Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
kraton kasepuhan cirebon
Share


Cirebon, salah satu kota pelabuhan yang berada di kawasan pesisir utara Pulau Jawa ini, sejak dua tahunan lalu jadi impian anak lanang. Sejak dia tahu beroperasinya Kereta Ranggajati, fans garis keras kereta api di rumah kami ini berkali-kali menyebut kota Cirebon sebagai kota yang ingin dikunjunginya. Ya, bagi Kak Asa, menarik sekali menelusuri satu demi satu kota yang bisa dicapainya dengan kereta api.

Kota yang diberi julukan sebagai kota udang ini masih berada dalam wilayah administrasi provinsi Jawa Barat. Sehingga tidak mengherankan kota Cirebon memiliki luas wilayah yang terbilang kecil. Meskipun memiliki luas area yang kecil, namun Cirebon juga termasuk ke dalam area kota metropolitan yang cukup maju. Apalagi kota Cirebon memiliki lokasi yang sangat strategis karena menjadi titik pertemuan jalur antara tiga kota besar, yakni Jakarta, bandung serta Semarang. Mengenai perekonomi kota Cirebon sudah didukung oleh sektor industri pengolahan, pengangkutan dan komunikasi, perdagangan serta pariwisata.

kereta api cirebon
Anak Lanang, Fans Setia Kereta Api

Lain Kak Asa, lain emaknya. Saya lebih tertarik menelusuri daya tarik wisatanya. Berbicara mengenai pariwisata kota Cirebong memang tidak ada habisnya. Pasalnya kota ini menawarkan banyak sekali daya tarik wisatanya, mulai dari daya tarik wisata religi, kuliner hingga wisata sejarah. Beberapa contoh tempat wisata populer yang ada di Cirebon ialah seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Komplek Makan Sunan Gunung Jati, Gua Sunyaragi, Keraton Kesepuhan hingga Keraton Kanoman. Sementara dalam hal kuliner Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner enak seperti tahu gejrot, empal gentong, sego jamblang hingga bubur ayam. Bagi saya yang cinta sejarah dan budaya, Kraton tentu berada dalam daftar paling atas.

Perjalanan ke Cirebon Dengan Kereta Api

Liburan ke Cirebon memang sangat menyenangkan, apalagi kini Kita bisa berlibur ke Cirebon dan kawasan sekitarnya dengan menggunakan kereta api. Menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta memang menjadi pilihan asyik, sebab selain bisa menghindari kemacetan di kawasan perkotaan, kita juga bisa menghemat biaya pengeluaran. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan ke Cirebon dan sekitarnya, maka sebaiknya kita mengecek dan pesan tiket kereta ke Cirebon terlebih dahulu, agar bisa mempersiapkan biaya liburan serta tidak kehabisan tiket.

Untuk proses pengecekan dan pemesanan tiketnya, maka kita bisa langsung cek dan pesan tiket kereta ke Cirebon hanya di Traveloka, lo. Di Traveloka kita tidak hanya bisa memperoleh informasi mengenai pemesanan tiket, namun juga jadwal kereta api Cirebon.

Mengecek dan memesan tiket di Traveloka memang sebaiknya dilakukan dengan cepat, apalagi jika ingin melakukan perjalanan liburan di akhir tahun. Haha…saya jadi ingat pengalaman liburan tengah tahun kemarin. Kami terpaksa memperpanjang liburan gara-gara tidak kebagian tiket pulang.

Akhir tahun juga rasanya bakalan demikian. Pasalnya banyak orang yang lebih tertarik melakukan liburan di akhir tahun, sehingga membuat kursi kereta api menjadi cepat penuh. Pada akhir tahun, Cirebon bakal dipenuhi oleh para wisatawan yang memenuhi berbagai tempat wisata populer di Cirebon. Salah satunya keraton kasepuhan yang merupakan tonggak sejarah dan juga ikon dari kota Cirebon. Keraton Kasepuhan juga menjadi keraton termegah. Paling terawat serta menyimpan banyak benda-benda pusaka dan juga lukisan kesultanan Cirebon.

Stasiun Cirebon Menampilkan Keindahan Bangunan Khas Eropa

stasiun cirebon
Bangunan Stasiun yang Sungguh Cantik

Stasiun Cirebon telah berdiri sejak tahun 1912 dan hingga saat ini masih memperlihatkan keindahan tampilan bangunan dengan arsitektur khas Eropa. Stasiun ini juga memiliki desain yang memadukan gaya art nouveay serta art deco yang hadir dengan ciri khas tembok berwarna putih dan dilengkapi jendela besar. Perlu diketahui, Stasiun Cirebon saat ini melayani perjalanan kereta api dengan berbagai kelas atau tipe, seperti kelas eksekutif, campuran, bisnis serta Ekonomi AC plus. Stasiun yang populer dengan sebutan Stasiun Kejaksan ini berada di lokasi yang terbilang sangat strategis karena berada di dekat Balai Kota Cirebon.

Daftar Rute dan Kereta Api yang Singgah atau Melewati Cirebon

Oh ya, di Traveloka kita juga bisa memperoleh informasi mengenai daftar kereta api dan rute yang singgah ataupun melewati kota Cirebon. Nah, beberapa kereta api yang singgah di Cirebon ialah seperti kereta api Jakatingkir, kereta api Kertajaya, kereta api Matarmaja serta kereta api Brantas. Sementara untuk rute kereta api yang melewati kota Cirebon ialah tiket kereta api Jakarta GMR – Cirebon (CN) serta Train Tickets Bandung (BD) – Cirebon (CN). Kalau dari Jawa Timur sih, ya Ranggajati itu.

Kalau ngobrolin informasi mengenai kereta api ke Cirebon, baik itu mengenai pengecekan tiket, pemesanan tiket, jadwal kereta api serta berbagai informasi penting lainnya, hati rasa ingin liburan besok. Wkwkwk…apa daya besok masih harus kerja…kerja…kerja! Tapi at least, dengan mengetahui berbagai informasi yang berkaitan dengan kereta api ke Cirebon maka dijamin tidak akan ketinggalan kereta api ataupun kehabisan tiket keretanya seperti saat liburan Juli kemarin. Teman-teman juga sudah siap liburan akhir tahun? Ada yang mau ke Cirebon? Kuy!?

Post Author: wyuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

32 Replies to “Cek dan Pesan Tiket Kereta ke Cirebon Hanya di Traveloka”

  1. Wuah pengin juga ke Cirebon dan cobain aneka kulinernya itu.
    Kalo dari Jember tinggal naik kereta Ranggajati ya mbak. Pesannya nanti pakai Traveloka, nggak bakal kuatir kehabisan tiket deh. Pesan jauh hari, gampang dan praktis.

  2. wah asyik ya jadi praktis pesen tiket kereta bisa lewat traveloka. aku waktu ke sukabumi naik kereta nungguin di depan loket ampe buka dan ikutan antri 😀
    waktu ke cirebon dari bogor dulu naik mobil. pankapan mau nyoba ke cirebon lagi naik kereta n pesen tiketnya di traveloka 🙂

    1. Traveloka emang juaraaa… segala kebutuhan traveller termasuk utk family tersedia yak.. Ke cirebon… udah lama sih gak main disana.. seringnya lewat2 aja.. Mau deh eksplor Cirebon kapan2

  3. Aku udah rencana mau ke Cirebon belum kejadian nih, pengen ke sana lagi sekitar bulan November,eeeh jadwal udah numpuk

    Hayuuuk kita ke Solo Wid, tanggal 8 mau gak? Bareng aja di sana, ada Musafir GH dan review hotel juga Insya Allah

  4. Aku gak pernah ke cirebon mbak, huhuhu. Lihat tulisan ini jadi pengen deh ke Cirebon. Tapi aku kalau liburan jarang ke pulau jawa seh yak, karena tiketnya mahal. Dari Pontianak lebih murah dan enak ke Malaysia aja. jadi serasa rumah kedua, haha

    1. Aku suka naik kereta api dan pernah naik kereta api ke cirebon. Itu lumayan cepet juga dan ngerasa lebih nyaman daripada naik mobil…

  5. Kalau liat desain arsitekturnya stasiun Cirebon jadi inget stasiun kota. Macam stasiun2 jaman old tapi dibersih. Maklum kan jajahan Belanda ya, jadi bangunannya ga jauh2 dr bangunan eropa.

  6. Aku juga termasuk fans garis keras kereta api, mba, karena saat masa kecil di Sumatera, transportasi ini adalah idolaku
    Hahaha, [garis keras], istilahnya bikin senyum dikulum.

    Makanya, kalau ke Jakarta atau Jawa, naik kereta api masuk dalam agenda destinasi.
    Maklumlah di Kalimantan belum ada kereta api

  7. Dulu waktu zaman mahasiswa, aku sering banget pulang pergi lewat Cirebon dari Jakarta ke Semarang atau Semarang Jakarta. Aku pun nyaman banget PP naik kereta,slow but sure. Pemandnagannya cantik banget. Belum pernah turun dan jalan jalan di Cirebon, mudah mudahan ada umur Napak ke sana

  8. Sudah pernah ke Cirebon dan pengin lagi. Ternyata kalau cuma weekend saja dari Jakarta, kurang euy..Mesti 3 hari gitu paling enggak. Biar puas kelilingnya. Dan paling gampang pesen kereta di Traveloka. Karena kalau pakai mobil, macet di sepanjang keluar Bekasi, warbiyasa

  9. Kangeen…uda lama gak ke Cirebon.
    Dulu, aku sempat tinggal di Kota Udang ini, kak..
    Tapi dulu mah….zaman aku SD, masih jadul pissaan.
    Sekarang uda banyak hotel dan mall-mall keren.

  10. Isin aku, tetanggaan sama Cirebon tapi belum pernah ke Cirebon, kikiki, palingan cuma numpang lewat aja. Sebenarnya, kalau dari Jakarta ada banyak pilihan keretanya. Jadi enggak terpaku haru A atau B. Tapi masih belum nemu destinasi jalan2 yang cucok buat krucilku. AKhirnya ya masih batal terus deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!