Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
camilan sehat
Share

Hujan-hujan seperti sekarang ini katanya sih, paling sip menikmati camilan enak. Tapi apakah camilan enak pasti juga camilan sehat? Tunggu dulu … nyatanya banyak yang musuhan sama camilan gara-gara takut side effect terhadap kesehatan, lebih-lebih dampaknya dalam melambungkan berat badan. Padahal, ngemil jika dilakukan dengan tepat, juga memiliki banyak manfaat, lo.

Manfaat Camilan Sehat

Buat saya pribadi, camilan sangat berguna dalam mengisi perut di antara waktu makan utama. Perut lapar keroncongan, bakal berpotensi bikin pola makan justru berantakan. Mengapa? Pada saat waktu makan berikutnya kita cenderung kalap. Makan dengan cepat bahkan tanpa mempedulikan kebutuhan tubuh.

Manfaat lain dari camilan bagi saya adalah: sebagai β€œmakanan jiwa”. Iya terkadang ngemil lambat-lambat camilan unik, atau camilan tradisional misalnya, menimbulkan rasa hangat pada jiwa. Bukan hanya soal kandungan nutrisinya, tapi lebih dari itu.

Apalagi nih, ngemil bersama kesayangan. Itu jadi quality time banget di sela-sela kesibukan kita yang seakan berkejaran. Ngemil sore-sore sambil nge-teh itu bagaikan menekan tombol β€œPAUSE” berhenti sejenak dan nikmati. Uhh … itu kesempatan berharga banget.

Baca Juga:

Cara Sehat dan Langsing dengan Food Combining

Menu Food Combining

Cara Memilih Jenis Camilan Sehat

Lalu, bagaimana cara memilih camilan yang sehat? Pertama, kalau saya berusaha menghindari gluten. Belum jadi anti gluten sih, tetapi jika memang bisa diupayakan, saya akan lebih memilih yang gluten-free.

Kedua, saya memilih camilan sehat yang diproses sekadarnya, artinya tidak terlalu jauh bentuk akhirnya dengan bentuk alami atau aslinya. Ini tekait dengan keyakinan saya akan pola makan yang green, yang jejak karbonnya minim dan ekses lingkungannya juga minim. Benefitnya secara langsung bagi saya? Ada! Secara nutrisi, keutuhannya pasti jauh lebih terjaga dari pada panganan yang diproses habis-habisan.

camilan sehat
Baca saksama segala informasi penting pada kemasan, mari jadi konsumen cerdas

Pilihan saya juga dipengaruhi apa komposisi bahan yang menyusun camilan tersebut. Salah satu caranya, jika membeli kudapan siap makan, ya pandai-pandai memanfaatkan informasi produk yang tertera di kemasan. Baca saksama apa saja bahannya dan pastikan tidak ada bahan yang kita hindari atau membuat kita alergi. Cek juga waktu kedaluarsa produk. Penting banget lo, ini. Untuk yang muslim juga penting cek logo halalnya ya teman-teman.

Pertimbangan penting juga soal value. Ah, saya memang rada sentimental atau katakanlah rada jadul. Apapun itulah. Saya akan berpihak pada produk yang ditanam dengan pertanian ramah lingkungan. Saya akan lebih berpihak pada produk yang dibuat menggunakan bahan-bahan pangan lokal. Ya, … semacam itulah.

Tips Menikmati Camilan Sehat

Nah, kalau sudah memilih jenis camilannya, tak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara camilan sehat itu kita nikmati. Makan lambat-lambat, kunyah sampai lumat betul. Sempatkan, walau tak selalu, untuk memikirkan tangan-tangan di balik camilan lezat yang sedang kita nikmati. Percaya deh, itu melipatgandakan rasa syukur dan apa yang kita kudap menjadi makin nikmat.

Saat ngemil sepiring buah naga, saya mengingat tangan-tangan penuh cinta para petani buah naga di Jember dan Banyuwangi dalam merawat pohon-pohon buah naga mereka. Ngemil kacang mede bikin terkenang para petani jambu mete di Bali sana. Atau … ngemut dark chocolate sambil ngebayangin petani kakao di Sulawesi sana. Cara makan seperti ini bukan cuma bikin tubuh kita ternutrisi, tetapi juga batin yang makin kaya.

Salah satu hal yang ditakutkan kala ngemil adalah jika sampai kebablasan. Makan enak gak bikin gemuk. Ngemil pun tak membuat gemuk. Yang bikin gemuk adalah ngemil atau makan melebihi kebutuhan tubuh, dan ini jadi kebiasaan. Nah. Ini sih gampang banget menyiasatinya.

Dulu sih saya kesel banget dengan aturan ibu saya. Ibu mewajibkan kami menempatkan kudapan dalam piring atau mangkuk kecil, duduk tertib saat menikmatinya. Uh… padahal ngemil langsung dari kaleng atau kemasan camilan itu kan puwassss banget ya? Ya? Nah… justru itulah kesalahan dalam menikmati camilan. Ambil sedikit, nikmati lambat-lambat. Percayalah, tubuh akan terbiasa dan otak akan cepat memberitahu ke kita bahwa: udah stop … segini cukup! Jadi jangan takut ngemil, ya.

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah ngemil sambil beraktivitas. Sambil ngetik, ngemil. Sambil nonton film, ngemil. Nah, hal seperti ini yang bikin ngemil enggak terkontrol. Ujung-ujungnya camilan dijadikan kambing hitam saat bb melambung. Padahal bukan salah camilannya ya. Salah kita saja kurang bijak mengkonsumsinya.

Waktu ngemil juga harus diperhatikan. Ya gimana enggak menggendats, kalau tengah malam kita masih sibuk ngemil? Saya biasanya stop makan, walau cuma ngemil setelah pukul 8 malam. Jadi walau saya harus begadang ngelembur naskah, ya sebisa mungkin tetap enggak ngemil tengah malam. Kalau lapar, paling ya minum aja.

Berbelanja Online Camilan Sehat

Namanya juga manusia modern ye, saya pun tak selalu bisa menyiapkan camilan sendiri. Iya kalau pas lega waktunya dan pas di rumah, lha kalau pas banyak berperjalanan? Tapi syukurlah sekarang kita manusia-manusia digital ini sudah terbantu banget oleh sesuatu bernama belanja online.

Lalu di mana berbelanja camilan secara online? Mari saya perkenalkan dengan Jagapati. Eh, saya juga baru kenal sekitar dua atau tiga bulan lalu dan langsung mata saya tring … tring …

camilan sehat

Di Jagapati sih sebenarnya bukan cuma surga buat belanja camilan. Aneka produk yang melengkapi gaya hidup sehat Anda, ada di sana, mulai dari katagori: vitamin dan suplemen, bahan makanan sehat (aneka bebijian, mie sehat, tepung non gluten, dsb), camilan sehat (granola, kacang-kacangan, biskuit dan kukis gluten-free, dsb), hingga berbagai produk herbal dan jejamuan, ada! Untuk penggemar berbagai teh, di Jagapati koleksinya termasuk lengkap. Mulai dari white the, green tea, red tea hingga black tea daaaaan masih banyak lagi lainnya. Wuih. Bener-bener kaya one stop shopping buat produk sehat.

Yang lagi program diet atau lagi penurunan berat badan, mau cari camilan diet, camilan sehat, bahkan camilan unik, ada semua di Jagapati.

Menikmati Camilan Sehat dan Jasmine Tea dari Jagapati

Nah, dua hari lalu nih, persis banget pas saya baru pulang dari perjalanan saya ke Solo-Jakarta selama 5 hari, saya dapat ini.

camilan sehat
Yippieee …..

Wuih, mood boosters banget kan? Pasti lah saya senang tak terkira dapat camilan enak dan sehat ini #JagapatiStar. Apalagi lengkap ama Sila Tea – Authentic Jasmine Tea dari @silateahouse . Sebagai mantan pecinta teh garis keras yang saat ini mengkonsumsi teh lebih sebagai sebuah seni dan makanan jiwa, saya tuh rada kesulitan mendapatkan teh yang baik kualitasnya. Iya, apalagi yang ada di pasaran biasanya kalau berlabel Jasmine, itu melatinya sering satu dua bijik saja, selebihnya? Aroma buatan! Kzl.

Menikmati teh melati yang dimix dengan green tea ini mengingatkan saya pada tanah leluhur Pak Suami di Jawa Tengah sana. Di mana sawah-sawah mereka bukan ditanami padi, melainkan melati. Ya, melati untuk teh. Nah, Sila ini adalah artisan tea asli Indonesia. Kita akan disuguhkan helaian daun teh berkualitas di setiap kemasannya. Ada banyak sekali variannya. Kebetulan yang saya dapat ini emang favorit sih, jasmine yang dipadu green tea. Dan melatinya itu banyakkkk, banget. TeaTime, #Jagapatea

Ini enak banget dipakai ngeteh sore-sore. Pakai gula, Mbak? No … green tea menurut saya aneh banget kalau dipakein gula. Bahkan ada lo, sekelompok pecinta teh yang menyebut bahwa teh digulain itu kaya perselingkuhan terbesar! Haha… lucu, tapi bener pisan! Kalau merasa kurang manis-manisnya, ya nyeruputnya sambil ngaca aja deh.

camilan sehat
Granola superrr enyakkkk
produk camilan sehat

Selain Sila Tea, saya juga ada dua camilan dari Jagapati. Sudah pernah tahu camilan enak gilak dari @eastbalicashews ? Nah, camilan premium ini saya punya dua jenis yakni yang Granola Bites varian coconut banana dan Popcorn with Cashew yang salted caramel. Keduanya bikin melayang! Tapi kalau buat saya yang numero uno tetep granolanya. Renyah, manisnya pas gak lebay dan sayatan kelapanya itu …. wow, haruuuuum.

Saya cicip Popcornnya sedikit, karena udah dilirik tajam setajam silett ama kiddos. Wkwkwk. Meski judulnya mengandung kata “caramel” tapi manisnya juga enggak lebay. Dan karena ini alami, saya tidak mencium aroma ataupun mencecap rasa yang aneh yang biasanya berasal dari aditif.

Karena judulnya “salted” tadinya saya pikir se-asin apa ya? Khawatir, karena saya sangat peka dengan asin juga manis. Cemilan biasa di pasaran selalu terasa kemanisan atau keasinan di lidah saya. Ini enggak. Asin dikit aja dan pas. Cek di ingredients nya ternyata asin berasal dari sea salt.

Kedua camilan di atas manisnya juga pas dan unik rasanya. Memang sih, ada gula tebunya. Tapi kalau lihat di komposisinya juga ada gula dari cassava, singkong kan ya. Ada juga lontar syrupnya. Perkiraan saya, ini yang bikin manisnya unik, pas dan gak eneg tapi enak.

Jadi, ya … begitulah. Maka jika boleh saya menyarankan, jangan musuhan banget-banget lah ya ama camilan. Be smart. Teman-teman boleh sontek poin-poin yang udah saya tuliskan di atas untuk memilih camilan sehat, camilan enak serta bagaimana cara menikmatinya. Intip aja ya di Jagapati, sesuai kebutuhan dan selera teman-teman. Mau kirim ke saya juga boleh banget, kok!

Silakan teman-teman beli di Store Jagapati di Shopee atau di Tokopedia

Teman-teman bisa follow akun media sosial Jagapati untuk selalu update info-info seputar produk, promo ataupun info terkait kesehatan, di:

Instagram https://www.instagram.com/jagapatidotcom/

Facebook Page https://www.facebook.com/jagapatidotcom/

LINE@: jagapati.com

Stay Healthy, yaaa

Post Author: wyuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

37 Replies to “Ini Dia Cara Menikmati Camilan Sehat Enak dan Enggak Bikin Gemuk”

  1. Aku… aku mbak… pencinta teh garis keras! Wkwkwkwk…. 😝 daaan… asli aku mupeng dengan teh yang melatinya banyaaaakkk itu kek gimana rasanya 😊

  2. Wuaan kalo yang rekomen mbak cantik ini, daku percaya pasti beneran endes dan gak bikin gemuk. Asaaal makannya secukupnya wkwkwk #nonjokdirisendiri. Abisnya akutu sukak ngemil dan seringnya kebablasan jee… pie iki..

    Eniwe, jadi penasaran ah sama jagapati ini. Cuss ah meluncur

  3. Wuaahh…sebagai member klub teh ginasthel, saya menyangkal perselingkuhan ituuu… :))

    Ya yaaa… baru berusaha mengurangi konsumsi gula dalam teh mba, doakan saja tekadku sekuat baja.
    Boljug nih Jagapati, mau intip2 ah biar ntar kalau nyemil ga merasa guilty feeling pada tubuh. Selama ini udah coba2 menyentuh granola, tapi kok mau maem masih belum bisa hahahaa… *kuteringat nasi briyani

  4. Waaa cucok ini
    Aku tuh pecinta ngunyah
    Alias pecinta ngemil

    Denger-denger memang granola ini bagus ya mb, di tempat yoga juga ada yang jual sih, tapi belum pernah kucoba. Mikirnya mending beli padang lah, kwkwkwkw

    Udah udah insap insappp πŸ˜…

  5. Mamaci maaaak buat referensi nya, akhirnya ada yang mereview camilan granola ini. Udah lama mencarinya tapi belum nemu yang pas, semoga yang ini cocok dan tidak hanya granola nya yang aku beli nanti hehe

    1. Dirimu gak sendirian Mbakkk. Wkwkwk … di rumah kadang masih ada kerupuk kok. Dan salah satu perusak dayet-nya Ibukku ya kerupuk ini. Wkwkwkw, lha dahare wis bener tapi makan kerupuk sering2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!