Buku : Food Combining Pola Makan Sehat, Enak Dan Mudah

Share

20150131_095458

Sebenarnya sudah cukup lama saya mempersiapkan draft buku tentang food combining. Calon buku yang sedianya akan saya tulis secara duet bersama sahabat saya, Mirma. Namun hingga lebih dari setahun draft yang sudah kami persiapkan tak kunjung dapat diterbitkan.

Akhirnya, saya berkonsultasi dengan Teh Indari Mastuti, CEO nya Indscript Corp, yang salah satu usahanya adalah agency naskah. Syukur alhamdulillah, Teh Iin memberikan beberapa masukan yang sangat berharga. Setelah itu saya langsung merombak naskah, enggโ€ฆ. Sepertinya boleh dibilang menulis naskah yang sama sekali baru. Konsepnya pun benar-benar beda dengan naskah yang sebelumnya. Kali ini, dengan berbagai alasan,naskah saya tulis seorang diri. Bismillah.

Ternyata, dasar lagi rezeki, tak lama kemudian indscript mengontak saya bahwa ada sebuah penerbit mayor yang berminat menerbitkan draft saya. Maka dengan setengah ngebut, naskah yang waktu itu sudah mencapai sekitar 70 persen saya selesaikan. Alhamdulillahโ€ฆ akhirnya buku inipun terbit juga, pada medio Januari kemarin.

Buku ini saya tulis dengan bahasa yang simpel tidak bertele-tele (iyalah, mana bisa saya nulis bertele-tele, basic teknik gitu lo ):D dalam buku ini saya berusaha menyajikan FOOD COMBINING, sebagai sesuatu yang mudah, menyenangkan dan fleksibel. Food combiner (pelaku pola makan food combining) juga bukan makhluk planet yang kaku bin wagu. Mereka tetap berkesempatan menikmati kegembiraan berkuliner sambil tetap seta pada pakem Food Combining.

Apa saja yang termuat dalam buku ini? Lumayanlah, cukup lengkap saya pikir. Mulai dari melihat kembali bagaimana sistem pencernaan kita dan segala hal yang terkait dengannya, lalu prinsip-prinsip food combining, jawaban atas berbagai mitos tentang food combining, sampai berbagai tips ber FC dalam berbagai kondisi (misalnya untuk anak kost, untuk yang maksi dikantor, saat pesta, dsb). Juga ada hal tentang mempersiapkan sajian makanan, mulai dari memilih bahannya, memprosesnya, hingga berbagai resep.

Oh ya, ada juga yang menurut saya istimewa di buku ini. Ada salah satu bab yang saya tulis dengan narasumber seorang dokter. Many thanks to dokter Asriningrum, Sp.S, yang sudah bersedia meluangkan waktu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bagian TANYA DONG DOK! di halaman 104 hingga 107. Sungguh kebahagiaan bisa bekerja sama dengan Ibu dokter yang ramah dan lowprofile ini. Saya berharap, bagian ini bisa makin meyakinkan para pembaca yang masih ragu-rau mencoba food combining. Come on, FC itu logis an bisa dipertanggungjawabkan, kok.

20150131_094904

Oh ya. Hampir saja saya lupa. Bagian yang tak kalah penting lainnya adalah testimoni para sahabat, para food combiner. Sekali lagi thanks a buch to Mirma Hapsari Ilingono bersama suami Pak Luke Timor Ilingono, juga bersama Ibunda Suyati Harno, trio keluarga FC, yang sudah bersedia membantu saya pada bagian ini. Matur suwun juga buat sohib-sohibnya Mirma: Etika Muthia Sari,ย  Hety Kundia Retnaningtyas dan Mba Nia. And also thanks to Intan Eka, mommy nya baby FC twin Alma-Acha, smoga sehat-sehat selalu yaaa. Juga terimakasih buat testimoninya dan quotenya yg asik, Nila Mustikawati, temen kuliah saya, FC er sejak zaman baheula. Sehat-sehat terus ya Bu! Tak lupa juga pemberi kesaksian pamungkas. Teh Lygia Pecanduhujan, seorang momwriter yang superkondang markondang seantero jagad raya. Ha..haโ€ฆThanks ya Teteh ๐Ÿ˜€

Akhirnyaa kepada para pembaca yang sudah membeli buku saya, saya ucapkan terimakasih dan ditunggu masukannya. Dan buat yang belum beli, mangga atuhhh diserbu di Gramedia atau toko buku terkemuka lainnya di kota Anda. Dan jangan lupa, nanti akan ada lomba foto juga lomba review buku FOOD COMBINING: Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah, yang insyaallah hadiahnya akan keren-keren. Jadi pastikan selalu stay tune terus di blog ini dan juga pentengin terus FB, Ig, plus twitter saya ya. Karena info lomba akan saya tayangkan juga di sana.

Selamat Hari Sabtu

Happy Weekend

Deskripsi Buku:

Judul ย  ย  :ย Food Combining: Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah

Penerbit :ย Kawan ย Pustaka

Penulis ย  : Widyanti Yuliandari

Tebal ย  ย  ย : ย 176 halaman

Harga ย  ย  : ย Rp. 75.000

37 comments

  1. irmasenja says:

    Saya pingin coba loh mak menerapkan food combining inih, kayanya buku nya mak Widyanti bisa jd rujukan nih. Trima kasih sharenya ya ๐Ÿ™‚

    • debby kristiani says:

      Hallo.. Nie mak wiwit temen smp kaaan.. Baru sempet baca bloggernya.. Dari dulu aku suka banget dng pola makan sehat dan olah raga. B’fast buah/roti gandum, lunch nasi merah 3sndok,sayur,lauk n dinner sayur aj ato susu kedelai. Penasaran dng food combining, boleh aku coba deh.. Untk atur menu dietku biar ga bosen. Salam buat temen2ku SMPN 1 situbondo. Juga untuk mirma hapsari.. Miss u all…

      • wyuliandari says:

        Haiii….Debby cantikkk ๐Ÿ™‚ Wooooh long time no see. Yuhuu bener, SMP 1. Ayoo dicobain Deb, bisa makan enak dan kenyang pulak. Yupp ntar disalami. Mirma di semarang deb. Aku baru ngunjungin pas natal kemarin ๐Ÿ™‚

      • mirma says:

        hai debby.. apakadabra?? long time no see..yuk di coba FC nya. Kalo aku sih cucok. hahaha. sudah hampir 12 tahun menjalaninya. gak usah pakai di takar2. bisa makan sampai kenyang, asal kombinasinya serasi. hehehehe…

  2. kuswointan says:

    Waaa jd penasaraan maak.. meski belum kepikiran diet.. tapi tapi kalau ada tips buat anak kos macem saya yg pola makannya amburadul kayak gini, kayaknya sy perlu baca bukumu deeh..

  3. Marsya says:

    Bu Widya, buku tersebut saya bisa beli di mana ya? Apakah sudah ada di jaringan toko buku Gramedia?

    Mohon infonya.
    Terimakasih

  4. tantri ikwin nelda says:

    selamat bu taufik,,,,,
    walaupun tetangga dekat satu rt tapi baru hari ini saya tau info mengenai bu taufik dari radar ijen.
    trus saya buka blogx
    sekali lgi selamat bu dan terus berkarya untuk mengharumkan bondowoso,,,,,, semangat bu!!!!

  5. Isnaini priliyantina says:

    Sy mulai tertarik mencoba food combining,..krn selama ini saya menerapkan gizi konvensional….4 sehat 5 sempurna….salam kenal mbak….

Leave a Reply