Saat Popularitas Baju Batik Wanita Merambah Para Selebgram Tanah Air

Share

(Sumber: Kapanlagi dan Dream)

Pakai batik = kuno? Itu duluuuuu….. Zaman now sih, banyak banget pilihan batik yang bisa bikin penggunanya tampil sesuai selera dan style masing-masing. Saya rasa, itu karena batik kini banyak dikombinasikan dengan model pakaian modern. Mau menampilkan batik secara klasik atau memodifikasinya menjadi tampilan casual? Bisa….. Selain itu, batik sangat beragam corak dan warnanya.

 

Sudah tahu perbedaan baju batik cap, tulis, printing?

Sudah tahu kan, kalau batik itu ada jenis cap, tulis, dan print? Apa sih perbedaannya?

Batik Cap-Dibuat menggunakan cap atau stempel terpola. Stempel itu dicelupkan ke dalam lilin panas, ditekan pada kain. Proses ini membutuhkan waktu lebih cepat dibanding jenis tulis. Hal ini dikarenakan polanya sudah ada, tinggal dicap dan enggak perlu digambar satu per satu. Antara satu ornamen dengan lainnya pasti sama cenderung tidak rapi, agak renggang, dan agak kaku.

Batik Tulis-Proses pengerjaannya manual, satu per satu menggunakan canting dan pewarna. Untuk pola, satu ornamen dengan ornamen lainnya agak berbeda meskipun berbentuk sama. Bentuk isen-isen relatif rapat, rapi, tidak kaku.

Batik Print-Pengerjaan tipe ini tergolong lebih cepat karena menggunakan alat sablon. Ornamen bisa sama atau tidak, tergantung desain yang ditiru. Jenis printing biasanya meniru motif jadi. Soal warna, jenis printing biasanya tidak tembus karena proses pewarnaan hanya satu muka.

Engak cuma jenis saja yang mempengaruhi kualitas baju batik wanita. Model memengaruhi penampilan saat mengenakannya. Karena itu, perlu pemilihan model yang sesuai dengan penampilan.

 

Rekomendasi toko online yang menjual baju batik kualitas premium

Masih bingung cari baju batik wanita di mana? Saya punya rekomendasi toko online berkualitas nih! Namanya Qlapa. Ssstt….. saya kerap banget berkunjung kemari, bahkan terkadang sekadar melihat-lihat koleksinya saja sudah memanjakan mata saya banget!

Situs ini menghubungkan pengrajin dan pembeli. Tersedia beragam jenis fashion item hingga perabot. Kalau lagi pengen barang tertentu, pesan saja melalui fitur kustomisasi. Nanti detail barang sesuai pesanan akan dibuatkan oleh pengrajin. Kualitasnya gak perlu diragukan. Soalnya situs ini menyeleksi setiap barang yang dijualnya.

Sistem pembayarannya juga aman, lo. Uang yang dibayarkan tidak langsung masuk ke rekening pengrajin. Situs baru akan menyampaikan uang tersebut bila kita telah mengonfirmasi penerimaan barang.

 

Baju batik wanita yang paling laris di Qlapa

Saat berselancar di toko online ini, saya mencari baju batik di qlapa.com yang paling disukai pembeli. Ada satu produk yang punya model unik. Nama produknya Cornelia Tosca.

Salah satu top batik lucu di Qlapa

Baju ini berupa blus wanita berbukaan depan. Pengaitnya berupa tali yang diikat ke depan. Uniknya, produk ini menggunakan dua jenis bahan berbeda. Digunakan katun poliester mix dan batik cap tangan Cirebon. Bagian katunnya berwarna putih dengan corak garis-garis abu-kuning yang di dalamnya tersusun titik-titik kecil. Model garis berwarna oranye dijahit menjadi kantung. Sementara itu, yang berwarna tosca dengan pola bunga dibuat menjadi setengah bagian blus.

Baju ini dipatok harga 190.000 rupiah. Harga tersebut termasuk layak karena kualitas bahan yang ditawarkan bagus dan modelnya pun unik. Enggak bikin rekening jebol kok. Iya kan?

 

Testimoni pembeli baju batik wanita

Nah, saya juga menyempatkan diri membaca kolom ulasan pembeli. Ingin tahu kan, seperti apa kesan pembeli terhadap item ini. Rating yang diberikan 5/5 alias sangat memuaskan. Berikut komentar pembeli.

Testimoni Pembeli di Qlapa

 

Inspirasi baju batik wanita dari selebram

Selain karakter menarik, selebgram juga punya gaya keren buat dicontoh. Nah, beberapa di antara mereka senang pakai baju batik  wanita loh!

Raisa (raisa6690). Penyanyi muda berbakat yang lagi naik daun ini juga pernah pakai jenis kain ini loh! Ia tampil di atas panggung dengan jumpsuit warna hitam. Ia memadukannya dengan blazer motif parang warna coklat.

Raisa, Tampil Klasik Elegan dengan Batik Motif Parang (Sumber: Instagram @raisa6690)

Claradevi Handriatmadja (lucedaleco). Dia mengenakan motif sembur warna kelabu sebagai dress. Potongannya mengembang di bagian bawah, jadi bisa menyamarkan pinggul dan paha besar. Potongan bahu sabrina mempercantik busana ini. Claradevi juga punya gaya lain. Ia memadukan kemben gelap dengan bawahan kulot batik tulis.

Ragina Raquel (rraquel12). Selebgram satu ini punya gaya yang unik banget. Dia mengenakan busana three pieces dress. Pertama atasan tube polos, dipadukan dengan rompi tradisional warna coklat. Bagian bawahnya dia mengenakan rok beraksen ruffles yang juga bermotif batik senada. Pada kesempatan lain Ragina memakai turtle neck cape warna olive. Atasannya itu dipadukan dengan bawahan gaun model bodycon coklat.

Maudy Ayunda (maudyayunda). Maudy mengenakan gaun panjang melekat sempurna ke tubuh. Motifnya batik berwarna coklat, membuat penampilannya charming banget.

Maudy Ayunda, Cantik dengan dress batik (Sumber: Instagram maudyayunda)

Widyanti Yuliandari (widyanti_yuliandari). Woiiii….. Mak…. ye kan bukan selebgram. Biarin ah…. Blog juga blog eyke sendiri. Mumpung punya stock foto rada cakep, boleh ya ikut nampang di sini. Haha…..

Ini foto saya waktu menghadiri sebuah event launching produk gadget di Jakarta beberapa waktu lalu. Dalam beberapa kesempatan event blogger, saya memang sengaja mengenakan batik. Ini sebagai wujud rasa cinta dan bangga saya pada karya anak bangsa.

Teman-teman bisa juga menemukan berbagai model skirt seperti yang saya pakai di Qlapa, lo. Eh, bahkan tas semodel yang saya kenakan juga ada kok di Qlapa. Ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman tentang fashion item yang saya kenakan. Aish…. kaya fashion blogger aja. Saya enggak neko-neko kok. Simpel aja tapi tetap terlihat ok, kan?

Bagaimana dengan teman-teman? Ada yang suka mengenakan batik juga?

 

3 comments

Leave a Reply