Cara Memilih Smartphone Untuk Ibu Bekerja

Share

cara memilih smartphone untuk ibu bekerja

Smartphone, sekarang sih fungsinya bukan lagi sekadar untuk telepon, terima telepon, kirim sms, main sosmed dan semacamnya. Benda kecil yang kerap dibawa ke mana-mana ini kini juga berfungsi sebagai partner kerja, teman menikmati hobi, dan perangkat yang membuat kita lebih terhubung dengan dunia luar.

Ada banyak sekali smartphone ditawarkan, mulai dari yang tak sampai sejuta, hingga belasan juta harganya. Bagaimana kita memilihnya? Kalau saya sih, termasuk orang yang rada pemilih. Sangat banyak hal yang menjdi pertimbangan sebelum saya memutuskan memilih gadget. Ini cara memilih smartphone untuk ibu bekerja versi saya.

Fungsi

Pertama yang saya pertimbangkan adalah fungsinya. Apakah smartphone ini akan saya pakai sekadar buat telepon dan sms plus mungkin juga ber-sosmed? Atau, apakah benda ini juga sekalian saya gunakan browsing, memotret dan mengedit foto, dsb? Nah, jika sudah diperkirakan dari awal apa fungsi-fungsi yang dibutuhkan, kita juga sudah bisa mereka-reka spek bagaimana yang sesuai.

Kalau buat saya, pasti harus bisa memadai untuk memotret. Karenanya, kemampuan kamera juga kudu sesuai. Setidaknya 12 megapiksel lah … kalau lebih, ya lebih bagus. Kualitas lensanya juga penting. Bukan asal gede pikselnya. Itu sih kalau menurut pengalaman saya.

Kekuatan

Penting banget ini! Namanya ibu-ibu ya, mau itu stay at home mom ataupun ibu bekerja, pastilah urusan pegang hp juga ada kalanya “rebutan” sama anak. Apalagi kalau anaknya masih kecil atau memang belum diberikan hp sendiri. Nah… wajib punya perangkat yang tahan banting itupun masih harus ditambah extra perlindungan dengan memberikannya cover. Siapa yang smartphonenya pernah jatuh karena anak-anak? Pasti banyak yang senyum-senyum. Ha…ha…

Tampilan

Kalau bisa…. kalau bisa loh ya… tampilan juga masuk menjadi bahan pertimbangan. Membawa smartphone dengan tampilan keren juga bagian dari cara saya menampilkan profesionalitas sebagai perempuan bekerja. Ada orang yang suka tampilan aman, warna gelap atau hitam misalnya. Tapi kalau ingin tampilan glamour, enggak ada salahnya juga lo, sekarang banyak smartphone dengan warna-warna gold yang sungguh cantik.

Kenyamanan Digunakan

“Man teman…. mau beli hp nih…. minta saran dong, better iOS apa Andro?”

Demikian seorang teman memulai obrolan di grup WA kami yang isinya perempuan-perempuan blogger super kece. Ha….ha…

Nah… itu hal penting banget, lo. Bertanya sebelum membeli. Kalau buat saya, urusan sistem operasi sebuah perangkat itu pasti ada plus dan minusnya. Mungkin enggak bisa dikatakan SO A lebih baik dari B, menurut saya sesuai kebutuhan kenyamanan masing-masing pengguna. Dan itu kadang ya, kembali lagi ke selera sama habbit.

Harga

Last but not least… Harga masuk hitungan banget lah kalau saya. Iyalah… enggak mungkin memaksakan membeli smartphone yang harganya ada di luar jangkauan saya. Cari yang murah? Eunggg…. enggak juga. Karena hitung-hitung sebuah smartphone buat saya adalah “modal” kerja, jadi enggak ada salahnya memilih yang sedikit lebih mahal, namun benar-benar bisa support kebutuhan pekerjaan saya dan harus awet dipakainya.

Nah, kalau sudah tahu kira-kira smartphone seperti apa yang saya mau, tinggal cari aja harganya. Sekarang sih urusan begitu mudah banget, hanya cukup selesai dengan ujung jari. Ketik aja, misal: harga hp iphone 5 …. dan kitapun dapat infonya. Sesuaikan saja dengan kemampuan, beres!

Nah… teman-teman kalau beli smartphone memilihnya bagaimana? Punya trik tersendiri tentang cara memilih smartphone untuk ibu bekerja yang belum disebut di atas? Yuk… feel free to share…

This entry was posted in Techno.

7 comments

  1. Pakde Cholik says:

    Fungsi memaqng pantas menempati urutan teratas.

    Maklum masih banyak yang membeli gadget untuk adu gengsi sehingga tiap muncul model baru langsung ngiler.

    Terima kasih tipnya

    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

  2. Diah says:

    Betul banget tuh Mbak poin2 tadi, biar jg hpny mahal tp klo gak digunakan sesuai fungsinya, dimaksimalkan fitur2 nya ya sayang jg sih. Jd mending beli sesuai fungsi dan kebutuhan kita. Jgn lupa sesuaiin harga jg hehheehh 😀

  3. rani yulianty says:

    betul banget mba wid, kekuatan salah satu faktor yg jadi pertimbangan, maklum sering tiba-tiba direbut dan dilempar sama bocah, dianggapnya itu mainan wkwkwkw

Leave a Reply