Resep Buka Puasa Ala Food Combining: Variasi Sajian Buah

Share

Resep Buka Puasa Food Combining

Ramadan telah masuk hari ke tiga … Bagaimana puasanya teman-teman? Semoga lancar ya… nah, untuk teman-teman yang sudah menerapkan food combining dalam kesehariannya, sudah enggak asing lagi dong ya, dengan beragam cara menyajikan buah sebagai takjil alias makanan pembuka ifthor kita. Namun bagi teman-teman yang kesehariannya belum melakukan food combining, boleh juga lo kalau mau mencoba takjil manis dan sehat ala food combining. Manfaatnya banyak, misalnya:

  • Praktis, mudah disiapkan dan tidak makan waktu. Hanya butuh waktu 10-15 menit untuk membuatnya
  • Memberi sensasi lebih nyaman di perut. Pernah merasakah sebah usai menyantap aneka takjil manis? Nah, kalau makan buah sebagai takjil, insyaallah itu tidak akan terjadi
  • Pasca berbuka, tidak menyebabkan tubuh lemas, lesu atau mengantuk sehingga ibadah malam kala Ramadan menjadi lebih lancar
  • Mendukung proses detoksifikasi yang terjadi selama berpuasa, sehingga pengeluaran racun lebih lancar dan tubuh juga lebih fit. 

Bagi teman-teman yang belum melakukan food combining sehari-harinya, ada baiknya baca dulu tulisan ini. Supaya tidak ada salah persepsi.

Menu Food Combining Selama Ramadan

Untuk menyiasati supaya tidak muncul kebosanan kalau setiap hari makan buah (meski kenyataannya saya jarang sekali bosan) mungkin ada baiknya buah disajikan dalam berbagai bentuk. Prinsip utamanya tetap harus dipegang:

  • Buah disajikan segar, tanpa proses pemanasan samasekali
  • Buah disiapkan sesaat sebelum waktu berbuka, sehingga minim risiko teroksidasi.
  • Tidak ditambahkan gula, susu, atau pemanis apapun Konsumsi secara eksklusif.
  • Awali dengan air putih, lanjut buah. Beri jeda.

Nah, berikut beberapa variasi penyajian buah yang bisa teman-teman terapkan untuk hidangan berbuka, atau makan sahur, atau untuk sarapan buah di luar bulan Ramadan nanti.

 

Buah Utuh atau Potong

Resep Buka Puasa Food Combining 2

Rasanya, ini yang paling basic ya. Supaya makannya semangat, kombinasikan beberapa jenis buah aneka warna. Tata dalam wadah dengan serasi. Anda juga bisa menggunakan aneka jenis pisau untuk meng-garnish. Bisa juga gunakan alat untuk membuat bulatan, pakai untuk membuat bola-bola pepaya, semangka, atau melon, atau apapun buah yang cukup lunak untuk dibuat bola dengan alat ini. Bisa juga gunakan kerokan blewah atau kelapa muda untuk membentuk serutan melon. Apapun deh, yang penting tidak sampai bosan berbuka puasa dengan buah.

 

Smoothie

Resep Buka Puasa Food Combining 2

Ini andalan saya banget! Anak perempuan saya dan si ayah sangat suka makan smoothie buah. Jadi sering banget bikin terutama selama Ramadhan. Bahannya apa saja deh, buah yang sedang musim saja. Seperti Ramadan tahun lalu, pas musim kesemek, kami sering bikin smoothie kesemek nanas. Saat musim stroberi, kami membuat smoothie stroberi-pisang. Semua enak dan segar. Dan yang pasti, sehat!

Beberapa resep smoothie kesukaan kami sekeluarga, bisa teman-teman baca di tulisan ini:

Variasi Jus Dan Smoothie

 

Untuk pemilihan blender yang tepat, teman-teman bisa baca tulisan ini:

Memilih Blender Yang Tepat Untuk Dapur Sehat

 

Bubur Buah

Resep Buka Puasa Food Combining

Sebenarnya ini bentuk lain dari smoothie. Saya panggil bubur, karena memang kekentalannya jauh lebih tinggi dari smoothie. Jadi, ya disendoki persis pas makan bubur. Di atasnya bisa kita tambahkan irisan buah yang ditata cantik. Atau buah yang dipotong kecil-kecil. Penampakannya jadi mirip pas sarapan dengan semangkuk bubur sereal bertabur buah. Ha..ha…

Resep Bubur Buah:

Segarnya Sarapan Bubur Buah

 

Cocktail

Sebenarnya ini juga dibuat dari buah potong. Kombinasikan beberapa jenis buah aneka warna sehingga mendapat tampilan yang cantik. Untuk sausnya, teman-teman bisa pakai jeruk manis peras. Untuk menambah aroma, bisa ditaburkan sejumput rajangan daun mint, atau bisa bubuhkan sedikit jahe. Ini kesukaan anak perempuan saya, hanya saja saya kadang agak malas membuatnya, karena harus memotong buahnya kecil-kecil dan harus memeras secara manual banyak buah jeruk untuk dressingnya. Ha..ha.. ketauan kau! Mamak-mamak malas.

 

Buah Berenang

Resep Buka Puasa Food Combining

Saat musim jeruk manis tiba, biasanya kami merasa “rakus” akan jeruk manis segar ini. Apalagi saat mencapai panen raya. Wahhh… harga jeruk manis semboro terkadang sekilo tak sampai 3000 rupiah. Saat itulah biasanya kami membuat berbagai sajian dengan jeruk. Yang wajib buat anak-anak, adalah jeruk peras murni. Mereka seperti enggak pernah bosan meminumnya, mungkin karena sensasinya yang bak sedang minum sirup rasa jeruk. Ha..ha..

Nah, salah satu bentuk sajiannya ya dibikin pisang berenang ini. Bisa juga pepaya berenang. Atau teman-teman bisa membuat apapun yang teman-teman mau bikin berenang. Ha..ha… maksa! Cara membuatnya gampang banget. Peras jeruk manis, biasanya saya pakai perasan jeruk manual. Lalu potong-potong pisang atau buah lainnya, lantas siram dengan air jeruknya. Untuk satu porsi buah berenang, cukup sekitar 3 jeruk peras. Untuk banyaknya buah silakan disesuaikan dengan kebutuhan.

Jangan tambahkan pemanis lagi ya, apapun itu. Percayalah, jika jeruknya memang matang sempurna, ini udah enak banget kok! Kalau ada … berilah sedikit taburan chiaseed atau bebijian lain di atasnya. Tara…. dan takjil sehat buat sekeluarga, siap sudah!

Selamat menjalani ibadah bulan Ramadan, teman-teman. Semoga kita bisa menjalani Ramadan kali ini dengan lebih khusyuk hingga di akhir Ramadan nanti.

 

Salam hangat

 

 

20 comments

  1. Ophi Ziadah says:

    Karena anak2 tetep minta es jd kami bikin 2 macam.

    Sy dan ayahnya jd ngalah. Buah potong n jus aja mba…

    Mo bikin macem2 ga kekejar waktunya hahaha.

    Tp aku simpen nih ah…sapa tahu bs dibuat pas libur.

  2. Beautyasti1 says:

    Tertarik sama bubur buah nya,,, penasaran juga gimana smoothies nya jadi kental begitu ya mba.. Tapi so far aku juga suka jus atau es buah gitu ya mba, tinggal beli sih gak repot hehehe

  3. Ria says:

    ABis itu lanjut sayur dan daging ya… Saya sempet ikutin ini waktu menjelang Natal tahun lalu. TP krn gak disiplin, yah naik lagi deh tuh berat badan :)))))

    Saya rasa org blm terbiasa aja sm food combining, krn kl mencari kenyang, ya kenyang juga loh makan buat utk sarapan dan juga buat buka puasa… Sehat pulak 🙂

  4. Aqib says:

    wah baca artikel begini siang bolong bikin menggugah selera… manalagi skrng bulan Ramadhan… wkwkwk…. tahan-tahan… hehe… boleh nih dicoba buatnya dirumah…

     

  5. Lidha Maul says:

    Ya Allah enaknya, ini nih yang bikin saya baper tiap kesini, hihihi.
    Saya pengen banget seriusan FC, tapi agak berat kalau anggota keluarga belum siap. Kerjaan masak jadi ganda, capek nian ujung2nya makan enak juga, hahaha

    • wyuliandari says:

      Kalau soal tampilan, saya nggak macem-macem kok Mbak. Ini aja Theme gratis. Foto aja yg diusahakan cukup memadai. Pokoknyaa konsepnya simpel aja. Biar gak pusing

Leave a Reply