Resolusi 2017: Ingin Berat Badan Ideal? Ini Caranya

Share

berat badan ideal

 

Resolusi 2017: Ingin Berat Badan Ideal? Ini Caranya – Diakui atau tidak, pasti ada diantara teman-teman yang punya resolusi  tahun 2017 yang salah satunya adalah: mau berat badan ideal! He..he… enggak usah tunjuk jari, enggak apa-apa kok. Wkwkwk … mendambakan tubuh langsing singset dengan berat badan ideal, bukan dosa kok yaaa…

Nah,  izinkan saya berbagi kiat, bagaimana agar resolusi langsing dengan bb ideal teman-teman bisa menjadi kenyataan di tahun 2017 (dan seterusnya) ya…. siapa tahu, hal kecil, simpel dan ndak ndakik-ndakik ini berguna.

1.    Motivasi 
Segalanya dimulai dari niat. Temukan juga alasan terkuat, kenapa teman-teman merasa harus langsing. Mungkin agar badan lebih nyaman dan enteng bergerak, mungkin juga karena ingin lebih sehat, atau sekadar ingin bisa menghindari pemborosan akibat harus sering ganti ukuran baju misalnya?  Temukan alasan terkuat, ya. 

 

2.    Keyakinan
Banyak kasus gagal menjadi langsing karena faktor mental block. Ah… saya mah cetakannya udah segini. Ah…. susah deh saya mencapai bb segitu… de es be….
Cari kisah-kisah orang-orang overweight yang berhasil melangsing dengan sehat. Kalau mereka saja bisa, kenapa Anda tidak? Tanamkan berulang-ulang pada diri Anda: Saya bisa!

Teman-teman bisa membaca berbagai pandangan baru tentang bagaimana menjadi langsing, dalam tulisan ini.

Happy Eating Go Langsing: Cara Langsing Yang Efektif, Mudah Dan Menyenangkan

 

3.    Hubungan Baik Dengan Makanan
Nah… bagi sebagian orang mungkin ini terasa aneh. Orang cinta makanan ya, berarti dia akan lebih banyak dan sering makan. Demikian mungkin anggapan banyak orang. Hubungan yang baik dengan makanan yang saya maksud di sini adalah, kita bisa memposisikan makanan secara proporsional. Tahu dan sadar betul apa fungsi makan. Bisa mengenali apakah kita benar-benar sedang lapar secara fisik (artinya tubuh memang sedang butuh nutrisi) atau hanya sekadar lapar mata gara-gara melihat foto makanan misalnya.

Orang yang memiliki hubungan baik dengan makanan juga bisa menikmati makanan. Menikmati artinya, makan dengan kesadaran penuh, menikmati dan menghayati setiap suapan dan kunyahan. Nah… orang-orang yang makan dengan cara begini, dijamin deh tidak akan makan berlebihan.


4.    Makan Sehat, BUKAN Mengurangi Makan
Saya sudah berkali-kali menulis,  makanlah dengan sehat, jangan mengurangi makan. He..he.. jangan bosan ya. Ini penting banget sih. Kasihan banget melihat upaya melangsing beberapa teman yang nampaknya membuat mereka tersiksa. Terkadang kesannya melawan kodrat. Misalnya sama sekali tidak menggunakan garam. Aduh…. pasti bosan kalau lama-lama begitu. Ya enggak sih?

Lalu bakalan kejadian diet yoyo. turun BB habis itu bosan. Sebagaimana biasanya lagi, lalu BB melambung lagi. Lalu insyaf lalu diet begitu lagi, kurus lagi, bosan lagi…. terus saja begitu seperti yoyo. bukan hanya melangsingnya yang kemudian gagal (karena tidak ajeg) tapi juga perlu dperhatikan dampak kesehatannya ya.

Teman-teman bisa memilih pola makan food combining, misalnya. Meski sasaran utama food combining bukan pelangsingan ataupun penurunan berat badan, tetap saja, efek sehat food combining bikin badan langsing dengan sendirinya. Teman-teman bisa baca di artikel berikut:

Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining

Menu Food Combining

Food combining sudah terbukti sangat-sangat membantu saya menjaga berat badan ideal. Bukan hanya itu, bentuk tubuh juga lebih ideal berkat food combining. No perut berlipat apalagi bergelambir, No lengan ban serep, dll yang biasanya kerap dikeluhkan emak-emak apalagi yang sudah pernah melahirkan dan mendekati usia 40 seperti saya.

Kalaupun masih merasa pola makan ini terlalu susah dieksekusi, setidaknya teman-teman tahu, apa yang baik dimakan dan apa yang tidak baik dimakan. Rumus mudahnya sih, makan yang alami dan makan lebih banyak bahan berasal dari tumbuhan. Utamakan makanan segar, buah dan sayuran segar mentah misalnya. Keduanya termasuk makanan yang sangat efektif membantu menurunkan bb. Tidak hanya itu, keduanya juga sangat penting untuk tubuh melangsing dengan sehat. Bukan langsing tapi kuyu.

 

5.    Bergerak
Siapapun tahu, kita perlu proporsional bergerak. Sehat adalah keseimbangan antara bergerak dan diam. Jangan khawatir, Anda tidak harus juga kok mengeluarkan biaya mahal untuk ngegym atau ikuta olah raga ini-itu. Berjalan kaki, asal konsisten dilakukan, juga sudah bisa menjadi sarana membakar lemak yang cukup efektif.
 

Nah… ada yang mau mencoba? Silakan kabari saya yaaa…

 

Salam Hangat,

WY

15 comments

  1. Kurnia amelia says:

    Makasih mba Wid sharingnya duhh resolusi berat ideal ku tuh dari kapan tau tapi kok ya gagal terus haha.Tapi insya allah tahun ini saya mau mencoba lebih konsisten doakan saya yoo 😂.

  2. Dewi Nielsen says:

    Perut bergelambir, lengan ban serep..kok tau sih aku punya masalah ini 😀 wkwkw…susah banget punya body kayak Beyonce atau J.Lo ya mak..padat sehat gitu….Aku pengen ah nyoba food combining 🙂

  3. ulu says:

    Milih FC karena prinsipnya yg ajegila asik banget: gak mengurangi makan. Cuma atur jam & komposisi makan. Tapi…udah setahunan gak FC lagi nih, Mba Wid. Berat badan meroket aheuheuheuheu Januari ini mau mulai FC lagih. 

  4. Titis Ayuningsih says:

    Olahraga juga perlu ya mba, aku justru mau gemuk hehe. Tips yang dicari oleh kaum perempuan yg ingin langsing 🙂

  5. Yeni dwi K says:

    wid,kpn hr q dh cb diet dgn tdk mkn nasi putih dn sejenisnya yg mengandung karbohidrat selam 2 blnan itupun perlahan nyobanya.mmg turun sih smpk 5-6 kg. trs ada yg blg terlalu kurus dn kebtln waktu itu olahraga jg extra…dlm seminggu yg q jalanin gym 2x,aerobic 2x dan puasa 2x akhire krn gk mkn karbo blas lambungku srg kram.kt sodara yg kebtln dr. disrh berhenti diet akhire yo mandek…eh lah kok skrg naik neh….pusing jg. skrg sdh ngelos maem sehr 3x maem nasi olhrg ttp kyk dulu dn lambungku gk ad mslh…bagi trik dong wid…please…ha..ha

    • wyuliandari says:

      Hai Yeni…Dalam semua tulisanku ttg healthy eating, tidak pernah sekalipun aku sebut untuk skip karbo. Beberapa kali aku sebutkan, pilih saja karbo yang baik. Karbo yg baik seperti apa? Masih banyak kandungan nutrisinya, artinya memang bukan beras yg disosoh kelewat putih apalagi diputihkan. Nasi hitam dan nasi merah atau juga brown rice bisa jadi pilihan karbo sehat. Olah raga berat juga bukan jawaban lo ya. Semua sekadar sesuai kebutuhan saja. Apalagi usia mendekati 40 kayak kita ini, sebenernya bagusnya olahraga yg low impact saja. Kalau untuk penyitas kanker, kok aku lebih saran jalan kaki dan yoga ya. Karena yoga juga banyak membantu untuk sisi mentalnya, yang itu dibutuhkan banget sama penyitas.

      Keep healthy

Leave a Reply