Rahasia Mendapatkan Banyak Peluang dari Blog

Share

peluang dari blog

Akhirnyaaaaaa….. tulisan ini akhirnya tayang juga. Setelah bertahun-tahun (eh…lebay. Tepatnya mungkin dua tahun terakhir) seringkali ditanya, “Mbak bagaimana sih bisa diajak bergabung sama brand nganu?” “Mbak, gimana cerita awalnya dapat job di blog?” Dan pertanyaan-pertanyaan senada. Maka saya tulis  sedikit tip mendapatkan peluang di blog ini, sebagai ungkapan rasa syukur saya atas apa yang sudah saya peroleh dari blog. Karena, sungguh, saya harus bersyukur, bahwa apa yang tadinya sekadar hobi- bahkan sekadar pelampiasan keputus asaan saya, ternyata kini memberi banyak hal buat saya.

Ini dia Rahasia Mendapatkan Banyak Peluang dari Blog, versi saya. Sekali lagi, versi saya. Karena banyak, aaaamat banyak jalan menuju tercapainya tujuan-tujuan ngeblog Anda.

Blog yang saya buat berbasiskan mesin wordpress, seperti blog ini. Tutorial wordpres bisa dibaca pada tautan berikut : tutorial wordpress hostinger.co.id.

Buat Blog Kita Pantas Dilirik

Ini penting banget ya…. jangan sampai deh, belum melakukan sesuatu tapi sudah menginginkan rewardnya. Haha…. saya sudah berbusa-busa mengingatkan teman-teman di berbagai training, maupun di grup IIDN. Nulis yang baik. Nulis dengan hati. Nulis dengan konsisten. Contoh mudah: kalau Anda belum pernah menulis satupun artikel tentang gadget , ya jangan terlalu berharap bisa dihired untuk mereview gadget. Apakah tidak mungkin? Mungkin saja sih, tapi ya … bisa disimpulkan sendiri kan berapa persen kemungkinannya.

Saya sudah menulis review dan membuat video review di youtube tentang sebuah laptop, sejak tahun 2012 an. Lalu, saya juga pecinta produk tersebut, sehingga ketika ganti laptoppun belinya ya itu. Setiap mereka mengadakan lomba, kalau temanya masih cuchokk, saya berusaha ikuti. Nah, wajar kan kalau kemudian saya diajak untuk bergabung?

Ini jawaban jujur saya untuk teman-teman yang bertanya ya. Karena sangat banyak yang bertanya melalui inbox. Jawaban ini khusus buat teman-teman yang asli nanya karena pengen tahu. Disclaimer: Jawaban ini tidak berlaku buat nyindirer’s, karena buat apa juga. wkwkwkwk

Tulisan yang berkelas, jelas penting. Berapa pageview juga penting. Jadi memang enggak bisa sok-sokan bilang, saya mah asal nulis aja, asal saya senang saja. Enggak bisa gitu dong. Bagaimana bisa memperoleh kualitas tulisan yang baik. Ya, latihan. Kalau perlu ya ambil kursus. Tanya pada teman, minta pendapat mereka, kurang apa tulisan kita?

Tampilan juga penting. Siapa sih yang mau produk atau foto eventnya terlihat nge-blur? Enggak ada kan ya? Maka, meski pakai kamera hp saja, kuasailah teknik memotret sehingga hasilnya bisa optimal. Setidaknya, ora ngisin-ngisini. Lalu, soal template. Kalau saya sih rumusnya begini: Simpel sekalian (kalau baru bisa pakai gratisan), atau keren sekalian (minta bantuan ahlinya dong). Enggak usah terlalu bernafsu mau begini begitu soal tampilan, lalu dioprek habis-habisan dan hasilnya malah ancur. Simpel-simpel aja deh.

Ikuti Lomba Blog Dengan Total

Lomba blog adalah sarana paling mudah untuk memperkenalkan diri pada brand. Strategi inilah yang saya lakukan di awal-awal saya melakukan upaya monetizing blog. Pilih lomba yang temanya klik, ikuti dengan sebaik-baiknya. Jangan maksain ikut kalau tema lombanya enggak masuk ke kita. Kalau berdasar pengalaman saya, walau saya tak menang lombanya, namun tema itu pas dengan saya dan saya menulis dengan sebaik-baiknya, rata-rata enggak lama kemudian pihak mereka akan mengontak dan menawarkan job. Opo ora enak? Haa..ha.. rela deh gak menang lombanya, namun kerjasamanya bisa berjalan hingga bertahun-tahun.

It is not all About The Money

Sayang-sayangkuuu…. jangan ukur semua dengan uang ya. Please, nanti Anda kuciwa sendiri. Kenapa? Tidak semua project identik dengan uang. Tidak semua review yang ada di blog saya yang Anda baca ini bernilai juta-juta bahkan sekadar beberapa lembar ratusan ribu. Terkadang juga saya menulis karena diminta tolong. Kalau memang saya bisa, dan temanya masuk, ya saya bantu saja. Terkadang reward bukan berupa duit, tapi selalu saya mendapatkan kesempatan-demi kesempatan untuk melompat. Saya selalu percaya MESTAKUNG. Saat ada yang terbantu dengan tulisan kita, maka semesta akan turut mendoakan kita.

Be Positive

Saya berkali-kali berkesempatan ngobrol langsung dengan pihak brand. Dengan maksud menanyakan peluang untuk beberapa kawan untuk bisa turut join dalam berbagai project mereka seperti kesempatan yang saya dapat. Maklum, banyak kawan menginbox, meminta direkomendasikan. Sebagai kawan yang baik, tentu saya berusaha membantu sebisanya. Apa jawaban mereka? “Kami hanya mau bekerja sama dengan blogger yang asyik, Mbak”. See? Maka jadilah blogger yang asyik. Maksudnya disini bukan hanya apik blognya, tapi juga baik attitudenya. Memangnya ada blogger yang attitudenya kurang baik?

Eungg…. enggak tau ya? Tapi yang jelas saya pernah menemui blogger yang kalau dikasih job nulis, setornya selalu telat, menulisnya enggak total dan terkesan asal. Banyak juga saya temui blogger yang kalau diundang ng-event datangnya telat, atau pulangnya awal, giliran ditagih artikel liputan, ngelesnya udah kaya orang ditagih utang sama debt collector. Wah, jangan-jangan saya bakal kena bully nulis begini. Tapi biar deh. Saya merasa sangat perlu menuliskan ini TERUTAMA untuk konsumsi para mentee saya di kelas-kelas blogging Indscript dan untuk teman-teman blogger yang pernah bertanya pada saya. Dan yang berkali-kali saya ingatkan, attitude… attitude…

Baca Juga:

Jangan jadi blogger nyindiran juga. Di eranya sosmed ini kan, orang cenderung dikit-dikit nyindir. Teman begini begitu, disindir di medsos. Fee rada lambat cair, juga nyindir. Bukannya enggak boleh sih, kalau enggak bener-bener penting, saya memilih tidak melakukan.

Nah, itu dia rahasia mendapatkan berbagai peluang melalui blog versi saya. Jika ingin mendapatkan versi yang lebih detil dan teknis, biasanya sih saya ajarkan di training-training saya di Indscript. Eh, kok ngiklan?! Tapi mohon maaf, akhir-akhir ini memang rada susah menjadwalkan training karena kesibukan saya menyusun tesis. Semoga bulan depan bisa curi-curi waktu. Kangen deh bikin kelas online lagi.

 

 

39 comments

  1. www.septiakhoirunnisa.com says:

    Wah baca ini nulis di blog jadi semangat, eh bukan karena sekedar cari rupiah tentunya, tapi hasil dari setiap tulisan kita enak atau tidak untuk dibaca. Aku newbie sih blognya, tapi biarpun baru aku berusaha nulis panjang dan gak asal-asalan.

    Terima kasih Mba, ulasannya berkesan. Oh ya, salam kenal 😊

  2. Septia Khoirunnisa says:

    Wah bacaini nulis di blog makin semangat, eh bukan karena cari rupiah semata, tapi hasil tulisan kita enak atau tidak nantinya dibaca.

    Aku newbie nih blognya, tapi meskioun tergolong baru aku tetap konsisten untuk nulis panjang dan gak asal-asalan.

    Terima kasih Mba, ulasannya bermanfaat. Oh ya salam kenal ya 😊

  3. Estelita Zainal says:

    Saya seneng banget baca tulisannya Mbak Wid. Meskipun ditujukan untuk blogger saya nggak peduli, tetep nyimak jugs Saya udah baca juga tulisan-tulisan lai yang ngajarin mulai dari cara membuat blog yabg gratis maupun berbayar. Tips-tips dari Mbak Wid menginspirasi banget, mudah-mudahan dalam waktu dekat keinginan saya bikin blog bisa tercapai bukan cuma jadi wall di fb. Sekali lagi makasih Mbak…..

  4. Dewi says:

    Maudong mbak kalau ada training lg hehee.. infonya dimana ya biasanya?

    Thank you share nya mbak. Benar, saya juga sangat memperhatikan attitude dan adab dalam.penulisan. pentiing sekalii ! 🙂

  5. diane says:

    Intinyaaa.. tidak ada yang instan ya kakak.. meski tak mudah bukan berarti tak bisa.. yang kerjasama ama brand gadget emang bikin ngiler sih… hihihh

Leave a Reply