Indah Nuria Savitri: “Early Detection Is The Best Defense!”

Share
Indah Nuria Savitri
Ngobrol Bareng Indah Nuria:  “Early detection is the best defense!” – Emak blogger mana yang enggak kenal Mama Bo et Obi aka Indah Nuria Savitri? Saya kenal beliau saat awal masuk grup Kumpulan Emak-emak Blogger. Mbak Indah adalah sosok diplomat yang sangat membanggakan menurut saya. Dan di sela-sela tugasnya yang padat di United Nation sana, Mbak Indah masih berkomitmen untuk terus menulis di blognya.
Lihat saja blognya: … keceeee….. saya suka sekali berkunjung ke sana, membaca tulisan-tulisan traveling yang foto-fotonya bikin mupeeeng. Aaaakkk… Mbak Indah! Tetapi ada hal yang paling saya suka untuk saya baca di blog milik pecinta wastra dan pecinta warna ungu ini. Apa itu? Perjuangannya melawan kanker. Dalam blog ini ada beberapa cerita Mbak Indah, mulai dari terdiagnosa, hingga menjalani berbagai sesi pengobatan, termasuk cerita-cerita bagaimana orang-orang terkasih menjadi satu “obat” tersendiri yang menyokong kesembuhannya.
Ada baiknya Anda juga Membaca: Pola Makan Untuk Mencegah dan Mengobati Kanker
Kita pasti sering sekali mendengar tentang kanker. Lengkap dalam satu paket dengan luka dan kehilangan yang diakibatkannya. Maka, saya sangat ingin berbincang dengan Mbak Indah, karena saya ingin pembaca blog ini memiliki pandangan baru tentang kanker. Bahwa kanker bisa disembuhkan… bahwa orang yang telah didiagnosa kanker masih bisa menikmati hidup yang lebih berkualitas sesudahnya…. bahwa…. ah… kita langsung temui beliau saja yukkk….
Tanya:
Mbak Indah, apa sih yang dirasakan saat pertamakali didiagnosa kanker?
Jawab:
Rasanya kaget, sedih, takut, panik, bingung dan tidak habis pikir kenapa saya kok bisa terkena kanker. Why me? And what to do next? Itu yang langsung memenuhi pikiran saya saat didiagnosa positif menderita kanker. Saya juga memikirkan anak-anak dan suami. Pokoknya nano-nano mbaaaa…
Tanya:
Pasti, pasca didiagnosa itu Mbak berhadapan dengan banyak opsi. Operasi, kemoterapi, dan pilihan terapi lainnya berikut, dimana tempatnya, siapa yang melakukan, dan pasti baaanyak lagi hal yang harus dipertimbangkan. Nah, pada tahap itu, bagaimana cara Mbak Indah kemudian membuat keputusan?
Jawab:
Saya berdiskusi panjang lebar dengan onkologist ahli kanker payudara yang menangani kasus saya. Details sekali, terutama mengenai berbagai dampak negatif dari prosedur yang akan saya jalani, seperti tidak bisa punya anak, rambut rontok/gundul, gangguan pada jantung dsbnya.
Saat konsultasi, suami selalu dampingi saya dan menguatkan. Banyak pilihan yang kami tetapkan berdua, seperti saat saya diminta untuk membekukan sel telur jika masih ingin memiliki anak setelah saya kemo atau ketika saya memilih melakukan rekonstruksi payudara. Yang pasti, saya pun banyak bertanya dengan para survivors lainnya dan mencari informasi yang kredibel di sumber terbuka. Suami saya juga selalu memberikan kebebasan buat saya untuk mengambil pilihan yang terbaik untuk saya.
kanker payudara

Mbak Indah Saat Persiapan Breast Reconstruction

Tanya:
Kalau saya boleh bilang, Mbak Indah termasuk salah satu dari tidak banyak survivor (eh, atau fighter ya nyebutnya? ) yang pasca serangkaian pengobatan kemudian justru terlihat mengalami peningkatan kualitas hidup. Setidaknya demikian yang saya lihat. Boleh dibagi pada kami mbak, menurut Mbak Indah, apa saja sih yang menjadi kunci sukses pengobatan kanker yang Mbak lakukan?
Jawab:
Alhamdulillaaaah … 
Anugrah terbesar yang saya dapat dari-Nya adalah semangat tinggi untuk sembuh. Anak-anak dan keluarga tercinta jadi sumber  energi yang luar biasa untuk saya. Saya juga beruntung bisa mendapat pengobatan terbaik di sini (Mbak Indah tinggal di New York). Dengan social support yang juga sangat baik, seperti nurse yang datang ke rumah, social counseling sampai jasa pengantaran obat ke rumah.
Yang pasti, Saya seperti dibuka pikiran, mata dan hati bahwa ada yang salah dari pola hidup saya. Terlalu stress, terlalu sembarang dengan makanan, jarang olah raga dan masih banyak lagi. Jangan pernah lupa untuk selalu berdoa dan minta yang terbaik dari-Nya. Percayalah… Semua skenario yang diberikan Gusti Allah adalah yang terbaik.
Kanker Payudara

Di start line Making Strides against Breast Cancer Central Park NYC 2016

Tanya:
Mbak, Indah, adalah hal yang ingin Mbak sampaikan kepada para pejuang kanker di luar sana? Silakan….
Jawab:
Semangat selalu mba!
Serta bersyukur…
Stay positive dan again, percaya bahwa Tuhan Yang Maha Segala selalu memberikan yang terbaik, meskipun seringkali terlihat sebagai ujian. Tidak selalu mudah, tapi kita akan selalu bisa melawan energi negatif yang tidak membantu proses pengobatan.
Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh. Jika ada perubahan yang terjadi, terlihat atau terasa, jangan didiamkan. Early detection is the best defense!
Tanya:
Oya Mbak, ini kali kedua Mbak menggelar kampanye #BreastCancerAwareness di blog mbak. Sebenarnya apa sih pesan TERPENTING yang ingin coba Mbak komunikasikan lewat event tersebut?
Buat saya, yang terpenting adalah HIDUP SEHAT dan BERIMBANG. Kita seringkali terbawa irama kehidupan yang mengesampingkan kesehatan jiwa dan raga kita. Dan saya tidak akan bosan untuk ingatkan teman-teman untuk SaDaRi. Ini adalah tindakan sederhana yang bisa membantu menyelamatkan jiwa. Again, Early detection is the best defense!
Selain itu, saya juga ingin teman-teman tahu proses apa yang akan dijalani atau bisa menjadi pilihan saat mendapat vonis kanker. Seperti mba Yuni bilang, kanker bukan akhir dunia.. Namun kita harus tau apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi pada kita. Intinya, saya mencoba berbagi mengenai hal-hal yang sekiranya bisa bermanfaat buat kita semua ;).
Tanya:
Mbak Indah, would you please tell us…. apa sih yang bisa kami (masyarakat luas) lakukan to fight cancer? Adakah hal-hal kecil simpel yang bisa Mbak sarankan untuk kami bisa ikut bantu memerangi cancer?
Jawab:
Hidup sehat!
As simple as that…
Pola makan yang baik, seperti food combining, olahraga teratur dan memanage stress (karena hidup ngga mungkin bebas stress kan ;)) membantu kita bermusuhan dengan kanker. Selain itu, kembali, jangan lupa SaDaRi. Finally, selalu bersyukur dan jalani hidup dengan semangat dan energi positif.
Nah… teman-teman, luar biasa banget ya, kisah Mbak Indah Nuria Savitri. Saat ini Mbak Indah juga lagi menggelar Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness di Blognya lo. So… yang pengen tahu lebih jelas lagi kisah Mbak Indah dan perjuangan melawan kanker, atau mungkin ingin ikut Kampanye tersebut, bisa langsung ke blog Mbak Indah ya: www.indahnuria.com
Tetap sehat dan bahagia ya, teman-teman. Jangan lupa SaDaRi, seperti yang dibilang Mbak Indah ya. Karena seperti kata Mbak Indah, “early detection is the best defense”. Salam hangat dari surga tersembunyi, yang saat ini dinginnya mulai bikin mengigil.
WY

9 comments

  1. Indah nuria says:

    Mbaaaa Wid.. Terima kasih ya berkenan menulis tentang sayaaa :). Saya pun banyak belajar dari dirimu.. Semangat food combining.. Dan saat ini sudah cinta raw food :). Thanks once again and cheers 🙂

  2. Agustina Purwantini says:

    Tapi Mbak, aku melihat… Semua upaya tersebut akan menjadi jauh lebih sulit bilamana yg sakit dari keluarga miskin. Kesulitannya tak sekadar dalam hal biaya berobat, tapi juga dalam hal dukungan kluarga. Ah, pelik lah….

Leave a Reply