Kudapan Sehat Dari Kelapa Muda

2

Pada saat awal-awal ber-food combining, saya enggak terlalu ngeh soal kudapan. Jadi saya mulai FC dengan cuek saja sambil masih ngudap biskuit, cookies, kue-kue basah kesukaan. Ha..ha… sesat! Jangan ditiru. 


Beberapa tahun terakhir, setelah aktif menshare tulisan tentang food combining dan menulis buku Food Combining yang terbit sekitar tahun lalu, saya mulai sering menemukan pertanyaan, “kalau udah ng-FC trus aku ngudap apaan?”

Baca Juga: Menu Food Combining


Baru deh terpikir, iya ya. Saya belum pernah nulis tentang kudapan. Bagi follower instagram saya sih, mungkin pernah melihat, beberapa kali saya posting foto kudapan. Tapi memang tidak banyak dan jarang saya sertai resep. Kenapa? Waktu kudapan sore, masuk waktu kritis saya. He..he… ketika jam kantor baru saja usai. Ngantuk dan capai jadi satu. Ha..ha…Alesan lu Maaak!


Jadi, kalaupun saya ngudap sesuatu yang secara khusus saya persiapkan, biasanya dilakukan sesegera mungkin. Segera dilahap! Iya dong, laper gitu! Sudah tidak ada mood untuk memotret. Aduh… apalagi ngebayangin kudu pasang alas, setting ini itu. Nggak ku  ku beib! 


Namun, karena ada saja yang bertanya. Sebaiknya saya tidak mengecewakan teman-teman kan? *halah — Baiklah saya bagi saja beberapa resep kudapan sehat dan praktis. Kali ini bahannya dari kelapa muda. Kenapa kelapa muda? Selain enak, mudah didapat (karena sebelah kantor ada yang jualan), si klamud ini juga bagus dong ya sebagai sumber lemak baik. Airnya juga sangat dipercaya sebagai antitoksin. Jadi, bagi saya yang seharian bekerja di laboratorium, yang disengaja maupun tidak, pasti terpapar toksin, klamud ini pilihan yang oke. (tetap jangan tiap hari, ya)


Oke teman-teman, langsung ke resep yak! Jangan khawatir, enggak akan susah. Saya mah, gak pernah bikin sesuatu yang ribet nek!

4

Coco Chia Cinnamon Smoothie
Judulnya bok! Gaya banget! Ha..ha… meski judulnya smoothie, saya pribadi merasakan, ini lebih mirip es krim. Cuma saja tidak saya bekukan. Andai dibekukan gitu, ini rasanya sangat mirip lah sama es krim. Super… duper… yummy

Bahan:
1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
150-200 ml Air kelapa muda
1 sendok makan penuh kismis, bisa juga pakai kurma
1 sendok makan chia seed
Cinnamon powder alias bubuk kayu manis
Bisa ditambahkan sedikit seasalt atau himalayan salt
Enggakpun gak masalah karena sudah ada rasa gurih dari klamud nya.

Caranya:
Masukkan semua bahan dalam blender, kecuali cinnamon
Proses hingga halus
Tuang ke gelas saji
Taburi cinnamon, dan langsung disajikan segera.

 

3

Kelapa Muda Mixed Selasih

Bahan:
Kelapa muda plus airnya
1 sendok makan selasih, rendam dalam air hangat selama 30 menit lalu tiriskan
1 buah avokad, belah keruk dagingnya

Cara Membuat:
Tata dalam wadah saji, daging kelapa muda, selasih, avokad
Siram dengan air kelapa mudanya
Nikmati segera

 

Oya, kelapa muda juga enak kok disajikan secara minimalis. Jadi langsung nikmati saja kelapa muda plus airnya. No sugar ya! Udah lah … yakin, kita ini udah manis kok!  Kalau perlu, ngudapnya di depan cermin, sambil memandangi bayangan diri sendiri. Hahayyy… Begitu aja kalau buat saya udah enak banget. Nah, monggo dieksekusi. Silakan juga nantikan resep kudapan lainnya dari saya. Doakan saja, saya banyak energi untuk melakukannya. Ha..ha… Tetap sehat dan semangat ya teman-teman!

Salam hangat. 

6 comments

Leave a Reply