Segarnya Sarapan Bubur Buah

Share

Beberapa hari lalu saya memposting di grup alumni SMA, foto sarapan buah saya. Saya beri caption “jenang dulu”. Wah, langsung teman saya komen, “tumben”, katanya. Jenang dalam bahasa Jawa bisa berarti bubur atau bisa juga makanan manis semacam dodol. Sebelum teman-teman bertambah heran, enggak biasanya saya sarapan makanan lain selain buah, maka langsung saya informasikan, bahwa jenang alias bubur yang menyerupai jenang grendul itu adalah bubur buah. Nah begini penampakannya.

PicsArt_1440144155118 (1)

Menjalani food combining, bukan diet-dietan sesaat dengan tujuan menurunkan berat badan, yang lalu stop saat BB sasaran tercapai. Food combining adalah komitmen makan dengan benar untuk tetap sehat hingga tua nanti. Jadi, supaya enggak bosen setiap pagi sarapan buah, ya kudu disiasati dengan sebanyak mungkin variasi. Variasi jenis buah, jelas. Kalau ini untuk mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi. Nah, perlu divariasikan juga tampilan atau sajian buah. Masa tiap hari buah potong lagi, buah potong lagi. Pasti bosan!

(Baca : Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining)

Nah, selain dibikin jus, smoothie, cocktail, buah juga bisa hadir sebagai bubur buah. Sebenarnya sih, yang dimaksud bubur di sini adalah semacam smoothie namun lebih kental. Sebagai tambahan variasi, tambahkan saja beberapa jenis buah yang dipotong kecil. Beres! Rasanya? Ya enak, manis seger. Dan ada “kejutan” pas potongan buahnya kekunyah. Kress….kress… hmmm yummy.

(Baca Juga: Variasi Jus Dan Smoothie)

Karena ada beberapa teman yang bertanya resepnya, maka saya berikan di sini ya, supaya mudah dicari saat ada yang membutuhkan.

Resep:
½ buah nanas matang
2 buah pisang
150 ml air, atau ganti dengan air jeruk manis
Lengkeng, secukupnya
Anggur merah, secukupnya

Cara Membuat:
Proses nanas dan air sampai halus
Masukkan pisang, proses kembali
Tuang di mangkuk
Taburkan anggur dan lengkeng atau buah lainnya, sajikan segera.

 

Gampang banget kan? Resep-resep makanan yang berkonsep clean eating memang simpel-simpel kok. Rata-rata malah bisa dibilang resep anti gagal. Oya, buburnya juga bisa divariasikan. Bisa dibuat dengan sirsak, jadi deh bubur putih yang penampakannya akan mirip dengan bubur/jenang sumsum. Mau bikin bubur merah putih? Gampang, bikin saja merahnya dari buah naga merah mix sedikit pisang untuk tekstur creamy nya. Untuk variasi bahan buahnya bisa dibaca di postingan tentang jus dan smoothie yang saya berikan di atas.

 

Hmmm… kata siapa makan sehat tak bisa enak? Justru harus makan enak biar sehat. He..he…

8 comments

Leave a Reply