan skincare berbahan organik alami dan superfood bernama spirulina.

Jerawat dan Nutrisi, Penyebab Jerawat Ternyata Bukan Sekadar Kosmetik yang Kurang Cocok


Saya berjerawat sejak awal SMP. Selama rentang waktu SMP hingga selesai kuliah dan menikah, wajah saya tak pernah sepi dari jerawat. Keyakinan saya waktu itu:

Jerawat = Wajah kotor

Jerawat = Skincare atau kosmetik yang dipakai tidak cocok.


Maka selama bertahun-tahun upaya menyembuhkan jerawat berkutat di seputar: gonta-ganti produk pembersih wajah, dari yang dibeli bebas sampai yang diresepkan dokter. Upaya mengatasi jerawat saat itu juga berupa gonta-ganti skincare, mana aja yang punya lebel “acne” atau “acne prone skin” udah pasti saya coba. Hasilnya? Nol gede banget.


Usia 30 tahunan ketika mulai punya kesadaran makan sehat, saya menerapkan food combining. Sebanyak 70-75 persen makanan saya berupa buah dan sayur. Saya sudah jarang mengkonsumsi minuman manis juga makanan dari tepung-tepungan. Upaya tersebut (yang sebenarnya) dimaksudkan untuk mengupayakan kesembuhan atas alergi dan beberapa keluhan kesehatan lain, ternyata memberi “side effect” menyenangkan. Eh, saya gak pernah jerawatan lagi!!


Bertahun-tahun sudah saya amat jarang berjerawat. Nah, akhir-akhir ini, terutama sejak pandemi, pola makan mulai agak nakal. Dalihnya sih mencari kebahagiaan. Gula pasir mulai diembat. Tepung-tepungan mulai meningkat intakenya. Seminggu lalu saya baru sadar, komedo saya mulai nyata dan muncul 1 jerawat di pipi. Sebelum jerawat sebiji ini mengajak kawan-kawannya datang, saya harus segera cari cara mengatasi jerawat dengan cepat dan efektif!


Rasain, Wid! Bandel sih, coba-coba makan ngasal. Haha.

Skincare Anti Jerawat Alami Berbahan Spirulina


Insiden numbuh sebijik jerawat (lebay!!) terjadi hampir bersamaan dengan datangnya paket dari Organic Lombok. Wow! Semesta suka becanda emang!! Saya takjub. Skincare alami anti jerawat berbahan spirulina ini mungkin memang ditakdirkan mengatasi jerawat saya yang sebiji ini.

skincare anti jerawat organik
Peel Off Mask, Skincare Anti Jerawat dari Organic Lombok


Saya pernah sih mendengar ada masker berbahan spirulina. Tapi karena dasarnya saya malas maskeran, dan lagi saat itu wajah saya tidak ada masalah, maka ya cuek-cuek saja. Beda dengan saat ini ketika saya mendapatkan Spirusea Spirulina Seaweed Peel off Mask, saya semangat banget, dan langsung browsing beneran gak sih, superfood ini bisa digunakan mengatasi jerawat?

Mengatasi Jerawat Parah Hanya dengan Spirulina dan Cut Out Gluten


Saat browsing saya nemu info menarik banget. Ditulis oleh Annalisa Palmer di website onegreenplanet intinya menceritakan pengalamannya berjuang mengatasi jerawat parah. Bahkan si Mbak Palmer telah menerapkan pola makan sangat sehat, menurut pengakuannya nyaris raw vegan. Wow! Itu bagi saya adalah pola makan orang-orang dengan “tingkat keimanan” paling tinggi. Haha. Nyaris semua mentah, dan tanpa unsur hewani sama sekali. Oh, wow!


Ternyata dengan pola makan sehat, selama 3 tahun jerawat si mbak tak kunjung sembuh. Bandal rupanya jerawat si Mbak ya. Nah, akhirnya si mbak Palmer menggunakan spirulina baik topical maupun diminum. Menurut pengakuannya, akhirnya jerawatnya membaik berkat spirulina, ditambah dengan upaya membatasi tepung-tepungan.

Wah, jadi makin semangat saya untuk mencoba masker berbahan rumput laut dan spirulina ini untuk mengatasi jerawat.

Spirusea Spirulina Seaweed Peel of Mask, Mengatasi Jerawat dengan Kekuatan Rumput Laut dan Spirulina


Kemasannya tube berwarna hijau segar, dengan gambar perempuan Lombok berpenampilan tradisional yang unik. Masker ini diformulasikan dengan menggunakan bahan spirulina dan rumput laut. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, untuk memelihara, melembabkan dan mencerahkan kulit.

Spirulina Seaweed Peel Off Mask


Manfaat

  1. Mengatasi jerawat;
  2. Mengangkat komedo membandel;
  3. Menutrisi skin barrier;
  4. Memberikan collagen alami;
  5. Melembabkan dan melembutkan kulit

Tekstur Warna dan Aroma
Masker ini menyerupai gel, warnanya hijau tua agak transparan, dengan kekentalan medium, cukup mudah untuk diratakan ke wajah. Aromanya segar, samar tercium bau khas herba dan lemon.

Pasca Aplikasi

Masker ini ternyata terasa cukup kencang juga di wajah, saat telah mengering. Tadinya saya mengira Peel Off Mask ini bakalan susah dikelupas, karena melihat teksturnya yang tidak terlalu kental. Ternyata saya salah, setelah cukup kering, masker ini mudah aja dikelupas dan meninggalkan sensasi segar serta bersih di kulit.

Saya butuh mencoba lebih lama untuk tahu bagaimana dampaknya terhadap jerawat saya yang mulai mengering dan meninggalkan bekas sedikit kehitaman. Masih jadi PR untuk rajin-rajin maskeran beberapa minggu ke depan ya.

Harga
100K

Spirusea Rose Water, Air Mawar Asli untuk Menyegarkan dan Mengatasi Jerawat serta Iritasi

rose-water-skincare-organik
Spirusea Rose Water dari Organic Lombok ini Juga Oke Banget

Saya sudah mencoba rose water dari beberapa brand sebelumnya, setelah mencoba rose water dari Organic Lombok ini langsung deh cinta. Begitu saya coba semprot di telapak tangan, saya tepuk-tepuk dan nikmati aromanya. Hmmm…. wanginya mengingatkan saya pada suatu tempat penuh pohon mawar dan bunga mawar pink bermekaran, di dekat rumah nenek sewaktu saya masih kecil. Asli wangi mawar beneran, lembut, dan wanginya menenangkan.

Pantas saja, ketika saya cek di official website Organic Lombok, produk ini terbuat dari 100 persen hasil penyulingan. Ah, alam memang tak pernah salah, ya.

Air mawar ini bisa dipakai langsung ke wajah paska membersihkannya. Bisa pula digunakan sebagai pengencer untuk masker yang berupa bubuk. Untuk teman-teman yang menggunakan facial oil, rose water ini recommended banget buat disemprot ke wajah sebelum aplikasi oil. Kulit yang lembab bikin oil meresap dengan baik ke kulit.

Selain Aromanya yang Menyenangkan Banget, Air Mawar ini Juga Punya Banyak Banget Manfaat

Ternyata, rose water ini punya banyak manfaat juga. Selain membantu mengatasi jerawat, ruam dan iritasi kulit, produk ini juga bisa menenangkan kulit pasca terbakar sinar matahari. Air mawar juga punya manfaat anti penuaan dini sekaligus juga bisa membantu menyamarkan noda, misalnya bekas jerawat.

Harga

65K (Rose Water 100 ml)

Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Spirulina

Bukan hanya untuk jerawat, saya menemukan banyak informasi tentang spirulina di banyak website luar. Bahkan warbiyasak klaim tentang spirulina ini. Salah satunya menyebut spirulina sebagai “Best Possible Food in The Future”. Coba kita cari tahu, apa saja benefit spirulina.

  1. Bahan Makanan Bernutrisi
    Dilansir dari healthline, ganggang ini disebut sebagai salah satu bahan paling bernutrisi. Satu sendok makan spirulina mengandung: 4 gram protein, vitamin B1 (thiamine) 11% of the RDA, vitamin B2 (riboflavin) 15% of the RDA, vitamin B3 (niacin) 4% of the RDA, Copper: 21% of the RDA, Iron: 11% of the RDA. Selain itu juga masih ada kandungan magnesium, mangan, dan hampir semua nutrisi yang kita butuhkan lainnya dalam jumlah kecil.
  2. Antioksidan dan Anti peradangan
    Phycocyanin yang ada pada spirulina merupakan antioksidan dan antiperadangan yang cukup powerful.
  3. Mengatasi Alergi
    Spirulina cukup populer digunakan sebagai alternatif mengatasi alergi berupa rhinitis. Dan terbukti membantu. Wah, ini penyakit lama saya.
  4. Anti Kanker
    Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa spirulina kemungkinan dapat memiliki sifat anti kanker. Meski sejumlah sumber lain menyebutkan ini masih harus diteliti lebih lanjut.
  5. Bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku

Spiruvita, Suplemen Spirulina untuk Kesehatan dan Mengatasi Jerawat


Berkaca dari pengalaman Annalisa Palmer, bahwa disarankan penggunaan spirulina untuk mengatasi jerawat bukan hanya topical namun juga internal, maka saya juga nyoba suplemen yakni Spiruvita.


Harapannya sih terutama buka cuma buat jerawat. Tapi, saat saya menulis ini, saya juga sedang mengalami masalah di telapak tangan. Kering, pecah-pecah dan terkadang gatal. Saya mengira ini efek penggunaan hand sanitizer yang sering banget terutama di awal-awal pandemi. Nah, siapa tahu juga bisa teratasi dengan Spiruvit ini kan ya? Karena kalau melihat kandungan nurtisinya, saya sih optimis banget bisa.

suplemen-spirulina-organik-terbaik
Spiruvita, Suplemen Berbahan Spirulina yang Penuh Benefit Kesehatan, Salah Satunya untuk mengatasi jerawat


Spiruvita adalah bubuk Spirulina yang dikemas dalam kapsul. Menurut info yang saya baca di website Organic Lombok, produsennya, produk ini berkhasiat untuk kesehatan kulit dan tubuh dan sudah terbukti memberi manfaat positif bagi penggunanya.

Manfaat Spiruvita adalah sebagai super food anti jerawat dan antioksidan terbaik untuk kesehatan Anda dari dalam.

Bubuk spirulina yang terdapat dalam selongsong kapsul ini, bisa dibuka dan dijadikan masker dengan penambahan air mawar. Penggunaan masker dengan bubuk spiruvita ini bermanfaat untuk:

  • mengurangi kandungan racun dan bahan kimia pada kosmetik yang dipakai
  • mencerahkan kulit wajah serta mengurangi bintik-bintik hitam juga memperkecil pori-pori wajah;
  • menghaluskan tekstur dan mengambalikan elastisitas kulit;
  • mengatasi jerawat dan bekas jerawat serta membersihkan komedo.

Ingredients:

Arthospira Plantesis 450 mg.

Kemasan

Botol plastik berisi 10, 20, 50 kapsul

Harga

Spiruvita isi 20 biji seperti yang saya miliki ini dibandrol 150K

Tentang Organic Lombok, Jenama Lokal dengan Eco Green Commitment

Organic Lombok merupakan brand skincare yang berasal dari Lombok. Jenama lokal ini fokus pada produk perawatan kulit dari dalam dan dari luar. Produk-produknya dikenal sebagai produk skincare alami anti jerawat. Meski demikian, tentu suplemen spirulinanya tak hanya mengatasi jerawat, tetapi juga berbagai problem lain seperti disebutkan pada bagian benefit spirulina di atas.

mengatasi jerawat dengan bahan alami
Bahan-bahan alami terbaik yang digunakan dalam pembuatan Spirusea dan Spiruvita dari Organic Lombok


Produk utama Organic Lombok adalah Spiruvita dan Spirusea. Spiruvita, seperti sudah diulas di atas, adalah superfood yang mampu menutrisi kulit dari dalam, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai masker. Boleh dikata, Spiruvita merupakan skinfood alami anti jerawat. Produk ini merawat kulit dari dalam.

Baik Spirusea maupun Spiruvita sudah teregistrasi BPOM ya teman-teman. Selain menggunakan bahan-bahan alami terbaik, dan sudah teregistrasi BPOM beberapa keunggulan lainnya adalah:

  • aman digunakan siapa saja (anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan yang lainnya)
  • menggunakan bahan-bahan baku segar yang berasal dari para petani lokal di Pulau Lombok
  • Non animal testing
  • Non harsh detergent
  • Non SLS
  • Non paraben
  • Non mercury
  • Diproduksi dalam jumlah sedikit (tidak massal) sehingga menghasilkan produk yang segar
  • Local product, memberdayakan sumber daya lokal dan mampu mengangkat nama daerah karena memiliki brand skincare lokal sendiri


Spirusea adalah rangkaian produk skincare dan body care alami anti jerawat yang merawat kesehatan kulit dari luar. Selain Spirusea Spirulina Seaweed Peel of Mask dan Rose Water yang sudah dulas di atas, ada beberapa produk face care Spirusea lainnya seperti:

  • Argan Oil
  • Natural Soap Bar (2 varian: Spirulina dan Charcoal)

Spirusea dari Organic Lombok juga memiliki koleksi produk body care, yakni:

  • Shower Gel
  • Body Lotion
  • Body Butter (3 varian: Almond, Spirulina, dan Argan Cocoa)
  • Body Scrub + Butter (2 varian: White Rice dan Coffee)

Rangkaian produk perawatan tubuh organik dan alami ini, akan saya ulas pada kesempatan lain, ya.

skincare-organik-terbaik
Spirusea juga punya koleksi body care. Next time akan saya review lengkap ya.

Yang menarik dari Organic Lombok bagi saya selain kelebihan-kelebihan yang sudah disebut di atas, adalah Eco Green Commitmentnya. Bukan hanya dalam wujud penggunaan bahan-bahan alami dan lokal namun juga hingga pakejingnya. Untuk pengemasan order dalam jumlah kecil, digunakan plastik ramah lingkungan berbahan cassava yang mudah lebur dan terurai. Sedangkan untuk volume yang lebih besar, digunakan besek bambu juga kardus.

organic lombok brand lokal terbaik
Besek Bambu, Salah Satu Wujud Eco-Green-Commitment dalam hal Kemasan

Cara Membeli Rangkaian Produk Skincare Alami dan Suplemen Spirulina dari Organic Lombok


Kalau teman-teman penasaran dan mau nyoba produk-produk Organic Lombok, bisa dibeli di beberapa marketplace berikut: Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Nama tokonya adalah Organic Lombok Official. Selain itu, teman-teman bisa juga langsung ke website resmi OrganicLombok.com

Nah, ceritanya udah cukup panjang. Nantikan up-date setelah saya menggunakan lebih lama lagi. Mungkin ada teman-teman pembaca yang sudah pernah pakai produk Organic Lombok untuk mengatasi masalah jerawat dan problem lain? Cerita yuk, di sini.

Salam sehat, glowing paripurna!

Share

27 thoughts on “Cara Mengatasi Jerawat dengan Skincare Alami Spirusea dan Spiruvita Suplemen Berbahan Spirulina

  1. Belakangan ini untuk produk kecantikan dengan bahan spirulina sedang hits ya mba..

    Apakah bahan2 yg dipakai ini aman dipakai untuk ibu hamil atau menyusui mbak? Kalau dr lohat kandungannya sih besar harapanku ya aman. Soalnya pengen coba yg air mawarnya ituuu

  2. Kemarin adikku yang sedang puber pamer kalau sedang rutin menggunakan spirulina untuk perawatan.
    Manfaatnya bagus banget untuk kesehatan kulit yaa.. Apalagi untuk masa puber kan kulitnya sedang sensitif plus hormonal.

  3. BANGGA BANGET ada local skincare product dengan kualitas menawan, juga mengusung spirit cinta Lombok seperti iniii 😀

    aku paling mupeng ama Spirulina North Lombok Coffee. Hmm, kayaknya abis gini, mau ceki-ceki website-nya ahh.

    Lebih sip lagi, bisa belanja secara online dan gampil banget yak 😀 Mantuuull!

    1. Nggak nyangka lho kalau Lombok punya bahan alami yang ajaib banget sampai bisa menghasilkan skincare product yang bagus banget macam Spirulina ini, Mba. Semuanya dari bahan alami yang pastinya aman digunakan di tubuh kita. Jadi penasaran kepengen coba skincare dari Spirulina ini.

      1. Berarti kalau mengatasi jerawat harus punya kandungan bahan spirulina ya, Mba. Inget dulu gonta ganti skin care jerawat ga menyembuhkan juga, mgkn krn ga merhatiin ke kandungan bahannya. Tapi skrg mah udahlah yaa.. dah ada skin care organic lombok.

  4. Saya baru tahu produk organic lombok ini, asli produk Indonesia ya.

    Saya pernah pakai masker spirulina, di kasih sama temen, produk MLM dari luar, dan emang saya rasakan efeknya bagus dikulit muka. Mau beli sendiri, harganya mahal hehehe….

    Eh, tapi kalau ada produk berbasis spirulina produk asli Indonesia gini, jadi pengen beli juga spiruvita nya, bisa di minum, bisa juga dipakai buat masker.

  5. Produk Organic Lombok yang saya pakai cepat habisnya. Karena bukan saya aja yang pakai. Nai juga ikutan pakai. Seneng sih karena bisa kompakan. Alhamdulillah memang cocok juga

  6. Masalah jerawat dari pola makan terutama ya Mbak Wid. In syaa Allah kalau makanannya sehat maka sehat juga kulit wajah. Nah mengatasi masalah kulit wajah pun sebaiknya dengan bahan-bahan sehat ya

  7. waah lengkap banget rangkaian face care organic lombok ini mba. Ini series khusus berbahan spirulina kah? ada series dengan bahan dasar lain atau emang product series mrk hanya ini mba? spirulina sih emang udah terkenal bagus banget buat kulit

  8. Wah, menarik banget nih kak. Spirulina emang udah hype dari dulu sih dan kata temen-temenku yang juga pakai spirulina emang bagus. Sayangnya di aku kurang cocok huhuhu. Aku gabisa pake spirulina buat kulit

  9. Jadi pembersihan jerawat atau masalah di kulit harus dari luar dan dalam ya Wid, jadi tuntas tas taaaas masalahnya!
    Kagum dengan Indonesia yang sekarang sudah banyak mengeluarkan produk lokal berkualitas. Semogaaaa one day bisa sejajar sama brand dunia ya aamiiiin

  10. Bangga sekali dengan produk perawatan dari Lombok ini. Dari bahan baku yang berasal dari daerah hingga sumber daya yang mengolahnya, semua berasal dari Lombok. Produk dalam negeri yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar, saluut, deh!

  11. Iya ternyata bisa juga ya timbul jerawat dari kebanyakan mengonsumsi tepung terigu ya mbak..kirain karena kebanyakan makanan berlemak saja..keren nih produk skin care dari Lombok, bahannya alami dan berkualitas tinggi ya…

  12. Skincare berbahan alami dari negeri sendiri beneran idaman. Apalagi jika punya produk yang enggak hanya merawat dari luar tapi juga dari dalam…wah beneran all in one ini, Organic Lombok bisa jadi skincare alami anti jerawat yang lengkap dan mumpuni

  13. Walaupun cuma sebiji, tapi jerawat selalu bikin kita gak pede ya mbak rasanya ada yang mengganggu. Pas banget dong ada produk Organic Lombok yang khusus untuk mengatasi jerawat.

  14. Wow…perjalanan mengatasi jerawat akhirnya sampai pada skinker berbahan organic, Maak! Salut sama produk ini, produk lokal yang terbuat dari bahan2 alami, rekomen banget buat mereka yang mempunyai keluhan seputar jerawat dan permasalahan kulit lainnya.
    Ku suka sama butternyan body scrubnya, apalagi face mistnya menyegarkan wajaah.

  15. rose water Organic Lombok ini tinggal semprot aja ke wajah setelah aktivitas outdoor? wangi mawarnya kecium banget kah mbak? Menarik deh sepaket skincare dengan bahan ramah lingkungan ini.

  16. aku juga dulu pas menginjak puber jerawatan duh ga banget deh untungnya bisa dihempaskan hehehe..btw suka banget baca review produk lokal ini ah jadi penasaran aku pengen coba juga semoga cocok nih mengingat kandungannya alami ya mba

  17. wah aku baru tau nih mak tentang manfaat spiriluna iniiii, bermanfaat untuk wajah juga ya maaaak.. Jadi penasaran nih sama produk produknya, langsung mau kepoin organic lombok aaaah!

  18. Baru tau ada produk Skincare Organic Lombok Dan yang bikin bahagia Skincare nya anti jerawat pula, aku harus nyoba. Kebetulan kulit wajahku berjerawat euy

  19. harganya sesuai dengan bahan bakunya yang organic ya mbak tapi ini memang produk lokal yang perlu disupport ya. apalagi kalau khasiatnya berasa setelah dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!