wsata menarik di jogja

5 Destinasi Seru bagi yang Pertama Kali ke Yogyakarta

Share


Akhir tahun kali ini mau ke Yogyakarta? Well, Yogyakarta merupakan kota dengan penuh pesona yang menjadikannya pilihan destinasi yang asyik. Mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner, Yogyakarta menawarkan banyak sekali alternatif tempat wisata yang akan membuat teman-teman betah berlama-lama di kota ini.


Jika baru pertama kali ke Yogyakarta, jangan lupa untuk menyiapkan tiket transportasi mulai dari sekarang, ya. Bingung ingin naik operator bus mana? Naik travel Joglosemar saja! Teman-teman bisa beli tiketnya secara online dengan mudah di Traveloka tanpa perlu keluar rumah.


Selain itu, di masa new normal ini, pemerintah Provinsi DIY menyiapkan sebuah aplikasi bernama Visiting Jogja yang berisi daftar tempat wisata di Yogyakarta yang sudah buka, kapasitasnya dan juga bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara online. Jadi teman-teman bisa atur itinerary perjalanan ke Yogyakarta dengan lebih mudah tanpa takut kehabisan kuota.

Nah bagi yang pertama kali ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi 5 destinasi wisata seru berikut ini ya!

Pantai Parangtritis


Sebagai salah satu ikon wisata Kota Yogyakarta, sayang sekali jika tidak mampir ke pantai yang hits ini. Pantai Parangtritis menawarkan pesona pantai khas selatan Jawa dengan ombak besar dan pemandangan yang menyejukkan mata.


Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Parangtritis begitu magis dan mampu memikat wisatawan maupun penduduk lokal untuk menikmatinya. Pengunjung juga bisa naik kuda menyusuri pantai ini dengan tarif mulai dari Rp50.000.


Ingin melihat Pantai Parangtritis dari sudut lain? Jangan khawatir, teman-teman bisa ke Bukit Parang Endog yang tidak jauh dari pantai ini. Di bukit ini juga menawarkan paralayang bagi yang suka aktivitas penuh adrenalin. Atau bisa sekadar duduk santai menikmati semilir angin laut dan pemandangan Parangtritis dari ketinggian.

Tebing Breksi

Tebing instagramable ini merupakan bekas area penambangan batu kapur dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Tebing Breksi jadi salah satu tempat wisata yang hits karena memiliki pemandangan yang unik yang asyik dijadikan latar berfoto.

Tebing Breksi, Sumber: Traveloka


Selain itu Tebing Breksi juga menawarkan paket jeep wisata dengan rute short, medium dan long trip ke berbagai lokasi indah di sekitar Tebing Breksi.


Di sisi utara tebing, terdapat Watu Tapak Camphill bagi yang ingin berkemah atau makan santai bersama keluarga dengan view yang menyejukkan mata; Gunung Merapi di kejauhan hingga city light kota Jogja di malam hari.

Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun cantik yang berada di Kulon Progo ini menawarkan keindahan air terjun dengan warna kebiruan yang bening dan segar. Air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Kapur Kelir yang ada di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo.


Selain airnya yang berwarna biru tosca, pemandangan di sekitar air terjun ini juga masih asri sehingga akan buat amu betah berlama-lama main air di dalamnya.

Kalibiru


Masih berada di wilayah Kulon Progo, teman-teman bisa main ke wisata Kalibiru yang menawarkan menara pandang dan spot foto di hutan pinus Kalibiru yang menawan. Ada banyak spot berfoto unik dengan pemandangan wow yang bisa ditemukan di sini.


Dari atas gardu pandang Kalibiru pengunjung bisa melihat Perbukitan Menoreh yang gagah dan hijau serta Waduk Sermo.

Pantai Greweng

Jika lebih suka pantai yang tidak terlalu ramai dan anti mainstream, Pantai Greweng yang ada di kawasan Gunungkidul ini bisa jadi pilihan menarik. Pantai ini memiliki ombak cukup tenang karena diapit dua bukit sehingga bisa dimanfaatkan untuk bermain air. Selain itu airnya juga jernih dan hamparan pasir putihnya begitu memikat. Selain itu, teman-teman juga bisa memancing dan berkemah di bibir pantai lho untuk mengejar sunrise. Keren!

Karena Yogyakarta punya banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, rencana bepergian ke kota ini dijamin bakalan asyikl deh. Ada banyak tempat yang bisa dieksplor baik di pusat kota hingga beach hopping di daerah Gunungkidul.


Pastikan juga teman-teman selalu melakukan protokol kesehatan untuk menjaga diri dari potensi penularan COVID-19 selama bepergian ya!

Share

21 thoughts on “5 Destinasi Seru bagi yang Pertama Kali ke Yogyakarta

  1. Noted, simpan dulu. Aturan minggu depan sekalian mudik ke Jogja dulu, tapi batal…huhuhu
    Saat pulkam long weekend kemarin, suami kena tegur. Kalau kali ini jadi mudik bisa kena SP nanti hihihi
    Zona tempat tinggal dan kantor masih merah..jadi ya gitu deh akhir tahun ini ada “larangan” keluar kota jadinya

    1. Diantara kelima itu baru parangtritis yang pernah di kunjungi, lainnya belum. Sepertinya bisa masuk referensi kalau nanti ke Jogja. Sabar dulu nunggu situasi dan kondisi mendukung.

  2. Ya ampuuun Jogjaaaaa
    ngga ada habisnya dah, kalo ngebahas kota satu ini
    aku bolak/i ke Jogja, juga ngga pernah puas wkwkwk
    pengiiin banget ke Gunung Kidul mbaa
    mau becek2 di pantai hihihi

  3. Duh…artikel ini bikin kangen jalan-jalan. Udah hampir habis tahun 2020, dan aku belum beranjak dari Bandung. Udah lama banget ini engga ke Yogya…
    Pengen kaan naik ke pohon kayak di foto ituh…

  4. Kangeeen Yogya, menahan rindu nih. Akhir tahun ini confirm gak ada acara liburan. Sama-sama zona merahnya.
    Semoga pandemi ini lekas berlalu dan bisa ke Yogya lagi.

  5. Astagaaa, saya udah berkali-kali ke Jogja, dan cuman pernah ke Parangtritis doang, hahaha.

    Bahkan bisa dikatakan, setiap kali kami ke Jogja, Parangtritis is a must, nggak tahu kenapa 😀

    Pengen ke tebing breksi deh 😀

  6. Aaah. Baca ini langsung terhura. Biasanya menjelang akhir tahun begini kumpul keluarga besar dari seluruh Indonesia di Jogja. Biasanya sekeluarga jalan-jalan ke tempat wisata teranyar, teryahud, terviral. Kali ini ndekem di rumah aja gegara coronce. Udah pernah ke Tebing Breksi. Pahatan di batu-batunya bagus banget. Datang ke sana pas siang, jadi panasnya ngentang-ngentang.

  7. Dari yang Mbak Wid sebutkan, saya baru pernah ke Parangtritis. Bagus memang tempatnya, tapi harus hati-hati karena ombaknya besar. Insya Allah kalau ada kesempatan lagi ke Jogja, pingin ke Kalibiru deh. Katanya pemandangannya indah banget.

  8. Jogja selalu bikin kangen, ada aja tempat-tempat yang menarik buat dikunjungi. Kalo dari listnya mbak, aku belum pernah nih ke Air Terjun Kedung Pedut sama Pantai Greweng, kapan-kapan kalo main ke Jogja lagi aku masukin list ah

  9. Kangen banget ke Yogya. Terakhir ke sana akhir Februari pas ngisi pelatihan. Eh beberapa minggu kemudian, Covid menyerang dan harus stay at home. Padahal pertengahan Maret sempat janjiin anak sulung buat jalan-jalan ke Yogya karena dia belum pernah ke kota tersebut.

    Jadilah karena pandemi belum berakhir, janji itu belum tertunaikan. Semoga pandemi segera berakhir biar janjiku ke anak sulung bisa segera kubayar. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!