Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Share

Bicara soal jerawat, saya adalah salah satu yang punya sejarah panjang bersama mahkluk mungil namun tidak unyu ini. Ih, mahkluk satu ini menggemaskan banget ya, bikin jengkel karea dia suka usil nongol di wajah yang tadinya mulus. Bahkan bukan hanya wajah, leher dan punggungpun kadang jadi sasarannya.


Saya berjerawat sejak SMP, makin parah saat SMA dan menjadi sangat parah lagi menjengkelkan saat pindah ke Surabanya untuk melanjutkan pendidikan. Gak diobati? Gak Ke dokter? Sudah lah. Dari dokter, tempat perawatan kecantikan, sampai obat-obatan tradisional sudah saya coba. Produk perawatan kulit wajahpun selalu pilih yang berlabel “Acne Series” atau “Acne Prone Skin”. Halahhh sampai bosen rasanya, enggak bisa ganti-ganti atau coba-coba berbagai merk.

Soal makanpun sampai pilih-pilih. Sangat membatasi coklat. Yang enggak makan gorengan lah. Gak makan kacang lah. Dan sebagainya…dan sebagainya. Pokoknya apa yang orang bilang, biasa saya coba.Ada yang pernah mengatakan ke saya, “jerawatan gitu, sesakit apa dalam paru-paru mu?” ih… saya esmosi jiwa mendengarnya. Lha wong saya merasa sehat kok dia ngomongin paru-paru sakit segala. Perkataan ini saya ingat terus!

Persoalan jerawat mereda saat hamil sampai akhirnya punya anak. Sayapun lega. Ahhh… sudah mulai lirik-lirik bedak dan skin care lain dong. Eh, ternyata tidak seperti yang saya kira. Begitu ganti produk, jerawat muncul lagi. Waduh! Enggak banyak dan gak terlalu parah sih, tapi tetap saja mengganggu kan.

Suatu masa saya bermasalah dengan batuk. Saat dingin saya akan batuk luar biasa parah. Begitu juga ketika terkena debu, asap, atau apapun yang berbau. Saya akan batuk dan juga bersin. Lalu ada masa ternyata saya terdiagnosa bronchitis, dan itu terjadi berulang-ulang. Saya mulai membenarkan ucapan seseorang bertahun silam. Oh… mungkin ada benarnya juga. Sampai akhirnya saya kenal food combining dan melakukannya. Awalnya saya enggak sadar, bahwa ternyata saya sudah semakin jarang berjerawat. Bahkan hampir tidak pernah berjerawat lagi.

Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun berjerawat di masa lalu, ini tips menghilangkan jerawat secara alami yang bisa teman-teman coba.
1. Bersihkan Secukupnya
Siapapun pasti menyerankan: jaga kebersihan kulit, untuk memerangi jerawat. Iya sih, memang benar. Tapi, jangan berlebihan juga. Kadang ada yang saking hati-hatinya soal kebersihan bahkan sampai berulang-ulang banget cuci muka. Ini sama-sekali enggak membantu, menurut saya. Yang ada kulit malah jadi kering, jerawat tetap saja betah.
Jika Anda tetap berjerawat dengan pembersih wajah yang itu-itu saja, coba deh pembersih yang lebih menyeluruh dan alami. Apa itu? Oil cleansing. Saya sangat suka membersihkan wajah dengan berbagai jenis oil-oil alami. Anda bisa juga coba, pilih yang sesuai untuk kulit berjerawat. Kalau menurut saya oil cleansing bisa mengangkat kotoran lebih sempurna dari sekadar sabun muka, kelebihannya, dia tidak meninggalkan wajah kering sesudahnya. Kulit bahkan akan terpelihara kekenyalannya.

2. Pilih-pilih Produk
Ada produk-produk kecantikan tertentu yang kalau dipakai bakal makin memicu jerawat? Coba saja dirasakan, setelah pakai apa jerawat Anda makin parah? Kalau saya, dulu merasakan, produk ber “whitening” itu yang bikin makin breakout. Pernah kan beberapa kali beli produk, karena kurang teliti, ternyata dia berlabel whitening. Nah, setelah dipakai, jerawat makin menjadi. Hindari saja produk seperti ini.

3. Cek Pola Makan
Jerawat itu, kalau dalam keyakinan saya, sebenarnya termasuk dalam salah satu bentuk alarm tubuh. Berjerawat, apalagi parah dan tidak sembuh-sembuh, itu menunjukkan ada sistem tubuh yang kurang beres. Coba saja cek pola makan Anda. Masih makan cukup banyak protein hewani, makanan prosesan, apalagi makanan mengandung gluten? Nah, sekarang ubah menjadi pola makan berlimpah buah dan sayur segar, hindari junkfood dan cemilan pabrikan.

4. Pola Hidup Sehat
Karena jerawat adalah cerminan bagian dalam tubuh, maka pola hidup secara keseluruhan bakalan sangat berpengaruh. Coba cek, bagaimana pola tidur. Hindari begadang deh. Kelola juga stres dan jangan lupa olah raga.

5. Bukan Hanya Kebersihan Wajah
Nah, kadang ini luput dari perhatian. Jerawat juga kadang dipengaruhi kebersihan rambut ataupun perlengkapan tidur Anda. Jadi coba mengganti lebih sering sarung bantal.

Bagaimana kalau jerawat yang muncul selama puasa, terutama akhir-akhir ramadan? Jika pola makan Anda baik, kemungkinan sih ada hubungannya dengan detoks. perbanyak saja asupan buah dan sayur untuk mengefektifkan detoksnya dan perbanyak pula konsumsi air putih.

Jadi itu aja cara menghilangkan jerawat secara alami ala saya. Simpel. Tapi memang butuh konsistensi, sih. Kalau dilakukan dengan konsisten, Insyaallah bukan cuma jerawat yang kabur. Tapi tubuh sehat lebih bugar pun jadi milik teman-teman. Insyaallah.

 

Salam hangat penuh cinta,

WY

5 comments

  1. Zia says:

    Aku kadang muncul jerawat satu dan ga enak banget deh mba. Alhamdulillahnya cepet hilang. Nah, tips diatas yang biasanya aku terapkan. Hehehe

Leave a Reply