Tips Memilih Wadah Makanan Plastik Yang Aman

Share

Tips Memilih Wadah Makanan Plastik Yang Aman

Halo Bu… ada yang suka siapin bekal buat keluarga? Selain hemat, sehat, bawa bekal sendiri memang lebih ekonomis ya, Bu? Kebiasaan sederhana ini juga bisa menjadi ekspresi cinta kita kepada keluarga. So sweet banget kan? Tapi, Bu… Hati-hati memilih wadah makanan berbahan plastik, alih-alih sehat, justru membuat kesayangan dan kita sendiri sakit. Bukan cuma soal bahannya, kondisi makanan saat dikemaspun penting untuk kita ketahui dengan cermat. Agar apa? Ya supaya ikhtiar sehat kita optimal dan tak ada yang sia-sia.

Nah, bagaimana sih mengenali bahan plastik yang aman untuk kesehatan? Apakah semua plastik bisa digunakan secara aman untuk mengemas? Coba saya bagi hal simple tapi penting tentang plastik ini ya.
Kenali Kode Plastik Yang Aman

Jangan lupa, bahwa plastik itu amaaaaat…banyak jenisnya dan penggunaannya. Tentu tak semua cocok untuk digunakan sebagai food storage. Cara mudah mengenali bahan plastik yang aman adalah dengan symbol/ kode angkanya. Kode angka 1 untuk PET atau Polyethylene Terephthalate. Biasanya jenis plastik ini penampakannya jernih transparan, dipakai untuk kemasan minuman dalam kemasan. Sebenarnya, ada yang mengatakan, jenis ini aman-aman saja jika di-reuse. Dengan catatan, pengisinya harus sama dengan cairan pengisi awalnya. Jadi kalau missal asalnya untuk air, ya diisi ulangnya hanya dengan air. Tapi…. Beberapa waktu lalu, dosen saya-seorang professor yang expert dalam bidang pengolahan air, mengingatkan bahwa meski hanya kena panas sinar matahari saja sudah bisa merusak plastik ini. Jadi, amannya ya hindari saja pemakaian ulang. Begitu kalau menurut saja.

Kode angka 2 adalah untuk HDPE atau High Density Polyethylene. Bisa digunakan untuk wadah makanan dan minuman yang bisa diisi ulang. Cirinya, biasanya sih warnanya putih susu, namun bisa saja diwarnai apapun, kuat dan semifleksibel. Plastik ini dinilai cukup aman digunakan sebagai wadah makanan karena komponen kimianya tak akan terurai saat berkontak dengan makanan atau minuman.

Polyvinyl Chloride alias PVC ditadai angka 3. Wah… kok jadi ingat plastik bahan pipa air? Hi…hi…. Jenis ini biasa untuk plastik pembungkus (cling wrap) dan juga botol minuman kemasan. Sebenarnya, dia aman digunakan untuk makanan dan minuman dingin. Bukan untuk mengemas makanan ataupun minuman panas. PVC mengandung DEHA Diethylhexyl yang bisa terurai dan mengkontaminasi makanan dengan makanan pada suhu 15 derajat Celcius. Wah… kalau menurut saya, jenis inipun dihindari aja. Kenapa? Indonesia itu panas lo. Keluar dari lemari pendingin sebentar saja, sudah tercapai suhu segitu. Ini kalau menurut saya sih.

Lalu angka 4 adalah LDPE atau Low Density Polyethylene. Biasanya untuk wadah makanan atau minuma. Jenis inipun aman digunakan. Nah, sekarang ini nih Polypropylene atau PP. Ini yang disebut-sebut sebagai plastik terbaik untuk mengemas makanan. PP punya ciri selain kuat, ringan dan transparan, dia juga mengilap dan memiliki daya tembus uap yang rendah.

Kode 6 adalah untuk PS (Polystyrene) alias styrofoam. Amankan?

Konon katanya sih cukup aman, selama tidak rusak atau berubah warna. Tapi…. Eh tapi…. Saya kok ngeri melihat cara kebanyakan orang menggunakannya ya. Contoh saja, untuk kemasan mie siap saji, pasti dong dengan dituangi air panas mendidih? Buat gelas disposable juga gitu kan? Ambil the atau kopi instan, taruh di gelas styrofoam, tuang deh air panas. Yakin gak bakal terurai itu komponen-komponen kimianya? Itu baru dari sisi kesehatan. Dari sisi lingkungan bu? Sepengetahuan saya, hingga saat ini jenis kemasan ini belum bisa didaur ulang. Mau memenuhi bumi dengan sampah jenis ini? Jangan deh yaaa… Coba deh baca di sini: Styrofoam, Bahaya di Balik Sosok Putih Bersihnya

Yang terakhir angka 7. Nah, yang ini seringkali tidak dicantumkan. Jenis berkode angka 7 atau OTHER ini sebenarnya plastik yang menggunakan lebih dari satu campuran. Bagaimana keamananya untuk wadah makanan? Hmmm… Tidak mudah menentukan, mengingat tidak diketahui campuran plastik secara pasti.

Nah, kalau saya pakai apa untuk wadah bekal buat anak-anak (dan diri saya sendiri?). Di dapur saya, mostly storage plastik bekal itu ya tuppy. Pakai meal box Tupperware buat wadah bekal buat anak-anak udah sejak mereka masih PAUD. Salah satu alasannya pilih tuppy adalah karena kode plastik tupperware membuat saya merasa aman. Kalau saya cek, semua wadah tuppy yang saya punyai, symbol angkanya 5 yang menunjukkan simbol food grade, pada tingkatan terbaik. Jadi, insyaallah aman deh.

Sumber Gambar : www.tupperware.co.id

Leave a Reply