Bedah Buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan Di TL-ITS

Share
Kuliah Jurusan Apa Widyanti Yuliandari
Sejak beberapa hari pertama buku ini di launching, saya dan Ibu kajur TL-ITS memang sudah kontak-kontakan. Beliau meminta saya bisa membedah buku ini di Jurusan. Oh… pasti dengan senang hati saya bersedia. Diberi kesempatan sharing di tempat yang saya cintai, sungguh satu kebahagiaan.

 
Tentang Buku Kuliah Jurusan Apa, Jurusan Teknik Lingkungan, bisa di baca di:
 
Maka, jumat sore 15 April saya sudah bertolak ke Surabaya. Rencana menginap di rumah salah seorang teman. Selain karena dekat dengan lokasi acara, kami juga berencana reunian dengan salah satu teman kami yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Taiwan. Maka malam itu, tubuh yang sama-sama lelah, tak menghalangi kami untuk begadang cerita ngalor ngidul.
 
Paginya, kami menuju kampus, dijemput Pak Bos Arisandi (yang juga ada di buku saya). Sampai di lokasi masih pukul sembilan kurang. Masih sepi, karena memang acara dijadwalkan mulai pukul 09.00. Jadi, kami berkeliling melihat-lihat kampus. “mengagumi” segala sesuatu yang belum ada pada zaman kami kuliah. Ha…ha… inilah kenorakan kami.
 
 
 
With Konco Plek

With Konco Plek

Bedah Buku Kuliah Jurusan Apa Widyanti 4
 
Puas foto-foto, kami naik ke lantai dua, tempat ruang sidang berada. Tidak lama menunggu, Ibu kajur datang. Maka kami ngobrol sebentar sebelum acara dimulai. Ibu Warma, Kajur TL ITS ini, pada saat proses penulisan buku masih menjabat sebagai sekretaris jurusan. Dari beliaulah banyak data bisa saya peroleh.
Ngobrol Seru Bareng Ibu Kajur

Ngobrol Seru Bareng Ibu Kajur

Acara dibuka dengan pembacaan basmalah dan menyanyikan lagu kebangsaan. Selanjutnya Ibu Kajur berkenan memberikan sambutan. Lalu saya diberi kesempatan membedah buku kedua saya ini. Di bagian awal, Risky, sang moderator menanyakan motif saya menulis. Saya menjawab, bahwa awalnya sekadar berbagi saja. Namun seiring waktu semacam ada tuntutan menulis lebih profesional dan memberi nilai manfaat bagi pembaca.
Ngobrol Santai Aja Soal Buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Ngobrol Santai Aja Soal Buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Di bagian selanjutnya, saya diberi waktu untuk memaparkan secara ringkas, apa sih isi buku ini. Tidak begitu banyak slide saya, sekadar ngobrol saja. Mulai dari proses penyusunan hingga apa isi buku secara garis besar. Di sini saya lebih fokus ke peluang karir dan kisah alumni. Mengapa? Saya sempat dibisiki, bahwa goal bedah buku ini adalah untuk menambah ke pede an mahasiswa TL. Intinya proud to be env engineer. 
 
Senang sekali, pada bagian ini saya juga bisa menghadirkan salah seorang narasumber yang ceritanya saya muat di bagian kisah alumni. Beliau adalah Arisandi Dwiharto, ST, MT. Sharing dari Sandi yang secara gamblang menceritakan progres bisnisnya yang kesemuanya di bidang lingkungan saya yakin akan menambah semangat adik-adik kuliah di TL.
 
Oya, banyak pertanyaan yang menarik, yang disampaikan pada saya di sesi tanya jawab. Pertanyaan sangat variatif mulai dari seputar proses penulisan buku, bagaimana kiat menembus industri buku, sampai hal-hal teknis yang terkait pengalaman berkuliah di teknik lingkungan. Wow seru!
 
Darosa Dan Arum

Darosa Dan Arum

Seusai membedah buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan, acara dilanjutkan dengan sharing dari dua orang mahasiswa TL-ITS yang baru saja memenangi event internasional Harvard Model United Nation, Darosa dan Arum. Wah, saya merinding dan turut bangga mendengar cerita mereka berdua. Proud of you ya adik-adik. Kerenlah pokoknya!
 
Menerima Taliasih dari Ibu Kajur. Maturnuwun, Bu ...

Menerima Taliasih dari Ibu Kajur. Maturnuwun, Bu …

 
Pak Eddy Setiadi Soedjono, Dosen saya yang mengisi halaman testimonial di bagian awal buku.

Pak Eddy Setiadi Soedjono, Dosen saya yang mengisi halaman testimonial di bagian awal buku.

Di akhir acara, Ibu kajur berkenan menyerahkan tali asih berupa plakat dari Jurusan Teknik Lingkungan ITS kepada saya. Maturnuwun, Bu. Disambung pula penyerahan buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan dari saya kepada beliau. Sebelum pulang, saya sempat berfoto-foto dengan beberapa dosen dan alumni yang sempat hadir. Sayang saya sangat lupa untuk meminta kesempatan berfoto dengan adik-adik dari Himpunan Mahasiswa TL. Aduh… *selftoyor
 
Foto Bersama

Foto Bersama

 
Perjalanan bedah buku masih akan saaaangat panjang. Baik kesempatan online maupun offline masih akan saya lakukan. Ini semata untuk mengabarkan pada khalayak, tentang wajah sebenarnya dari Teknik Lingkungan. 
 
Salam 
 
Catatan:
Sebagian besar foto milik Arisandi

4 comments

  1. Ririe Khayan says:

    Membaca ulasan dan foto2 berlatar ITS, khusuanya TL membuat saya mendadak kangen kampus, suasananya dan semua atribut yg melekat disana. Beberapa tahun lalu sempat melintasi bunderan ITS, so many things yg berubah.

     

    Apalagi sekarang ya? 

    Salam Vivat (alumni) ITS.

     

  2. Shinta says:

    Waah..enaknya hidup di jaman sekarang…!!!
    Mau cari info memilih jurusan apa dan untuk bekerja dimana, sudah ada bukunya…
    Buku seperti ini sungguh bermanfaat untuk membantu menentukan pilihan jurusan sekolah maupun pekerjaan mb…

    Sukses terus ya mb Widyanti (^_^)

Leave a Reply