Modal Ide Gila, Dapatkan Hadiah Total 500 Juta!

pertamina ide gila

 

Kuliah jam pertama pagi itu baru saja usai. Saya buru-buru mengaktifkan ponsel, mengecek jam dan memeriksa pesan-pesan penting. Sambil berjalan keluar dari gedung, saya pesan Gojek. Tujuannya satu, sesegera mungkin sampai Gedung Pusat Robotika, di mana acara akan digelar. Beberapa menit lagi menuju pukul 11, dan saya tak ingin terlambat tiba di tempat. Antusias? Iya dong, ini event pertama yang saya hadiri sebagai blogger, di kampus kesayangan. Wah…..

Gedung Robotika yang bernuansa putih itu sudah ramai banget. Kabarnya, Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 Roadshow yang bakal digelar di gedung ini, sudah hadir pula di beberapa kota, dan pada tanggal 21 Februari nanti akan diselenggarakan pula di Depok. Beres saling tunggu dengan beberapa teman, segera registrasi dan … owww… jangan lupa dong selfie dulu di photobooth.

Bersama Mbak Avy, Blogger Nge-hits Suroboyo (Image Courtessy: Mbak Avy)

Bersama Mbak Avy, Blogger Nge-hits Suroboyo (Image Courtessy: Mbak Avy)

Lewat beberapa menit dari pukul 11 acara dimulai. Bapak Made Adi Putra, Retail Fuel Marketing Region Manager V, dalam sambutannya mengatakan, bahwa PT. Pertamina (persero) mendukung penuh upaya pengembangan serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Ini termasuk pula upaya menggalang partisipasi masyarakat dalam deversifikasi dan konservasi energi melalui Pertamina Ide Gila Energy Competition ini.

Paham dong ya kita, energi terus dibutuhkan bahkan kebutuhannya terus saja meningkat. Sementara sumber-sumber energi yang telah biasa kita gunakan, sebagian besar adalah energi tak terbarukan, misalnya bahan bakar fosil yang butuh waktu amat lama untuk dibentuk kembali. Sedangkan penggunaan energi terbarukan masih sangat baru sekitar 6,8% (Ekonomi Bisnis, Sindo, Juni 2016).

pertamina ide gila 2017

Sebagai tuan rumah, Bapak Darmaji dari Kemahasiswaan ITS turut pula hadir dan memberikan sambutan singkatnya. Setidaknya ada 3 poin penting yang disampaikan beliau. Pertama bahwa sebaik-baik manusia adalah yang mampu memberikan kebermanfaatan pada sesamanya. Kedua, Pak Darmaji mengingatkan, bahwa SDA apapun itu yang masih tersimpan dalam perut bumi misalnya, level kebermanfaatannya masih nyaris 0. Untuk memberikan nilai kebermanfaatan yang lebih, dibutuhkanlah adanya inovasi. Terakhir beliau menyampaikan bahwa kompetisi, apapun itu, memang diperlukan untuk memacu adrenalin, memberikan semangat untuk berlomba-lomba memberikan hal terbaik.

pertamina ide gila 2017

pertamina ide gila 2017

Karya Arek ITS

Dalam kesempatan itu, hadir pula beberapa anak muda hebat yang telah berani berjibaku buat mewujudkan ide gila mereka. Anak-anak kece ini datang bari berbagai kampus terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, STT PLN dan juga almamater saya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Duh… banggane aku rekk

Mereka menceritakan proses menemukan ide hingga eksekusi ide mereka. Ternyata Ide-ide gila itu asalnya “hanya” dengan peka melihat sekitar. Apa sih yang dibutuhkan orang-orang di sekitar kita? Seperti Electric Eco Bike misalnya, karya adik-adik saya di ITS ini lahir dari mencermati kebutuhan energi yang lumayan gede untuk melakukan charging ponsel. Bayangin, jumlah ponsel kini lebih banyak dari jumlah manusianya, iya kan?

Dalam acara itu pula Yoris Sebastian, seorang creative expert yang mewakili dewan juri kompetisi ini menyampaikan sharingnya. Menurut Yoris, kompetisi ini akan memacu generasi milenial dalam mengekspresikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka seputar energi baru dan terbarukan. Menurutnya juga, Roadshow ini akan meningkatkan awareness mereka akan betapa petingnya energi alternatif. Menurut Ketua Panitia Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017, acara roadshow ini merupakan kesempatan besar bagi para calon peserta untuk menggali informasi serta mendapatkan inspirasi sebanyak-banyaknya.

Untuk kompetisi tahun ini, sebenarnya Pertamina Ide Gila Energy Competition ini sudah dimulai sejak 15 Desember 2016 lalu dan bakal berakhir di tanggal 5 maret yang akan datang. Jadi untuk teman-teman generasi muda yang berminat ikut, bisa langsung cari info lengkapnya dan submit di www.pertaminaidegila.com. Untuk teman-teman yang ingin selalu update informasi tentang kompetisi ini, bisa juga follow media social resmi event ini: Facebook: Idegila Marketing Twitter: @idegila_mktg Instagram: @idegila_marketing

So… nunggu apalagi? Punya ide gila, brilian, jenius atau apapun namanya? Beranilah mengeksekusi, dan submit di www.pertaminaidegila.com. Punya ide gila super kreatif tapi enggak berani ikut? Yah… sama aja suka ama cewek tapi gak berani nembak. Ya enggak? Ya enggak?

Nanti menyesal kalau enggak ikut lo. Karena, buat yang menang, hadiahnya bukan hanya sekadar duit cash, total 500 jeti! hadiah luar biasa lainnya adalah nanti akan dibimbing untuk pengembangan produknya dan bakalan diajak study tour bersama Pertamina ke luar negeri. Wuihhh….. 

Yukk…udah ah…jangan kelamaan mikirnya. Yang merasa punya ide gila, segera saja cari info lengkap, wujudkan dan submit yo rek!

 

2 comments

  1. Lily Kanaya says:

    Wiii hadiahnya lumayan banget 500 juta, kapan lagi hanya dengan submit ide kreatif dpt dana sebanyak itu 🙂

    Mungkin perlu di submit ke adik2 yang masih fresh graduate nih hihi

     

     

Leave a Reply