Tips Food Combining Saat di Luar Rumah

Duh, Mbaaaak. Hidup cuma sekali, makan ya dinikmati ajalah makan enak toh tidak tiap hari! Ribet amat sih food combining. Gimana dong Mbak kalau lagi makan di luar rumah? Kalau lagi ada acara, atau makan di resto gimana dong?   Jreng....jreng.... Pertanyaaan-pertanyaan seperti di atas atau yang semacamnya, tak pernah benar-benar selesai. Selalu saja ada yang menanyakan. Sangat wajar,...

Resep Buka Puasa Ala Food Combining: Variasi Sajian Buah

Menu pembuka saat buka puasa bagi pelaku food combining, kebanyakan buah. Sudah banyak deh yang tahu. Tapi, teman-teman yang sudah menerapkan food combining dalam kesehariannya, sudah enggak asing lagi dong ya, dengan beragam cara menyajikan buah sebagai takjil alias makanan pembuka ifthor kita. Namun bagi teman-teman yang kesehariannya belum melakukan food combining, boleh juga lo kalau mau...

Food Combining Untuk Anak Kos

Food Combining Untuk Anak Kos - Setiap kali ngomongin pola makan sehat untuk anak kos, selalu saja ada yang komentar. “Anak kos mah, asal udah bisa makan aja udah bagus. Jangankan mau ber-food combining, bisa makan mie instan aja sudah syukur! Di situ saya merasa sedih. Duh... pe er mengedukasi pola makan sehat masih paaanjang dan laaaamaaaa *lebay Emangnya, apa karena anak kos sering identik...

Kudapan Sehat Dari Kelapa Muda

Pada saat awal-awal ber-food combining, saya enggak terlalu ngeh soal kudapan. Jadi saya mulai FC dengan cuek saja sambil masih ngudap biskuit, cookies, kue-kue basah kesukaan. Ha..ha... sesat! Jangan ditiru.  Beberapa tahun terakhir, setelah aktif menshare tulisan tentang food combining dan menulis buku Food Combining yang terbit sekitar tahun lalu, saya mulai sering menemukan pertanyaan,...
jeruk nipis peras

Sekali Lagi tentang Jeruk Nipis Peras (Jeniper)

  Teman-teman yang sudah ber-food combining atau sudah mengenal food combining, pasti sudah tidak asing lagi dengan si jeniper ini. Ritual pagi, yang tujuan utamanya untuk menyegarkan liver ini pasti dilakukan oleh kaum FC er. Bahkan banyak juga non-FC-er yang juga melakukan kebiasaan minum jeniper. Jeruk Nipis Peras memang banyak manfaatnya, sih! Terutama, amat banyak kaum perempuan yang...
Menu Food Combining

Menu Food Combining

Dalam melakukan pola makan food combining, kalau bicara soal menu, sebenarnya sangat fleksibel. Yang jauh lebih penting dipahami dalam pola makan enak mudah dan sehat ini, sebenarnya adalah prinsip-prinsipnya, juklak atawa pakemnya. Soal menu sebenarnya kembali ke budaya kuliner setempat, ketersediaan bahan serta selera masing-masing. Baca Juga: Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining...
food combining saat puasa

Menu Food Combining Selama Ramadan

Pada dasarnya menu food combining saat bulan puasa sama dengan hari-hari biasanya. Bedanya hanya, jam makan mengikuti jadwal puasa. Perbedaan lainnya adalah, pemilihan dan pengaturan makan dipertimbangkan untuk lebih memperingan kerja organ cerna juga memberi peluang untuk proses detoksifikasi yang lebih lancar. Baca juga: Dasar-dasar Food Combining Beberapa catatan lainnya adalah: Selama...

Puasa Ala FC Untuk Anak-anak

Ketika saya mulai menulis ini, saya sadar mungkin akan ada kontroversi. Kenapa? Food Combining saja masih pro kontra. Food Combining untuk anak-anak apalagi, banyak  yang menyatakan tidak perlu bahkan dinilai berbahaya. Saya bahkan pernah mendapat  omongan kurang enak, semacam tuduhan bahwa saya menyiksa anak dengan pola makan demikian. ( Baca: Pro Kontra Food Combining)  Apalagi ini, saat...

Seluk Beluk Cheating

Eyalahh… lha kok nulis tentang cheating tho ya? Iya, sebenarnya topik ini sudah lama banget ingin saya tulis. Tapi rasanya kok saya menggalau ya… kalau saya posting tips cheating ntar malah dipersepsikan seperti mempersilahkan teman-teman melakukan cheating. Tapi tidak saya tulis rasanya kok, ini akan menjadi topik menarik yang banyak food combiner terutama yang baru...

Pro Kontra Food Combining

Pro Kontra Food Combining -  seperti halnya beberapa pola makan (diet) lainnya, food combining juga menuai pro dan kontra. Meski banyak orang yang mengaku sangat terbantu dengan food combining dan mendapat banyak manfaat kesehatan setelah menjalaninya, saya sendiri salah satunya. Tak dapat dimungkiri banyak pihak pula yang kontra. Saya sendiri sering mendapat "protes" dari lingkungan saya....