Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
cara membuat judul yang baik
Share

Halo, bertemu kembali di #SelasaBlog

Kali ini saya mau jawab pertanyaan Mbakyu dari Solo. Blogger sekaligus penulis buku yang luar biasa semangatnya. Mbak Noer Ima Kaltsum menanyakan, bagaimana cara membuat judul artikel menarik? Saya akan jawab meski jujur, ini juga masih menjadi masalah buat saya. Saya juga masih belajar terus untuk membuat judul yang baik dan mendatangkan pembaca lebih banyak. Tapi tak apa ya, sekadar saya jawab sesuai hasil belajar saya. Hitung-hitung pengingat juga bagi saya. Karena soal judul ini saya sering lupa juga untuk membuat yang cethar!

Judul yang Singkat dan Menarik, Memangnya Harus?

Kerena judul adalah kesan pertama, maka harus dibuat singkat dan menarik. Dibuat singkat agar tak memerlukan waktu lama atau terkesan bertele-tele, sehingga calon pembaca menjadi malas dan enggan membaca. Itu yang saya pahami dulu.

Tapi …. Membaca tulisan-tulisan viral zaman now kok sepertinya makin panjang aja, yes? Saya mendapat pencerahan di blognya Mbak guru Carolina Ratri. Maka saya langsung ngibrit ke Hipwee. Coba kita lihat bagaimana model judul tulisan popular zaman now.

“22 Gambar Pertumbuhan Janin dalam Perut yang Menyentuh Kalbu. Ah, Kuasa Tuhan Sehebat Itu”

“Rahasia Mengolah Ayam Goreng Tepung Biar Kriuk-nya Nggak Santai Kayak KFC”

“Model-Model Kebaya Cantik Untuk Inspirasi Hari Wisudamu Nanti

Saya mencoba membayangkan judul serupa namun datar-datar saja, misalnya:

22 Gambar Pertumbuhan Janin dalam Perut Ibu

Rahasia Mengolah Ayam Goreng Tepung yang Renyah

“Model-Model Kebaya Cantik Untuk Inspirasi Hari Wisuda

Secara substansi gak jauh beda, namun kalau dibaca, yang di atas jauh lebih memiliki efek yang memikat! Coba bayangkan, dengan isi tulisan yang sama, judul manakah yang akan teman-teman pilih untuk klik dan baca? Kalau saya, jelas pilih yang pertama.

Mari coba kita pelajari, mengapa contoh judul di atas demikian menariknya.

  1. Ada energinya! Judulnya nendang tidak datar. Tapi kalau mau dibilang lebay, enggak juga. Membaca judul ini serupa ngobrol dengan orang yang punya energy gede.
  2. Menyentuh emosi. Kalau ini, sepertinya memang rumus umum yang sering diketahui orang tentang bagaimana membuat judul tulisan viral.
  3. Melibatkan angka. BAnyak juga yang bilang, enggak sembarang angka, ada beberapaa yang diyakini sebagai angka yang dahsyat seperti 7, 9, 11,13, 99,101 dan seterusnya.
  4. Menggunakan kata ganti Anda atau kamu
  5. Keluar dari kotak! Umumnya kita disuruh bikin judul singkat. Tapi yang ada? Tulisan di atas lumayan panjang untuk ukuran sebuah judul. Meski, ya masih enggak sampai sepanjang jalan kenangan, atau sepanjang 1 paragraf. Haha.

Ini bukan berarti jika Anda menulis judul semacam di atas, lantas ada jaminan bahwa tulisan pasti banyak yang membaca. Karena, amat banyak faktor yang menentukan sebuah tulisan akan ramai.  Yang terpenting sih kualitas isinya kalau menurut pengalaman saya.

Baca Juga: Cara Efektif Meningkatkan Traffic Blog untuk Pemula

Judul Sebaiknya Menggambarkan Isi, Tidak Menipu dan Tidak Clickbait

Bagaimanapun kerasnya upaya Anda berusaha membuat judul yang nendang, tetap lah  seyogianya mewakili isi. Jangan sampai isi yang baik dan penting tak dilirik pengunjung hanya karena judulnya yang tak mewakili isinya. Jangan pula menipu dan clickbait.

Banyak sekali bisa kita temui, judul tulisan yang sangat menarik, bahkan boleh dibilang sedikit bombastis. Namun setelah di baca, ternyata isinya tidak sesuai dengan judulnya. Apa yang Anda rasakan saat membaca tulisan semacam itu? Jengkel? Kecewa?

Nah, maka jangan pernah lakukan hal itu. Mungkin, memang judul yang bombastis akan menaikkan jumlah kunjungan ke blog Anda dalam waktu singkat. Tetapi bisa-bisa pembaca akan mengenang blog Anda sebagai blog yang menipu. Begitu pula dengan judul yang sifatnya clickbait. Kalau bagi saya BIG NO. Seperti apa judul clickbait? Seperti yang sering digunakan media-media online demi memburu klik, semacam:

“Maia Menikah, Mayangsari Malah Berkomentar Begini”

Padahal apa isi tulisannya? Mayangsari (misalnya) cuma mengucapkan selamat. Gitu aja, tidak ada sesuatu yang penting banget untuk diketahui publik. Judulnya heboh, isinya hampir-hampir enggak ada.

Masih banyak sih formula tentang judul yang baik dan menarik. Tapi, sebaiknya ya diterapkan pelan-pelan saja. Jangan sampai heboh bikin judul, tapi lupa mikir isi yang bernas. Aih … sama juga bohong dong.

Post Author: wyuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

14 Replies to “[Selasa Blog] Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Agar Tulisan Anda Diserbu Pembaca”

  1. Thanks tulisannya menginspirasi… saya adalah salah satunya yang susaaah bikin judul. Serasa beban gitu karena judul kan harus menggaet pembaca pada pandang pertama.. nah ini bebannya… thanks sekali lagi

    1. Nah sy jg sering bingung kl mo buat judul mba… Kalo kepanjangan kesannya kelewat bertele” tp kadang dicari org krn penasaran… Sy sih tergantung kdng panjang kdg jg singkat… Biasanya yg panjang itu krn artikel yg udh Seo kl yaa.. Soalnya sy msh gak ngeh per Seo an… Pokoknya nulis aja. 😁😁

  2. Terima kasih sharing nya, mba. Pengen sih bikin judul yang heboh atau berenergik gitu, tapi khawatir nya isinya malah nggak sesuai dengan ekspektasi pembaca. Jadi kalo aku kayaknya tetep prefer judul yang biasa hehee.

  3. Saya setuju soal judul sesuai isi. Suka sebal saja kalau baca berita yang ternyata isi nggak nyambung sama judul. Terima kasih mbak.

  4. Keren banget tipsnya, bisa langsung diterapin nih biar blog makin tambah rame.
    Yang paling penting sekalipun judul nge bait tetap sesuai dengan isi konten yang di tulis.

  5. akupun sering kesulitan mba bikin judul. susaaaaah yaa bikin judul yg menarik dan bisa bikin pembaca mau klik tulisan kita. msh hrs banyak latihan sih :D.moga2 makin sering memulis dan baca tulisan temen2 yg lain, jd lbh lancar juga membuat judul menarik 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!