Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
Share
minuman segar untuk buka puasa

Pernah membayangkan segelas es kelapa muda untuk berbuka puasa? Atau … semangkuk penuh es campur dengan isian aneka rupa, pink segar meronanya sirup frambozen plus creamy manisnya susu kental manis? Keduanya itu menu pembuka yang sudah sangat umum untuk buka puasa, bukan? Lalu ada beberapa teman yang bertanya, seperti apa sih buka puasanya para pelaku food combining? Bolehkah FC-ers mengkonsumsi minuman segar untuk buka puasa? Ya jelas boleh, dong. Resep minuman segar untuk buka puasa kaum Food Combiner malah simpel dan sehat. Mau coba?

Resep Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Selama ini kan diketahui takjil ala pelaku food combining itu ya buah. Lalu apakah FC-ers tidak bisa menikmati takjil aneka minuman segar lainnya? Jawabnya, BISA! Rumusnya sih, ingredientsnya tetap aja buah, atau sebisa mungkin pakai bahan-bahan alami yang tetap mudah cerna. Bagaimana dengan tambahan es? Kalau bentuknya smoothie, boleh saja memasukkan sedikit es batu saat bahan di proses. Fungsinya sih buat mengurangi kenaikan suhu akibat putsran pisau blender. Tapi tetap makanan atau minuman dengan suhu dingin tidak cocok disantap lebih-lebih ketika kita berpuasa.

Baca juga:

Menu Puasa Ala Food Combining

Jus Buah

Kalau buat saya, jus buah pas banget buat berbuka. Segerrrrr…. seringnya sih, kami berbuka dengan orange juice, karena sekarang jeruk manis lokal emang lagi murah. Habis segelas orange juice, baru deh disambung dengan beberapa jenis buah lainnya. Hmm…. energi instan seketika!!

Minuman segar untuk buka puasa (2)

Tips:

  • Kalau ada gunakan slow juicer.
  • Buat sesaat sebelum waktu berbuka tiba
  • Segera konsumsi dan jangan disimpan meski di lemari es

Smoothie

Smoothie juga bisa jadi pilihan segar dan sehat. Cuma, kalau buat buka puasa, mungkin kesukaan saya sih lebih pas bikin smoothie yang cita rasanya lebih ke arah segar, ya. Juga bikin lebih encer, tidak sangat pekat, jadi lebih light sehingga sensasi segarnya dapat. Tapi, mau bikin smoothie kental yang teksturnya menyerupai bubur juga enggak terlarang kok. Soal selera saja ini sih. Bahkan mau variasi dengan menyajikan smoothie dalam bentuk smoothie bowl juga oke, ditambah irisan beberapa jenis buah atau bebijian di atasnya, pasti bikin buka puasa teman-teman makin bersemangat.

Minuman segar untuk buka puasa

Tips:

  • Rasa segar bisa didapat dari bauh yang mengandung sedikit rasa asam, misal nanas, jeruk manis, apel, sirsat.
  • Kombinasikan beberapa jenis buah untuk mendapatkan citarasa yang kaya
  • Untuk mendapat rasa lebih manis dan segar, bia gunakan air kelapa muda atau air jeruk manis peras sebagai cairan pengencernya
  • Konsumsi segera

Baca juga:

Variasi Jus dan Smoothie

Resep Buka Puasa Ala Food Combining

Koktail Buah

Berbeda dengan koktail buah yang biasanya, koktail ala FC, tetap doong komposisinya berlimah buah tanpa tambahan sirup, soda atau bahan-bahan mengandung aditif lain. teman-teman bisa kombinasikan beberapa jenis buah kesukaan, aneka warna ya, supaya cantik dan makannya semangat. Misalnya hijau dari kiwi atau melon, putih dari buah naga putih, kuning dari jeruk atau nanas, merah dari semangka atau stroberi. Nah…. siram deh dengan air jeruk manis peras. Atau bisa juga siram dengan jus buah, misal jus nanas. Hmmmm…..

Kelapa Muda

Bosan makan buah? Boleh juga lo buka puasa dengan takjil kelapa muda plus airnya. Ingat, tanpa tambahan sirup atau gula, karena kita aja udah manis. Aheummm…. boleh kalau dikasih sedikit variasi misal dengan sedikit perasan jeruk nipis, atau mau mix sama biji selasih juga boleh kok. Pastikan makannya tetap dikunyah-kunyah yaaaa…. jangan asal glek…glek mentang-mentang udah kehausan banget. Haha.

Minuman segar untuk buka puasa

Nah, buat Anda yang bukan pelaku food combining, tetapi sesekali ingin merasakan sensasi buka puasa sehat dan dapat energi seketika, silakan coba beberapa minuman segar untuk buka puasa di atas. Ingatlah untuk mengkonsumsinya dalam perut kosong dan berilah jeda sebelum beralih ke jenis makanan lainnya.

Selamat berpuasa

Foto-foto diambil dari pixabay

Post Author: wyuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

6 Replies to “Minuman Segar Untuk Buka Puasa Ala Food Combining”

  1. Aku juga buka puasanya jus dg air es tanpa gula, nggak teh, es cendol atau kolak. Kalau smoothie pada nggak doyan, lbh doyan buah potong.

  2. Ini tiap hariii saya juga begitu. Jadi habis air putih terus solat terus baru jus. Segar banget tuh air jeruk manis diblend sama mangga gincu manis dan apel. Hmmmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *