Blogger Ndeso Juga Bisa Berkarya

Share

Ada blogger, rajin posting bertahun-tahun, tapi enggak pernah share URL di sosmed gegara emang nggak punya akun sosmed? Ada!

 

Ada blogger nggak pernah blogwalking? Ada!

Ada blogger nggak pernah ikut lomba blog apalagi dapat job paid review? Ada!

Ada blogger yang sama sekali enggak pernah ikut event-event blogger? Ada!

 

Iya Ada. Itu saya bertahun lalu. Udah begitu masih pede abis ngaku blogger? Bangga jadi blogger bahkan merasa terberkati? Iya! Emang salah? Enggak juga sih ya. Tapi, akibatnya, sejak ngeblog 2008 hingga sekitar 2013, seperti nyaris jalan di tempat. Follower ya segitu-gitu aja, trafik, ya…. Begitulah. Dapat memang satu dua job, karena orang akhirnya juga ada yang melihat aktifitas saya. Cuma yaaa… kok lambat banget.

Itu masa lalu. Masa lalu yang bikin saya nyengir sendiri kalau ingat. Dan semua berubah sejak saya kenal Kumpulan Emak Blogger. Lupa tepatnya, bagaimana saya menemukan grup kece ini.

Bergabung di akhir 2013, lalu Maret 2014 saya berhasil memenangi lomba blog saya yang pertama. Yeayyy…. Makin semangatlah belajar blogging lebih baik.

 

Rumah Yang Hangat

kumpulan emak blogger

kumpulan emak blogger

Banyak emak yang mengatakan, Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB)  itu adalah sebuah rumah yang hangat. Ya, benar! Begitu pula bagi saya. Seakan-akan KEB adalah rumah ke mana kita ingin pulang setelah lelah dengan rutinitas. Rumah, tempat dimana saya ingin berkarya di dalamnya. Rumah dimana saya mencari tahu apa yang saya tidak ketahui… rumah… ya rumah!

 

Bagi saya sangat menyenangkan, ketika bisa mendapatkan berbagai informasi langsung dari sumber pertama. Tahu tempat-tempat wisata ciamik langsung dari postingan emak yang travel blogger. Tahu printilan-prtintilan untuuk bikin cantik dari teman beauty blogger.Sedikit-sedikit jadi ngerti fashion juga dari emak yang fashion blogger. Dan banyak lagi! Bagi saya, sampai di sini saja, sudah menunjukkan betapa menjadi blogger adalah suatu berkah.

KEB memang tempat berkumpulnya emak blogger dengan berbagai minat. Mulai dari travel blogger, food blogger, beauty blogger, lifestyle blogger, dan sebagainya…dan sebagainya. KEB juga menjadi rumah bagi para emak blogger dengan berbagai latar belakang dan pemikiran. Namun dengan keberagaman tersebut, KEB rasanya tetap menjadi tempat yang nyaman. Karena satu sama lain menghargai bahkan mensyukuri perbedaan. Bukannya justru membesar-besarkan perbedaan.

 

Yang menarik lagi, adalah budaya saling support. Ketika ada yang mengikuti kompetisi, misalnya, yang lain akan mensupport. Bahkan jika ada kompetisi yang membutuhkan vote, tinggal info saja, pasti dijamin bakal banyak yang bantu vote. Ya.. begitulah.

Bahkan ketika saya menerbitkan buku saya yang pertama, Food Combining (Pola Makan Sehat, enak dan Mudah) saya sangat merasakan support dari teman-teman di KEB. Mulai dari meramaikan giveaway sebagai promosi buku tersebut, menuliskan review, memotretkan buku tersebut jika kebetulan menemukannya di toko buku, dan baaaanyak lagi. Luar biasa! Bagaimana bisa saya tak menyebutnya rumah yang hangat?

 

Berkarya Dari Jauh

Mungkin saya tidak sendiri. Banyak emak juga yang bertanya-tanya, “bisakah saya eksis sebagai blogger, sedangkan menghadiri eventpun saya kesulitan?”. Ada kan ya Mak?

Melihat teman-teman menghadiri berbagai event, mulai peluncuran produk, seminar, acara-acara dari kementerian, jujur-siapa sih yang enggak mupeng? Tapi itu dulu, dan sebentar saja sempat nge-galau gara-gara posisi geografis. Mau ke Surabaya untuk acara beberapa jam saja harus menyediakan waktu dari subuh hingga tengah malamnya. Iya!

Sejatinya, dimanapun kita bisa berkarya. Apalagi ngeblog, pekerjaan yang sangat dibantu oleh internet. Asal masih ada akses internet, disitu kita bisa ngeblog. Karena blogging, memungkinkan kita melakukan pekerjan tanpa kita harus hadir secara fisik. Bahkan pertama kali ngeblog, alasannya ya karena saya merasa ingin “terhubung dengan dunia luar” dari tempat yang lumayan terpencil ini.

 

Sedikit Tips

Foto saat ketemuan dengan Mak Lusi dan bersama Emak Blogger Saat Bedah Buku Mak Irma Devita

Foto saat ketemuan dengan Mak Lusi dan bersama Emak Blogger Saat Bedah Buku Mak Irma Devita

Nah, lewat tulisan ini, izinkan saya berbagi sedikit tips. Mungkin akan berguna buat emak-emak yang kurang lebih kondisinya sama seperti saya. Bukan full time blogger sehingga tak banyak waktu tersisa untuk blogging, atau juga tinggal jauh dari pusat kota, sehingga sulit untuk menghadiri event-event. Kita masih bisa kok, Mak tetap berkarya dan eksis sebagai blogger. Bisa banget! Asal mau aja sih menurut saya. Ini beberapa hal yang selalu saya upayakan:

 

  1. Nomor satu tetap konten

Konten yang bagus dan bermanfaat, tidak melulu bergantung pada letak geografis kita, kok. Iya benar memang, kita mungkin tak bisa menulis reportase event karena memang tak menghadirinya. Tapi, sangat banyak hal lain yang bisa ditulis, sesuai dengan minat. Ya kan?

 

Pastikan saja selalu memperbaiki konten. Terus up-date pengetahuan sesuai bidang yang diminati. Untuk health blogger seperti saya, rasanya wajib aktif menyerap pengetahuan di grup-grup pecinta pola hidup sehat, plus selalu membaca dan mempelajari hal-hal baru di dunia kesehatan melalui buku-buku, internet, atau langsung berguru pada pakarnya, dsb.

Sedangkan dalam hal healthy food, saya mewajibkan diri untuk terus rajin berkreasi dengan resep-resep sehat. Beberapa kali dalam seminggu saya selalu uji resep, dan hampir tiap hari memotret sarapan, makan siang atau kudapan juga makan malam. intinya, terus berbagi saja. terkadang hal yang bagi kita sepele, bisa jadi hal pelik bagi orang lain.

Misalnya begini: buat saya bikin smoothie buah itu gampil banget. Asal comot buah, padu padan apa aja yang ada, bleng … bleng… masuk blender….puterrrr…. hasilnya hampir tak pernah gagal. Tapi buat beberapa teman, ternyata bikin smoothie itu sesusah ngerjain soal matematika. Ha..ha… aernya seberapa? Buahnya seberapa? Paduan buah apa yang enak, daaaaan persoalan lainnya.

Nah…. Disitulah peluang kita untuk berbuat baik. Maka, buat dooong resep. Buat doong artikel, tips membuat smoothie yang enak. Begitu saja, udah jadi bahan ngeblog. Yang penting sihh, konsistensi kalau menurut saya.

 

  1. Tetap terhubung

Sudahlah secara fisik kita susah “hadir”, maka upayakan kita “hadir” dalam ruang maya. Aktif di grup meski hanya lewat jempol, atau komen. Tak lupa aktif berdiskusi, jangan hanya menjadi silent reader.

 

  1. Bertemu Di Dunia Nyata

Sesekali, jika ada kesempatan ke luar kota, cobalah menghubungi rekan sekomunitas. Siapa tahu ada member di kota yang akan kita kunjungi yang bisa kite jumpai. Saat harus bertugas ke Yogya sekitar setahun lalu, alhamdulillah saya bisa bertemu Mak Lusi. Sayangnya waktu ke Solo beberapa bulan kemudian, saya urung menjumpai Mak Ety Handayaningsih, karena kesibukan beliau.

Pun saat menghadiri peluncuran buku Mak Irma Devita beberapa tahun lalu di Jember, kami para emak juga bisa kopdaran. Senang sekali saat itu bertemu Mak Irma Devita, Mak Lianny dan Mak Prit. Bisa berkumpul walau sejenak, menambah keakraban dan kehangatan berkomunitas.

 

Selamat Ulang Tahun KEB

Daaaan… izinkan saya menyampaikan ucapan: Selamat Ulang Tahun yang ke 4 Kumpulan Emak-emak Blogger. Semoga KEB makin keren, dan makin semangat Berkarya untuk Perubahan dalam Perbedaan. #4TahunKEB & #KEBerkarya 

 

Salam hangat dari kota tape 🙂

banner-lomba-blog-xl-keb

17 comments

  1. rita asmaraningsih says:

    Kalo aku senang banget jadi blogger dan menjadi bagian keluarga besar KEB.. Hanya saja aku gak pernah ikut2an event yang diselenggarakan KEB krn domisiliku jauh, aku di Palembang.. Sementara event2 KEB kan di Jakarta dan kota2 lainnya di Pulau Jawa.. Harapanku mudah2an kedepan event2 KEB juga diadakan di luar Jawa.. 

  2. Ayu Citraningtias says:

    aku dulu juga gitu, mak, jadi blogger stagnant, nulisssss aja tanpa share karena memang tidak ingin orang lain tau.. sejak gabung komunitas makin produktif, sayangnya belum bisa kopdar karena jauh dari peradaban hehe 🙂

  3. dWi (nining) says:

    Maaak kita oernah berjumpa sekami kan ya kpn itu #cmiiw

    Btw mau nggak mau emg kita kudu ngikutin perkembangan jaman, dulu mah masak adaaaaa sosmed. Terlebih unt blogger, gmn tulisan kita bisa dikenal dan dibaca org kalo kita gk akrab dgn sosmed. Bagaimanapun berbagi lewat tulisan itu menyenangkan ya mak 🙂

    Sukses ngontesnya

  4. Kika says:

    Saya selalu suka sama tulisan njenengan dan emak blogger lain, bisa panjang-panjang. Btw, saya suka blogwalking tapi tidak ikutan review dan lainnya.. 😀

Leave a Reply