Cara Hemat Untuk Makan Sehat

Share
(pic from pixabay)

(pic from pixabay)

Beberapa hari lalu heboh, soal Pak Menteri baru yang kabarnya mau bikin sekolahan full day. Saya sih enggak terlalu bereaksi, pasalnya, sebelum Pak Menteri bikin heboh, Kakak sama adek memang jam sekolahnya sudah termasuk panjang untuk ukuran kota kecil seperti Bondowoso yang kami tinggali.  Kakak baru keluar dari kelas pukul 14.10, jadi sampai rumah ya setengah tigaan sore. Jadwal baru ini berlaku terhitung sejak tahun ajaran baru ini.

So, rempongnya saya sudah berlalu, karena sudah beradaptasi. Terutama soal siapin makanan bekal untuk mereka. Si bujang yang doyan makan ini kan harus di”persenjatai” dengan bekal yang cukup supaya perutnya anteng selama jam sekolah. Ada sih katering di sekolah mereka, tapi keduanya termasuk anak yang gampang bosan. Kalau udah bosan, lauk atau sayur dikasih ke temannya, lama-lama anak saya bisa kurang gizi kan? Akhirnya Bunda harus turun tangan.
Untuk ibu bekerja seperti saya, memang urusan menyiapkan makanan sehat bagi keluarga, menjadi tantangan tersendiri. Standar tertentu akan “makanan sehat”, serta sempitnya waktu dan terbatasnya energi menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam hal ini. Apalagi kami juga menerapkan food combining, ada rumus-rumus tertentu dalam memilih makanan yang kami ikuti.
Untuk kami yang tinggal di daerah, jauh dari kota, emang urusan menyiapkan makan yang sehat untuk keluarga, agak sedikit pilihannya. Ada sih warung, depot atau resto. Tapi pilihan tidak begitu banyak. Tapi bagi teman-teman yang tinggal di kota-kota besar, sebenarnya pilihannya lebih banyak lagi. Mau saya bagi? Oke inilah cara mudah menyiapkan makanan sehat untuk ibu bekerja, tanpa rempong tanpa buang waktu banyak-banyak.
1. Sederhanakan
Set ulang persepsi “enak” dalam otak Anda. Jika Teman-teman memasak sendiri, dan tidak punya banyak waktu, lidah harus terkondisi siap menerima sajian yang bersahaja, tidak terlalu banyak macam, dan dimasak dengan ringkas. Jadikan “sehat” saja sebagai standarnya. Jadi mudah. Menyiapkan buah potong misalnya, hanya perlu beberapa menit. Atau membuat salad, 5 menit juga udah jadi. Jadi tidak perlu memaksa masakan-masakan yang ribet dibuatnya. Apalagi harus ada lauk tujuh rupa. Eaaaaa…. sajen kalik?
2. Mudahkan
Nah, ini juga bagi Anda yang masih ada waktu memasak sendiri, dan memandang memasak sendiri sangat penting, mungkin dari sisi psikologis. Saya sendiri termasuk mengamini pendapat yang mengatakan memasak sendiri akan menguatkan bonding dalam keluarga.
Ada banyak hal yang membuat acara memasak jadi mudah. Misalnya:
menyiapkan makanan sehat
• Miliki pisau beraneka bentuk dan ukuran, selalu kondisikan tajam. Dengan cara ini urusan potong memotong jadi mudah
• Pakai peeler yang tajam dan enak digenggam, urusan kupas-mengupas menjadi cepat dan mudah
• Pakai slicer untuk buah/sayur. Sekarang kan banyak slicer yang sekali tekan, semua buah atau sayur sudah terpotong rapi sesuai kebutuhan
• Pakai blender atau food processor untuk urusan menghaluskan bumbu atau lainnya.
• Sediakan bumbu dasar, simpan di lemari es. Jadi kalau mau masal tinggal cemplung-cemplung, sreng…sreng…jadi!
3. Delegasikan
Anda nggak suka masak, atau benar-benar tidak ada waktu untuk memasak? Tetap bisa mengkondisikan keluarga mendapat asupan terbaik. caranya, delegasikan! Serahkan urusan menyediakan makanan sehat bagi Anda dan keluarga, pada ahlinya. Kalau di kampung, pilihan saya adalah ART. Thanks God kami punya ART yang tidak terlalu payah untuk urusan masak. Setidaknya, untuk makan siang, Mbak yang masakkan. Bagaimana untuk teman-teman yang tinggal di kota? Wah….pilihannya lebih banyak lagi. Langganan catering misalnya, simpel kan? Atau bisa juga memanfaatkan layanan food delivery.
Mungkin pertanyaannya kemudian, emangnya bisa pesen menu yang food combining friendly? Gitu ya teman-teman? Eh… jangan salah. Food combining itu kan luwes sih, jadi kita tinggal menyesuaikan apa yang ada atau apa yang ditawarkan dari layanan tersebut, dengan juklak FC.
Yuk coba kita lihat hasil investigasi saya terhadap dua layanan ini.
Berrykitchen
Berrykitchen ini adalah jasa online catering, bento, maupun snacks dengan menu catering harian yang bervariasi bisa untuk karyawan perkantoran atau rumahan untuk di daerah Jakarta.
2
3
Salah saya, kenapa buka-buka web berrykitchen pas jam maksi. Duhh… perut kukuruyukkk lihat tampilan makanan yang begitu mouthwatering. Dan asyiknya, saya temukan di sini menunya cukup FC friendly. Ada buah-buahan potong dalam aneka variasi kombinasi buah, jus, smoothie. Di sini juga kita bisa cek komposisi bahan yang ada dalam paket tersebut beserta beratnya. Coba saya cek, untuk paket buah yang large itu ternyata lebih dari 700 gram lo! Jumlah yang cukup banyak untuk bisa saya makan 2 round.
5
Untuk makan siang atau malam, kalau mau menu berbasis karbo, bisa pilih menu vegetariannya, tambahkan dengan menu sayur, Pokcoy Cah jamur misalnya. Hmmm…. cleguks… Dan setelah saya kepoin, ternyata harganya ramah juga! Enggak nyangka semurah ini. Oiya, enaknya lagi, ada pilihan besar porsinya. Ada small ada large, jadi kalau yang tipe-tipe makan porsi kecil seperti saya, ya bisa pesen yang pas porsinya sehingga enggak terbuang.
4
Selain pilihan makanan ready to eat dan catering, di Berrykitchen juga bisa pesan paket ready to cook ya. Ada kan ya tipe orang yang walau capai tetap ingin masak sendiri. Nah, order paket ready to cook ini membantu banget. Karena sudah disediakan bahan termasuk bumbunya, tinggal langsung dimasak saja. Jadi, tetap bisa masak makanan sehat dan enak, tanpa waktu belanja dan preparasi yang lama.
Foodpanda
Mungkin sudah banyak teman-teman yang tahu layanan foodpanda ini. Cuma mungkin teman-teman yang menganut food combining juga bertanya-tanya, FC friendly enggak sih? Banyak kok pilihannya, dan teman-teman tetap bisa memilih yang sesuai dengan juklak FC. Seperti ini misalnya.
7
6
Kalau mau lebih ideal ya tinggal ditambahkan sepiring raw veggies. Kan tinggal cuci-kupas tomat, ketimun atau selada. Jadi deh menu ideal-tanpa rempong.
Solusi Makan Hemat!
Kemudian yang jadi pertanyaan adalah, makanan kan urusan rutin sehari-hari, apa enggak boros kalau pesen mulu? Ah… ini pertanyaan emak-emak banget. Saya juga! Ha..ha… jadi ibu-ibu emang harus smart ya mengatur anggaran keluarga.
Nah, sudah tahu ShopBack?  Suka cashback kan ya? Kalau saya suka banget! Nah, ShopBack.co.id adalah situs dimana kita bisa mencari dan mendapatkan penawaran dan diskon menarik dari sekitar 300 toko, plusss …. Cashback! Cashback alias pendapatan uang kembali ini akan kita dapatkan ketika  belanja online lewat ShopBack.
Besarnya cashback bervariasi. Misal kalau kita belanja di Berrykitchen, cashbacknya itu sampai 15 persen. Wihhh… banyak lo itu. Apalagi kalau ini pengeluaran rutin ya.
shopback
Bagaimana caranya? Pertama, masuk ke web shopback dulu tentu saja! Lalu kalau belum registrasi, registrasi dulu ya. Nah, untuk yang baru pertama mendaftar akan mendapat Rp.20.000.
Shopback 2
Setelah itu, klik katagori (kiri atas) lalu pilih makanan-minuman, pilih lagi kurir makanan. Nah…. tinggal pilih deh mau pesan di mana. Dari sini teman-teman sudah bisa lihat besaran cashbacknya dan akan diarahkan ke web penyedia yang teman-teman pilih.
shopback
Nah, sudah siap pilih makanan yang teman-teman inginkan. Lalu cashbacknya akan siap dalam 48 jam, yang bisa diklaim dan nantinya akan langsung masuk rekening teman-teman. Selain beli makanan, teman-teman juga bisa dapat Cashback untuk pembelian gadget, smartphone, tiket pesawat, pesan hotel, kosmetik, perlengkapan bayi, bahkan pulsa lho! Oh ya, sebagai tambahan info juga, aplikasi ShopBack kini juga telah hadir di Google Play Store dan iOS App Store, dan untuk pengguna app nya akan mendapatkan promo eksklusif.
Nah, bagaimana? Bisa membantu untuk lebih hemat kan? Jadi begitulah teman-teman, kalau memang berniat untuk makan sehat, pasti ada aja jalannya ya. Mau cara hemat juga bisa.
Belanja Hemat? ShopBack-in Aja!

31 comments

  1. Ranny says:

    Saya mau oot mbak hehehe baru tauu kalo alat kupas itu namanya peeler *hastajaaaah >.< padahal saya punya sampai dua hihhihh

    Asik banget pake ini ya, dapet diskon dan diskon adalah sahabat sejati emak #eaaa

    Jadi penasaran, apa foodpanda sudah ada di Solo..

  2. Zia Subhan says:

    FC ini emang paling gampang dan praktis sebenernya, ga perlu persiapan bumbu-bumbu pekat dsb. hehehehe raw v8 ato makanan di-steam dan ga ribet ngasih bumbu. Etdahhh… bener deh aku aja emak rumahan pasti mikirin cara mudah menyajikan makanan. Jadi ide ini bukan cuma berguna buat working mom tapi buat irt yang full di rumah kayak aku. hehehehe

    Makasih mba Wid… :*

  3. ducky says:

    wah saya biasanya pake shopback hanya untuk shopping baju baju aja. baru tau kalo sekarang shopback juga bisa untuk catering hehehe. sayang belum ada servicenya di kotaku, jadi masih harus masak nih, but thanks for the info yaaaa

Leave a Reply