laptop gaming terbaru 2022

ASUS Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Berprosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile, Sttt… Ada yang Cocok untuk Konten Kreator Lho!

Share

Lama juga saya absen dari event-event ASUS, perubahan ritme pekerjaan bikin saya susah berkutik. Namun senang banget akhirnya jumat lalu berkesempatan curi-curi waktu buat ikutan online gatheringnya ASUS ROG. Kali ini khusus untuk sedikit ngasi bocoran, seperti apa sih jajaran laptop gaming terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile keluaran ASUS?

Beberapa laptop gaming ASUS ROG terbaru ini menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile. Kali ini dihadirkan lengkap untuk semua jenis gamer, ssstt… bahkan kabarnya ada yang cocok banget untuk para content creator.

Ada TUF Gaming A15 untuk gamer pada umumnya, hadir pula seri ROG Strix G untuk pemain profesional di dunia esports, hingga seri ROG Zephyrus untuk para gamer sekaligus content creator.

Menurut Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, ASUS tak sekadar merilis laptop berprosesor AMD terbaru, tetapi juga menghadirkan peningkatan dari sisi hardware, desain, sampai ke software di seluruh lini laptop gaming tahun ini. Pendek kata, ASUS bisa dibilang kembali menghadirkan jajaran laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen™ paling lengkap di Indonesia. Inilah komitmen ASUS dalam menghadirkan laptop gaming terbaik untuk semua gamer Indonesia.

Dikatakan oleh Dustin Beadle, Pimpinan Konsumen AMD APAC bahwa AMD sangat antusias untuk meluncurkan produk terbaru bersama ASUS melalui jajaran laptop gaming ASUS ROG dan TUF Gaming terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™️ 6000 Series Mobile. Menurutnya, AMD mendorong komputasi berkinerja tinggi dan memberikan pengalaman teknologi yang ditingkatkan kepada para gamer dan kreator.

Prosesor AMD Ryzen™️ 6000 Series Mobile ini menggabungkan arsitektur inti “Zen 3+” terbaru dengan grafis AMD RDNA™️ 2 yang dibangun di atas teknologi proses 6nm terdepan di industri. GPU diskrit AMD Radeon 6000S series terbaru juga hadir di ASUS ROG Zephyrus G14 2022, yang menawarkan fitur-fitur AMD Advantage. Laptop gaming premium ASUS terbaru dengan prosesor AMD Ryzen™️ 6000 Series Mobile diklaim menawarkan kinerja gaming dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Lalu apa saja laptop gaming terbaru dengan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile yang telah diperkenalkan ASUS?

ASUS TUF Gaming A15 – Laptop gaming mainstream ini banyak diminati oleh gamer di Indonesia karena menawarkan price to performance terbaik di kelasnya.

ROG Strix G15 dan G17 – laptop gaming ini dirancang khusus untuk pemain profesional di dunia esports. Laptop ini hadir dengan layar sangat responsif dan memiliki refresh rate tinggi cocok untuk memenuhi kebutuhan para pecinta game.

ROG Zephyrus G15 – Laptop gaming 15-inci dengan bodi yang sangat portabel tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan gamer yang sehari-hari juga berprofesi sebagai content creator. Meski memiliki desain yang portabel, ROG Zephyrus G15 tetap memiliki performa yang powerful serta dibekali dengan layar yang mampu memberikan pengalaman gaming dan content creation sangat baik.

ROG Zephyrus Duo 16 – Seri laptop gaming layar ganda terbaik juga kembali hadir dengan desain dan fitur yang lebih baik. Ini merupakan laptop gaming 16-inci pertama di dunia yang memiliki dua layar. Seri ini kembali hadir didedikasikan buat para gamer sekaligus content creator. Lebih khusus lagi para game streamer yang amat membutuhkan ruang kerja lebih luas dengan layar kedua.

ROG Zephyrus G14 – Inilah salah satu laptop gaming paling disukai sejak pertama kali dihadirkan tahun 2020 silam. Kini kembali tampil dengan desain yang khas, dilengkapi AniMe Matrix™ Display. ROG Zephyrus G14 saat ini mengusung layar dengan rasio 16:10, lebih ideal untuk beragam aktivitas. Juga menggunakan GPU AMD Radeon™ generasi terbaru yang dilengkapi sistem pendingin khusus menggunakan Vapor Chamber untuk performa maksimal.

Laptop Gaming Berprosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile

Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile ini adalah prosesor generasi terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ . Tak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya lebih baik. Ini membuat laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile memiliki performance-per-watt yang lebih baik. Hal ini berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

Keunggulan lain AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga terletak pada chip grafis yang terintegrasi. AMD kini menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur RDNA2, lebih powerful dan efisien. Chip grafis terbaru tersebut memungkinkan pengguna laptop gaming ASUS terbaru untuk tetap dapat mengakses performa grafis yang jempolan tanpa menguras daya baterai berlebih.

AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile adalah prosesor modern yang telah dilengkapi fitur serta teknologi modern, diantaranya: Dukungan PCIe 4.0 (akan hadir juga di seluruh jajaran laptop gaming ASUS ROG terbaru di tahun 2022; mendukung penggunaan port USB 4.0 (generasi terbaru dari port USB tersebut menjanjikan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi hingga 40Gbps).

Laptop Gaming ASUS Konektivitas Terbaik

Seluruh laptop gaming ASUS terbaru yang menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga dibekali fitur konektivitas yang sangat lengkap. Ada Port USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.1, hingga 3.5mm combo audio jack. Oh ya, Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS paling anyar ini juga sudah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C bahkan dengan power bank.

Tidak hanya kelengkapan port, laptop gaming ASUS ROG terbaru ini juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terkini. Berbeda dengan pendahulunya, WiFi 6, teknologi WiFi 6E ini hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Dengan frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu memberikan konektivitas berkecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.

Standar Baru Layar Laptop Gaming Terbaik: Display ROG Nebula HDR™

ROG Zephyrus Duo 16 diklaim sebagai laptop pertama di dunia yang hadir dengan layar ROG Nebula HDR™, sebuah standar baru untuk layar laptop gaming. ROG Nebula HDR™ dibangun memenuhi kebutuhan dasar gaming: kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 1100 nits, dengan fitur adaptive sync, response time 3ms. Layar ROG Nebula HDR™ pun telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, juga mendukung teknologi dari Dolby Vision®.

Berbeda dengan screen laptop gaming umumnya, ROG Nebula HDR™ menggunakan panel mini LED dengan 512 dimming zone. Laptop yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 sudah dapat mendukung dan menampilkan konten HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR™ 1000 (polling rate hingga 5400Hz atau sepuluh kali lebih kencang dari layar laptop lainnya).

Laptop Gaming yang Dilengkapi MUX Switch

Semua laptop gaming ASUS ROG pendatang baru ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bikin pengalaman gaming makin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Chip khusus ini dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan pada layar. Dengan MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis dapat dialihkan langsung ke screen laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch berguna saat laptop gaming bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karenanya data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis. Dengan demikian dalam game dapat ditampilkan lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan MUX Switch bisa mencapai 10-30%.

TUF Gaming A15, Laptop Gaming yang Kini Lebih Kencang dan Powerful

tuf gaming A 15

Laptop gaming entry-level paling populer di Indonesia ini kembali hadir dengan berbagai perubahan dan penambahan fitur baru. AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile yang merupakan prosesornya, membuat laptop lebih powerful, sekaligus lebih efisien dalam konsumsi daya.

TUF Gaming A15 kali ini ditenagai oleh  generasi terbaru serta chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru, memberikan kombinasi hardware yang sangat powerful untuk bermain game. Seri TUF Gaming A15 terbaru ini juga telah dilengkapi dengan MUX Switch yang berfungsi untuk meningkatkan performa gaming. Performa gaming TUF Gaming A15 dapat meningkat hingga 10% di sebagian besar game modern ada saat ini.

Pendinginan menjadi perhatian penting pada TUF Gaming A15 ini. Keduanya telah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow yang memiliki 84 bilah kipas. Setiap bilah memiliki ketebalan hanya 0,1 mm di bagian ujung. Desain ini diklaim dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang. Karenanya, sistem pendinginan TUF Gaming A15 terbaru dapat tampil lebih senyap, di sisi lain mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk pengalaman gaming yang lebih baik, ASUS memberikan opsi layar Full HD 144Hz di seri TUF Gaming terbaru kali ini. Selain itu, seri laptop gaming ini juga tampil dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime serta tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801H).

Baca Juga:

Kerja dan Ngegame Ngebut dengan ASUS TUF A15-FX506

ROG Strix G15 dan G17, Powerful Gamer eSports dan Enthusiast

laptop ROG prosesor AMD
ROG Strix G15 dan G17 sebagai laptop Gamer eSports dan Enthusiast

Beberapa hal ini menjadikan ROG Strix G15 dan G17 pantas dijadikan laptop gamer pilihan. Pertama, bertenaga dengandukungan kartu grafis terbaru, Empat komponen penting dari laptop gaming dimiliki oleh ROG Strix G15 dan G17 yaitu prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile dengan kinerja yang lebih efisien dan hemat daya, chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ generasi terbaru, RAM DDR5 4800MHz dan media penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Selanjutnya, prosesor tersebut memiliki fitur eksklusif yang bisa meningkatkan performanya. Melalui aplikasi Armoury Crate, gamer bisa mengaktifkan AMD Smart Access Memory, AMD Radeon™ Image Sharpening, AMD Radeon™ Boost, AMD Radeon™ Anti-Lag, Radeon™ Chill, dan AMD SmartShift.
Satu hal yang perlu diperhatikan dari laptop gaming adalah efektifitas dari kerja sistem pendingin. Pasalnya, bermain game membutuhkan kerja GPU pada puncak tertinggi putaran mesinnya. GPU ROG Zephyrus G14 dibekali Vapor Chamber khusus dan Liquid Metal Thermal Compound.

Selain itu adalah Teknologi Layar. Layar ROG Strix G15 dan G17: Full HD Berteknologi Dolby Vision HDR™
Layar sebagai media visualisasi gaming menjadi faktor sangat penting yang tidak boleh diabaikan. ROG Strix G15 dan G17 dibekali dengan layar berasio 16:9 Full HD 360Hz dan berteknologi Dolby Vision HDR™. Layarnya juga dilengkapi teknologi Adaptive Sync sehingga bisa menghindari efek screen tearing dan stuttering.

Layar laptop gaming ini bersertifikasi PANTONE® Validated Display, beresolusi QHD (2K) dan color gamut 100% DCI-P3. Kemampuan refresh ratenya mencapai 165Hz dengan response time 3ms. Jadi, layar laptop ini selain nyaan untuk gaming juga layak digunakan oleh content creator.

Baca juga:

Menjadi Ultimate Winner dengan ROG Phone III

ROG Zephyrus G15, Tetap Portabel dan Lebih Powerful

ROG laptop
ROG Zephyrus G15, Tetap Portabel dan Lebih Powerful

Laptop gaming ROG Zephyrus Duo 16 dibekali dengan dua layar sehingga mampu memberikan pengalaman gaming terbaik. Meskipun, kehadiran dua layar memberikan konsekuensi ruang kerja lebih luas, game streamer dan content creator bisa beraktifitas lebih optimal.


Layar berdimensi 16-inci (16:10) berteknologi ROG Nebula HDR™ dan bersertifikat VESA DisplayHDR™ 1000, juga bersertifikat PANTONE® Validated Display. Kualitasnya bisa diperkirakan yakni warna yang ditampilkan kaya, akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 dan tingkat kecerahan mencapai 1100 nits.

ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming Pertama di Dunia dengan Layar ROG Nebula HDR™

ROG Zephyrus
ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming Pertama di Dunia dengan Layar ROG Nebula HDR™

Layar ROG Zephyrus G14 berdimensi 14-inci dengan rasio 16:10 dan memiliki bezel sangat tipis. Screen-to-body ratio laptop gaming ini mencapai 91% sehingga memberikan space yang luas meskipun dimensinya hanya 14-inci.


Dibalik layarnya terdapat AniMe Matrix™ Display dengan jumlah LED mencapai 1449. Teknologi layar ini menghasilkan gambar dan animasi yang lebih detail dibandingkan generasi sebelumnya.

ROG Zephyrus G14, Lebih Bertenaga dan Tetap Portabel

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14, Lebih Bertenaga dan Tetap Portabel

Laptop ROG Zephyrus G15 ternyata banyak digandrungi gamer sejak diluncurkan pada 2020. Poin lebih dari laptop gaming ini adalah keringkasan dan portabilitasnya, bahkan disebut sebagai laptop gaming ultra-portable. Keberadaan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile menjadi nilai lebih untuk mendukung portabilitas tersebut.


Hal lain adalah dukungan baterai 90Whr berkapasitas besar, WiFi 6E, dan USB power delivery yang menggunakan adapter USB Type-C.

Jadi bagaimana? Ada salah satu yang teman-teman suka dan bidik sebagai teman nge-game maupun berkarya? Kabari saya ya.

Share

13 thoughts on “ASUS Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Berprosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile, Sttt… Ada yang Cocok untuk Konten Kreator Lho!

  1. Setelah baca review-nya kok aku jadi nyesel ya, abisnya jadi mupeng. Hahahaha

    Bagusss banget desainnya, cocok banget buat jadiin hadiah ultah pasangan atau anak lanang.

  2. wah, kalo bicara laptop asus selalu bikin mupeng sih. saya sedniri pengguna laptop asus sudah bertahun-tahun awet. dan masih mupeng beli laptop baru apalagi untuk ngeblog dan membuat konten butuh yang tahan banting banget.

  3. Saya termasuk generasi X mbak, jadi mohon maklum jika lemot utk paham. Aku salut untuk mbak Wid yang paham banget ginian. Biasanya urusan laptop pasrah ke yang jual mau ini itu, buat ini itu trus direkom deh specnya hehehe…

    1. wow ringkas dan portable tampaknya ini dicari oleh banyak kalangan tak hanya gamer heheh tapi salut deh ASUS ini selalu maksimal kalo memberikan penawaran menarik yang spesifik untuk penggunanya. termasuk untuk para gamers ini. apalagi saat ini e sport sudah mulai digandrungi ya oleh kalangan anak muda kebanyakan.

  4. Dari dulu saya sebenarnya demen dengan laptop ASUS, Mbak. Kalau untuk saya mungkin lebih untuk menulis, lebih ke konten ya . Tapi pas lihat harga yang diincar sepertinya harus nabung dulu. Semoga suatu saat kebeli. Aamiin.

  5. Wah ternyata laptop-laptop Asus terbaru sudah support USB Type C semua ya. Penting nih untuk segala macam konektivitas seperti display, power, data transfer. Jadi tertarik untuk ganti laptop anakku hehe..

  6. Wah, semakin keren saja Mbak laptopnya, makin seru main game-nya. Sebutannya aja laptop gamer ultra portable. Kayanya udah makin ringan aja nih ya.

    Jadi teringat sama laptopku yang rusak. Masih di kang servis.Hiks

  7. Informasi produknya lengkap banget dan kebetulan suami lagi cari-cari laptop baru jd ku kirim link artikel mbak wid ke suami

  8. Keren banget informasi produknya
    Kebetulan suami lagi cari-cari info laptop buat ganti baru
    Langsung ku kirim link artikelnya ke suami buat referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!