musafir guest house

Mengistirahatkan Jiwa Raga di Musafir Guest House, Penginapan Murah di Solo

Share

Tidak ada yang kebetulan, karena Tuhan tak mungkin sekadar menjadikan peristiwa demi peristiwa secara acak. Begitu pula ketika saya menemukan Musafir Guest House, sebuah penginapan murah alias ramah di dompet namun kualitasnya luar biasa.

Saya menuju Solo, 13 Januari lalu dengan kondisi amat tak nyaman. Raga lelah dan pasca dihajar makanan tak sehat akibat berkali-kali cheating. Kepala pusing sejak berangkat dari rumah, dan … oh, hai apa kabar jiwa? Sungguh tak nyaman ternyata bepergian dengan jiwa yang juga sama lelahnya dengan raga. Karenanya, saya bertekad hanya akan keluar untuk hal penting saja selama di Solo. Sisanya? Akan lebih banyak di kamar saja, menikmati sendiri, melakukan selftalk, meditasi, dzikir lebih banyak tidur dan memberi apapun makanan bagi jiwa raga lelah ini.

Dan Tuhan, sungguh menuntun kaki ini datang ke tempat yang pas!

Bangunan Kuno Nan Adem, Membawa Nostalgia Masa SMA

penginapan di solo
Bangunan Utama Guest House, Kuno yang Terawat
musafir guest house
Jendela Cantik di Bagian Depan Bangunan Utama Guest House

Begitu taksi online yang membawa saya dari Stasiun Purwosari, memasuki pelataran Guest House, saya merasa, … hei, saya kenal tempat ini! Saya perhatikan saksama, ternyata memang bangunannya amat mirip dengan rumah yang pernah ditempati kami sekeluarga ketika saya SMA.


Memasuki teras, tergopoh seorang petugas menyambut. Dengan keramahan khas Jawa Tengah, si mas mempersilakan saya menunggu di reception sambil dia memproses check in. Petugas menunjukkan kamar dan menawarkan kalau tas saya mau dibawakan. Saya menolak, karena memang kurang terbiasa terlalu dilayani. Lagipula, backpack saya tak terlalu berat.

Kamar yang Hangat dan Lega, Tempat yang Sempurna untuk Beristirahat

penginapan murah meriah di solo


Kamar nomor 3 yang saya tempati terasa lega, bernuansa hangat, harmonis dengan kesan bangunan secara keseluruhan yang terbalut aroma kekunoan. Dilengkapi AC, TV, sebuah lemari dua pintu, bed beserta nakas di kedua sisinya, sebuah meja yang cukup leluasa untuk bekerja.

Bed yang ada di room tersebut, berbalut linen bersih. Kasur dan bantal terasa pas empuknya bagi saya yang kadang agak rewel soal keras atau empuknya bed dan bantal.

Sajada dan Al Quran, juga tersedia
Emergency Lamp, tersedia di kamar

Sajadah, al quran bahkan buku dzikir pagi dan petang juga tersedia, lo. Wah, bagi yang muslim fasilitas seperti ini memanjakan banget. Penunjuk arah kiblat juga tersedia di tempat yang amat mudah dilihat.

musafir guest house solo
Kamar Mandi yang Bersih
penginapan di solo

Saya langsung mengecek kamar mandi. Bagi saya, Kamar mandi bersih terawat itu keharusan banget untuk sebuah akomodasi. Dan di sini semua tentang kamar mandi cukup oke. Shampoo dan shower gel tersedia dalam botol. Keramik dan toiletnya bersih, begitu pula lantai dan bath up-nya. Semua oke.

Malam itu, setelah melakukan meditasi, dzikir, dan berbicara pada jiwa, saya menikmati istirahat yang luar biasa nyenyak. Saya terbangun tepat ketika adzan subuh, karena persis di depan Guest House ini memang terdapat sebuah Masjid. Jadi terdengar cukup keras suara adzannya.

Fasilitas Lengkap untuk Sebuah Guesthouse

penginapan murah bagus di solo
Ruang Makan yang Apik

Pagi itu, setelah mandi dan melakukan berbagai ritual pagi, saya keluar dari kamar untuk berkeliling melihat sekitar. Saya menemukan ruang makan yang dilengkapi teh dan kopi yang bisa digunakan oleh tamu. Ruangan tersebut memiliki jendela lebar yang mengarah ke bagian belakang. Di belakang dan samping adalah bangunan guest house juga namun bagian yang merupakan pengembangan, bukan bangunan utama. Kehadirannya cukup serasi dengan bangunan utamanya.

Di depan ruang makan tersedia meeting room mungil yang menurut pihak pengelola akan dialihfungsikan menjadi semacam mini library. Asyik juga ya, tetap bisa menikmati bacaan ketika sedang menginap di luar kota.

musafir guest house

Persis di pojok belakang, saya temukan pantry. Peralatannya cukup lengkap, sehingga jika seandainya kita menginap beramai-ramai dengan keluarga, rasanya fasilitas ini bisa membantu banget. Selain ada kompor, juga tersedia oven, toaster, juga blender.

musafir guest house solo
Pantry

Tarif dan Pemesanan Penginapan Murah di Solo

Percayalah, ternyata dengan segala keasyikan sebuah akomodasi yang saya ceritakan di atas, Musafir Guest House enggak bakal bikin kantong bolong. Di salah satu OTA harga kamar setipe deluxe itu berkisar 215K sampai 345K kalau saya tidak salah ingat, kamar terluas itu sekitar 20 meter persegi.


Teman-teman punya rencana perjalanan ke Solo? Jika ingin merasakan pengalaman yang sama, coba deh kontak aja.


Musafir Guest House
Jl.Dewi Sartika no.8, Danukusuman, Serengan, Solo
Telp: 0271-2936531 & 0813 2662 5050


Web
musafirguesthouse.com


Instagram
@musafirghsolo

Share

28 thoughts on “Mengistirahatkan Jiwa Raga di Musafir Guest House, Penginapan Murah di Solo

  1. Kaya rumah sendiri, kelihatan adem. Catet deh siapa tahu nanti ada kesempatan dolan ke Solo. Syukur-syukur ngajak orang terkasih juga

  2. Serasa di rumah sendiri ya mbak Wid, terlihat nyaman dan bersih.
    Itu dapur dan segala peralatannya bisa dipakai oleh tamu yang menginap? Wah cocok sekali kalau menginapnya rame2 bersama keluarga ya.

      1. Penginapannya bentuknya kayak rumah jadi lebih enak ajak keluarga pas main kesini aku tu pengen banget main ke solo dah lama banget deh…

  3. mengistirahatkan sejenak jiwa memang ampuh ya mbak Wid, buat mempersiapkan diri lagi menghadapi dunia yang complicated

    saya bersyukuuur banget bisa ke Solo dan hadir di Musafir GH, kayak re-charge semangat dan otak juga, plus… kulineran yang mak nyussss

  4. Bangunannya kayak model bangunan jaman belanda dulu ya, Jadi ingat kost an saya di Jogja dulu.

    Tempat sabunnya lucu. Fasilitas di pantry juga lengkap. Dan satu yang saya suka, ada buku-buku bacaan juga. Kapan ya saya ke Solo?

  5. Sebelum bw ke sini aku juga baru baca-baca quote di antaranya tentang tema out of rutinitas.

    Jadi bw ke sini itu seperti jodoh 🙂

    Apalagi pas staycation, dapat yang seperti Musafir Guest House, awesome!

  6. AKu suka lihat bangunan lama kaya hini kaya model losmen jaman dulu ya. Tapi guest house musafir ini dapurnya gak kuno lengkap ya lumayan buat istirahat.

  7. bangunannya jadul ya, saya suka yang jadul gitu^_^ buat foto foto cakep hihi
    dapurnya peralatannya lengkap, aa buku dan satu lagi yang saya suka, ada alat shalat, homy banget ya mba

  8. Quest house-nya keliatan nyaman ya, Mbak. Fasilitasnya juga lengkap. Nginep di sana seperti berasa di rumah sendiri. Bentuk bangunannya banyak saya temukan di Bandung, bangunan zaman peninggalan Belanda dulu.

  9. Wew guesthousenya bangunan tua gtu ya mbak, uniiikk 😀
    Aku dulu waktu kecil pengen tinggal di rumah kek gtu, tapi pas besar ngrasa malah terkesan ceyem wkwkwk, mungkin aku kebanyakan nonton pilem horor yg setting lokasinya rumah kek gtu 😛
    Tapi di sisi lain GH-nya cukup nyaman ya mbak. Kalau pergi ke sana beramai2 rombongan kyknya enak 😀

  10. Solo…
    Sejak ada tol, Ibuku di Surabaya mondar-mandir Surabaya – Solo dengan mudahnya.
    Nanti aku rekomendasiin Guest House ini…supaya nyaman liburan bersama teman-teman Ibu.

    1. Jd pengen stay di sana kalo nanti mudik solo. Sbnrnya di solo mah pratu suami masih ada rumah di sana. Makanya tiap mudik aku biasa di rumah mama. Tp kdg pgn juga cari suasana baru mba :D.

      Ini Deket soto gading ya ternyata. Padahal aku sering makan di sana kalo ke solo :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *