mencegah kanker dengan hidup sehat

Cara Cerdas Cegah Kanker: Sehat Tubuh, Sehat Finansial Bersama Asuransi Kanker Online FWD Cancer Protection

Share

Dalam beberapa tahun terakhir, saya kehilangan sejumlah teman dan kerabat dekat, setelah perjuangan panjang mereka masing-masing untuk sembuh dari kanker. Menik pergi lebih dulu akibat kanker paru, lalu disusul Surya-teman SMA-yang pergi setelah kanker tulang. Beberapa teman blogger juga berpulang akibat kanker dalam hitungan 3 tahunan terakhir. Dan yang amat menyisakan sedih, adalah kepergian Mbak Heni, sepupu saya setelah berjuang sembuh dari kanker payudara.

Jika dilihat dari angka statistik, prevalensi kanker di Indonesia memang terhitung naik. Pada RISKESDAS 2018 tercatat prevalensi kanker di Indonesia 1,79 per 1000 penduduk. Sebelumnya di Riskesdas 2013 sebanyak 1,4 per 1000 penduduk.

Melihat angka yang naik, rasanya amat pantas menjadikan kita punya kesadaran lebih baik lagi tentang penyakit yang satu ini. Kalau umur memang urusan Ilahi, namun patut kita melakukan pencegahan.

Mencegah dan Menangani dimulai dengan Mengenal Kanker Lebih Baik

Sedih banget ketika seorang kerabat mendapatkan kanker dan ada kerabat lain mati-matian menghindar hanya ketidaktahuan tentang penyakit ini. Ya, dikiranya akan menular. Sedih juga ketika tahu banyak pejuang kanker yang tergiur pengobatan alternatif ini-itu yang bahkan belum terbukti keamanan dan efektivitasnya. Hello…. Zaman udah segini canggih ya Buk. Duh…duh…

Sebenarnya kanker itu apa sih?

Kanker sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika sel-sel abnormal membelah tak terkendali dan menyerang  jaringan lain. Sel kanker ini bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe.

Ada banyak jenis kanker, biasanya disebut berdasarkan organ di mana sel kanker itu muncul. Misalnya jika dimulai dai usus besar, maka disebutlah sebagai kanker usus besar.

mengenal kanker
Beberapa Jenis Kanker

Carcinoma adalah kaker yang bermula di kulit, atau jaringan dinding organ. Sedangkan sarcoma adalah adalah kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau pun lainnya atau juga mendukung jaringan penghubung. Leukemia atau orang sering bilang kanker darah, dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang lalu menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi. Lymphoma dan myeloma adalah kanker yang dimulai di sel-sel pada sistem kekebalan tubuh. Ada lagi, central nervous system cancers yakni kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Cegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat

Salah satu mitos yang banyak beredar adalah, bahwa kanker nyaris tak bisa disembuhkan, pun susah dihindari. bagai monster yang hadir sewaktu-waktu tanpa pakai ketuk pintu dulu. Sedih ya, ini bikin seseorang yang didiagnosa jadi hilang harapan. Faktanya, banyak ahli kok yang sudah bicara soal pencegahan kanker.

Bahkan faktor genetik pun yang ditakuti sebagai salah satu faktor yang memperbesar risiko kanker, sebenarnya hanya berperan 5-10 persen saja. Untuk penyembuhan, di sekeliling saya, banyak juga teman-teman penyintas kanker yang justru memperoleh kualitas hidup lebih baik pasca menjalani pengobatan. Gak sedikit dari mereka yang kemudian menjadi berani speak up dan menjadi influencer dalam bidang healthy lifestyle serta cancer prevention and treatment.

Salah satunya adalah teman saya Mbak Arie Primadewi. Sembuh dari kanker, beliau kemudian menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku bertajuk Think Pink yang sangat inspiring. Salah satu penyintas yang juga inspiring adalah Mbak Pipit Djatma, beliau juga pernah sharing pengalamannya seputar sembuh dari kanker dalam sebuah event bersama FWD yang yang saya ikuti beberapa waktu lalu.

bugar dan sehat untuk cegah kanker
FWD melakukan edukasi bagaimana melakukan upaya bugar dan sehat untuk pencegahan kanker, bersama dokter Samuel Oetoro dan Mbak Pipit Djatma, seorang penyintas kanker.

Cara Mencegah Kanker dengan Tubuh Sehat dan Bugar by dokter Samuel

Banyak kabar baik tentang kanker, walau selama ini kalau bicara kanker orang sering menyebut ngeri-ngerinya. Soal upaya pencegahan dengan gaya hidup sehat, banyak para ahli sudah menulisnya kok.

Kalau membaca buku-buku Hiromi Shinya, Hwang Sung Joo, demikian juga dengan para ahli dari Indonesia baik itu dokter maupun ahli gizi, benang merahnya sama: Kanker Bisa Dicegah dengan Gaya Hidup Sehat.

Nah, lain lagi nih kalau kata dokter Samuel Oetoro, beliau menambahkan harus BUGAR juga, karena sehat saja belum cukup. Dokter Sam punya formula tentang bagaimana menjadi sehat dan bugar, begini.

pola hidup sehat
Pola Hidup Sehat Bugar untuk Cegah Kanker

Sehat dalam hal pola makan saja belum cukup untuk mencegah kanker. kata dokter Sam, juga harus sehat pula aspek istirahatnya, aktivitasnya, lingkungan juga cara berpikirnya. Setuju banget deh, sama dokter Sam.

Lalu soal makanan juga, mau sehat dan bugar enggak cukup hanya main “pantang pantangan”. Pola makan sehatnya kudu menyeluruh. Misalnya sehat dari sisi pemilihan jenisnya, porsinya, timingnya. Juga jangan lupa untuk mengetahui cara pengolahan terbaik. Selain itu, juga tetap dihindari kehadiran aditif dalam makanan kita. Tuh…

Lengkapnya soal panduan Pola Makan Sehat untuk Cegah dan Atasi Kanker, saya udah pernah menulis juga di blog ini. Ini hasil interview dengan salah satu guru nutrisi saya yakni Mbak Eti Widayati. Senada juga dengan tips dari dokter Samuel kok. Baca di sini ya:

Pola Makan yang Baik untuk Mencegah Kanker

Selain dengan pola makan yang sehat, aktivitas juga harus sehat. Wah ini masih PR buat saya yang terkadang terkena virus mager. Alias males gerak! Olah raga juga perlu lo, dan meski demikian kata dokter Sam tetap harus terukur dan pilih-pilih jenisnya. Yoga termasuk salah satu olah raga yang banyak disarankan. Bahkan setahu saya, untuk rehabilitasi pasca operasi yang terkait dengan cancer, yoga juga amat membantu. Ini saya baca dalam buku teman saya, Mbak Arie Primadewi.

olah raga untuk bugar dan cegah kanker
Tidak hanya cukup sehat, mencegah kanker tubuh juga harus bugar. Nah, olah raga salah satu kuncinya

Selain sehat makan dan sehat aktivitas, tentu, sesuai pesan dokter Sam, sehat-sehat yang lainnya juga harus diupayakan ya teman. Selain itu, deteksi dini juga diperlukan. Lebih-lebih pada orang yang memiliki garis keturunan yang pernah terdiagnosa kanker. Selain itu juga pada orang-orang yang memiliki faktor risiko lebih tinggi untuk terkena. Karena pengobatan lebih dini terkait dengan keberhasilan penyembuhan.

Cegah dan Atasi Kanker dengan Sehat Finansial

Nah, sekarang kita ngobrol tentang pencegahan kanker dari sisi yang berbeda, yakni finansial. Jika membicarakan risiko, kita juga bisa mempersiapkan antisipasi. Namanya hidup tak lepas dari kejadian tak terduga ya teman-teman. Dan antisipasinya adalah dengan sehat secara finansial, satunya adalah mempersiapkan proteksi.

Nah, ngomongin soal proteksi, ada enggak sebuah produk asuransi kesehatan yang ditujukan untuk memberi perlindungan terhadap risiko penyakit kanker?

Ternyata ada dong ya. Teman-teman yang sering membaca blog ini pasti juga udah tahu ya. karena saya pernah menuliskannya jugaa saat awal produk ini dilaunching. FWD Cancer Protection ini adalah sebuah produk perlindungan yang bertujuan memberi proteksi terhadap risiko keuangan akibat kanker.

Jadi kira-kira apa sih kelebihan Asuransi Kanker Online ini, sampai-sampai diberi sematan label “Asuransi Mudah Beneran”?

kelebihan asuransi kanker FWD
Mengapa Pilih Asuransi Kanker Online FWD?

Jadi Asuransi Kanker Online, FWD Cancer Protection ini, sesuai dengan namanya ya teman-teman, ya asuransi online. Jadi kita tidak perlu datang ke officenya jika berniat melakukan pembelian atau pun klaim. Itu salah satu sebab kenapa produk ini disebut sebagai Asuransi Mudah Beneran,

kemudahan membeli asuransi kanker online

Teman-teman bisa langsung aja ke websitenya FWD Insurance deh. Beneran nanti teman-teman tinggal klak klik aja di sana. Klaim juga dilakukan secara online yang mudah dengan satu aplikasi FWD MAX. Ini praktis, apalagi dalam masa pandemi begini ya, saat kita lebih dianjurkan beraktivitas dari rumah, jika tidak mendesak.

Asuransi ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker. Ini juga termasuk kanker stadium awal. Preminya juga terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan.

Wah, ada SurPRIZE dari FWD Cancer Protection!!

Informasi tambahannya bikin bahagia nih! Kalau ada teman-teman yang mau melakukan pembelian asuransi FWD Cancer Protection, buruan aja baiknya. Karena sekarang sedang ada promo berhadiah yakni SurPRIZES! Simak infonya di bawah ini.

penawaran menarik dari asuransi kanker fwd
Ada Hadiah Menarik lo, dari FWD Cancer Protection

Nahhhh. Sudah lengkap ya bahasannya tentang pencegahan kanker. Next, mau request tulisan apa lagi soal kanker? Komen deh. Oh ya, buat teman-teman yang udah membeli proteksi untuk kanker dari FWD insurance, boleh dong share pengalamannya di kolom komentar. Saya tunggu lo.

Tetap sehat dan semangat, semua. Salam hangat.

Share

24 thoughts on “Cara Cerdas Cegah Kanker: Sehat Tubuh, Sehat Finansial Bersama Asuransi Kanker Online FWD Cancer Protection

  1. Mamahku juga termasuk penyintas kanker (getah bening). Pengelompokan soal kanker malah aku barut au baca postingan ini lho, Mak. Diiiih kemana aja ya hahaha…
    Bener nih pola makan hidup emang penting. Di masa-masa penyembuhan mamahku bertaun-tahun jadi seorang vegan. Perlu waktu lama buat bisa makan makanan yang mengandung hewani itu pun membatasi diri. Malah di usianya sekarang menjelang kepala 7 nyaris ga ada pantangan, tapi jadi jalanin JSR. Suprisenya FWD kece nih, apaalgi kalau dapet sepeda Brompton, biar rajin olahraga hehehe

    1. PR banget ini buat aku, harus menjaga pola makan yang baik. Penyakit kanker ini menakutkan ya mbk. Bulekku bulan lalu meninggal karena kanker payudara, sedih banget.
      Kalau sudah punya asuransi, rasanya hidup lebih tenang ya. Istilahnya sedia payung sebelum hujan

  2. Ahhh, ngomongin cancer jadi merinding sendiri, dikelilingi sama teman dan pasien cancer yang kutangani, membuatku lebih aware sama diri sendiri, semoga kita sehat selalu dengan pola hidup sehat dan setidaknya diperlukan juga nih proteksi diri untuk hal2 yang urgent dikemudian hari.

  3. banyak sekali kelebihan dan manfaat dari asuransi FWD ya mba, bisa bantu diri sendiri juga keluarga yang dicintai agar lebih menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang bernutrisi

  4. sehat makan, istirahat, aktivitas, lingkungan, dan berpikir ini semacam lingkaran kehidupan ya mbak. Tinggal kitanya mau pilih secara sehat atau tidak sehat.
    Apalagi ternyata faktor genetik berperan 5-10 persen saja, hmmm … selebihnya pola hidup kita yang berperan penting. Dan produk FWD cancer protection ini penting sekali dimiliki sebagai proteksi diri’

  5. benar sekali mbak
    kunci bebas penyakit itu adalah menerapkan pola hidup sehat
    dan nggak hanya tubuh yg perlu sehat, tapi juga finansialnya
    dimulai dgn mempersiapkan proteksi kesehatan dgn asuransi, spt fwd ini contohnya

  6. Betul mbak kalau umur gak ada yang tahu karena ini urusan Ilahi, tapi gak ada salahnya kita mencegah ya. Aku juga masih kurang sehat di makanan nih, kalau olahraga sudah rutin.
    Gaya hidup sehat harus selalu diterapkan mulai sekarang. Dari tulisan-tulisan seperti ini jadi penyemangat & pengingat aku kalau sudah mulai lengah. Untuk proteksi juga sama pentingnya ya apalagi FWD Cancer Protection mudah dibelinya cukup melalui online aja. Sehat selalu untuk kita semua

  7. Sepertinya harus banyak2 baca artikel semacam ini biar lebih aware sama upaya pencegahan. Walau kadang memang tak bisa dipungkiri kalau juga belum sepenuhnya bijak dalam merespon bacaan. Maksudnya, malah jadi takuuut karena merasa kurang. Bukannya jadi, oke diriku mari action untuk lebih baik hihihi.

    Btw, asuransi spesifik begini sangat membantu. Sebab, bagi sebagian orang mungkin premi terbatas sementara sudah tahu risiko penyakit yang perlu dihadapi.

  8. whoaa, ada asuransi yg mem-protect resiko penyakit kanker?
    Daebaakk ini mbaa.
    Soale kanker ini kan buat beberapa orang silent killer gitu.
    jadi ngga banyak insurance yg berani menanggung resiko kanker.
    FWD Insurance mantaabbb!

  9. Pola kehidupan yang sehat memang banyak manfaatnya, ya. Termasuk mencegah kanker. Ditambah lagi sehat financial bersama FWD Insurance. Mudah-mudahan bisa menjadi solusi bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker.

  10. Proteksi diri memang penting banget ya mbak buat jaga-jaga. Nggak mau nantinya kita sendiri yang ribet karena nggak memproteksi diri tapiiii semoga tidak terjadi apa2 karena kita semua ingin sehat

  11. Aku salah klik link apa gimana ya kok ga nemu artikelnya, sampe bolak balik gandget dan PC hehehe

    but yeah, aku mendukung banget gerakan proteksi untuk wanita terutama ya Widya

  12. Sebagai keluarga yang pernah memiliki riwayat kanker, tentu ini menjadi warning yang luar biasa, kak..
    Semoga dengan menjalani pola hidup sehat dan memberikan yang terbaik untuk keluarga, semua masalah menjadi mudah teratasi.

  13. Kanker ini memang momok bagi semua orang. Selain karena tingkat kematian yang tinggi, juga karena biaya pengobatannya yang mahal. Di sekitarku banyak penderita kanker yang meninggal. Sebenernya mungkin berawal dari biaya pengobatan yang tak terjangkau. Jadinya berlarut-larut hingga ke stadium lanjut karena tak mendapatkan pengobatan medis yang layak. FWD Cancer Protection ini jawaban banget deh ya. Proses beli, dan klaimnya yang mudah, serta preminya yang dimulai dari harga terjangkau, semoga bisa dimanfaatkan untuk bisa sembuh bagi para penderita kanker.

  14. Mba kita yang penyintas kanker juga bisa beli asuransi ini? Atau hanya utk mereka yg blm pernah terdiagnosa kanker sebelumnya? Preminya murah banget ya.. coverage yg didapat apa saja dengan premi ini?

  15. Oke saya catet nih mba peer dari dr. Samuel kudu sehat makan, sehat istirahat, sehat aktifitas, sehat lingkungan, sehat berfikir. Lima poin diatas saling berkaitan erat dan ngga bisa dipisahin.

    Walaupun sudah menjaga, tapi lingkungannya ngga sehat ya sama aja boong ya mba.
    Soalnya banyak pengalaman seperti itu.

    Penting juga siap proteksi sejak dini, supaya kedepannya ngga mempengaruhi sehat finansial.

  16. Bapak saya kerja di bidang pariwisata sebagai tour guide dan kerasaaaaaa banget Mak dengan dampaknya. Sedih banget, jujur, karena saya mendadak harus jadi tulang punggung keluarga satu-satunya. Tapi Alhamdulillah, saya masih bisa kerja dan freelance, ibu bikin usaha jualan kecil-kecilan dan bapak ikut bantu. Memang UMKM masih selalu jadi harapan penggerak roda ekonomi Indonesia. Semoga keadaan juga ikut membaik ya Mak :’))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!