Serbuan Penyakit Bikin Galau? Tak Perlu Panik, Lakukan 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ini!

Menyimak linimasa saat ini, begitu banyak kecemasan dibagikan soal penyakit dibagikan. Galau? Jangan! Saat musim-musim begini, banyak hal kok, yang bisa kita usahakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tuhan toh tak akan pernah men-setting kehidupan, tanpa diberikan amunisi untuk tantangannya. Salah satunya, ya sistem kekebalan tubuh ini. Perisai di kala segala macam virus, bakteri, pendeknya penyakit, beranak pinak dengan suburnya.

Seperti apa cara meningkatkan kekebalan tubuh agar kita senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit? Ini dia ke-7 caranya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Banyak Makan Buah dan Sayur


Sudah banyak yang menyebutkan bahwa konsumsi cukup buah dan sayur akan meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat membutuhakan asupan berbagai vitamin dan micronutrien lain yang banyak terdapan di sayur dan buah. Tentu tanpa melupakan unsur lainnya, ya teman-teman.

Jangan lupa, konsumsi sayur dan buah dengan cara yang benar. Makan buah dalam kondisi perut yang kosong, makan sayuran tanpa pengolahan berlebihan. Bahkan penting untuk menyisipkan sejumlah sayuran segar seperti lalapan atau salad misalnya.

Untuk variasi penyajian sayur dan buah, teman-teman bisa klik:

Resep Jus dan Smoothie

Resep Salad Sayuran

Penting Juga Untuk Hindari Makanan Pengganggu Imun


Ada pula makanan yang terbukti justru melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, misalnya saja gula pasir. Gula pasir disebut-sebut dapat melemahkan sistem imun selama beberapa jam sejak dikonsumsi.

Jika kita belum bisa sama sekali lepas dari gula pasir, setidaknya minimalisir saja jumlahnya dalam konsumsi sehari-hari kita. Kurangi minuman manis bergula seperti teh dan kopi atau minuman kemasan pabrikan. Minimalkan juga konsumsi kue-kue serta kudapan manis lainnya.

Berhenti Panik, Kelola Stress Agar Kita Lebih Kuat Hadapi Penyakit

Kondisi stress membuat seseorang rentan sakit. Hormon stress yang tinggi di dalam tubuh, akan menekan sistem kekebalan tubuh.
Padahal, manusia masa kini sangat rentan berhadapan dengan stress. Jangan lari, hadapi saja.

Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan manajeman stress. Saya sendiri memiliki beberapa cara untuk bisa meminimalkan stress misalnya: berusaha melakukan segala aktivitas dengan kondisi sadar penuh, menikmati ibadah seperti salat dan zikir, melakukan meditasi, menekuni hobi sebagai sarana pelepas stress. Nah, ngeblog ini adalah salah satu sarana stress releasing saya.

Pastikan Cukup Istirahat

Kurangnya tidur berakibat tingginya hormon stress, tubuh lebih mudah mengalami infeksi serta inflamasi. Mekanismenya belum diketahui secara jelas oleh para peneliti. Namun, banyak disebutkan, tidur 7-9 jam setiap hari, dapat membantu tubuh tetap sehat.

Maka jika memang serius untuk meningkatkan kekebalan tubuh, perlu banget upayakan cukup istirahat yang berkualitas ya, teman-teman. Saya termasuk tidak bermasalah soal tidur. Tapi kadang, meski amat jarang, saya insomnia pada saat kepala penuh ide. Untuk mengatasinya saya berteman dengan berbagai oil. Baik yang digunakan dengan diffuser maupun yang dibalur atau untuk pijit.

Cara Mengatasi Insomnia

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan bukan sebatas mencuci tangan dengan sabun, tetapi masih banyak yang perlu diupayakan. Mandi dengan teratur, dua kali sehari, menjaga kebersihan benda-benda pribadi dan lainnya, termasuk mengenakan masker saat batuk/pilek.

Kebersihan lingkungan sekitar kita juga amat penting diperhatikan. Bersihkan rumah secara teratur dan saksama untuk mengurangi potensi rumah kita menjadi sarang penyakit. Bersihkan juga sekitar rumah, halaman atau pekarangan agar tak menjadi tempat berkembang biaknya sejumlah vector penyakit seperti nyamuk dan tikus.

Bersosialisasi

Wah, pertama kali membaca tentang poin ini, sesungguhnya saya agak kaget, lo. Apa iya? Tapi ternyata memang disebutkan bahwa manusia yang lebih bersosialisasi akan memiliki system imun yang lebih kuat. Logikanya sih, banyak teman bikin kita hepi. Tapi, jangan lupa juga jaga jarak aman dengan yang toxic. Apalagi sekarang sedang digalakkan Social Distancing.

Sosialisasi era social distancing, mungkin bisa via medsos ya. Namun tetap bijak. Pilih lingkaran yang membuat kita senantiasa positif.

Bantuan Superfood, Suplemen atau Bahan-bahan Herbal

Dulu sata termasuk orang yang anti herbal. Lama kelamaan, pengalaman mengajarkan untuk jangan menyepelekan bahan-bahan herbal. Saat udara dingin, apalagi terkadang juga kehujanan, tubuh ternyata bisa dibantu untuk bertahan lebih hangat dengan jahe, serai, dan sejumlah rempah lainnya. Bukan cuma itu, ternyata bahan-bahan tersebut juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan termasuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Sejumlah kawan masih khawatir dengan konsumsi rempah, alasannya takut mengganggu ginjal. Untuk yang sehat dan tidak sedang bermasalah dengan ginjal, sebenarnya aman-aman saja kok. Perhatikan saja dosisnya, dan jangan lupa minum air putih yang cukup.

Nah, mari lakukan berbagai upaya untuk pencegahan, ya teman-teman. Boleh disontek beberapa hal yang sudah saya ceritakan di atas. Mungkin juga ada teman yang punya tips cara mengingkatkan kekebalan tubuh lainnya? Mari share di sini.

Artikel ini untuk meramaikan Tantangan Blogging Maret 2020 Komunitas Ibu-IbuDoyan Nulis

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *