Resep Kudapan Bebas Gluten Untuk Kesayangan

wheat-995055_640

Anak-anak dan suami memang sudah bisa dikatakan mau ber-food combining meski sekian persen saja. Sebut saja, FC setengah tiang. Saya cukup bersyukur, bahwa mereka tidak terlalu sulit untuk diajak mengikuti pola makan sehat yang saya terapkan. Dan alhamdulillah… mereka pada sehat.

Baca Juga: Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining

 

Kini anak-anak dan suami sudah biasa sarapan buah. Suami sudah rutin jeniper, anak-anak yang masih belum mau. Yang masih menjadi PR bagi saya adalah soal hadirnya tepung-tepungan, khususnya terigu yang bergluten di menu sehari-hari para kesayangan ini.

Pak suami yang Jowo tulen, sangat menggemari tempe yang digoreng dengan adonan tepung (sebagai ganti dari kehadiren tempe letoy alias mendoan, yang saya selalu gagal bikinnya). Anak lanang juga setipe ayahnya. Anak perempuan suka sekali kudapan yang diolah dengan tepung. Misalnya perkedel tahu, bola-bola tahu, jamur krispi, ayam krispi dsb.

Gluten itu lo, yang ingin saya hindari, setidaknya saya minimalisir kehadirannya. Karena sudah banyak sekali tulisan tentang berbagai keburukan bahkan bahaya gluten. Saya sendiri sangat merasakan. Pasca makan sesuatu yang bergluten, efek minimalnya bagi saya adalah sembelit, susah ke belakang. Kalau keterusan makan glutennya, kulit saya akan gatal-gatal di beberapa bagian. Memang, alarm tubuh sejak berFC sudah semakin paten kerjanya. Ada yang buruk di makan, dia akan teriak kencang. Woiii… bahaya! Begitu kurang lebih.

Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya mendapatkan tepung yang saya idam-idamkan. Tepung pengganti terigu yang bebas gluten.  Begitu dibuka, yang saya penasaran ingin segera tahu adalah aromanya. Iya, khawatir ada bau-bauan aneh aja. Ha..ha… ternyata bau bahkan teksturnya biasa saja, maksudnya nggak ada perbedaan ekstrem dengan tepung terigu. Tepung Ladang Lima ini, selain gluten free juga punya beberapa kelebihan lain, yakni: warna putihnya alami tanpa melalui proses bleaching. Selain itu, Ladang Lima All Porpose Flour ini juga mengandung kalsium dan zat besi, serat dan juga rendah glikemiks indeksnya.

Nggak sabar, saya coba langsung penggunaannya pada 3 jenis makanan kesukaan suami dan krucils. Jadi, saya buat pisang goreng, tempe krispi bumbu kari dan bola-bola tahu. Semua favorit para kesayangan, nih!

 

Resep Gluten Free 1

Pisang Goreng Gluten Free

Bahan:

  • 3 sendok makan penuh, tepung ladang lima
  • Seujung sendok teh gula
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya
  • Pisang kepok matang secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

 

Cara Membuat:

  • Campur tepung, gula dan garam dalam mangkuk
  • Tuang air sedikit demi sedikit, aduk-aduk
  • Kupas pisang, belah horisontal
  • Celup pisang ke adonan, goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan
  • Angkat dan hidangkan hangat-hangat

 

Mungkin ada yang bertanya, kenapa adonan tak pakai telur? Simpel sih, saya menghindari aja ketemunya karbo dengan telur. Lagipula, dengan tepung ini ternyata tanpa telurpun adonan udah terasa enak. Krispi saat masih hangat, dan menjadi lembut saat dingin, enggak liat atau ulet. Jadi buat saya tanpa kehadiran telur nggak masalah dari sisi rasa dan tekstur.

 

Tempe Krispi Bumbu Kari

Resep Gluten Free 3 Resep Gluten Free 5

Bahan:

  • 1 papan tempe
  • 3 SDM tepung Ladang Lima
  • Sejumput garam
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Setengah sendok teh bubuk kari
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya

 

Cara membuat:

  • Iris serong tipis tempe, sisihkan
  • Haluskan bawang putih, bawang merah bersama garam
  • Buat adonan dengan mencampur tepung, bumbu halus, bubuk kari lalu tuang air sedikit demi sedikit
  • Aduk hingga rata dan adonan halus
  • Celup tempe ke adonan, goreng dalam minyak panas hinga kuning kecoklatan
  • Angkat, tiriskan dan disajikan hangat-hangat

 

Bola-bola Tahu

Resep Gluten 2 Resep Gluten Free 4

Bahan:

  • 4 buah tahu putih
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Merica
  • Garam
  • 2 sendok makan penuh Tepung Ladang Lima
  • Minyak untuk menggoreng

 

Cara Membuat:

  • Haluskan bawang putih, bawang merah, merica dan garam
  • Bungkus tahu dalam serbet bersih, peras hingga airnya keluar
  • Haluskan tahu
  • Campur dengan bumbu halus dan tepung Ladang Lima
  • Bentuk bulat-bulat dengan bantuan plastik yang dioles sedikit minyak
  • Goreng dalam minyak hingga matang
  • Sajikan hangat

Nah… semua gampang kan? Dan semua sukses meski menggunakan tepung yang berbeda dari biasanya. Bola-bola tahu dan Tempe Krispi nya bisa dijadikan cemilan atau lauk teman makan nasi.

Yang terpenting juga, ini Gluten Free, jadi lebih sehat. Iyaa…. Semua gampil banget. Saya tahu, next time saya harus menantang diri untuk bisa bikin glutenfree cookies  juga bakso-baksoan vegan glutenfree buat anak-anak. Atau sekalian bikin roti-rotian kayak teman saya Mbak Yanty Dygg. Baca ceritanya Mbak Yanty Dygg di sini ya:

(Yanty Dygg: Mengudap Sehat Tanpa Rasa Bersalah)

 

Eh? Emang saya bisa? Hi…hi….Doain aja deh, saya makin rajin ke dapur yaa…

 

 

Catatan:

Bagi teman-teman pelaku food combining, ingat, ini bukan makanan ideal ya. Jadi hanya dikonsumsi sesekali saja. Untuk anak-anak, bolehlah. Setidak-tidaknya sudah sangat meminimalisir bahaya gluten.

 

12 comments

  1. @eviindrawanto says:

    Adem perasaan kalau sudah menemukan bahan makan yang tidak akan merusak kesehatan kita ya Mbak. Tepung bebas gluten seperti ini selalu dicari-cari orang tua yang anak-anaknya teramat hyper aktif 🙂

Leave a Reply