jaga nasi sehat

Jaga Nasi Sehat, Ketahui 3 Hal Penting untuk Memasak Beras Hitam Menjadi Nasi Hitam yang Enak dan Pulen

Share

Sejak beberapa tahun terakhir saya mengamati, makin banyak teman-teman yang takut mengkonsumsi nasi. Bahkan, ada yang bermusuhan banget sampai tak mau menyentuh karbohidrat yang satu ini terutama nasi putih. Banyak sekali alasannya, terutama terkait dengan kesehatan dan kelangsingan tubuh. Bahkan disebut-sebut juga risiko akibat bahan yang terkandung pada material penanak nasi.

Tulisan ini saya buat untuk memberikan informasi pilihan karbohidrat yang lebih sehat yakni nasi hitam terutama bagaimana, sih Cara Memasak Nasi Hitam Lebih Sehat dan Enak. Mengapa begitu? Banyak teman mengeluh, rasa nasih hitam tak sepulen nasi putih. Jadi berkurang nikmatnya makan nasi jika menggunakan nasi hitam atau nasi merah. Tapi sebaiknya kita ketahui dahulu …

Apa yang Bikin Makan Jadi Tak Nasi Tak Sehat?

1. Jenis Beras

Nasi putih sering disebut-sebut sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Itu mengapa, makin banyak orang yang menghindari atau meminimalisir. Saya termasuk yang tak anti, namun juga tidak berlebihan dalam mengkonsumsi nasi putih. Jika masih ada pilihan nasi hitam/merah saya akan memilihnya terlebih dahulu.

2. Porsi dan Teman Makan Nasi

Ya, walau udah makan nasi merah, nasi hitam, atau brown rice, tapi porsinya sebakul sendiri, tetap aja bisa berakibat buruk buat kesehatan tubuh.

Dan walau alau nasinya udah terkontrol, tapi teman makan nasinya ugal-ugalan, tetap aja resiko. Ya kan? Jika serus menerus makan nasi dengan limpahan lauk hewani, berlemak, apalagi digoreng, ya tinggal tunggu saja berat badan melambung perlahan dan kesehatan mulai menurun.

3. Pemilihan Alat Penanak Nasi

Nah, ini juga mulai banyak yang memperhatikan. Perangkat penanak nasi bersentuhan langsung dengan nasi. Jika pada material wadah penanaknya ada material berbahaya ini juga bisa jadi ancaman tersembunyi. Kita tak sadar, substansi yang bukan makanan ternyata turut termakan. Duh, perlu banget Jaga Nasi Sehat.

Biasanya masyarakat menyenangi penanak dengan panic anti lengket. Nah, sudah tahu resikonya? Teman-teman banyak yang sudah tahu bahwa dalam proses pelapisan alat masak digunakan bahan kimia asam perfluoroalkyl yang paling umum adalah perfluorooktanoat dan perfluorooktansulfonat (PFOA dan PFOS). Memang ada yang menyebutkan bahwa kedua bahan ini sebenarnya sudah dihentikan penggunaannya dalam proses produksi alat masak anti lengket. Namun kemudian risiko lain masih bisa timbul dari lapisan yang mengelupas dan tertelan. Dari pada kenapa-kenapa, bukankan lebih baik waspada? Maka dari itu, penting kita memilih Rice Cooker Sehat.

Sayang banget kan, jika kita udah berusaha beli beras merah atau hitam, bahkan yang organik dengan harga lebih mahal. Maksud hati sih demi kesehatan, etapi ternyata justru terpapar racun dari alat penanak nasinya. Jangan sampai deh.

Jaga Nasi Sehat , Yuk Kenalan Dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6288

cara memasak nasi sehat

Sekarang saya mau cerita tentang brand penanak nasi yang udah sangat dikenal di Indonesia. Taraaaa….weekend lalu saya baru menerimanya. Rice Cooker Cosmos Harmond berwarna putih dan merah ini esoknya langsung saya coba, dong.

Sesuai dengan Namanya, Teknologi HARMOND, diklaim sebagai anti gores. Karenanya enggak akan ada partikel inner pan yang terkelupas. Karena enggak ngelupas, so bisa membantu kawan-kawan Jaga Nasi Sehat.

rice cooker cosmos harmond 2L
Tongolan Khasnya Cosmos

Lalu bagian yang kaya udah ciri khasnya Rice Cooker Cosmos banget, you know tongolan? Nahh… pada tahu fungsinya? Ternyata si tongolan ini tugasnya adalah mengatur sirkulasi panas sehingga menghasilkan nasi yang lebih punel.

Ada juga bagian Dew Collector. Ini berguna buat wadah embun atau uap airnya supaya enggak mengotori nasi ataupun bagian lain dari rice cooker. Saran saya, jangan lupa membersihkan bagian ini, ya teman-teman. Ini penting banget dijaga selalu bersih.

Inner Pan alias panci penanaknya itu punya Handle. Nah, dengan adanya pegangan ini jika kita harus memindahkannya jadi tidak terasa panas. Lebih aman juga jadinya.

Beberapa Hal Penting Diperhatikan Untuk Memasak Nasi Hitam yang Enak dan Sehat

1. Pemilihan Beras Hitam

Menurut pengalaman saya beberapa tahun terakhir, beras hitam yang dibeli di gerai organic terpercaya, selalu aman dari sisi rasa. Selain itu, jika memang menginginkan produk yang tersertifikasi organic, ya saran saya belilah di tempat-tempat terpercaya. Beli beras secukupnya saja, dan simpan dengan baik agar tak sampai rusak atau berbau apak ketika akan dimasak. Jadi wajib banget juga Jaga Beras tetap Sehat!

Oya, saya juga punya Sarana Penyimpan Beras dari Cosmos juga, yang namanya PUNDI. Review PUNDI bisa dibaca di sini:

PUNDI, Penyimpan Beras dari Cosmos

2. Perbandingan Beras : Air

cara memasak nasi hitam enak
Perbandingan Beras : Air, Mungkin Perlu Beberapa Kali Trial Hingga Didapat yang Pas dengan Selera

Perbandingan beras dengan air memang bisa subjektif sih, sesuai kesukaan. Suka nasi yang sangat empuk cenderung lembek, atau suka yang agak pera. Saya dan ibu saya saja seleranya beda. Rumusnya: 1 bagian beras hitam bisa ditambahkan 2-3 bagian air. Nah, untuk percobaan pertama kali, ambil saja tengah-tengahnya. 1 bagian beras hitam ditambahkan 2,5 bagian air. Jika kurang pas, bisa dikurangi atau ditambah pada percobaan berikutnya.

3. Cara Memasak


Pertama cuci dahulu beras di bawah air mengalir. Tidak perlu menggosok berlebihan agar nutrisinya tak terlalu banyak terbuang. Letakkan beras dalam peniris/semacam saringan, selama sekitar setengah jam. Baru dimasukkan ke alat penanak, ditambahkan air dan dimasak.

cara memasak beras hitam
Setelah Dicuci, Ditiriskan Sesaat, Jangan Langsung Dimasak
cara memasak nasi hitam enak
Jangan Lupa Klik Tombolnya, Ya. Agar Tak Terulang Drama Lauk Matang, Nasi Masih Berupa Beras
cara memasan nasi enak
Diaduk Biar Tekstur Nasinya Makin Sip

Jika sudah matang, diamkan sejenak barang 5 menit, buka lalu aduk-aduk nasi. Cara ini membuat nasi terasa lebih pulen dan teksturnya enak untuk disantap. Oh ya, untuk menjaga kualitas nasi, sebenarnya, alat penanak nasi jangan terus menerus dinyalakan. Cukup nyalakan sekitar setengah jam sebelum nasi akan disantap. Hemat energi dan kualitas nasinya tetap terjaga.

Memasak Dua Jenis Beras Sekaligus

Nah, sekarang balik lagi ke bagian pengalaman saya memasak nasi menggunakan rice cooker Cosmos Harmond. Karena waktu memasak saya sekalian butuh memasak nasi putih dan nasi hitam, supaya hemat energi dan tak bolak-balik memasak, maka saya gunakan cara seperti terlihat pada foto ini.

cara memasak nasi hitam enak
Memasak 2 Jenis Nasi Sekaligus Menggunakan Cosmos Harmond dengan Tambahan Wadah Stainlessteel

Cara begini sudah biasa kami lakukan sejak bertahun-tahun. Pada umumnya, anak-anak tak mau makan nasi selain nasi putih. Hanya sesekali si anak bungsu, mau makan nasi merah. Tapi itu jika nasinya dimasak berbumbu, dan dibikin gurih.

Yang perlu diperhatikan saat memasak menggunakan metode ini adalah, wadah stainless untuk nasi hitamnya harus cukup tinggi, harus ada sisa space yang aman di atas permukaan air. Ini untuk berjaga-jaga saat air mulai bergolak. Supaya enggak tumpah-tumpah ke nasi putihnya.

cara memasak nasi hitam
Nasi Hitam dan Nasi Putih yang Telah Matang, Keduanya sama-sama Enak, Kok!

Nasi yang saya masak menggunakan Rice Cooker Harmond, keduanya enak. Nasi putihnya punel, kok. Ada kan ya, orang mengeluh bahwa memasak menggunakan rice cooker tak seenak memasak nasi secara tradisional. Eh, mungkin mereka belum tahu tips memasak nasi yang sudah saya ceritakan di atas.

Jangan lupa ya teman-teman, walau nasinya enak dan punel, tetap jaga porsi. Caranya adalah makan sesadar mungkin. Kunyah dengan tertib hingga lumat betul. Aktivitas makan juga jangan diselingi aktivitas lain.

Di Mana Bisa Membeli Produk Cosmos?


Ada yang mau beli juga? Atau butuh produk lainnya dari Cosmos? Teman-teman bisa dapatkan Produk Cosmos di toko elektronik, supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store). Untuk ngintip info produk-produk Cosmos, teman-teman bisa langsung mengunjungi website Cosmos www.cosmos.id. Selain info lengkap produk Cosmos,di sana juga banyak resep & tips yang bermanfaat dan sayang untuk dilewatkan.

Temukan Cosmos di:

Instagram : @cosmosonline

Facebook : @mycosmos

Youtube Channel : https://www.youtube.com/BelanjaCosmos

Official Website : https://cosmos.id/

Share

40 thoughts on “Jaga Nasi Sehat, Ketahui 3 Hal Penting untuk Memasak Beras Hitam Menjadi Nasi Hitam yang Enak dan Pulen

    1. Untuk menghasilkan ASI yang sehat tentu dari awal memasak pun harus diperhatikan terutama peralatan massanya dan dari ulasan di atas Cosmos memang rice cooker yang bisa diandalkan

  1. Aku pikir nasi hitam ini adalah nasi ketan itu loh, karena teksturnya yang lebih keras juga, sehingga lebih cocok untuk tape ketan item.

    Ternyata lebih sehat ya, makan nasi beras hitam? Noted!

        1. Rice cooker cosmos emang udah dikenal tahan banting dan awet, ya. Di rumah juga pakenya cosmos. Yang satu rusak akhirnya ganti yang cuma buat masak ga bisa nganget. Nah, ngeliat pancinya kok kayanya ga bakalan cepet rusak, jadi pengen beli.

  2. Aku baru tau nih Mbak cara masak nasi putih sama hitam bareng-bareng gitu. Hehe. Maklum belum akrab sama nasi hitam.
    Btw kalo pake rice cooker Cosmos dengan teknologi harmond ini kita jadi tenang, ya. Pancinya aman dan bikin nasi sehat 🙂

  3. Kalo nasinya sehat tapi teman makan nasinya ugal-ugalan? ihi nyaris ngakak di bagian ügal-ugalan”ini, Mbak Wid. Memang ya, butuh tahu trik dan tips tersendiri untuk pola hidup sehat

  4. Owalah.. pakai didiamkan dulu setelah ditiriskan ya.. oke oke.. noted.

    Aku udah pernah makan nasi merah sama coklat. Yg hitam ini belum. Kalau merah sama coklat, lumayanlah diterima lidah.

  5. Anak-anak di rumah juga kurang begitu suka dengan nasi merah atau nasi hitam. Beda rasa, katanya. Biasanya saya masak nasi putih dan nasi merah secara terpisah. Ternyata ada cara mudahnya ya, dimasak berbarengan.

  6. Saya jarang masak beras hitam/merah karena memang banyak yang tidak suka. Sepertinya saya perlu pakai Cosmos juga nih, biar masak beras hitamnya makin pulen dan enak. Secara ya, kalau saya masak beras hitam itu hasilnya kasar sekali nasinya. Suka bikin ketawa sendiri, ini nasi baru atau nasi udah dikeringkan. Wkwkwkwkwk

  7. Wah, aku pikir beras hitam ini sejenis ketan gitu. Karena kalo di daerahku sering dibikin jadi tape hitam, trus dimakan dengan lemang. Ternyata bisa dimakan kayak nasi putih juga ya.

  8. Wah bisa ya ternyata memasak dua jenis nasi sekaligus gitu hehe, bagus juga idenya mbak. Bis akutiru nih soalnya kdg bapaknya makan nasi merah atau hitam gtu, tapi aku suka nasi putih hahaha 😀
    Wah ternyata rice cooker Cosmos yang ini anti gores yaa, selama ini ngiranya yang bagus yang anti lengket justru yg kyk gini sebaiknya yg dipakai yaa

  9. waaaah aku baru tau nih tentang cara masak.beras tumpang tindih gini mak. Bisa ternyata yaaa, ga kepikiran.. aku di rumah malah sampe sedia 2 ricecooker. hihi. Eh tapi dirumah aku juga pake cosmos harmond loh, toss dulu kitaaaa

  10. Oh jadi begitu tipsnya, nasi hitamnya kayak di tim gitu ya. Boleh juga nih kapan-kapan dicoba.

    Saya sudah setahun lebih pakai cosmos harmond, dan memang nggak ada masalah walau pas nyuci di gosok pakai pencuci yang kasar permukaannya

  11. akhirnya saya tahu cara masaknya. wkwk… pernah masak tapi hasilnya alot karena belum termasak sempurna. kalau pakai rice cooker cosmos mah enak, gak bakal lengket ke dasar wadahnya juga

    1. Eh bener juga lho kalo rice cooker bisa mempengaruhi nasi enak apa engga nya, cosmos Harmond tentu solusi utk menanak nasi aman dan sehat. Btw jadi penasaran sama nasi hitam nya.

  12. Akupun pake Cosmos Mbak, tapi yang 0.8L nya. Sama2 anti gores. Nasi nya enak juga kok, malah jauh lebih enak daripada nasi yang dimasak tradisional.
    Btw beli beras hitam nya dimana Mbak?

      1. Kalau Keluarga saya, makan nasi merah sudah sejak kecil. Maklum wong ndeso tinggal di kampung, tidak punya sawah jadi nanam padinya di huma alias padi gogo. Yang cocok ditanam jadi padi gogo ya beras merah ini.

  13. Aku pernah makan nasi item juga, sama2 enak dan wanginya khas sama kaya nasi merah.
    NAh, kalo masak nasi di aduk ku dikasih tau si mama dari dulu, kadang kan bagian atasnya suka ga mateng katanya hihi.
    Ahh, ku makinn pen ganti cosmos nih, yang di rumah udah agak rusak.

  14. Terima kasih sharingnya, Teh.. keren sih ini dan bener soal takaran air yang pas. kadang kalau gak pas hasilnya juga berbeda..he

    Aku sering banget ngalaim sama temen-temen kost..haha
    Mulai dari nasi yang hasilnya keras, dan hasilnya terlalu lembek..Dan bahkan sampai lauk sudah jadipun ternyata lupa di pencet tombolnya..haha

    Merk yang satu ini emang andalan banget sih..

  15. Wowww..Mbak Wid, aku baru tahu bahwa beras putih dan beras merah bisa dimasak sekaligus dalam sebuah rice cooker! Mesti aku coba nih, biar aku nggak perlu buang-buang waktu dua kali lipat demi dapat makanan sehat *love love*

  16. Eih, kok kece, bisa masak dua jenis beras dalam satu waktu?

    Saya penasaran sebenarnya, bagaimana sih rupa nasi hitam saat sudah tanak? Soalnya saya baru tau tentang jenis beras ini. Taunya beras ketan hitam. Apa sama ya? Atau beda?

    By the way terima kasih mba sudah mengingatkan saya untuk memperhatikan kebersihan tongolan di rice cooker.

  17. Jadi kangen makan beras hitam nih Mbak saya. Sudah lama juga nggak makan beras hitam. Biasanya di kampung makan beragam nasi dari berbagai macam beras termasuk beras merah dan ketan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *