Cara Mudah Mengatasi Insomnia 

Share

Mengatasi Insmonia


Cara Mudah Mengatasi Insomnia – Dulu, saat belum menjalani food combining, saya lumayan sering mengalami insomnia. Meski enggak sering banget, tapi kondisi yang cukup menyiksa ini setidaknya merenggut berjam-jam waktu istirahat saya. Meninggalkan rasa tidak nyaman esok harinya: mengantuk, rasa sebah di perut, pegal dan merasa meriang, bahkan terkadang susah fokus.

Ada beberapa kondisi di mana insomnia menyerang. Biasanya adalah ketika saya minum teh atau kopi terlalu sore, waktu itu kan saya masih pecinta teh dan kopi. Atau, susah tidur juga terjadi ketika saya terlalu bersemangat memikirkan rencana-rencana besar di masa depan. Misalnya ketika masih SMA saya kerap insomnia di akhir-akhir kelas 3, masa itu saya begitu exciting memikirkan dan membayangkan bagaimana kehidupan kampus yang sebentar lagi akan saya alami. Wah… alamat, lewat tengah malam baru akan bisa terlelap. Rasanya seru membayangkan hal-hal baru.

Baca juga: Tips Makan Sehat Dan Hemat Untuk Anak Kos

Nah, kondisi kedua ini, akhir-akhir ini kembali terjadi. Memang, saya sedang punya rencana besar ke depan. Belum bisa saya ceritakan, yang jelas ini tentang keluar dari zona nyaman lalu mengambil tantangan yang jauh lebih besar. Tanpa sanggup saya kendalikan, ada malam-malam di mana insomnia kembali menyapa. Rasanya sulit untuk terlelap.

Mengatasi Insomnia Secara Alami, Ala Saya
Dzikir – Pernah tahu kan tips mengatasi insomnia dengan cara “menghitung domba”? Nah, sebagai muslim, daripada menghitung domba, mending dzikir deh. Selain maksud utamanya untuk mengingat Tuhan, dzikir memiliki efek menenangkan. Kala insomnia menyerang, cara paling mudah biasanya saya bawa dzikir. Dzikirnya dalam hati sambil memejamkan mata. Biasanya tanpa sadar, tetiba sudah terlelap dan bangun keesokan paginya.

Sholat Sunnah – Dzikir belum mempan? Bangun saja, lalu sholat sunnah. Mau sholat malam sekalian saja, silakan. Atau kalau kuat hanya dua rakaat, ya monggo. Ini juga bisa membantu hati tenang, adem, otak rada kalem sehingga bisa terlelap sesudahnya.

Teh Rempah – Beberapa jenis teh rempah juga bisa lo memberikan efek tenang, dan akhirnya bikin lebih mudah tertidur. 

Tempat Tidur Yang Nyaman – tempat tidur yang nyaman kalau buat saya, membantu banget. Caranya simpel, cukup bersihkan tempat tidur (biasanya saya tidak cukup telaten untuk mengganti sprei malam-malam). Lalu, saya alasi tempat di mana saya akan tidur, dengan kain jarit /batik. Kain batik kalau buat saya nyaman banget. Adem, sejuk dan ada aroma khasnya. 


Minyak Esensial – yang paling dikenal biasanya penggunaan Lavendar essential oil. Minyak esensial lavender biasa digunakan dengan pembakar manual ataupun dengan difuser. Menghirup aromanya dipercaya membawa rasa nyaman, tenang, relaks dan akhirnya membantu kita untuk terlelap.

 

Avaloka Lavender Essential Oil (ALEO)

Avaloka Lavender Essential Oil

Avaloka Lavender Essential Oil

Beberapa bulan lalu, saya mengikuti giveaway yang diadakan oleh Avaloka. Dasar lagi beruntung, dapatlah saya dua botol produk avaloka lavender essential oil (ALEO). yang pada waktu itu masih sedang persiapan untuk diluncurkan di pasar lokal. Well, ini bukan produk baru sebenarnya. Menurut info yang saya baca-baca produk ini sudah digunakan untuk ekspor ke beberapa negara, khususnya untuk memenuhi kebutuhan spa.

Avaloka Lavender Essential Oil

Avaloka Lavender Essential Oil


Pas, banget datangnya. ALEO yang dikemas dalam botol mungil ini, jadi senjata saya untuk memerangi insomnia. Caranya ada dua. Pertama, bisa sekadar di teteskan saja di bantal. Kedua, dan ini yang lebih afdol, yakni di mix dengan Avaloka Medic Oil, lalu dibalurkan ke beberapa bagian yang dianjurkan, sesuai yang tertera di brosur Avaloka. Cara kedua buat saya paling nyaman. Sensasi rileks dan hangatnya dapet banget. Abis gitu langsung bleg seggg … nyenyak.

Tentang Avaloka Medic Oil, saya pernah menulisnya di blog ini juga. Baca: AValoka Medic Oil

Avaloka Lavender Essential Oil

Kombinasi Avaloka Medic Oil Dan Avaloka Lavender Essential Oil

Avaloka Lavender Essential Oil

Cara Pemakaian


Sebenarnya ada cara yang lebih sipp lagi, hanya sayangnya saya belum punya alatnya. Bagusnya sih pakai diffuser. Menurut pihak Avaloka, penggunaan diffuser lebih baik daripada pembakar manual. Dengan menggunakan diffuser, molekul yang ditebarkan ke udara itu tidak mengalami kerusakan. Jadi efek menenangkan dari aroma wanginya tentu dapat, dan manfaat lain dari molekul tersebut juga bisa dapat.

Oya, ada cara lain penggunaannya, yaitu dengan memberikan beberapa tetes ALEO ini ke air mandi. Lalu, gunakan untuk berendam. Hanya saja, saya juga belum coba cara ini. Kalau buat saya rada ribet, karena kami tidak memiliki pemanas air. Jadi mesti rempong masak air dan bawa-bawa panci ke kamar mandi. Ha….ha..

Lavender Essential Oil 4 (2)
Manfaat ALEO selain untuk membantu relaks dan tidur nyenyak, juga bisa berfungsi sebagai antibakteri di udara. Jadi kalau ada yang lagi sakit, pakai saja ALEO dengan difuser. Cara ini juga membantu mengusir nyamuk lo. Jadi daripada menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot yang jelas-jelas pestisida, lebih baik gunakan cara ini. Kemampuan antibakterinya, juga nampol banget lo kdigunakan buat ngobatin jerawat. Beberapa waktu lalu pas kebanyakan citing dan malas membersihkan wajah, mampirlah itu jerawat di pipi saya. Oles ALEO malamnya, paginya si jerewi udah rada kalem. Beberapa hari udah sembuh juga.


Nah, ada yang pernah atau bahkan langganan insomnia? Coba deh beberapa cara saya di atas. Kalau dengan berbagai cara masih saja insomnia, lebih baik segera koreksi pola hidup ya. Bagaimana pola makannya, pola istirahat, jam kerja, dll. Karena, tubuh memerlukan tidur yang berkualitas pada saat yang tepat. Menukar tidur malam hari dengan molor di pagi dan siang hari akibat insomnia, tentu akan ada dampaknya. 

Bondowoso, Ramadan H-21
Stay healthy


 

25 comments

  1. evylia hardy says:

    insomnia akrab banget denganku. Dari kecil deh seingatku. Kadang ada untungnya juga, aku lebih fokus kerja di malam hari. Tapi kalau keseringan kan nda baik ya. Sekarang mah enak, produk2 yang bisa mengatasi insomnia sudah ada

  2. Dewi Ratih Purnama says:

    klo aq dr kecil sampe gadis pelor banget mba hehe (nempel langsung molor) ga pernah insom. tapi skrg mulai butuh eo ni kayanya… klo siang cape bgt suka ketiduran cpt,trus jadi insom tengah malem

  3. kania says:

    Alhamdulillah jarang2 sih saya insomnia yg parah, seringnya karna memikirkan satu hal jd gabisa tidur. Dullu konsumsi ekstrak pegagan biar rileks dan bisa tidur 🙂

  4. isnuansa says:

    Ngacung! Insomnia, Mbak. Ya habis gimana ya, kalau malam kerjaannya online mulu. Hihihi.

    Makasih mbak infonya, tapi emang yang bener pola hidupnya harus dibenahi sik. 🙂

  5. Ibu jerapah says:

    Hai mba wid 🙂

    Aku suka begadang mba. Tapi ga insomnia sih hihi..

    Waktu itu sempet beli essential oil juga, tapi merknya lupa. Wanginya memang bikin nyaman ya mba.

    Jadi pengrn coba aloka ini deh.. Kebayang wanginya hmm..

    Makasih sudah share ya mba 🙂

     

  6. Lidha Maul says:

    wah, kalau pas kuliah cocok nih. Kalau sekarang jagoan banget tidurnya. Kecuali pas ramadhan ini, jadi banyak begadang. Tapi,ya alhamdulillah bisa bobok nikmat aja. Kayaknya saya butuh ini buat antibakteri udara, sama mengusir nyamuk. Lagi parah nih dirumah

Leave a Reply