vitamin c yang baik

Ingin Tetap Sehat dan Aktif Lalui Badai Pandemi? Ketahui Dahulu Seluk Beluk Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh Ini

Share

Pandemi ini sudah berjalan selama kurang lebih 4 bulanan, dan entah kapan akan berakhir. Bagi saya pribadi, tetap sehat dan masih bisa berkarya selama masa pandemi ini adalah berkah luar biasa. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan serta memutus rantai Covid-19 ini. Mulai dari menjaga fisik, mental juga spiritual.
Makan makanan bergizi sesuai kebutuhan tubuh, sudah tentu tetap dilakukan dan bahkan ditingkatkan. Buah dan sayuran segar menjadi isi utama kulkas kami, karena keduanya adalah substansi terbanyak yang kami konsumsi sehari-hari. Buah selalu hadir di meja makan saat sarapan, salah satunya untuk menjadi sumber vitamin C alamiah bagi kami sekeluarga.

Mengapa Vitamin C Penting?


Sebenarnya bukan hanya vitamin C sendirian saja yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D, E dan B6 juga dibutuhkan untuk bekerjasama membentuk daya tahan tubuh yang baik. Namun memang ada sumber yang menyebutkan bahwa vitamin C adalah pendongkrak utama sistem daya tahan tubuh. Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin C dibutuhkan dalam pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, serta kolagen dalam tulang.


Sumber Vitamin C Alami dari Buah dan Sayuran Lokal

vitamin c yang baik untuk daya tahan tubuh
(foto pixabay)


Seperti apa sih vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh? Pada umumnya, dalam kondisi normal, kami sekeluarga memenuhi kebutuhan vitamin C dengan asupan buah dan sayur segar. Setidaknya, kami turut anjuran FAO untuk konsumsi total 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

Mungkin ada yang beranggapan, “wah mahal banget harus menyediakan buah dan sayur segitu banyak? Sebenarnya enggak juga, jika kita jeli memilih buah dan sayur lokal saja dan dari jenis yang sedang musim.
Banyak banget buah lokal yang mengandung vitamin C cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Salah satunya yang mudah didapat, tergolong murah, banyak pula jenisnya, adalah buah jeruk. Sebut aja deh, mulai dari Jeruk Pontianak, Jeruk medan, Jeruk Semboro, belum lagi lemon, jeruk nipis dan teman-temannya. Sedangkan sayur yang juga bisa menjadi sumber vitamin C alami adalah bayam, kangkung, brokoli dan juga cabai. Hmmm… berani pedas? Asal jangan ekstrem ya!


Yang juga perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan vitamin C seoptimal mungkin adalah cara mengolahnya. Untuk buah, kami sudah membuktikan selama sepuluh tahun terakhir. Buah dikonsumsi sebagai sarapan secara eksklusif, itu cara terbaik mendapat manfaat buah termasuk Vitamin C nya. No pengolahan dalam bentuk pemanasan untuk buah-buahan, apalagi dicampur substansi non buah seperti misalnya ditabur di atas sereal. Itu tidak pernah kami lakukan.

(foto pixabay)

Cara terbaik mengolah sayur, sebaiknya cuci di air mengalir, bukan direndam. Lalu, potong dalam potongan besar-besar dan jika memasak dalam bentuk sajian berkuah, berikan kuah secukupnya saja agar tidak terbuang. Masak sekadarnya, jangan terlalu lama dan segera disajikan. Bahkan baik juga beberapa sayur disajikan dalam kondisi raw, seperti salad atau green smoothie. Asal pastikan cuci saksama.

Kapan Tubuh Butuh Suplementasi Vitamin C?


Hidup tak selalu berjalan dalam kondisi ideal ya, begitu juga dalam menjaga kesehatan. Walau tahu bahwa istirahat sangat penting, terkadang ada hal-hal mendesak yang membuat saya butuh begadang. Terkadang pula asupan buah dan sayur kurang bisa optimal.
Nah, dalam kondisi begini bolehlah menambahkan suplementasi vitamin C. Saat-saat genting, kita butuh vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Kalau bagi saya, rasanya penting juga untuk memperhatikan dosisnya. Mengkonsumsi vitamin C juga sewajarnya sesuai kebutuhan saja.

Suplementasi Vitamin C dengan Sido Muncul Vitamin C 1000 mg


Saya baru tahu lo, ternyata brand legend banget di Indonesia yang terkenal akan produk jamunya ini memiliki juga salah satu varian produk berupa Vitamin C. Sido Muncul Vitamin C 1000 mg ini bisa melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin C di saat-saat penting dan dibutuhkan. Pembuatannya higienis, diproduksi di pabrik Sido Muncul yang modern dan terstandar.
Kalau saya cek komposisinya, ternyata isinya bukan hanya vitamin C saja, namun juga ada vitamin E, B3, B6, B12, dan madu. Kemasannya berupa saset dengan box. Isi 6 saset pada setiap boxnya. Karena vitamin C ini dihadirkan dalam bentuk minuman, maka cara penyajiannya adalah dengan melarutkan 1 saset dengan segelas air. Vitamin C nya stabil saat di campur air, tetap 1000 mg.

Belanja Produk-produk PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk


Sido Muncul ternyata produknya makin banyak saja. Mulai dari jejamuan yang dikemas praktis dan modern hingga aneka suplemen juga produk lain pendukung pola hidup sehat.


Sekarang kalau perlu belanja produk-produk Sido Muncul sudah bisa lebih praktis. Kini teman-teman bisa membeli melalui website resmi di www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul di beberapa marketplace yakni Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak.
Nah, tetap semangat jaga kesehatan ya, teman-teman. Semoga kita semua selalu strong, sehat dan tetap bahagia melalui pandemi ini hingga akhir.

Salam Sehat!

Sumber
https://health.kompas.com/read/2020/06/02/160400568/jenis-vitamin-yang-disarankan-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-vitamin-c-untuk-daya-tahan-tubuh

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!