Cara Enak Makan Raw Veggies (Sayuran Segar Mentah)

Sayuran segar mentah atau dikenal dengan raw veggies, banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Tetapi sayangnya masih sangat banyak orang yang enggan menyantapnya, alasannya bermacam-macam. Pertama karena kekawatiran sayuran tercemar pestisida, kuman atau berbagai parasit. Banyak juga yang enggan menyantap raw veggies karena kurang cocok dengan rasanya.

Baca Juga: Cara Hemat Untuk Makan Sehat

Cara Enak Makan Rawfood

Salad, Salah Satu Sajian Raw Veggies Yang Enak Disantap.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kekhawatiran dan membuat rasa raw veggies lebih lezat. Diantaranya saya tuliskan di sini untuk Anda.

Jika Bisa Usahan Organik

Jika bisa diusahakan, konsumsilah sayuran organik. Sayur organik, selain bebas pestisida juga bisanya rasanya sedikit lebih lezat daripada sayuran yang dibudidayakan dengan campur tangan bahan-bahan kimia buatan.

 Jika tak mendapatkan sayuran organik, Anda bisa mencuci dengan seksama, setidaknya residu pestisida dapat dikurangi. Cuci di bawah air mengalir, lalu rendam dalam baskom yang diberi beberapa cuka apel. Saya biasa pakai 2-3 sendok makan cuka apel untuk sebaskom air. Bilas kembali di bawah air mengalir.

 

Pilih jenis

Jika Anda adalah pemula dalam hal makan raw veggies. Sebaiknya sebagai langkah awal, pilih dulu sayuran yang mudah dimakan mentah dan relatif banyak yang mudah menyukainya dalam kondisi mentah. Misalnya, ketimun, selada, tomat, kol, lettuce, paprika, dsb. Kacang panjang dan buncis muda juga enak dimakan mentah, coba saja. Selanjutnya Anda bisa mulai bereksperimen dengan sayuran lain yang biasanya hanya bisa dikonsumsi mentah bagi mereka yang terbiasa, misalkan bayam, pokchoy, terung, dsb.

Pastikan Benar-benar Segar

Rasa langu dan kurang enak disantap biasanya akan makin menjadi ketika sayuran mulai berkurang kesegarannya. Jadi, pastikan membeli sayuran yang masih segar dan konsumsi sesegera mungkin. Jika harus disimpan dalam lemari pendingin, sedapatnya jangan lebih dari 3 hari.

Teknik Memotong

Teknik memotong atau mengiris bisa membuat rasa sayuran lebih enak dan mudah dimakan. Memotong dengan berbagai variasi alat (peeler misalnya) bisa membuat acara makan raw veggies menjadi lebih fun. Untuk pemula, usahakan mengiris sayuran tipis-tipis/halus. Dengan cara ini sayur akan tercampur rata dengan dressing dan sayuran lain sehingga menjadi lebih enak.

Pilih Dressing Atau  Sambalnya

Cobalah berbagai jenis dressing dan pilihlah yang mana kesukaan Anda. Dressing paling simpel bisa dibuat dengan paduan extra virgin olive oil, air jeruk lemon/nipis/cuka apel/ tambahkan bawang merah iris halus dan bawang putih cincang, gula dan garam serta sedikit lada putih atau hitam. Anda juga bisa bereksperiman dengan menggunakan campuran sesame oil atau minyak wijen, kecap ikan, dsb.

Kuliner nusantara memiliki keragaman jenis sambal. Cobalah berbagai variasinya untuk membuat acarasantap raw veggies makin asyik. Ingat, jangan terlalu berlebihan dengan rasa pedas. Pedas membuat Anda terpicu mengunyah cepat-cepat. Sayur mentah harus dikunyah baik dan halus, secara perlahan. Jika tidak, ada beberapa yang bisa sebabkan gas di perut.

Variasikan Dengan Makanan Kesukaan

Sebagai varasi agar tak bosan dan makin semangat menyantap sayuran mentah, tambahkan sedikit krupuk, atau kripik misalnya. Ingat,jangan tiap hari ya. Atau jika Anda punya makanan favorit, cobalah menambahkan sedikit pada salad Anda, mungkin rasanya justru akan sangat lezat diluar dugaan! Misalnya Anda menggemari pecel, siramkan saja bumbu pecel di atas sayuran mentah yang diiris halus.

Yuk mulai belajar menyukai raw veggies. Selain sehat untuk tubuh, ramah bagi dompet karena minim biaya gas/listrik, juga ramah bagi lingkungan dooong!

37 comments

  1. Supriyatno says:

    Saya pemula di raw food. awalnya saya menerapkan pola makan food combining. sekarang beralih ke raw food. Masih dalam masa transisi ke pola makan raw food. terima kasih sharingnya.

    • wyuliandari says:

      Dear Mbak Ira,
      mayo saya enggak terlalu menyarankan ya. Kecuali kalo vegan mayo, yang dibuat dari mede misalnya, boleh-bole saja. Mayo di pasaran kan terbuat dari susu apalagi juga pasti ada bahan-bahan pengawet dan aditif lainnya,karena itu kan makanan pabrikan.

      • enny dewayani says:

        Mbak Wyuliandari, aduh jadi semangat kalau ibu yang sudah berusia 63 tahun aja bisa berkurang bb nya. mbak…mau tanya dong… itu sama sekali gak makan nasi ya>>

  2. Arinta Adiningtyas says:

    Saya sering makan lalap mba, tp ya itu kurang konsisten. Hehe.. Gimana ya mba biar bisa konsisten sarapan buah dan sering nyantap raw food?

    Oya, kalau raw food nya itu itu melulu boleh ga? Saya paling baru bs nge-raw yg biasa buat lalap seperti kubis, timun, kemangi, atau kacang panjang.

  3. Efi Fitriyyah says:

    Sayur mentah yang aku makan belum banyak variasinya, sih. Enak kalo dibikin lalapan, sayangnya aku alergi cabe, jadinya cocolin ke saus tomat 🙂

  4. damarojat says:

    saya suka nyemil raw veggies pas masak mbak. wortel dipotong kecil aja, terong, sawi putih yang bagian ujungnya, daun seledri. kalau terong rasanya bikin seger mulut berasa sikat gigi gitu.

    tapi kalau sengaja makannya dalam jumlah tertentu, belum.

    tfs mbak.

  5. Riska Ngilan Haryono says:

    Enak banget memang makan sayuran mentah cuma di pasangin sambal, meskipun dulu saya sempat dibilang kayak kambing 😀 sehat, langsing ya mbak 😀 baru tau cara memotong sayurannya bisa mempengaruhi rasa, coba ah nanti, makasi mbak 🙂

  6. tri wy says:

    Saya suka sayuran mentah..krn was was kl beli sayuran di pasar yg ada pestisidanya akhirnya sy di rumah mencoba menanam dg sistem hidroponik..salam sehat mbak

  7. Anggita Puspita Sari says:

    halllo.. mba widya..
    curhat donk mbak,,, hehehehe

    begini sejak jerawat saya agresif muncul.. maka pola makan saya jaga..

    yang memicu jerawat jadi agreif apabila makan gorengan terlalu banyak beserta coklat terlalu banyak

     

    dikarenakan beberapa bln terakhir bb saya naik 2-4kg,,
    saya menyadari bahwa kebiasaan saya ngemil kabohidrat lah menjadi penyebabnya seperti roti keripikik kentang biskuit ehehehehe,,, biasanya saya lakukn di sore hari menjelang magrib biasanya mulai rada laper hehehehe

    jadi sekarang saya sudah membatasi ngemil makan berkabohidrat,,
    takut diabetes jg hehehehe

    skrg ngemil sorenya biasanya buah hehehehe

    ketika mengikuti pameran ibf2016 kebetulan saya membeli buku hiromi shinya yang revolusi makan dan yang awet muda beserta buku food combining gampang by erikar lebang

    secara prinsipal pola ajaran food combining dan hiromi shinya mirip

    untuk belajar mengunyah makanan dan benar aja juga butuh proses,, krn makan lunak seperti misal mie,, bubur, nasi dan sayur berkuah.. itu terkadang di proses di mulutnya rada cepet hohoho karena lunak

    namun beda dengan mengkonsumsi yang rada keras sperti selada air wortel mentah hehehehe,,,
    itu butuh proses mengunyah yang halus

    setiap pagi hari saya jg terbiasa minum air putih dulu,, ya kdg2 aja lupa hehehehe

     

    nah ini yang jadi masalah bagi saya,,,
    hari selasa pagi,,, saya meminum air biasa yang ditetesin air jeruk nipis(maklum kompor lg rusak)
    dimnium perlahan lahan
    dan teryata stlh itu malah meningkatkan rasa lapar hahahaha
    ok sarbu kan,, buah nya jambu biji kristal dan jambu merah klutuk
    trs selang beberapa menit cek pisangnya sudah mulai kematangan maka makan lah pisang menjelang jam7an

    trs jam9an krn masih laper hiks makan jeruk,,,,
    laper disini dengan ditandai kepala cenat cenut huft

    saya juga riwayat maag

    karena stlh makan jeruk laper lagi,,, jam10an makan lah mie(pop mie) ahahahahaha

    setelah makan mie ok lah jd kenyang,,

    but ini teh malah jd semakin pusing keseluruhan,,,, trs lama lama malah jadi ngantuk
    dan yang lebih ngantuk mata kiri dibanding kanan
    (kebetulan mata saya minus dan minus mata kiri lebih besar dibanding kanan)
    apakah ada hubungannya dengan mnus yak?

    kenapa toh ini?

    saya sudah mencoba join grup fb tp blm di approve

    saya juga sudah membeli buku mbak widya bareng buku bu andang w gunawan,,tp blm selesai dibaca buku terapi enzim juga saya beli buat nambah referensi ilmu hehehehe

    mohon petunjuknya

    saya sarapan biasanya selalu pake nasi,, meski nasinya dikit gk mslh paling jam11 lapernya

    namun berbdeda dengan buah ini

    saya bekerja di ruang ber ac

     

    karena msh laper krn hny makan buah jd gk bs konsentrasi jg jd nya jd nya makan mie heheheh

    mohon masukannya ya
    terima kasih

    Salam Hangat,
    Anggita

     

    • wyuliandari says:

      Hai Mba Anggita

      Udah saya jawab di blog stunya ya. Intinya, FC nya mbak masih jauh dari benar, Lho. Jadi koreksi saja dulu. Baca dulu bukunya. Karena tampaknya banyak hal yang mungkin terlewatkan atau malah belum dipahami. Kalau mau lebih gampang lagi, baca tulisan di blog ini “Menu Food Combining” adopsi aja semua. Beres!

  8. eugenia ardani says:

    hallo mba, blognya sgt bermanfaat:)

    ohiya saya mau tanya mba, saya mau mulai raw food, biasa saya bangun tidur minum air putih, setelah itu minum air lemon, apakah air lemonnya bisa di ganti sama jeruk lainnya? seperti jeruk nipis, atau peras. soalnya harga jeruk lemon lumayan ya hehehe

    • wyuliandari says:

      Hai, Mbak Eugene

      Jeruk nipis hampir sama kok. Saya tidak merasakan perbedaan khasiatnya. Dan sebaiknya air lemon/nipis dulu baru air putih. Baca tulisan saya yang tentang Jeniper, ya. Di blog ini juga.

  9. mia says:

    baru mulai mau memperbanyak makan raw food tp dsini susah banget cari sayur organik (karawang) 🙁

    mb punya info yg jual sayur organik yg bs dikirim cepet? ol shop?

  10. lusi says:

    Mba mau tanya.. saya lg coba fc nih… klw jeniper saya belom brani. Krn pny maag yg kronis.. paling bgn tdr saya mnm air kangen dl.. trus lanjut sarbu… mnrt mba gimana? Lalu maksi nya nasi sm lalapan…

  11. Kang Nurul Iman says:

    Kayaknya yang gak suka sayur bakalan suka deh mbak kalau cara makannya beginimah ,ahi hi hi dulu saya juga termasuk orang yang kurang menyukai sayur namun karena saya tahu dampak mengerikan karena kurang makan sayur alhamdulillah sekarang mah jadi semangat lagi makan sayurnya.

    • wyuliandari says:

      FC berlaku universal yaaa… pastikan saja sayuran, buah, dan apapun yang dikonsumsi itu variatif. Jangan itu-itu saja. Batasi sangat protein hewani dan pastikan cukup air putih.

  12. HENNY Glory says:

    Kalo di jepang dan dikorea mereka biasa makan row food, saat breakfast mereka pada melotot liatin aku dan suamiku makan nasi dan daging segunung,,  malu jadi nya,, maklum kami    baru adaptasi,, hari berikutnya kami makan rowfood walaupun agak aneh rasanya ya daripada malu mbak,,  hari hari berikutnya terus sampai kami pulang ke indonesia orang rumah pada kaget liat kami jadi langsing,,  nah pas dirumah malah aneh makanan rumah,,  kami lalu cari solusi,,  tetap cinta rowfood bukan buat gaya-gayaan tapi akan kami terapkan bagi keluarga dan anak cucu kami,,  trims ya,, 

Leave a Reply