cara-memilih-apartemen

Cara Praktis Memilih Apartemen untuk Sewa

Share

Sebagai wong ndeso yang suka jalan-jalan, suatu saat saya pernah ngehalu eh, bercita-cita maksudnya, bersama suami. โ€œYah, nanti kita kalau udah banyak duit kita kudu invest di property nih. Enak banget ya, misalnya bisa punya apartemen 1 unit aja di tiap kota yang kita sukai. Itu obrolan udah bertahun-tahun silam.

Ya, sebelum pandemi kami memang sering menghabiskan jatah cuti dan libur dengan traveling. Dan kalau dihitung-hitung kebutuhan akomodasi cukup besar juga. Apalagi anak-anak kami sudah abg.

apartemen
Si sulung, bersantai di ruang duduk sebuah apartemen yang kami sewa (dokpri)


Eh, sekitar dua tahun lalu ketika saya menyelesaikan studi master dan harus LDR, maka nyiciplah kami sesaat untuk tinggal di apartemen. Yakni ketika anak-anak dan suami mengunjungi saya di akhir pekan. Dari pengalaman itulah kami merasakan dan menyimpulkan memang ada sejumlah kelebihan memilih apartemen sebagai akomodasi.

Kelebihan Tinggal di Apartemen


Hemat
Yang terasa banget adalah hematnya. Contohnya nih, kami memilih apartemen dengan dua dua bedroom. Si sulung bisa bobok di sofa ruang duduk saja, satu kamar tidur buat saya dan suami, satu lagi buat anak gadis. Harganya per malam hanya berkisar empat ratusan ribu saja per malam

Tersedia pantry, memudahkan banget untuk yang mau hemat dengan cara sedikit rajin menyiapkan makanan-minuman sendiri (Sumber: Traveloka)

Selain itu, kalau kita mau tinggal agak lama, juga bisa memasak makanan simple karena tersedia pantry lengkap beserta lemari es dan perlengkapan minimal untuk memasak lainnya. Apalagi kalau cuma sekadar pengin minuman hangat. Enggak perlu melipir ke kafe. Dari sini kita sudah bisa menghemat banyak biaya traveling.

Praktis
Ukurannya yang tak terlalu luas, membuatnya tak terlalu makan energi untuk merapikan. Kalau untuk pilihan tempat tinggal, poin ini memudah banget bagi emak-emak. Tak perlu mengeluarkan upaya besar. Sebentar saja kelar membersihkan atau merapikannya.

Banyak Pilihan Lokasi
Pada umumnya di kota-kota besar di Indonesia, saya amati apartemen berada di berbagai lokasi. Misalnya di pusat kota, di pusat perekonomian, dekat kampus dan lainnya. Ini amat memudahkan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Fasilitas Lengkap
Biasanya sih, apartemen dihadirkan sudah berikut dengan fasilitas lengkapnya. Kolam renang, gym dan lainnya umumnya tersedia. Begitu juga taman sebagai RTH tak perlu repot merawat sendiri, para penghuninya sudah bisa menikmatinya kapanpun.

Ada pusat kebugaran, mudah banget kalau kita akan berolah raga (Sumber: Traveloka)

Keamanan
Ini juga faktor yang sangat menarik. Setiap apartemen umumnya memiliki sistem keamanan yang bisa cukup membuat penghuninya merasa tenang.

Tip Memilih Apartemen

  1. Kenali kebutuhan selama tinggal di kota yang dituju. Ada cara apa saja dan ke mana saja. Atau mungkin juga ngin suasana seperti apa? Berapa lama akan tinggal dan bersama siapa saja?
  2. Lalu juga tentukan berapa budget maksimal per malam, atau juga selama jangka waktu tertentu.
  3. Cari pilihan apartemen berdasarkan kebutuhan teman-teman seperti di atas, ya. Misalnya dengan memasukkan keyword Apartemen di Jakarta Utara
  4. Cek keterangan, hingga review setiap unit yang ditawarkan. Saya biasanya melakukan setting pada pencarian dengan berdasarkan review atau rating terbaik dulu. Baru dari sana saya akan memilih mana yang harganya terjangkau kocek. Enggak semua yang ratingnya tinggi harganya juga tinggi kok. Jadi pintar-pintarnya saja kita memilih.
  5. Jika sudah memenuhi semua aspek tersebut, putuskan unit mana yang akan teman-teman sewa. Segera saja lakukan pembayaran agar apartemen incaran kita tidak keburu dipakai orang lain. Sebab nih, biasanya kalau ratingnya tinggi, harganya hemat, banyak banget orang yang mau. Ya iyalah! Haha.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Seusai pandemi sudah punya kota tujuan untuk di-eksplor? Enggak ada salahnya mulai melirik apartemen sebagai salah satu pilihan akomodasi teman-teman.

Share

7 thoughts on “Cara Praktis Memilih Apartemen untuk Sewa

  1. Sewa apartemen bisa jadi salah satu solusi buat yg mau tinggal di apartemen tapi gak bisa, kayak aku contohnya ๐Ÿ™‚ jadi pertama, sewa aja dulu, jadi ngerasain feelnya gimana kalo tinggal di apartemen ya ๐Ÿ™‚

  2. Kerennnnnnn. Selama ini bepergian hanya kepikiran untuk tidur di penginapan. Sungguh menguras budget liburan. Ternyata lebih hemat bila sewa apartemen, ya. Ada juga fasilitas dapur. Nah ini yang juga semakin menghemat kantong selama perjalanan. Jadi, bisa dialihkan ke budget lain seperti menikmati spot wisata tambahan, misalnya. Terima kasih, Mba Wid. Mau melipir ke tulisanmu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!