Cara Memasak Nasi Merah Enak

cara memasak nasi merah

pic from pixabay

Sejak lebih serius belajar food combining, saya baru ngeh, bahwa karbohidrat bukan untuk dimusuhi atau ditakuti. Padahal sebelumnya sering berusaha mati-matian makan hanya sedikit nasi atau karbo lainnya demi untuk langsing. Sekarang saya tahu, cukup pilih saja karbohidrat yang sehat, konsumsi dengan kombinasi yang benar, makan diwaktu yang tepat dan sewajarnya. Tak perlu risau lagi soal BB, karena karbohidrat yang baik dan dikonsumsi benar tak akan bikin tubuh menggelembung.

 

Nah, salah satu pilihan karbohidrat baik yang mudah didapat di daerah saya adalah beras merah. Sayangnya memasak beras merah ini perlu strategi khusus, karena tak semua orang suka menyantapnya. Percobaan-percobaan awal saya dengan beras merah seringkali gagal. Kalau tidak pera, ya lembek sampai lunak sekali, bahkan berair. Rasanya? Anyep!

 

Ternyata saya tak sendiri. Banyak teman juga mengeluhkan susahnya memasak beras merah menjadi nasi merah yang enak, dan punel. Ehh.. tapi itu dulu. Sekarang sih memasak nasi merah  mudah saja, dan hasilnya selalu enak berkat beberapa tips di bawah ini:

  • Pilih beras organik, selain lebih lezat (menurut saya) beras merah organik juga lebih sehat, kan?
  • Tambahkan rempah-rempah yang memberi aroma wangi, seperti pandan, dauan jeruk, cengkih, daun ketumbar, dll.
  • Tambahkan garam (seasalt) untuk memberi sedikit rasa
  • Tambahkan minyak, misalnya minyak wijen untuk memberi tambahan gurih-gurih
  • Penambahan air yang pas, kurang lebih 1 bagian beras plus 2 bagian air
  • Bisa ditambahkan biji-bijian seperti kacang hijau, kacang merah, tolo, lentil, dll.

 

Berikut ini salah satu resep nasi merah yang saya masak beberapa waktu lalu. Anda juga bisa membuat resep sesuai selera Anda, ya. Ini hanya contoh saja.

 

PicsArt_1440558675050

 

PicsArt_1440558543074

 

 

Resep Nasi Merah Gurih

3 cup beras merah organik, saya pakai cup bawaan magic com

6 cup air

1 sdt garam

2 lembar daun pandan

3 lembar daun jeruk purut

5 lembar daun salam

1 Jari kayu manis

2 batang serai, geprek

1 sdm bumbu dasar putih

 

Oh ya, kebetulan saya sering sedia bumbu dasar. Buat emak-emak bekerja namun ingin selalu masak tiap hari, ini membantu sekali. Jika Anda tidak punya bumbu dasar putih, ganti dengan bawang putih, bawang merah dan kemiri yang dihaluskan, sekadar digeprek saja bawangnya pun boleh saja. Bisa juga ditumis dulu biar makin keluar aromanya.

 

Cara Membuatnya, bisa langsung campur dan dimasak di magic com. Atau bisa dimasak dua tahap, seperti yang saya lakukan kali ini. jadi pertama di masak diatas kompor menggunakan panci, sesekali diaduk agar tak lengket di dasar panci. Dimasak begini sampai air mengering atau sat. Lalu panaskan dandang, dan masukkan nasi setengah matang ke dandang setelah air di dandang mendidih. Masak sampai matang.

Rasanya? Punel, lebih punel daripada nasi putih. Dan menurut saya cita rasanya lebih mantap, kan sudah ditambah bumbu-bumbu. Jadi makan nasi merah kalau buat saya justru lebih istimewa dibanding makan nasi putih biasa.

 

 

17 comments

  1. Lusi says:

    Ooo jadinya seperti nasi gurih ya. Ngepasin airnya itu yg sering nggak pas2. Padahal kalau nasi putih itu pake kira2 jg tp selalu pas. Cobain ah, beli sekilo dulu heheee

  2. Sary Melati says:

    Makasih, Mak Wid. Suamiku tuh makannya pakai nasi merah. Selama ini bikinnya selalu ngira2 aja takaran airnya. Jadi kadang pas, kadang engga. Sip, selanjutnya nyobain pake cara di atas biar suami tambah happy hihihi

  3. Pakde Cholik says:

    Jadi ingat masa lalu, ada bude yang suka menghidangkan nasi beras merah. Awalnya merasa aneh, lama -lama ketagihan. Mertua juga suka masak nasi merah juga.
    Terima kasih pencerahannya.
    Salam hangat dari Jombang

  4. Mugniar says:

    Wow. Kalo masak nasi merahnya dengan bumbu sekomplit ini, bisa2 saya gak makan lauk lagi, nasinya saja sudah bisa bikin saya lupa diri, Mak. Tinggal bikin sambal … nasi merah dengan bumbu2 itu sudah bisa saya santap

  5. satriors says:

    Makasih tips nya

    Klo ϑ¡ saya perbandingan bemer:aer 

    =1:3 jadinya pas..semua tergantung jenis beras merahnya.trims

     

     

     

     

  6. YULIA says:

    Mbak Widya, kalau utk campuran kacang merah dan kacang hijau, prosesnya bgmana ya?karena setau saya, kedua jenis kacang itu lebih lama empuknya. Kalo dicampur lgsg dgn beras merah saat menanak apa cukup matang nantinya? Terima kasih.

Leave a Reply